Review Mitsubishi Fuso eCanter 2020: Truk Listrik Canggih Seharga 6 Pajero

12/03/2020

Share this post:

Mitsubishi Fuso 2020

Editor rate:

TBA

Lihat promo

PT Krama Yudha Tiga Berlian seakan tidak ingin ketinggalan memamerkan truk listrik andalan mereka di GIICOMVEC 2020, inilah review Mitsubishi Fuso eCanter 2020

Review Mitsubishi Fuso eCanter 2020: Truk Listrik Canggih Seharga 6 Pajero
Review Mitsubishi Fuso eCanter 2020: Truk Listrik Canggih Seharga 6 Pajero
0 Gambar

Pengantar Mitsubishi Fuso 2020

Mari kita simak spesifikasi Mitsubishi Fuso 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Durabilitas truk listrik ini sudah terbukti di luar negeri

Fitur lengkap untuk sebuah truk

Kabin cukup lega

Ekonomis untuk penggunaan di dalam kota

Kekurangan

Harga jual mahal

Dinamo belum Permanent Magnet Synchronous Motor

Lampu utama belum LED

Jarak tempuh terbatas

Gambar menunjukkan Mitsubishi Fuso eCanter 2020 di kantor KTB Pulomas

Mitsubishi Fuso eCanter 2020 

Review Mitsubishi Fuso eCanter 2020 - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku agen pemegang merek truk Mitsubishi Fuso di Tanah Air seakan tak ingin ketinggalan di ajang GIICOMVEC 2020 lalu. Mereka turut serta memajang truk listrik pertama di dunia yang dijual secara massal sejak sejak tahun 2017, yaitu Mitsubishi Fuso eCanter 2020. Memang truk ini belum akan dijual di Indonesia dalam waktu dekat, namun truk listrik canggih seharga 6 unit Pajero Sport tipe Dakar ini layak untuk dikulik ‘isinya’ Inilah review Mitsubishi Fuso eCanter 2020.

Gambar menunjukkan Mitsubishi Fuso eCanter 2020 melakukan manuver

Tampilan Mitsubishi Fuso eCanter 2020 

Eksterior Mitsubishi Fuso 2020

Review Mitsubishi Fuso eCanter 2020: Tampilan Depan

Gambar menunjukkan Grill Mitsubishi Fuso eCanter 2020

Grill depan Mitsubishi Fuso eCanter 2020

Secara umum tampilan depannya Fuso eCanter ini masih seperti truk ‘normal’ pada umumnya, namun pada Mitsubishi Fuso eCanter 2020 ini ada sedikit detail yang membuatnya lebih berkesan futuristis, yakni tulisan ‘FUSO’ berlatar biru di balik akrilik transparan yang membuatnya lebih terkesan modern dan ‘bersih’. Sayangnya, meski penggeraknya sudah mengusung tenaga listrik, namun headlamp, lampu kota, hingga sein masih menggunakan bohlam jenis halogen biasa.

Gambar menunjukkan tampilan depan Mitsubishi Fuso eCanter 2020

Bagian depan ada sedikit berpengaruh pada aerodinamika

Ada satu detail menarik yang menurut kami akan sedikit berpengaruh pada aerodinamika truk ini, yakni penggunaan deflecta pada bagian atas ‘kepala’ truk ini. Meski ini sederhana, namun ternyata penggunaan ‘topi’ wind deflector ini mempunyai tiga kegunaan, pertama adalah memperbaiki nilai coefficient of drag aerodinamika dari truk ini ketika berjalan, kedua mempercantik tampilan dan ketiga adalah menurut para sopir truk yang sempat kami tanya, fungsinya adalah untuk menghalau kabel agar tidak tersangkut di boksnya.

Review Mitsubishi Fuso eCanter 2020: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan baterai Mitsubishi Fuso eCanter 2020 hasil kerjasama dengan Daimler

Baterai Mitsubishi Fuso eCanter 2020

Lanjut ke tampilan samping truk listrik ini, jika biasanya di bawah boks itu adalah letak tangki bahan bakar yang volumenya dapat mencapai 100 liter, maka pada Mitsubishi Fuso eCanter 2020 ini diletakkan baterai berkapasitas total 82,8 kWh hasil kerja sama dengan Mercedes-Benz. Keenam baterai tersebut disebar peletakannya, masing-masing 2 buah di tiap sisi serta satu lagi diletakkan di tengah.Juga terdapat guard pelindung samping yang dapat mencegah baterai terbentur sesuatu ketika di jalan. 

