Review Mitsubishi Lancer GTi 1992: Sedan Terjangkau, Cocok Untuk Anda Pecinta Kecepatan

16/05/2019
editor rate: 3,6 user rate: 4,0
Anda yang sudah mengenal dunia otomotif sejak tahun 1990-an, tentu akan sangat akrab dengan mobil legendaris bernama Mitsubishi Lancer. Ya, mobil ini tercatat memiliki lebih dari sepuluh generasi sejak perilisan pertamanya di tahun 1973. Namun, bukan menjelaskan setiap generasi, Cintamobil.com hendak berfokus pada review Mitsubishi Lancer GTi 1992.

PENGANTAR Mitsubishi Lancer 1992

Review Mitsubishi Lancer GTi 1992 - Jika Anda mengamati artikel review Cintamobil.com belum lama ini, sejatinya Mitsubishi Lancer menjadi salah satu lanjutan dari Series sedan-sedan yang memiliki rekam jejak cemerlang di Tanah Air. Sebelumnya, kami sempat membahas mengenai Toyota Great Corolla atau “GreCo” serta Honda Civic Estilo.

Salah satu sedan yang tak boleh dilewatkan adalah Mitsubishi Lancer, dirilis pada tahun 1992. Mungkin sebagian dari Anda lebih mengenalnya dengan sebutan Mitsubishi Lancer Evo 3. Namun perlu diketahui bahwa Marketing Mitsubishi kala itu, menampilkan sebuah gambar Tommi Mäkinen dengan Lancer yang ukurannya jauh lebih besar daripada versi lokal. Sehingga, tak heran, banyak masyarakat Tanah Air salah kaprah menyebutnya Lancer Evo 3, padahal nama sebenarnya adalah Lancer CB.

Mitsubishi Lancer Evo 3 sudah menjadi kendaraan yang digunakan oleh Tommi Makinen sejak tahun 1994 dan menjuarai berbagai penghargaan

Tommi Mäkinen selalu melekat dengan Mitsubishi Lancer dan berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi di WRC

Nah, kembali membahas Mitsubishi Lancer CB yang dijual di Indonesia, mobil ini ditawarkan dalam beberapa varian meliputi Lancer GLX (CB2), Lancer GLXi (CB4) dan Lancer GTi (CB5). Dari ketiganya, paling menarik adalah versi GTi, mengingat mesinnya berkapasitas paling tinggi di angka 1.8 Liter DOHC dan sudah menerapkan sistem injeksi. Beda halnya dengan tipe GLX yang hanya mengusung mesin 1.5 Liter SOHC karburator serta GLXi bermesin 1.6 Liter SOHC injeksi.

Mitsubishi Lancer GTi 1992 menerapkan desain yang menarik dan masih memikat hingga di era modern ini

Di eranya, mobil ini dikenal sangat elegan dan eksotis

Maka dari itu, secara khusus artikel kali ini hendak membahas review Mitsubishi Lancer GTi 1992 lebih mendalam. Bagi Anda yang menyukai mobil penuh historis, eksotis dan performa mesin unggulan, Lancer GTi adalah salah satu kandidat terbaik yang pernah kami ulas.

EKSTERIOR Mitsubishi Lancer 1992

Berbicara masalah desain eksterior Mitsubishi Lancer GTi 1992, tampilannya cenderung sederhana, sopan namun masih tetap saja elegan. Di zamannya, mobil ini dikenal dapat mencerminkan kesuksesan dari pemiliknya. Bahkan, pihak KTB selaku ATPM Mitsubishi Indonesia sempat menjadi sponsor dari film “Si Doel Anak Sekolahan” yang mana aktris Sarah selalu mengendarai mobil ini di banyak cuplikan.

Review Mitsubishi Lancer GTi 1992: Eksterior Depan

Kata sopan yang kami maksudkan, lebih jelas terlihat dari sisi depan. Ya, garis-garisnya dirancang kalem tak menajam, tak ada patahan sedikit pun. Ini hal yang kami sukai sejatinya, Lancer GTi seakan bersembunyi dalam wajah kalem, namun jika digeber performa mesinnya sangatlah mumpuni.

Eksterior Depan Mitsubishi Lancer GTi 1992 dilengkapi dengan lampu utama dan lampu kabut

Wajah depannya terlihat sangat kalem dan masih kental akan nuansa minimalis

Sedangkan dari segi fitur, mobil ini memiliki lampu berdesain kapsul, dikemas dengan Grille minimalis. Sehingga, membuatnya terlihat elegan dan eksotis, sedap dipandang. Tak lupa, pelengkap lainnya adalah Fog Lamps yang disematkan pada bemper depan, menunjang fungsi pencahayaan lebih maksimal.

