Review Mitsubishi eK X 2019: Xpander Versi Imut dan Cerah dari Mitsubishi

13/04/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Bersamaan dengan Mitsubishi eK Wagon, generasi keempat lini kendaraan eK milik Mitsubishi Motors juga memperkenalkan Mitsubishi eK X 2019 yang lebih garang. Tampilan luar yang berbeda dengan eK Wagon mendapatkan wajah Xpander, sehingga banyak yang memperkenalkan eK X sebagai versi mini dari Xpander.

PENGANTAR Mitsubishi eK 2019

Review Mitsubishi eK X 2019Mitsubishi eK X 2019 merupakan desain lain dari generasi keempat lini produksi Mitsubishi eK berusia hampir 20 tahun. Diperkenalkan pertama kali pada Oktober 2001, Mitsubishi eK merupakan kei car yang dikembangkan oleh Mitsubishi Motors dan didasari oleh Mitsubishi Minica. Generasi keempat menunjukan eK Wagon yang lebih ‘biasa’, eK X mendapatkan tampilan yang lebih garang dengan fasia berakses silang dan kemiripannya dengan Mitsubishi Xpander.

generasi pertama Mitsubishi eK berwarna putih

Generasi pertama Mitsubishi eK di Jepang

eK Wagon dan eK X merupakan bagian dari pengembangan bersama oleh Mitsubishi Motors dan Nissan Motors melalui NMKV. Dengan platform, mesin, CVT, dan semua komponen utama baru yang dikembangkan dan diproduksi melalui proses baru, model-model baru ini menyatukan pengetahuan 60 tahun Mitsubishi Motors dan teknologi canggih Nissan Motors.

Dilansir dari rilisan resmi Mitsubishi, eK X adalah model crossover yang menggabungkan rasa SUV khas MMC. Fitur utamanya adalah desain rasa SUV yang kuat dan mewujudkan desain sejati dan inti dari tagline Mitsubishi, “Drive Your Ambition”. Sistem hibrida baru memberikan akselerasi yang kuat namun konsumsi bahan bakar yang rendah. Pas untuk menghadapi mobilitas perkotaan yang bergerak cepat.

Mitsubishi eK X 2019 berwarna kuning

Desain mentereng dari mini Xpander, Mitsubishi eK X 2019

Ada beberapa perbedaan dari eK Wagon dan eK X. Salah satunya adalah motor listrik yang diberikan untuk menambah tenaga dan torsi eK X, serta efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Hanya itu? Tentu saja tidak. Mari kita simak review Mitsubishi eK X 2019 yang baru saja dipasarkan di Jepang beberapa waktu lalu.

EKSTERIOR Mitsubishi eK 2019

Dikembangkan dengan konsep “Cute Beast”, gaya eksterior Mitsubishi eK X 2019 memproyeksikan desain SUV masa depan Mitsubishi dengan tampilan menawan yang menjadi ciri khas Mitsubishi Motors. Apa saja perbedaan mobil ini dengan saudara eK Wagon-nya?

Review Mitsubishi eK X 2019: Eksterior Depan

Wajah depan masih menggunakan konsep desain Dynamic Motors Mitsubishi yang memproyeksikan kekuatan dan ketangguhan SUV Mitsubishi. Kombinasi gril keynote horizontal dengan batang krom vertikal dipadukan dengan lampu depan yang terletak di bawah garis kap mesin. Mitsubishi eK X 2019 mendapatkan fasia agresif dengan aksen X, membagi lampu utama menjadi dua, seperti yang kita temukan pada Triton dan Eclipse Cross yang baru.

eksterior depan Mitsubishi eK X 2019 berwarna kuning

Eksterior depan Mitsubishi eK X 2019

Lensa bagian dalam dengan ‘rumah’ layaknya Mitsubishi Expander menciptakan tampilan depan yang menawan. Unit headlamp LED 3 lensa vertikal dengan dua lensa berada pada bagian bawah eksterior depan Mitsubishi eK X 2019 untuk memberikan visibilitas yang lebih baik bagi pengemudi sambal mengurangi silau bagi pengemudi yang datang dari arah berlawanan.

