Review Mitsubishi Grandis 2005

14/12/2018

Share this post:

Mitsubishi Grandis 2005

Editor rate:

Lihat promo

Di Indonesia yang dimana mobil jenis MPV merupakan kendaraan keluarga paling dicari, Mitsubishi pernah membawa MPV menengah andalan mereka. Sesuai dengan namanya, Mitsubishi Grandis 2005 datang ke Indonesia dan memberikan pilihan baru bagi kendaraan keluarga Tanah Air.

Review Mitsubishi Grandis 2005
Review Mitsubishi Grandis 2005
0 Gambar

Pengantar Mitsubishi Grandis 2005

Mari kita simak spesifikasi Mitsubishi Grandis 2005 di bawah ini.

Kelebihan

Pengendaraan maksimal nan nyaman

Tarikan mesin cukup responsif hingga putaran atas

Tampilan modern jika dibandingkan dengan generasinya

Kekurangan

Dibandingkan mobil baru, jangan tanya tentang fiturnya

Sparepart mahal dan terbatas

Review Mitsubishi Grandis 2005Awalnya, Mitsubishi Grandis 2005 adalah MPV tujuh tempat duduk yang diproduksi oleh Mitsubishi Motors untuk menggantikan garis Cariot/Space Wagon/ Nimbus. Diluncurkan pada 14 Mei 2003, mobil ini dijual di Jepang, Asia, Eropa, Oceania, Honduras, Meksiko, Jamaika dan Amerika Selatan. Dan akhirnya Mitsubishi Grandis 2005 masuk ke pasar Tanah Air, namun tidak bertahan lama hingga tidak diproduksi lagi sampai tahun 2011.

Gambar Mitsubishi Grandis 2005

Tampilan mulus Mitsubishi Grandis 2005

Gaya eksteriornya didasarkan pada Mitsubishi Space Liner yang didesain oleh Oliver Boulay. Sebuah mobil monobox dengan konsep empat kursi serta “suicide doors”, mobil ini pertama kali dipamerkan di Tokyo Motor Show pada Oktober 2001.

Grandis memiliki sejarah sebagai kendaraan pertama yang menampilkan ‘wajah’ baru perusahaan, yang terdiri dari kisi-kisi melengkung pada bagian bawah dan lipatan naik ke atas dari logo Tiga Berlian milik Mitsubishi. Grandis juga berbagi platform dengan Mitsubishi Airtrek, mengurangi ground clearance yang dibuat lebih tinggi.

Selain itu, Grandis juga menjadi dasar konsep Mitsubishi FCV (Fuel Cell Vehicle), didukung oleh teknologi sel bahan bakar yang dikembangkan oleh pemegang saham pengendali, DaimlerChrysler. DCS’s “FC System” menggunakan sel bahan bakar stack untuk mengisi berbagai baterai NiMH dari 117 liter penyimpanan tenaga hidrogen yang terkompresi.

Gambar Mitsubishi Grandis 2005 di jalan

Mitsubishi Grandis siap dibawa ke mana saja

Nah, jadi apa saja yang membuat mobil ini patut untuk diperhitungkan bagi kendaraan keluarga Anda. Berikut review Mitsubishi Grandis 2005 dari Cintamobil.com bagi pembaca sekalian.

Eksterior Mitsubishi Grandis 2005

Dipasarkan untuk kelas mobil MPV menengah, sudah semestinya mobil ini mendapatkan desain bagus. Namun jika dilihat dari keseluruhan, tampilan eksterior Mitsubishi Grandis 2005 terkesan elegan untuk sekelas mobil tahun 2005. Maka tak salah jika Grandis dinobatkan sebagai MPV Terbaik di Bangkok Motor Show dari tahun 2005 hingga 2010.

Review Mitsubishi Grandis 2005: Eksterior Depan

Gambar tampilan depan Mitsubishi Grandis 2005

Tampilan depan Mitsubishi Grandis 2005

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, eksterior depan Mitsubishi Grandis 2005 merupakan yang pertama pada masanya untuk kendaraan Mitsubishi. Foglamp di bagian bawah dipadukan dengan lampu depan yang menyusuri front-end depan hingga ke sisi samping, memberikan kesan wajah pada topeng superhero yang sangar.

Review Mitsubishi Grandis 2005: ​​Eksterior Samping

Gambar tampilan samping Mitsubishi Grandis 2005

Tampilan samping Mitsubishi Grandis 2005

Sama seperti kendaraan Toyota pada masa sebelumnya, eksterior samping Mitsubishi Grandis 2005 dibuat lebih mulus tanpa ada banyak aksen di bagian samping. Tentu saja dengan badan yang besar, Anda melihat mobil ini terlihat lebih bongsor. Semuanya dipadu dengan velg alloy wheel dengan ukuran ban 215/60 R16.