Gambar menunjukkan tampilan samping Mitsubishi Fuso eCanter 2020

Sisi samping Mitsubishi eCanter 2020

Berbeda dengan truk di Indonesia pada umumnya yang mengandalkan perusahaan karoseri tersendiri untuk membuat bak maupun boksnya. Pada Mitsubishi Fuso eCanter 2020 ini boks aluminium yang terpasang di truk berkelir biru ini merupakan assembly langsung dari Mitsubishi Jepang. Oh ya, karena merupakan truk elektrik tentu saja terdapat tempat mengisi daya di samping kanan truk ini, ada soket untuk listrik AC alias arus listrik bolak-balik seperti listrik di rumah dan arus DC arus listrik searah untuk keperluan fast charging. Truk ini juga sudah tersedia fitur smart entry, tak heran pada gagang pintunya terdapat tombol kecil untuk mengunci maupun membuka pintu truk ini.

Review Mitsubishi Fuso eCanter 2020: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Mitsubishi Fuso eCanter 2020

Desain bagian belakang Mitsubishi Fuso eCanter 2020

Pada tampilan eksterior belakang Mitsubishi Fuso eCanter 2020 ini bila diperhatikan kualitas buatannya jauh lebih rapi dari truk dengan boks karoseri yang beredar di Indonesia. Sebab lekukannya dibuat sangat halus dan seolah truk ini sudah didesain unibody (monokok) beserta dengan cabinnya. Sayangnya, sama seperti tampilan depannya, truk ini masih mengandalkan bohlam jenis halogen pada stoplamp dan lampu mundur serta seinnya.

Gambar menunjukkan crashbar Mitsubishi Fuso eCanter 2020

Crash bar dapat menyelamatkan nyawa penabrak di belakang

Satu hal yang kami suka sekaligus apresiasi terhadap truk listrik Mitsubishi ini adalah adanya safety crash bar pada bagian bawah truknya. Crash bar ini bukan hanya berfungsi untuk melindungi truk dari benturan, namun juga dapat menyelamatkan nyawa penabrak di belakang. Bayangkan jika mobil berjenis sedan menabrak, tanpa adanya crash bar akan menghancurkan pilar A yang menyebabkan pengemudi dan penumpang depan cedera fatal.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Mitsubishi Fuso 2020

Review Mitsubishi Fuso eCanter 2020: Layout Dasbor

Gambar menunjukkan layout dasbor Mitsubishi Fuso eCanter 2020

Interior Mitsubishi eCanter 2020

Layout dasbor truk Mitsubishi Fuso eCanter 2020 ini bernuansa gelap dan bertabur fitur canggih. Contoh AC sudah terdapat fitur automatic climate control, headlamp dengan fungsi manual leveling, juga ada head unit touchscreen dan ada tombol start stop button serta slot untuk memasukkan anak kunci. Masuk ke kabin truk ini benar-benar pengemudi akan dimanjakan dengan banyaknya fitur tadi. Pada setir sudah terdapat SRS Airbag yang akan melindungi pengemudi jika terjadi tabrakan frontal.

Review Mitsubishi Fuso eCanter 2020: Kursi

Gambar menunjukkan kursi Mitsubishi Fuso eCanter 2020

Kursi Mitsubishi eCanter 2020

Posisi duduk di sebuah truk tentunya tidak ergonomis, namun posisi duduk di kursi Mitsubishi Fuso eCanter 2020 ini tetap jauh lebih baik bila dibandingkan dengan truk-truk lainnya yang posisi setirnya fixed dan pengaturan kursinya terbatas. Tester kami yang bertubuh gemuk saja merasa nyaman duduk di kursi truk ini, apalagi setir sudah bisa diatur tilt and telescopic dan sudah terdapat hand rest yang membuat menyetir menjadi lebih rileks. 