Review Mitsubishi eK X 2019: Eksterior Samping

eksterior samping Mitsubishi eK X 2019 berwarna kuning

Eksterior samping Mitsubishi eK X 2019

Pada tampilan samping, siluet kabin menggunakan jarak sumbu roda yang Panjang untuk efek maksimum dan garis karakter tegas, dipahat memproyeksikan kekuatan berkendara mobil ini. Lapisan hitam yang digunakan untuk hiasan pada eksterior samping Mitsubishi eK X 2019 memiliki paduan lengkungan roda yang khas pada SUV eK X. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan roof rails yang tersedia sebagai opsi.

Review Mitsubishi eK X 2019: Eksterior Belakang

eksterior belakang Mitsubishi eK X 2019 berwarna kuning

Eksterior belakang Mitsubishi eK X 2019

Gaya ujung belakang menggunakan bumper dalam yang mendukung kabin, menciptakan kesan stabilitas SUV yang khas. Sama seperti spoiler belakang, bumper bawah juga mendapatkan kesan krom yang memberikan tampilan mewah untuk mobil ini. Lampu kombinasi pada eksterior belakang Mitsubishi eK X 2019 yang ditata dengan khas mengalis dari pilar C, melengkapi bukaan bak belakang yang lebar.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Mitsubishi eK 2019

Material pengedap suara dan proofing dipasang untuk membungkus mobil mesin dan mengurangi kebisingan di dalam kabin. Hasilnya adalah kabin yang sangat tenang selama perjalanan. Interior Mitsubishi eK X 2019 juga memiliki paket premium opsional menggunakan kombinasi warna hitam dan cokelat.

Review Mitsubishi eK X 2019: Dasbor

dasbor Mitsubishi eK X 2019 berwarna hitam

Dasbor Mitsubishi eK X 2019

Sama seperti pada tampilan eK Wagon 2019, dasbor Mitsubishi eK X 2019 menggunakan konsep Horizontal Axis MMC untuk memberikan visibilitas ke depan yang baik dan desain yang bersih pada bagian dalam. Sistem kontrol iklim otomatis juga menghiasi bagian dalam dengan kontrol aliran udara terintegrasi rapi dalam desain yang menawan.

Review Mitsubishi eK X 2019: Kemudi

kemudi Mitsubishi eK X 2019 berwarna hitam

Kemudi Mitsubishi eK X 2019

Layaknya produk baru Mitsubishi lainnya, kemudi juga memiliki beberapa peningkatan. Mendapatkan berbagai tombol pengaturan, berbagai fitur pengaturan dan sistem kendaraan bisa lebih mudah dijangkau tombol pada kemudi. Walaupun melihat ergonomis kendaraan, kemudi Mitsubishi eK X 2019 cukup besar untuk kabin yang pas-pasan. Selain itu, bidang kaca depan yang ditingkatkan sebesar 4.7 derajat memberikan visibilitas yang lebih baik bagi pengemudi.

Review Mitsubishi eK X 2019: Kursi

kursi Mitsubishi eK X 2019 berwarna hitam

Kursi Mitsubishi eK X 2019

Kursi pengemudi dengan balutan kulit dan kain yang nyaman memiliki sudut sandaran kursi yang sudah dioptimalkan secara vertikal serta menggabungkan dukungan tulang belakang untuk daerah pinggang dan panggul. Hal tersebut membuat fungsi kursi Mitsubishi eK X 2019 lebih tinggi untuk mengurangi kelelahan pengemudi pada perjalanan jauh. Ruang kaki belakang mudah dipindahkan dengan mengangkat tuas geser dan menggerakkan kursi belakang ke depan dan belakang.

