Review Mitsubishi Fuso Canter 2022: Wajah Sama, Tenaga Membahana

27/03/2022

Share this post:
Mitsubishi Fuso 2022
Editor rate:

TBA

Mitsubishi Fuso dijual Lihat promo

Sebagai pengganti Mitsubishi Colt Diesel, desain Mitsubishi Fuso Canter tak berubah. Tapi mesinnya lebih bertenaga dengan segala kelengkapan teknologinya.

Review Mitsubishi Fuso Canter 2022: Wajah Sama, Tenaga Membahana
0 Gambar

Pengantar Mitsubishi Fuso 2022

Mari kita simak spesifikasi Mitsubishi Fuso 2022 di bawah ini.

Kelebihan
  • Mesin lebih bertenaga dan ramah lingkungan
  • Dimensi lebih lebar untuk kargo yang lebih besar
  • Radius putar tergolong kecil
  • Berbagai teknologi terbaru disematkan
Kekurangan
  • Tampang tak berubah dibandingkan Colt Diesel
  • Penumpang tengah belum mendapatkan headrest
  • Sistem keselamatan masih standar
  • Fitur biasa saja

Sebelumnya bernama Mitsubishi Colt Diesel, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) akhirnya merilis edisi terbaru dari truk light duty kebanggaan mereka dengan nama baru. Dikenal dengan nama Mitsubishi Fuso Canter, kemunculannya merupakan bagian dari komitmen KTB membawa mesin standar emisi Euro IV ke Indonesia.

Canter memang sudah dibekali dengan mesin berkualitas Euro IV, mendapatkan peningkatan dalam bidang performa serta hasil buang yang lebih ramah lingkungan dibandingkan Colt Diesel yang masih menggunakan mesin berteknologi Euro II.

 truk baru Mitsubishi Fuso 2022 di Indonesia
Peluncuran truk Mitsubishi Fuso terbaru di Indonesia

Selain peningkatan kualitas mesin, beberapa teknologi turut disematkan untuk mempermudah pengemudi hingga pemilik armada mengetahui dimana mobil mereka berada. Begitu pula dengan dimensi yang dibuat semakin lebar dan perubahan pada sisi depan mobil guna memberikan tampilan yang lebih segar.

Semua perubahan yang ditawarkan oleh Canter membuat Mitsubishi yakin kehadiran truk ini mampu meningkatkan market share mereka di segmen light duty truck. Penasaran dengan tampilan barunya? Simak ulasan Fuso Canter terbaru dari tim Cintamobil.com.

Mobil Baru Populer

Rp 347.5 - Rp 495.65 Juta
Rp 517.8 - Rp 733.7 Juta
Rp 493.75 - Rp 500 Juta
Rp 294.67 - Rp 320.27 Juta

Eksterior Mitsubishi Fuso 2022

Jika dilihat dari luar, sekilas memang tak ada perubahan berarti yang diberikan oleh Fuso terhadap mobil ini. Memang desain bukan menjadi fokus utama bagi Fuso mengoprek truk andalannya. Tapi ada beberapa perubahan minimalis yang bisa terasa.

Review Mitsubishi Fuso Canter 2022: Eksterior Depan

Kesan minimalis masih dipertahankan untuk tampilan depan Canter. Sama dengan model Colt Diesel, kaca depan dibuat lebar dan lapang untuk meningkatkan visibilitas berkendara. Sebagai pembeda, kali ini Canter mendapatkan emblem nama pada bagian sisi kanan atas, tepat di bawah kaca depan.

eksterior depan Mitsubishi Fuso Canter 2022 di Indonesia
Tampilan depan Mitsubishi Fuso Canter

Sedangkan keseluruhan desain depan tak banyak berubah. Misalnya grille depan disandingkan dengan panel chrome, serta lampu depan masih menggunakan teknologi halogen, cukup membantu ketika berkendara pada malam hari maupun di saat hujan. Dan pada bagian bawah, bumper sudah dilengkapi dengan reflektor.