Review Mitsubishi Fuso eCanter 2020: Kompartemen Penyimpanan

Gambar menunjukkan cup holder Mitsubishi Fuso eCanter 2020

Kompartemen Penyimpanan Mitsubishi eCanter 2020

Meskipun terlahir sebagai sebuah truk yang mempunyai fungsi komersial, namun kepraktisan kabin Mitsubishi Fuso eCanter 2020 ini patut diacungi jempol. Dibandingkan truk lainnya yang dijual di Tanah Air, ia cukup unggul. Karena pada truk ini terdapat cukup banyak kompartemen penyimpanan, contoh ada 3 buah tempat penyimpanan terbuka, 1 laci penyimpanan tertutup, 2 cup holder dan 2 asbak pada truk ini.

>>> Baca juga:

Fitur Mitsubishi Fuso 2020

Review Mitsubishi Fuso eCanter 2020: In-Car Entertaiment System & Pemanja Pengemudi

Gambar menunjukkan head unit & climate control AC digital Mitsubishi Fuso eCanter 2020

In-Car Entertaiment System & Pemanja Pengemudi

Lahir sebagai sebuah kendaraan kuda beban tidak membuatnya miskin fitur. Sebab truk Mitsubishi Fuso eCanter 2020 ini tetap dilengkapi dengan berbagai fitur pemanja pengemudi, seperti electronic power steering (Mitsubishi menyebutnya dengan electric hydraulic power boost), AC climate control, dan head unit touch screen dengan 4 speaker yang dapat tersambung ke smartphone melalui bluetooth dan membaca input USB dan Aux.

Review Mitsubishi Fuso eCanter 2020: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan ban dan pelek Mitsubishi Fuso eCanter 2020

Roda Mitsubishi Fuso eCanter 2020

Anda tak perlu khawatir dan ragu terhadap fitur keselamatan truk ini. Sebab keempat roda Mitsubishi Fuso eCanter 2020 ini telah ‘dikawal’ dengan empat buah cakram pada roda depan dan belakang serta dilengkapi dengan fungsi ABS & EBD dengan Two Stage Regenerative. Jadi energi cara kerja Two Stage Regenerative adalah mengambil dan menyimpan kembali energi pengereman yang terbuang untuk dimasukkan ke baterai.

Review Mitsubishi Fuso eCanter 2020: Multi Information Display

Gambar menunjukkan Multi Information Display Mitsubishi Fuso eCanter 2020

Multi Information Display

Karena truk ini menggunakan sistem penggerak elektrik, maka dibutuhkan layar untuk memantau kondisi listrik pada Mitsubishi Fuso eCanter 2020 ini. Pada truk listrik Mitsubishi ini terdapat multi information display canggih yang dapat menunjukkan kondisi baterai, sisa jarak tempuh dan regenerative brake yang dimiliki oleh truk ini. Meski informasi yang tersaji lengkap, namun kurang berkesan canggih karena hanya terdapat satu warna dan font hurufnya berkesan seperti kalkulator jadul.

>>> First Drive Mitsubishi Eclipse Cross, SUV Dengan Citra Fast & Furious

Operasi Mitsubishi Fuso 2020

Gambar menunjukkan motor listrik Mitsubishi Fuso eCanter 2020

AC Synchronous Electric Motor

Motor listrik yang digunakan oleh Mitsubishi Fuso eCanter 2020 ini berjenis AC Synchronous Electric Motor. Tenaga yang dihasilkan oleh motor listrik ini adalah  135 KW atau setara dengan 180 Hp, serta torsinya 380 Nm. Tenaga dan torsi tersebut tersalur ke inverter transmisi otomatis single gear reduction dan diteruskan via kopel ke roda belakang
Meski tenaga dan torsi yang dihasilkan cukup besar, namun ada potensi panas akibat pemakaian yang harus dikontrol. Oleh sebab itu truk ini punya 3 buah radiator, 3 buah radiator ini masing-masing bertugas mendinginkan motor listrik, inverter, dan baterainya