Review Mitsubishi eK X 2019: Bagasi

bagasi Mitsubishi eK X 2019 berwarna hitam

Bagasi Mitsubishi eK X 2019

Tidak ada perbedaan ruang penyimpanan pada mobil ini dengan kompartemen yang cukup luas jika dibandingkan mobil lain di segmen kei car. Meskipun membawa 4 orang, bagasi Mitsubishi eK X 2019 memberikan cukup ruang dan akan lebih luas jika Anda menidurkan kursi baris kedua. Bagasi dengan tinggi 655 mm dari tanah juga memudahkan Anda untuk memasukan barang.

>>> Baca juga:

FITUR Mitsubishi eK 2019

Sama seperti eK Wagon, fitur Mitsubishi Intelligent Pilot (MI-Pilot) mendapatkan debutnya pada eK X. Fitur ini adalah sistem mengemudi semi-swakemudi pertama Mitsubishi yang menambahkan Active Cruise Control (ACC) dan Lane Keep Assist (LKA). Fitur Mitsubishi eK X 2019 yang baru lainnya termasuk Grip Control yang menggunakan rem untuk membantu akselerasi pada permukaan yang licin serta kaca spion digital pertama untuk segmen kei car dan sistem kamera 360 derajat milik Nissan.

tampilan dalam dan layar infotainment Mitsubishi eK X 2019

Fitur dan layar infotainment Mitsubishi eK X 2019

Review Mitsubishi eK X 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Dari segi keselamatan, semua model mendapatkan enam airbag dan paket keselamatan aktif e-Assist yang terdiri dari Forward Collision Mitigation (FCM), Emergency Assist untuk Pedal Misapplication, Lane Departure Warning (LDW), Automatic High Beam (AHB) dan Lane baru, serta Departure Prevention (LDP).

Fitur keselamatan aktif Mitsubishi eK X 2019 sudah mendapatkan Sapo Car S-wide, yaitu Safety Support Car. Mobil Sapo adalah kendaraan yang dilengkapi dengan teknologi canggih untuk mendukung berkendara yang aman. Konsep keselamatan baru sedang dipromosikan oleh pemerintah Jepang dan dirancang untuk mencegah kecelakaan lalu lintas dan mengurangi cedera pada pengemudi.

OPERASI Mitsubishi eK 2019

Mesin baru yang digunakan sama dengan eK Wagon 2019. Kekuatan mesin mengembalikan jarak tempuh bahan bakar yang lebih baik. Sedangkan sistem operasi Mitsubishi eK X 2019 menggunakan sistem hibrida dimana mesin dna motor bekerja sama untuk meningkatkan jarak tempuh bahan bakar dan menghasilkan kinerja mengemudi yang kuat dan halus.

mesin Mitsubishi eK X 2019 berwarna hitam

Mesin Mitsubishi eK X 2019

Selama akselerasi, sistem menggunakan daya listrik yang disimpan dalam baterai untuk membantu torsi 100 Nm ditambah 40 Nm dari baterai listrik. Tenaga yang dikeluarkan yaitu 64 daya kuda dan 3 daya kuda dari motor listrik dengan kemampuan meluncur hingga berhenti dengan mesin mati dari 13 km/jam. Semua model mendapatkan sistem CVT dan opsi penggerak dua atau semua roda.

spesifikasi Mitsubishi eK 2019

Beberapa spesifikasi Mitsubishi eK X 2019 memiliki kesamaan dengan eK Wagon. Salah satu pembedanya adalah motor listrik yang diberikan pada mobil ini. Berikut spesifikasi detail Mitsubishi eK X 2019.