Review Mitsubishi Lancer GTi 1992: Eksterior Samping

Bodi sampingnya pun terlihat cukup menarik, tubuhnya terlihat sangat proporsional dengan dimensi panjang 4.375 mm dan tinggi 1.325 mm. Bahkan, jika boleh dibilang, desain bodinya tampak sangat “Clean”, 100 persen elegan, tanpa aksesoris-aksesoris rumit. Hal inilah yang kami sebut eksotis dan sangatlah jarang ditemui pada mobil-mobil keluaran saat ini.

Eksterior samping Mitsubishi Lancer GTi 1992 memiliki dimensi bodi yang cukup proposional

Sisi sampingnya juga dikemas dengan pelek menarik, sporty di zamannya

Review Mitsubishi Lancer GTi 1992: Eksterior Belakang

Merambah ke sektor buritannya, Mitsubishi Lancer GTi CB5 juga tak mengandalkan Rear Spoiler berukuran besar seperti model Evo lainnya. Justru, Rear Spoiler dikemas dengan ukuran minimalis, menguatkan kesan elegan serta nyaman untuk dikendarai di area perkotaan. Sedangkan, sisi lampu sendiri menggunakan model kapsul, mirip-mirip dengan lampu depannya.

Eksterior Belakang Mitsubishi Lancer GTi 1992 menggunakan lampu dan Spoiler berukuran minimalis

Ruas belakang juga dilengkapi dengan lampu berbentuk kapsul

>>> Informasi menarik lainnya:

INTERIOR Mitsubishi Lancer 1992

Khusus untuk sektor interior Mitsubishi Lancer GTi 1992, Anda tak bisa berharap banyak akan kemolekan desainnya. Pasalnya, atmosfer kabin dikemas biasa saja menurut kami dan mungkin tidak se-elegan mobil keluaran saat ini. Namun, jangan salah masih ada hal menarik yang bisa dipertimbangkan lebih lanjut khususnya dari segi fitur.

Review Mitsubishi Lancer GTi 1992: Dashboard dan Setir

Bisa dimaklumi bersama bahwa mobil keluaran tahun 1990-an, tak bisa dibandingkan dengan mobil saat ini. Pasalnya, teknologi serta fitur juga berkembang, sama halnya dengan atmosfer kabin Lancer GTi. Namun, tak perlu khawatir, di eranya, mobil ini dilengkapi dengan fitur kelas Premium yang bahkan tidak dimiliki oleh banyak mobil sekelasnya. Sebut saja, panel audio AM/FM, fitur penyejuk AC, Power Window hingga Power Steering, sudah disematkan dalam kabin interior-nya.

Dashboard Mitsubishi Lancer GTi 1992 didominasi dengan warna hitam

Dashboard-nya dikemas dengan desain sederhana

Review Mitsubishi Lancer GTi 1992: Kursi

Kursinya sendiri sudah dibalut dengan bahan yang nyaman, diposisikan pas sesuai postur tubuh. Adapun mobil satu ini mampu menampung hingga lima orang, cocok untuk kegiatan keluarga, acara bersama teman atau aktifitas kantor. Di sisi lain, ruang kaki terasa kurang lega, tidak dapat membuat Anda selonjoran dengan leluasa.

Kursi Mitsubishi Lancer GTi 1992 mampu menampung hingga lima orang sekaligus

Tak lupa, kursinya masih dibalut bahan kain saja

>>> Baca juga:

FITUR Mitsubishi Lancer 1992

Untuk sekelas mobil keluaran lama, fitur Mitsubishi Lancer GTi 1992 tergolong cukup lengkap. Kemudi setirnya juga sudah dibekali fitur Power Steering sehingga proses manuver menjadi lebih enteng dan tidak memerlukan banyak tenaga.

Fitur Mitsubishi Lancer GTi 1992 dikemas cukup lengkap khususnya dari segi hiburan

Fitur menarik juga bisa diamati dari panel radio dan fitur penyejuk AC

Para pemakainya juga banyak berasumsi bahwa Handling dari mobil sedan satu ini berada di atas rata-rata. Hal ini disinyalir karena dimensi bodi yang proporsional dipadu dengan bobot bodi ringan di angka 1.210 Kg. Di sisi lain, sistem suspensi juga menunjang kelebihannya dengan Multi-link Independent serta McPherson Strut Independent.

>>> Jangan langsung memutuskan, sebaiknya Anda juga membandingkannya dengan mobil sedan menarik lainnya

OPERASI Mitsubishi Lancer 1992

Dari ketiga pilihan yang ada, varian GTi adalah versi terbaik. Operasi mesin Mitsubishi Lancer GTi 1992 menggunakan kapasitas silinder terbesar, menyentuh angka 1.799 cc DOHC berkode 4G93. Bahkan, jika melihat performa mesinnya, daya yang bisa diraih mencapai 140 HP setara 6.500 Rpm dan torsi puncak sebesar 167 Nm pada putaran 5.500 Rpm. Bandingkan saja dengan mobil keluaran saat ini seperti Toyota Avanza 2019 atau Mitsubishi Xpander yang nyatanya hanya memiliki daya 104 PS. Cukup menarik, bukan? Setidaknya, lewat fakta ini, kita tak bisa memandang sebelah mata mobil-mobil keluaran tahun lama.