Gambar menunjukkan tuas transmisi Mitsubishi Fuso eCanter 2020

Tuas transmisi pada Mitsubishi Fuso eCanter

Kapasitas baterai dari Mitsubishi Fuso eCanter ini totalnya adalah 82 kWh yang tersebar pada 6 buah baterai pack yang ada di truk ini. Mitsubishi mengklaim 66 kWh-nya dapat digunakan untuk melajukan truk ini sejauh 100 kilometer dalam satu kali pengecasan. Jarak 100 kilometer itu didapat dari asumsi jika muatan terisi mencapai 75% dari rekomendasi pabrikan. Muatan maksimum truk ini adalah 4 ton berarti 75% nya sekitar 3 ton. Baterai yang digunakan oleh Fuso listrik ini berjenis Lithium-ion battery pack hasil kolaborasi dengan Mercedes-Benz. Baterai ini punya tegangan listrik 360 volt.

Gambar menunjukkan soket charger Mitsubishi Fuso eCanter 2020

Soket charger pada Mitsubishi Fuso eCanter 2020

Perhitungan sederhananya begini, untuk charging baterai dari 0 ke 66 kWh biayanya Rp105 ribu. Itu didapat dengan asumsi biaya listrik per kWh adalah Rp1600. Coba bandingkan jika truk konvensional diisi solar dengan muatan 3 ton, konsumsi bahan bakar sebuah truk paling hanya sekitar 3 hingga 4 km/l, artinya untuk mencapai 100 kilometer truk konvensional membutuhkan 30 sampai 40 liter. Jika isi solar biasa itu per liternya adalah Rp5500, berarti butuh uang Rp165 ribu hingga Rp220 ribu rupiah, jadi dibandingkan dengan solar biasa sekalipun energi listrik jauh lebih murah.

>>> Komparasi Suzuki XL7 vs Toyota Rush vs Mitsubishi Xpander Cross, Pertarungan Panas Mencari LSUV Terbaik

Spesifikasi Mitsubishi Fuso 2020

Dan ini adalah spesifikasi Mitsubishi Fuso eCanter 2020:

Penggerak Mitsubishi Fuso eCanter 2020

 Jenis Dinamo Elekrik

 AC Synchronous Electric Motor

 Jenis Baterai & Kapasitas Maksimum Baterai

 Six Mercedes-Benz liquid cooled, 360V, 82,8 kWh Lithium-ion Battery pack

 Jarak Tempuh Maksimum  Up to 80 Miles (100 Kilometer)

 Rated Power

 135 KW atau setara dengan 180 Hp

 Rated Torque

 380 Nm

 Charging Time

 Quick Charge: 0-100% dalam 1,5 jam (Arus DC)

 Standart Charge: 200- 230 Volt (32 Ampare) 0-100% dalam 6-8 jam (Arus AC)

 Tipe Transmisi

 Otomatis Single Gear Reduction dengan Penggerak Roda Belakang

Rangka Fuso eCanter 2020

 Panjang X Lebar X Tinggi

 N/A 

 Jarak Sumbu Roda

 N/A

 Radius Putar Minimum  44,6 Meter

 Jarak Terendah Ke Tanah

 N/A

 Jumlah Tempat Duduk

 3-seats

Suspensi/Kaki-Kaki Mitsubishi Fuso eCanter 2020

 Suspensi Depan & Belakang

 Depan: Laminated leaf spring with shock absorbers and stabilizer bar

 Belakang: Laminated leaf spring with shock absorbers and stabilizer bar

 Sistem Kemudi

 Ball Nut with Electric Hydraulic Power Boost (Tilt And Telescopic Adjustment)

 Rem Depan & Belakang

 Disc Brake & Disc Brake

 Teknologi Sistem Pengereman

 ABS & EBD with Two Stage Regenerative

 Teknologi Safety Sasis

 N/A

 Struktur Sasis

 Ladder Frame, Commercial Segment

 Pelek

 Steel, 17,5 inch

 Jenis Ban

 Dunlop SP330k, 215/75R17.5

Daftar Harga Mitsubishi Fuso 2020

Sampai kini PT Krama Yudha Tiga Berlian masih belum kasih harga untuk truk Mitsubishi Fuso eCanter 2020 ini.