Mesin Mitsubishi eK X 2019

Tipe Mesin

BR06 0.6 L DOHC 12 katup 3 silinder

Isi Silinder

658 cc

Tenaga Maksimal

51 dk @ 6.400 rpm

64 dk @ 5.600 rpm (LTTZ dan LTTZZ)

Torsi Maksimal

60 Nm @ 3.600 rpm

100 Nm @ 2.400 – 4.000 rpm (LTTZ dan LTTZZ)

Motor Listrik

SM21 AC Synchronous lithium ion

Tenaga Maksimal

2 hp @ 1.200 rpm

Torsi Maksimal

40 Nm @ 100 rpm

Transmisi

CVT

Sistem penggerak

2WD dan 4WD

Kapasitas Tangki

27 liter

Kaki-Kaki Mitsubishi eK X 2019

TIpe Setir

Rack and pinion (electric power steering)

Suspensi depan

Strut

Suspensi Belakang

Torsion beam (2WD) dan torque arm 3 link (4WD)

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Leading Trailing Drum

Tipe Ban

155/65 R14

kelebihan & kekurangan Mitsubishi eK 2019

Meskipun sama-sama berada dalam segmen kei car Mitsubishi, ada beberapa perbedaan dari ek X dan eK Wagon. Namun selain itu, mari kita lihat lagi kelebihan dan kekurangan Mitsubishi eK X 2019.

Kelebihan

Kekurangan

Tampilan depan nan sporty, berbeda dibandingkan kei car lain

Dasbor yang terkesan padat dibandingkan dengan kabin yang mungil

Ruang penyimpanan yang banyak dan bagasi yang cukup luas untuk kei car

Belum ada kepastian apakah Mitsubishi akan membawa mobil ini ke Indonesia

Berbagai fitur baru dengan teknologi yang lebih banyak

 

daftar harga Mitsubishi eK 2019

Perbedaan lainnya ek X dengan eK Wagon adalah varian yang diberikan. Dengan tiga trim serta perbedaan penggerak 2WD dan 4WD, ada enam pilihan untuk eK X. Sedangkan harga Mitsubishi eK X 2019 yang baru saja diluncurkan di Jepang adalah sebagai berikut.

Tipe

Harga

Mitsubishi eK X M 2WD 2019 (LTRG)

¥1,414,800 (Rp180 jutaan)

Mitsubishi eK X M 4WD 2019 (LTRGZ)

¥1,544,400 (Rp196 jutaan)

Mitsubishi eK X G 2WD 2019 (LTSG)

¥1,555,200 (Rp198 jutaan)

Mitsubishi eK X G 4WD 2019 (LTSGZ)

¥1,684,800 (Rp214 jutaan)

Mitsubishi eK X T 2WD 2019 (LTTZ)

¥1,636,200 (Rp208 jutaan)

Mitsubishi eK X T 4WD 2019 (LTTZZ)

¥1,765,800 (Rp225 jutaan)

Video Mitsubishi eK 2019

Mitsubishi eK X memberikan nuansa baru bagi kei car Mitsubishi. Mitsubishi juga mengedepankan warnanya yang unik dan cerah dalam video Mitsubishi eK X 2019 berikut ini.

KESIMPULAN Mitsubishi eK 2019

Mitsubishi eK X 2019 memang dibuat sesuai dengan mobilitas perkotaan yang sibuk, menunjukan arti kei car khas Jepang yang dinamis. Menggunakan desain dan dimensi yang mungil, eK X memberikan ruang penyimpanan yang cukup banyak dan ruang kabin yang lega, meskipun ketika membawa empat orang di dalam mobil.

Mitsubishi eK X 2019 berwarna putih kuning di pantai

Tampilan sporty nan mungil dari Mitsubishi eK X 2019

Wajah depan yang sporty memberikan aksen berbeda dibandingkan kei car lain pada segmennya yang terkesan lucu dan polos. Sistem baru dan fitur anyar mobil yang lebih lengkap dibandingkan generasi sebelumnya merupakan keunggulan mobil ini. Mengingat popularitas Xpander di Indonesia, rencana untuk membawa Mitsubishi eK X 2019 ke Tanah Air sepertinya bukan pilihan yang buruk. Tertarik, Mitsubishi?

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil