Review Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006: MPV Sporty Mitsubishi Dengan Harga Rp 100 Jutaan

06/03/2020

Share this post:

Mitsubishi Grandis 2006

Editor rate:

100000000

Lihat promo

Mitsubishi Grandis dapat mengakomodir keinginan akan sebuah MPV 7 penumpang namun dengan karakter sporty dan aspek fun to drive layaknya sebuah sports sedan.

Review Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006: MPV Sporty Mitsubishi Dengan Harga Rp 100 Jutaan
Review Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006: MPV Sporty Mitsubishi Dengan Harga Rp 100 Jutaan
0 Gambar

Pengantar Mitsubishi Grandis 2006

Mari kita simak spesifikasi Mitsubishi Grandis 2006 di bawah ini.

Kelebihan

Desain atraktif dengan aura sporty yang kuat

Performa mesin dan karakter suspensi yang responsif

Akomodasi kabin yang cukup lapang untuk ketujuh penumpang

Kekurangan

Konsumsi bahan bakar terbilang boros

Image spare part mahal dan terbatas

Resale value

Review Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 - Nama besar Mitsubishi di ajang motorsport turut membangun image positif pada beberapa model yang hadir di Indonesia. Aura sporty sangat terasa mulai dari lini sedan seperti Lancer, SUV sekaliber Pajero Super Exceed dan Pajero Sport, hingga lini MPV-nya. Salah satunya Mitsubishi Grandis, MPV 7 seater yang pertama kali diperkenalkan ke publik Indonesia pada tahun 2005. Mitsubishi mendaulat Grandis sebagai suksesor Chariot, MPV kompak yang cukup diminati di Jepang.

Foto Mitsubishi Grandis berwarna ungu dilihat dari sisi depan sedang berjalan

Pertama kali diluncurkan pada tahun 2005 di Indonesia, Mitsubishi Grandis mampu menarik perhatian para calon konsumen

Hadirnya Mitsubishi Grandis pun langsung membuat setiap mata tertuju padanya. Siluet desain yang membulat namun dengan wajah tajam, membuatnya tak sulit untuk menarik perhatian calon konsumen. Mitsubishi juga menawarkan mesin 2.4L berkarakter sport yang memiliki performa mumpuni dan siap diandalkan sebagai people carrier yang juga ingin merasakan aspek fun to drive layaknya sebuah sports sedan. Dibekali dimensi yang terhitung bongsor, mampu menawarkan kenyamanan yang optimal bagi ketujuh penumpangnya

Foto Mitsubishi Chariot, model sebelum Grandis

Mitsubishi Grandis melanjutkan generasi Chariot sebagai MPV 7 seater Mitsubishi

15 tahun berselang, Mitsubishi Grandis tetap diminati calon konsumen yang menginginkan sebuah MPV namun dengan aura sporty khas pabrikan berlambang tiga berlian tersebut. Seperti yang hadir di hadapan Anda saat ini, Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 yang memiliki kondisi cukup terawat. Kabar gembiranya, MPV 7 penumpang ini memiliki harga pasaran yang kini terjangkau, yakni berkisar antara Rp 100 hingga 120 jutaan. Sebuah tawaran yang cukup menarik bukan? untuk memudahkan Anda dalam mengenal lebih jauh tentang Mitsubishi Grandis, silakan menyimak review Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 yang Cintamobil.com hadirkan berikut ini.

Eksterior Mitsubishi Grandis 2006

Tampak Depan Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Dari wajahnya, Mitsubishi Grandis dikaruniai oleh tampilan yang sangat kuat unsur sporty-nya. Lihat saja dari desain lampu depan berbentuk segitiga yang menyorot tajam, desain two piece grill dengan lambang Tiga Berlian milik Mitsubishi di tengah hingga dimensi lower grill yang cukup besar. Wajah Grandis membuat kita teringat pada sosok wajah sports sedan legendaris Mitsubishi, yakni Lancer Evolution VII hingga IX. Bahasa desain yang diaplikasi Grandis seolah menjadi trademark dari konsep desain Mitsubishi saat itu, lantaran juga bisa terlihat pada generasi Lancer Cedia. 

Foto Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 tampak frontal depan

Tampilan wajah Mitsubishi Grandis yang kuat dengan aura sporty menjadi nilai lebih tersendiri

Penggunaan bumper depan yang tebal dan kehadiran sepasang fog lamp membuat Mitsubishi Grandis terlihat lebih atraktif. Sehingga seolah-olah mampu mengaburkan identitasnya sebagai MPV dan lebih lekat dengan tampilan ala sedan sporty. Sementara garis desain mulai dari kap mesin hingga pilar A, membuat Mitsubishi Grandis berpenampilan lebih streamline dan memberikan nilai lebih pada sisi aerodinamikanya. 