Review Mitsubishi Grandis 2005: ​Eksterior Belakang

Gambar tampilan belakang Mitsubishi Grandis 2005

Tampilan belakang Mitsubishi Grandis 2005

Desain elegan juga terlihat pada eksterior belakang Mitsubishi Grandis 2005. Anda bisa mendapatkan lampu belakang vertikal yang memanjang dari spoiler atas hingga lampu sen di sisi kiri dan kanan kendaraan. Buritan masih polos dengan pintu belakang yang besar, cocok untuk memasukan barang-barang bawaan ke dalam bagasi yang juga dibuat luas.

>>> Anda bisa melihat review Mitsubishi lainnya di sini:

Interior Mitsubishi Grandis 2005

Tak kalah istimewa dari bagian luar, eksterior Mitsubishi Grandis 2005 memberikan kesan mewah untuk sekelas mobil keluarga yang sudah diberhentikan beberapa tahun lalu. Tidak perlu berhimpit-himpitan di dalam karena Mitsubishi memberikan kabin yang terasa lapang dan luas.

Review Mitsubishi Grandis 2005: ​Dasbor

Gambar dasbor Mitsubishi Grandis 2005

Desain dasbor Mitsubishi Grandis 2005

Desain dasbor Mitsubishi Grandis 2005 mendapatkan tema wave forms dengan hiasan illumination panel instrument yang mempesona. Pada dasbor hardplastik ini Anda bisa menemukan kontrol penyejuk udara yang praktis dan knop transmisi gate type elegan, dibalut dengan nuansa two tone yang tak kalah dengan mobil-mobil saat ini.

Review Mitsubishi Grandis 2005: ​Kemudi

Gambar kemudi Mitsubishi Grandis 2005

Desain kemudi Mitsubishi Grandis 2005

Layaknya mobil ‘tua’, belum ada banyak fitur yang ditanamkan pada kemudi Mitsubishi Grandis 2005. Untuk pengaturan kendaraan, kemudi mobil ini hanya bisa digerakan ke atas dan ke bawah. Kemudi masih ringan, mudah digunakan di dalam kota namun butuh lebih banyak bantuan ada kecepatan yang lebih tinggi. Kompartemen baris depan juga luas dengan glovebox plus laci di bagian kiri dasbor, kompartemen tertutup di atas dasbor, laci di bawah HU single din serta lagi lagi di bawah AC Controller.

Review Mitsubishi Grandis 2005: ​Kursi

Gambar kursi Mitsubishi Grandis 2005

Bagian Kursi Mitsubishi Grandis 2005

Penempatan kursi Mitsubishi Grandis 2005 membuat pengemudi duduk lebih tinggi dengan visibilitas depan yang sudah baik. Desain yang presisi memudahkan pengemudi untuk mendapatkan kenyamanan selama berkendara. Untuk penumpang, kursi baris kedua mendapatkan kursi reclining dengan lapisan kulit yang cukup empuk. Tersedia pula AC Controller untuk blower belakang.

Review Mitsubishi Grandis 2005: ​Bagasi

Gambar bagasi Mitsubishi Grandis 2005

Ruang Bagasi Mitsubishi Grandis 2005

Dengan kabin yang lapang, bagasi Mitsubishi Grandis 2005 juga mendapatkan ruang yang cukup luas untuk membawa barang-barang bawaan. Jika Anda ingin kompartemen yang lebih besar, Anda bisa menurunkan kursi baris ketiga. Namun masalahnya, ruang kargo yang berukuran besar menghalangi mekanisme pelipatan sehingga kurang pas.

>>> Dapatkan berita terbaru tentang Mitsubishi hanya di sini:

Fitur Mitsubishi Grandis 2005

Untuk fitur Mitsubishi Grandis 2005, trim klasik entry level memiliki pemutar CD hingga airbag untuk mengurangi efek tabrakan bagi pengemudi. Tapi tentu saja belum ada fitur-fitur modern seperti mobil modern saat ini. Tapi Grandis juga dilengkapi dengan transmisi INVECS-II 4 A/T atau Intelligent & Innovative Vehicles Electronics Control System. Sistem ini akan menjadikan pengoperasian transmisi lebih mudah dan pengemudian lebih gampang. Transmisi ini dapat dioperasikan sebagaimana transmisi manual untuk membuat akselerasi yang lebih spontan.