>>> Lanjut membaca review mobil Mitsubishi lainnya di sini

Kesimpulan Mitsubishi Fuso 2020

Truk ini akan sangat menguntungkan bagi pengusaha dan juga menyenangkan bagi sopir truk karena bertabur fitur lengkap. Memang truk Mitsubishi Fuso eCanter ini tidak diciptakan untuk melahap perjalanan jauh seperti antar kota antar propinsi. Sebab jarak maksimum 100 kilometer itu adalah asumsi jika barang terisi (dibawa truk) mencapai 75% dari rekomendasi. Fuso eCanter sendiri di Jepang memang digunakan untuk delivery barang dengan jarak pendek, kecepatan maksimumnya sendiri hanya berkisar 80-100 km/jam.. 

Gambar menunjukkan emblem eCanter pada Mitsubishi Fuso eCanter 2020

Mitsubishi Fuso eCanter 2020: Truk Listrik Canggih Seharga 6 Pajero

Lantas mengapa kami berani bilang ia menguntungkan bagi pengusaha? Itu semua karena skema truk Mitsubishi Fuso eCanter 2020 ini adalah rental atau sewa, jadi semua akan sangat tergantung pengusahanya, ingin berapa lama menyewa truk ini. Dengan sewa, otomatis biaya yang dikeluarkan akan lebih murah dan lebih terukur, bandingkan jika pengusaha diminta untuk membeli truk listrik yang harganya setara 6 buah Mitsubishi Pajero Sport tipe Dakar, mungkin para pengusaha akan tidak mau. Biayanya semua menjadi pasti ketika rental.

>>> Lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Arfian Alamsyah
Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Review lain

Review Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019

30/01/2019

Editor rate:

Tak hanya mobil penumpang saja, medan persaingan Medium Duty Truck juga sama panasnya dan sengit, banyak pemain yang berkecimpung disini, ada Hino, UD Trucks, Isuzu, hingga Mitsubishi. Segala usaha dilakukan untuk meraup pasar sebanyak-banyaknya. Guna mencapai target penjualan tahun 2019 ini, Mitsubishi memperkenalkan andalan terbaru mereka, yakni sebuah Mitsubishi Fuso Fighter. Inilah ulasan kami mengenai Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019.

Lihat juga

Review Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019

18/04/2019

Editor rate:

Dengan mudahnya mobilitas di era saat ini, PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) meluncurkan 9 varian sekaligus untuk Mitsubishi Fighter Fuso. Salah satu paling menarik adalah varian High Duty (HD) berkode FN62F. Kendaraan yang memiliki kapabilitas mumpuni dalam daya angkut yang ‘super’ banyak dan berat. Sudah menjadi tugas Cintamobil.com untuk mengulasnya dalam review Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019.

Lihat juga

Review Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019

14/08/2019

Editor rate:

Mungkin Anda yang tinggal di kota besar jarang melihat keberadaan truk ini. Tapi, di lokasi pertambangan seperti di Kalimantan, truk ini banyak menjadi primadona para pengusaha untuk membawa hasil tambangnya. Tak hanya mengulas, kami juga sudah mencoba langsung ketangguhan truk ini. Inilah review Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019.

Lihat juga

Review Mercedes-Benz Arocs 2536 L 2019 Indonesia: Pesona Baru Heavy Truck di Indonesia

30/06/2019

Editor rate:

Mengusung tema ‘New Dimension” untuk kelas truk di Tanah Air, Daimler Indonesia memperkenalkan Mercedes-Benz Arocs 2536 L 2019 Indonesia. Berbagai sistem keselamatan untuk menjaga pengemudi selama berkendara dipadukan dengan fitur canggih untuk kenyamanan di jalan.

Lihat juga

Review Mitsubishi Colt Diesel FE 71 2018, Si Truk Entry Level Untuk Pengusaha

05/04/2019

Editor rate:

Ini dia truk entry level untuk pebisnis dari Mitsubishi, seperti yang kita tahu Mitsubishi adalah pabrikan yang sudah sangat berpengalaman di dunia truk. Ini pendapat kami mengenai Mitsubishi Colt Diesel FE 71 2018 yang merupakan sasis truk termurah dari Mitsubishi Fuso yang ditawarkan untuk para pebisnis di tanah air.

Lihat juga