Review Mitsubishi Fuso Canter 2022: Eksterior Samping

Dari sisi samping, tak banyak yang berubah pada tampilan kepala truk Canter dibandingkan versi Colt Diesel. Yang terbaru ada guratan tepat di bagian bawah gagang pintu mengalir ke bagian atas lampu depan yang memberikan kesan tegas pada mobil ini. Tak ketinggalan ada pijakan kaki di bagian samping ban untuk mempermudah akses masuk ke dalam kabin.

eksterior samping Mitsubishi Fuso Canter 2022 di Indonesia
Tampilan samping Mitsubishi Fuso Canter

Yang membedakan truk Canter dengan Colt Diesel yaitu dimensi yang lebih besar. Perubahan dimensi ini diyakini akan berdampak positif pada konsumen untuk mendapatkan ruang kargo yang lebih besar. Wheelbase terbagi menjadi 3,3 meter, 3,8 meter, hingga 4,2 meter tergantung varian. Radius putar tercatat 6,1 meter, cukup kecil untuk membantu pengemudi berputar di jalanan yang sempit.

Review Mitsubishi Fuso Canter 2022: Eksterior Belakang

Ada banyak pilihan yang ditawarkan pada Mitsubishi Canter di bagian belakang. Mulai dari tipe FE 71L dan FE 74L untuk mobil box, tipe FE 71L BC sebagai bus travel dan angkutan, tipe FE 71L BCL Non-Cabin, serta beragam pilihan bak dan kargo belakang, seperti wing box, car carrier, hingga flat deck yang bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan konsumen.

eksterior belakang Mitsubishi Fuso Canter 2022 di Indonesia
Tampilan belakang Mitsubishi Fuso Canter

Yang membuat Canter lebih menyenangkan untuk dibawa adalah karena mobil ini sudah mendapatkan rear view camera. Kamera ini akan tersambung pada spion tengah dan menampilkan area belakang pada saat mobil mundur.

>>> Uji Jalan Mitsubishi Fuso Canter dan Fighter X: Tangguh dan Bertenaga


Interior Mitsubishi Fuso 2022

Peningkatan dimensi yang diberikan pada Canter berpengaruh pada ruang kabin yang terasa lebih lega. Material plastik memang masih menghiasi bagian kabin. Hanya saja rasa berkendara di terasa lebih nyaman dengan segala pembaruan yang ditawarkan.

Review Mitsubishi Fuso Canter 2022: Dashboard

Tak banyak fitur modern yang ditawarkan pada mobil ini. Tapi untuk sekelas truk light duty, tampilannya sudah terasa modern. Untuk memberikan hiburan ketika perjalanan jauh, Mitsubishi menyematkan fitur hiburan berupa radio, pemutar USB dan MP3 untuk menambah kenyamanan berkendara.

dashboard Mitsubishi Fuso Canter 2022 di Indonesia
Desain dashboard di interior Mitsubishi Fuso Canter

Ada beberapa ruang penyimpanan yang tersebar di dalam kabin, baik untuk pengemudi maupun penumpang. Truk Canter juga dilengkapi dengan Mitsubishi In Dash Gear Shift, dimana tuas transmisi menyatu dengan dashboard. Ini berdampak pada ruang kabin yang lebih lega, terlebih bagi penumpang di tengah.

Review Mitsubishi Fuso Canter 2022: Setir

setir Mitsubishi Fuso Canter 2022 di Indonesia
Setir masih palang tiga yang polos

Setir palang tiga yang masih polos, tanpa lapisan kulit maupun tombol multifungsi siap menyapa ketika duduk di belakang kemudi. Tapi untuk kenyamanan, Canter sudah mendapatkan pengaturan power steering serta fitur tilt & telescopic guna membantu pengemudi mendapatkan posisi berkendara yang sesuai dengan kebutuhannya.