Tampak Samping Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Foto Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 tampak frontal dari samping

Dimensi bongsor dari Mitsubishi Grandis terlihat jelas saat melihatnya dari samping

Ketika melihat sisi samping dari Grandis, maka Anda mungkin akan tersadar bahwa MPV satu ini memiliki dimensi yang cukup bongsor. Sebagai informasi Mitsubishi Grandis memiliki panjang total yang mendekati 5 meter dengan tinggi 1,6 meter. Namun pada pilar C dan D yang menggunakan desain ala floating roof yang memberikan efek siluet lebih ramping. Desain velg dengan palang lima berukuran 16 inci juga turut berkontribusi dalam memberikan aura sporty pada tampilan samping dari Mitsubishi Grandis.

Tampak Belakang Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Foto Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 tampak belakang dengan lampu LED-nya

Tampilan lampu belakang LED milik Mitsubishi Grandis masih terlihat keren di usianya yang telah menginjak 14 tahun

Tak bisa dipungkiri, tampilan belakang dari Mitsubishi Grandis memiliki daya tarik tersendiri. Kehadiran sepasang lampu rem LED pada pilar D yang memanjang dari atap hingga bumper belakang merupakan terobosan desain yang cukup diminati saat itu. Bahkan hingga kini, tampilan lampu belakang Grandis masih tetap terlihat modern. Tak hanya itu, efek pencahayaan dari lampu belakang LED pada malam hari membuat MPV 7 seater ini semakin atraktif. Hal inilah yang membuat Mitsubishi Grandis berhasil keluar dari pakem desain MPV yang lebih mementingkan aspek fungsionalitas namun justru membuatnya terlihat membosankan.

>>> Simak pula:


Interior Mitsubishi Grandis 2006

Layout Dashboard Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Foto layout dashboard Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Layout dashboard Mitsubishi Grandis yang memiliki desain cukup modern hingga kini

Layout dashboard pada Mitsubishi Grandis didominasi oleh desain yang membulat. Pada panel dashboard mampu menghadirkan efek iluminasi yang mewah dan nyaman untuk dilihat, terlebih ketika berkendara di malam hari. Posisi kolom transmisi yang terletak pada bagian tengah dashboard membuat interior terlihat lebih luas sekaligus mampu memberikan kenyamanan lebih optimal bagi posisi duduk pengemudi dan penumpang depan. Selain itu, penggunaan material plastik two tone turut menyumbang nuansa lebih mewah pada interior Grandis. 

Desain setir Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Foto setir Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Setir berukuran cukup besar namun cukup ergonomis dan nyaman digenggam

Setir dengan desain palang empat yang digunakan pada Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 memiliki dimensi yang cukup besar. Namun hal tersebut tak sampai mengganggu aspek tampilan keseluruhan dari interior. Mitsubishi juga memberikan fitur tilt steering pada Grandis, untuk mempermudah Anda mendapatkan posisi mengemudi yang ideal. Lingkar setir juga cukup nyaman untuk digenggam dan memberikan respon yang cukup baik saat diajak bermanuver. 

Desain jok Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Foto jok tengah dan depan milik Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Jok dengan busa tebal plus arm rest membuat nilai kenyamanan semakin optimal

Untuk mengakomodir sebuah MPV 7 seater, Grandis dibekali dengan jok yang memiliki ergonomika sangat baik untuk setiap penumpangnya. Pada sepasang jok depan, tak hanya mampu mengakomodir kenyamanan yang optimal, namun juga mampu memberikan visibilitas lebih baik. Namun sayang, Mitsubishi belum membekali fitur pengaturan elektrik pada jok depan Grandis. Grandis juga menyediakan arm rest untuk pengemudi dan penumpang depan dan tengah untuk kenyamanan saat berkendara. Jok tengah juga memampu memberikan leg dan head room cukup baik bahkan untuk penumpang dengan tinggi lebih dari 170 cm. Sementara pada jok belakang, meski terlihat lebih kecil, namun ternyata mampu mengakomodir penumpang dengan tinggi hingga 170 cm dengan cukup baik. Akses masuk dan keluar bagi penumpang belakang juga tersedia dengan leluasa. Anda hanya perlu menarik tuas pada jok tengah dan mendorongnya ke depan untuk menyediakan cukup ruang untuk akses keluar dan masuk. 

Volume Bagasi Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Foto bagasi yang cukup luas pada Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Volume bagasi cukup luas dengan jok belakang bisa terlipat rata dengan lantai membuatnya semakin praktis

Mitsubishi Grandis juga dibekali dengan volume bagasi sebanyak 320 liter. Dengan kapasitas tersebut, cukup untuk memuat barang bawaan saat liburan bersama keluarga. Jika Anda membutuhkan ruang lebih, kedua jok belakang Grandis dapat dilipat hingga rata dengan lantai bagasi, sehingga menyediakan volume bagasi ekstra hingga mencapai 1.545 liter. Mekanisme pelipatan jok belakang juga cukup mudah, yakni hanya menarik tuas pada jok belakang hingga dapat terlipat ke depan. Setelah itu Anda masih perlu melipatnya kembali ke arah belakang agar jok dapat rata dengan lantai bagasi.  

>>> Artikel dan review menarik lainnya:

Fitur Mitsubishi Grandis 2006

Fitur keselamatan Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Foto velg 16 inci bawaan Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Di balik velg alloy palang lima berukuran 16 inci ini tersedia rem dengan fitur ABS + EBD

Mitsubishi Grandis berhasil mendapatkan sertifikasi keamanan. Salah satunya rating bintang 4 untuk pengetesan RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) Body dari Euro NCAP. Grandis juga berhasil mendapatkan rating bintang 6 dari NASVA Test, yang merupakan tes keselamatan badan transportasi pemerintah Jepang. Beberapa fitur keselamatan pasif meliputi dual airbags untuk pengemudi dan penumpang depan, seatbelt pretensioner serta force limiters. Anda juga akan mendapatkan rem ABS + EBD untuk pengereman yang lebih optimal di berbagai kondisi jalan.

Fitur hiburan dan kenyamanan Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Foto cup holder yang tersedia di Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 untuk semua penumpang

Cup holder dan AC yang tersedia untuk semua penumpang membuat perjalanan Anda dengan keluarga semakin nyaman

Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 juga dibekali dengan berbagai fitur hiburan dan kenyamanan, seperti head unit single DIN dengan pemutar CD. Namun jika Anda berniat untuk mengup-grade sektor audio, tersedia slot tambahan untuk memasang head unit double DIN. Grandis juga dibekali dengan card holder pada bagian kanan dashboard untuk memudahkan Anda dalam menyimpan kartu tol atau parkir. Sebagai penunjang kenyamanan saat berkendara, Grandis juga dibekali dengan cup holder untuk semua penumpang. Mitsubishi Grandis juga membekali dengan jalur pendingin ruangan atau AC untuk setiap penumpang agar sirkulasi udara lebih cepat merata.

>>> Belum tahu model mobil Mitsubishi apa yang bagus? Klik sini untuk mendapat informasi lengkap tentang kelebihan dan kekurangan setiap model

Operasi Mitsubishi Grandis 2006

Salah satu penunjang utama dari aura sporty pada Mitsubishi Grandis ini adalah penggunaan mesin 4 silinder dengan kode 4G69 berkapasitas 2.4L dengan dukungan katup variable khas Mitsubishi, yakni MIVEC. Sehingga, tenaga yang dihasilkan mencapai 163 hp pada 5.760 RPM dan torsi mencapai 220 Nm, yang tersalurkan maksimal saat putaran mesin mencapai 3.500 RPM. Karakter mesin terasa sangat responsif bahkan untuk sebuah MPV 7 seater berbobot 1,6 ton ini. Performa yang ciamik tersebut juga didukung oleh transmisi otomatis dengan teknologi INVECS-II yang menyediakan manual mode demi perpindahan gigi yang lebih responsif.

Foto mesin 2.4L MIVEC milik Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Mesin 2.4L MIVEC memiliki performa yang responsif meski harus ditebus dengan konsumsi bahan bakar yang tak bisa dibilang irit

Karakter handling dari Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 juga terasa cukup sigap dengan respon setir yang mampu memberikan feedback optimal pada pengemudi. Sehingga mampu menyumbang aspek fun to drive ketika berkendara baik ketika harian hingga digunakan saat keluar kota untuk liburan. Karakter suspensi yang sporty tersebut tak membuat Grandis mengkompensasi kenyamanannya, lantaran kemampuan redaman suspensi terasa cukup nyaman khas sebuah MPV premium. 

>>> Mencari mobil Mitsubishi dengan harga terbaik? Anda bisa cek di sini

Spesifikasi Mitsubishi Grandis 2006

Jika tertarik dengan Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006, berikut detail spesifikasi yang bisa Anda simak lebih jauh sebelum memutuskan untuk meminangnya.

Dimensi Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Panjang x Lebar x Tinggi

4.765 mm x 1.795 mm x 1.655 mm

Jarak Poros Roda

2.830 mm

Jarak Pijakan Depan

1.585 mm

Jarak Pijakan Belakang

1.586 mm

Kapasitas Bagasi

320 liter dan 1.545 liter dengan jok belakang terlipat

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

65 liter

Mesin Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Tipe Mesin

4G69 2.4L 4 segaris MIVEC

Isi Silinder

2.400 cc

Tenaga Maksimal

163 HP @ 5.750 RPM

Torsi Maksimal

220 Nm @ 3.500 RPM

Transmisi

Otomatis 4 percepatan dengan INVECS-II, penggerak roda depan

Suspensi Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan per keong

Suspensi Belakang

Semi Trailing dengan per keong

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Tipe & ukuran Velg

5 spoke alloy wheel, 16 inci

Ban

215/60 R16

Daftar Harga Mitsubishi Grandis 2006

Menurut listing Cintamobil.com dan beberapa dealer mobil bekas, harga pasaran Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 kini mencapai kisaran antara Rp 100 hingga 120 jutaan. Tentu, harga pasaran tersebut akan sangat dipengaruhi oleh kondisinya. Harga pasaran Mitsubishi Grandis tergolong jatuh lantaran popularitas MPV dengan 7 penumpang tersebut yang memiliki image konsumsi bahan bakar yang boros, harga spare part cukup tinggi hingga jaringan servis yang belum sebanyak kompetitornya. 

Kesimpulan Mitsubishi Grandis 2006

Jika Anda menginginkan sebuah MPV 7 penumpang dengan tampilan sporty plus performa yang responsif dan karakter pengendaraan yang menjanjikan fun to drive, Mitsubishi Grandis mungkin akan memenuhi kriteria tersebut. Image Mitsubishi Grandis yang lekat dengan aroma sport juga membuatnya favorit untuk dimodifikasi. Selain itu, Mitsubishi Grandis juga mampu mengakomodir segala kebutuhan akan sebuah MPV 7 penumpang dengan baik. Sebut saja seperti akomodasi kabin cukup baik dan lapang, fitur yang cukup lengkap dan karakter redaman suspensi yang terbilang nyaman. Namun lantaran usianya yang sudah menginjak 14 tahun, Anda perlu lebih jeli dalam memilih Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006 idaman. Perhatikan pula riwayat servis berkalanya agar lebih terjamin kondisinya.

>>> Klik sini untuk lanjut simak review kami tentang mobil-mobil lainnya di pasar otomotif Indonesia

Pratomo FJ
Share this post:

Review lain

Review Mitsubishi Pajero Sport Exceed Limited 2013: Setara Harga Low MPV Baru, Jadi Pilihan yang Menggoda

30/12/2019

Editor rate:

Mitsubishi Pajero Sport Exceed Limited 2013 bisa menjadi pilihan SUV yang menggoda dengan keunggulan di berbagai medan jalan dengan harga setara Low MPV baru.

Lihat juga

Review Mitsubishi Outlander PHEV 2019 : Sama Nama Beda Total Spesifikasi

27/07/2019

Editor rate:

Mendengar nama Mitsubishi Outlander yang terlintas adalah Compact SUV bermesin bensin. Tetapi untuk Mitsubishi Outlander PHEV bukanlah SUV yang selama ini dijual di Indonesia dan hanya diberi mesin Plug-in Hybrid. Secara spesifikasi berbeda total. Lebih jelasnya, berikut review Mitsubishi Outlander PHEV 2019 yang resmi dijual di Indonesia.

Lihat juga

Jaga Eksistensi, Mitsubishi Indonesia Segarkan Tampilan Mitsubishi Xpander 2020

24/02/2020

Pasar mobil

5 menit

Demi menjaga eksistensi dan daya saing di pasar low MPV, Mitsubishi Indonesia lakukan penyegaran di Mitsubishi Xpander.

Lihat juga

Yakin Tumbuh, Penjualan Mitsubishi Fuso 2020 Ditargetkan Capai 46.900 Unit di Indonesia

12/02/2020

Event - Promosi

2 menit

Pertumbuhan pasar kendaraan niaga yang diprediksi hingga 7% membuat Penjualan Mitsubishi Fuso 2020 di Tanah Air ditargetkan meningkat hingga 46.900 unit

Lihat juga

[GIICOMVEC 2020]: Dorong Perekonomian Indonesia Mitsubishi Berpartisipasi Dalam GIICOMVEC 2020

05/03/2020

Event - Promosi

3 menit

Partisipasi MMKSI dalam GIICOMVEC 2020, sebagai Bentuk Komitmen untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Lihat juga