Operasi Mesin Mitsubishi Lancer GTi 1992 memiliki daya puncak hingga 140 HP

Mesin paling mumpuni dipegang oleh varian GTi dengan kapasitas 1.8 Liter DOHC Injection

Menariknya lagi, Mitsubishi Lancer GTi sudah dilengkapi dengan sistem injeksi. Hal ini berdampak signifikan pada konsumsi bahan bakarnya yang berada di kisaran 6 hingga 8 Km/Liter (dalam kota) dan 9 hingga 12 Km/Liter (luar kota). Namun perlu menjadi catatan bahwa versi GTi memiliki kompresi lebih tinggi, disarankan untuk menggunakan bahan bakar sekelas Pertamax serta perawatan oli mesin secara berkala.

>>> Simak juga review dari mobil-mobil besutan Mitsubishi dengan klik link ini

spesifikasi Mitsubishi Lancer 1992

Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa melihat tabel spesifikasi Mitsubishi Lancer GTi 1992.

SPESIFIKASI MITSUBISHI LANCER GTi 1992

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.375 mm x 1.690 mm x 1.325 mm

Jarak Poros Roda

2.500 mm

MESIN

Tipe Mesin

4G3 1.8 Liter DOHC 16 Katup

Kapasitas Silinder

1.799 cc

Daya Maksimum

140 HP / 6.500 Rpm

Torsi Maksimum

167 Nm / 5.500 Rpm

Sistem Transmisi

5 Percepatan Manual / 4 Percepatan Otomatis

HANDLING

Suspensi Depan

McPherson Strut Independent

Suspensi Belakang

Multi-Link Independent

Rem Depan

Discs

Rem Belakang

Discs

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Injection

kelebihan & kekurangan Mitsubishi Lancer 1992

Tiba saatnya bagi Cintamobil.com untuk memberikan opini lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Lancer GTi 1992.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Didesain dengan mesin berperforma tinggi

Konsumsi bahan bakar terbilang paling boros di antara varian lainnya

Handling sangat mumpuni dan sangat menyenangkan untuk dikendarai

Membutuhkan bahan bakar dengan tingkat oktan tinggi

Desain eksterior eksotis dan bernuansa klasik

Perawatan tergolong cukup mahal

Harganya kini dijual cukup terjangkau

-

daftar harga Mitsubishi Lancer 1992

Lantas berapakah harganya? Berikut Cintamobil.com memberikan daftar harga Mitsubishi Lancer GTi 1992.

TIPE MOBIL

HARGA MITSUBISHI LANCER GTi BEKAS

Mitsubishi Lancer GTi 1.8 Liter

Rp. 40 jutaan hingga Rp. 70 jutaan

>>> Tertarik nih sama Mitsubishi Lancer? Simak harga lengkapnya di sini yuk

Video Mitsubishi Lancer 1992

KESIMPULAN Mitsubishi Lancer 1992

Melanjutkan artikel Series mobil sedan legendaris di Tanah Air, sepakat rasanya apabila Mitsubishi Lancer GTi harus masuk ke dalam kategori tersebut. Mobil ini sengaja dirancang semata-mata untuk kecepatan serta performa Handling tiada tara, mengasyikkan untuk diajak berjalan-jalan memutar kota. Dibanding rival sekelasnya, mobil ini cenderung memiliki harga lebih ekonomis. Namun, perlu menjadi catatan bahwa mobil ini lebih banyak meneguk bensin, dikarenakan performa mesinnya yang mumpuni. Di sisi lainnya, mobil ini tetap memiliki peminatnya tersendiri, tercipta bagi mereka yang ingin sedan bernuansa eksotis, mesin unggulan serta Handling di atas rata-rata.

>>> Lihat juga ulasan mengenai mobil-mobil terbaru dan terlengkap hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

  • Review BMW M3 (E30) 1990

    Mobil BMW M3 (E30) 1990 yang ada di booth Cintamobil.com selama ajang Indonesia International Motor Show 2019 ini memiliki pendekatan ...

  • Review Mercedes-Benz 280GE 1990

    Sebuah kesempatan yang langka kami bisa menghadirkan sebuah Mercedes-Benz 280GE dengan kondisi yang masih sangat terjaga ke hadapan ...

  • Review Mitsubishi Galant 1998

    Pada saat era krisis moneter 1998, Mitsubishi justru melahirkan Mitsubishi Galant sebagai salah satu medium sedan Jepang yang hadir ...

  • Review BMW 318i 1998

    Era 90-an, nama BMW 3 Series (E36) sudah menjadi ikon sedan eksekutif sukses Indonesia. Terhitung ada tiga tipe yang dihadirkan di ...

  • Review Ferrari 360 Modena 1999

    Ferrari 360 Modena menjadi model Ferrari pertama di momen Millenium yang saat ini sedang menjadi mobil incaran para kolektor Ferrari di ...

Cari review mobil