Review Mitsubishi Fuso Canter 2022: Kursi

Kenyamanan kursi memang tak seempuk mobil penumpang, tapi sudah cukup menyenangkan untuk dibawa berkendara jarak jauh. Mobil ini mampu menampung hingga tiga orang di dalam kabin. Tapi berbeda dengan tipe Fighter X, interior Mitsubishi Fuso Canter tidak dibekali dengan ruang kosong di belakang kursi. Mengingat ruang kabin memang tak sebesar Fighter X.

kursi Mitsubishi Fuso Canter 2022 di Indonesia
Kursi bisa menampung hingga tiga orang

Dan yang membuat truk Canter lebih praktis adalah kehadiran inspection lid yang berada di bagian bawah jok penumpang. Sehingga pengemudi tak perlu lagi mengangkat kepala kabin hanya untuk mengecek kondisi mesin. Untuk kepraktisan, terdapat gagang

Review Mitsubishi Fuso Canter 2022: Kargo

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dimensi yang lebih lebar bertujuan untuk memberikan ruang kargo yang lebih besar. Pihak KTB sendiri mengungkapkan lebar bodi maksimal 2.135 mm, sehingga bisa membantu konsumen mengangkut muatan lebih banyak.

>>> Menanti Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter Mengaspal di Indonesia

Fitur Mitsubishi Fuso 2022

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fitur yang ditawarkan pada truk pastinya tak bisa dibandingkan dengan mobil penumpang. Begitu pula dengan Canter dengan fitur yang sudah bisa dibilang modern untuk sebuah light duty truck.

Ada head unit 1DIN yang tersedia di dalam kabin, bisa digunakan untuk memutar musik dan radio ketika berkendara. Sudah cukup baik dalam mengusir kebosanan dan suasana hening ketika dalam perjalanan jarak jauh.

fitur Mitsubishi Fuso Canter 2022 di Indonesia
Hanya ada head unit 1DIN sebagai sistem hiburan

Namun yang membedakan truk ini dengan pesaingnya di kelas yang sama terletak pada teknologi telematic system yang diberikan. Teknologi ini bisa mengetahui lokasi dan status perjalanan kendaraan, termasuk pengaturan penggunaan hingga perawatan kendaraan. Fitur yang tersambung pada smartphone ini bisa membuat perencanaan kerja hingga laporan dan analisa pengoperasian kendaraan.

Hanya saja tak ada fitur keselamatan canggih. Mengingat hanya model Fighter X yang mendapatkan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS). Pengguna Canter sepertinya harus berpuas dengan headrest bagi pengemudi dan penumpang di samping serta seatbelt untuk mengurangi dampak benturan.

>>> Review Mitsubishi Fuso Fighter Mining Spec 2022: Siap Taklukkan Medan Pertambangan

Operasi Mitsubishi Fuso 2022

Perubahan paling besar tentunya terasa pada penggunaan mesin dan teknologi yang menyertainnya. Namun sebenarnya Fuso sudah membawa mesin berteknologi Common Rail semenjak 2019 silam, sehingga tidak banyak perubahan komponen yang terjadi. Apalagi hanya 20% keseluruhan spare part yang berbeda dibandingkan edisi Euro II.

KTB mengungkapkan ada dua tambahan teknologi lainnya yang mendukung mesin Euro IV milik Canter, yaitu penambahan Diesel Oxidation Catalyst (DOC) yang didukung oleh Exhaust Gas Recirculation (EGR) yang mengalirkan kembali gas buang dan menyaring lebih banyak karbon. Sehingga emisi yang dibuang menjadi lebih ramah lingkungan.

mesin Mitsubishi Fuso Canter 2022 di Indonesia
Mesin Mitsubishi Fuso Canter 2022 sudah dibekali dengan standar emisi Euro IV

Ada dua pilihan mesin yang tersedia, yaitu mesin 4V21-2AT1 yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 136 PS pada putaran 2.500 rpm dan tosi puncak 420 Nm pada 1.500 rpm, serta mesin 4V21-2AT2 dengan keluaran tenaga maksimal 150 PS pada 2.500 rpm dan didukung dengan torsi puncak 420 N pada putaran 1.500 – 2.500 rpm.