Review Mitsubishi Grandis 2005: ​Fitur Keselamatan Aktif

Gambar Mitsubishi Grandis 2005 di jalan

Mitsubishi Grandis 2005 yang memberikan kenyamanan selama berkendara

Jangan ragu untuk fitur keselamatan aktif Mitsubishi Grandis 2005. Beberapa penghargaan untuk keselamatan berkendara sudah diraih mobil ini. Dengan rating bintang empat RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) Body dari Euro NCAP, mobil ini juga mendapatkan rating bintang 6 dari NASVA Test, tes keamanan yang dilakukan oleh pemerintah Jepang. Beberapa fitur yang bisa dipakai yaitu passive safety meliputi dual airbags untuk pengemudi dan penumpang depan, seatbelt pretensioner serta force limiters. Anda juga akan mendapatkan rem ABS + EBD untuk pengereman yang lebih mudah.

Operasi Mitsubishi Grandis 2005

Salah satu keunggulan dari mobil ini adalah mesin yang sangat responsif. Dengan sistem operasi Mitsubishi Grandis 2005 yang menggunakan mesin 4G69 2.4L 4 segaris MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing and Lift Electronic Control System) mampu membawa hingga 165 daya kuda pada perputaran maksimal serta torsi maksimal 217 Nm pada perputaran 4.000 rpm. Dengan tenaga yang dimiliki mobil ini, Grandis sangat cocok untuk digunakan bagi pengguna yang menginginkan mobil dengan performa mesin yang gahar.

Gambar mesin Mitsubishi Grandis 2005

Mesin MIVEC 2.4L yang digunakan pada Mitsubishi Grandis 2005

Namun yang patut diperhitungkan adalah efisiensi bahan bakar yang boros jika dibawa di daerah perkotaan. Mobil ini mampu menempuh jarak 5 hingga 8 kilometer dalam 1 liter, dan untuk perjalanan luar kota Anda bisa memaksimalkan 1 liter untuk 8 hingga 11 kilometer. Jika Anda ingin membawa mobil ini, sebaiknya menggunakan bbm jenis pertamax.

Spesifikasi Mitsubishi Grandis 2005

Jika Anda ingin membeli mobil ini, perhatikan dulu spesifikasi Mitsubishi Grandis 2005 yang lebih detail dari Cintamobil.com berikut ini.

Dimensi Mitsubishi Grandis 2005

Panjang x Lebar x Tinggi

4.765 mm x 1.795 mm x 1.655 mm

Jarak Poros Roda

2.830 mm

Jarak Pijakan Depan

1.585 mm

Jarak Pijakan Belakang

1.586 mm

Kapasitas Bagasi

320 liter

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

65 liter

Mesin Mitsubishi Grandis 2005

Tipe Mesin

4G69 2.4L 4 segaris MIVEC

Isi Silinder

2.400 cc

Tenaga Maksimal

165 dk @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

217 Nm @ 4.000 rpm

Transmisi

Automatic 4 Kecepatan atau 5 Kecepatan Manual

Kaki-Kaki Mitsubishi Grandis 2005

Suspensi Depan

Independent MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Semi Trailing Coil Spring

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Tipe Velg

Alloy wheel

Ban

215/60 R16

Daftar Harga Mitsubishi Grandis 2005

Untuk mobil yang sudah tidak diproduksi lagi, Anda bisa membeli mobil bekas di pasar-pasar mobil bekas di Tanah Air. Dibandingkan dengan mobil-mobil bekas yang ada, harga Mitsubishi Grandis 2005 juga terbilang sudah murah. Menurut listing dari Cintamobil.com, mobil ini bisa Anda beli dengan harga Rp 80 jutaan untuk varian GLS. Harga tersebut bisa meningkat hingga Rp 100 jutaan, tergantung mobil yang dijual.

>>> Dapatkan harga dan promo mobil Mitsubishi lainnya di sini

Kesimpulan Mitsubishi Grandis 2005

Sebagai salah satu pilihan mobil keluarga di Indonesia, Mitsubishi Grandis 2005 merupakan salah satu pilihan yang cukup apik. Mengutamakan kenyamanan di dalam perjalanan dengan kemampuannya membawa banyak penumpang dan kabin yang lega, mobil ini terbilang pas untuk dipakai oleh keluarga Indonesia yang menginginkan mobil berdaya tampung besar.

Gambar pengendaraan Mitsubishi Grandis 2005

MPV ini cocok untuk membawa keluarga Anda berkelana

Mesin 2.4L yang tangguh dan mampu menyemburkan hingga 165 daya kuda dan torsi maksimal 217 Nm disebut cukup bertenaga untuk membawa penumpang dan barang yang banyak. Bagas yang lapang juga memudahkan jika Anda ingin membawa keluarga liburan ke mana saja. Jika Anda tertarik membeli mobil ini, Anda bisa mengunjungi listing di link berikut. Selamat mencari!

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top