Dari segi performa, peningkatan tenaga yang ditawarkan memberikan tambahan tenaga yang lebih besar. Membuat pendakian menjadi lebih mudah dibandingkan versi sebelumnya. Serta diperkuat dengan final gear ratio yang lebih besar, cocok untuk membawa truk ini ke medan tanjakan dengan muatan yang berat.

>>> Mesin Euro IV Bisa Minum Solar Busuk! Tapi Ingat Bahayanya

Spesifikasi Mitsubishi Fuso 2022

Mesin Mitsubishi Fuso Canter 2022

Seri Mesin

4V21-4AT1 Common Rail

4V212AT4 Common Rail

Jumlah Silinder

4-silinder

4-silinder

Jumlah Katup

16 katup

16 katup

Tenaga Maksimum

150 PS @ 2.500 rpm

108 PS @ 2.500 rpm

Torsi Maksimum

420 Nm @ 1.500 rpm

300 Nm @ 1.000 – 2.500 rpm

Kapasitas Silinder

3.907 cc

Diameter x Langkah

104 mm x 115 mm

Tipe Transmisi

5-percepatan manual

Rangka Mitsubishi Fuso Canter 2022

Panjang x Lebar x Tinggi

6.425 x 1.750 x 2.080 mm

7.145 x 2.035 x 2.210 mm

7.420 x 1.970 x 2.130 mm

Wheelbase

3.350 mm, 3.850 mm, dan 4.200 mm

Ground Clearance

195 mm, 200 mm, dan 210 mm

Radius Putar

6,1 meter

Jumlah Pintu

2

Kapasitas Penumpang + Pengemudi

3 Orang

Kapasitas Tangki

100 liter

Suspensi/Kaki-Kaki Mitsubishi Fuso Canter 2022

Sistem Kemudi

Ball & nutt type with power steering, adjustable steering, telescopic & tilt steering column

Suspensi Depan & Suspensi Belakang

Laminated leaf spring dengan shock absorber

Rem

Sistem hidraulis dengan Vacuum Service Assistance, Dual Circuit

Jenis Ban

225/75 R16 dan 7.50-16-14PR

Velg

15x6.00GS, 15x6.00 GS dan 16x6.00GS, semuanya dengan 6 studs

Daftar Harga Mitsubishi Fuso 2022

Bahkan sejak perkenalan dan test drive beberapa waktu lalu, pihak KTB tak mengungkapkan besaran harga mobil ini. Tentu saja karena harga mobil sangat bergantung pada varian serta modifikasi yang dilakukan oleh karoseri. Sehingga bagi Anda yang ingin mengetahui secara pasti berapa harga Mitsubishi Fuso Canter 2022, Anda bisa menghubungi dealer Mitsubishi Fuso terdekat di kota Anda.

>>> Selain review Mitsubishi Fuso Canter terbaru, simak harga mobil baru Mitsubishi di sini

Kesimpulan Mitsubishi Fuso 2022

Dari sisi desain dan tampilan, tak banyak perubahan yang ditawarkan pada truk andalan Mitsubishi ini. Tapi dari segi teknis, penggunaan mesin Euro IV yang lebih bertenaga dan ramah lingkungan sangat mempengaruhi kinerja dan performa truk pada saat dikemudikan. Belum lagi penambahan dimensi yang semakin lebar memberikan keuntungan tersendiri dengan ruang kargo yang lebih besar untuk mengangkut muatan yang lebih banyak.

Padli Nurdin
Share this post:
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com. Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencar

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top