Review Mitsubishi eK Wagon 2019: Mungil dan Minimalis, Namun Padat di Dalam

08/04/2019
editor rate: 4,4 user rate: 4,0
Generasi keempat dari car kei Mitsubishi akhirnya mulai dipasarkan di negara asalnya. Mitsubishi eK Wagon 2019 yang baru saja dipasarkan 28 Maret lalu mendapatkan berbagai perubahan eksterior dan penambahan teknologi baru milik Mitsubishi.

PENGANTAR Mitsubishi eK 2019

Review Mitsubishi eK Wagon 2019Car kei merupakan salah satu segmen mobil mungil yang secara khusus hanya dipasarkan di Jepang, meskipun beberapa pabrikan membawa mobil ini ke pasar lain. Dan Mitsubishi eK Wagon merupakan salah satu mobil mungil andalan Mitsubishi di Jepang yang saat ini sudah mendapatkan perubahan untuk generasi keempat.

generasi pertama Mitsubishi eK Wagon 2019 berwarna biru

Generasi pertama Mitsubishi eK Wagon yang diperkenalkan pada 2001

Dibuat berdasarkan Mitsubishi Minica, eK Wagon pertama kali diperkenalkan pada 11 Oktober 2001. Menurut Mitsubishi, nama eK merupakan singkatan dari “excellent Keijidōsha” atau “minicar yang sangat baik”. Generasi pertama eK Series tersedia dalam ventuk eK Wagon, eK Sport (2 September 2002), eK Classy (26 Mei 2003), dan eK Active (25 Mei, 2004).

Setelah generasi pertama diperkenalkan, eK Wagon versi facelift diluncurkan pada 20 Desember 2004. Dan setahun kemudian, eK Classy diberhentikan. Generasi kedua eK Wagon dan eK Sport dirilis pada 13 September 2006. Sedangkan versi e-facelift dirilis pada 21 Agustus 2008. Generasi ketiga eK Wagon dan varian khusus yang dijual sebagai eK Custom dirilis pada 6 Juni 2013.

bagian luar Mitsubishi eK Wagon 2019 berwarna putih

Mitsubishi eK Wagon 2019 yang baru saja dipasarkan

Mitsubishi eK Series (eK Wagon, eK Custom, eK Space, dan eK Space Custom) mendapatkan desain ulang untuk model tahun 2018. Selain mendapatkan Mitsubishi e-Assist yang mencakup beberapa fitur keselamatan baru seperti Forward Collision Warning dan Pre-Collision Assist. Lalu, apa saja yang bisa kita dapatkan dari generasi keempat ini? Lihat lagi review Mitsubishi eK Wagon 2019 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

EKSTERIOR Mitsubishi eK 2019

Eksterior Mitsubishi eK Wagon 2019 dikembangkan dalam konsep “Cute Chic”, memperkenalkan desain untuk kei car yang lebih tinggi dari kei car biasanya. Eksteriornya terdiri dari permukaan melengkung yang memberikan bentuk desain yang lucu, namun masih menonjolkan desain menawan yang elegan.

Review Mitsubishi eK Wagon 2019: ​Eksterior Depan

eksterior depanMitsubishi eK Wagon 2019 berwarna biru

Eksterior depan Mitsubishi eK Wagon 2019

Tak ada banyak komponen yang terlihat pada bagian depan mobil ini. Hanya ada lampu depan, aksen krom pada gril depan, serta gril yang terlihat pada bagian bawah dari eksterior depan Mitsubishi eK Wagon 2019 dengan desain boxy. Wajah depan menonjolkan tampilan lebar dengan menciptakan kontinuitas yang memanjang dari gril horizontal dengan aksen krom dan unit lampu depan.

Review Mitsubishi eK Wagon 2019: ​Eksterior Samping

eskterior samping Mitsubishi eK Wagon 2019 berwarna biru

Eksterior samping Mitsubishi eK Wagon 2019

Tampilan kotak juga terlihat pada bagian sisi mobil ini. Yang unik dari mobil ini adalah eK Wagon berpenggerak 4WD lebih tinggi 20 mm dibandingkan versi penggerak 2WD. Namun selain itu, keduanya memiliki desain yang sama persis. Eksterior samping Mitsubishi eK Wagon 2019 memiliki aksen dual warna dengan jendela berwarna hitam. Pelek 14 inci yang mungil menjadi pelengkap mobil ini.

Review Mitsubishi eK Wagon 2019: ​Eksterior Belakang

eksterior belakang Mitsubishi eK Wagon 2019 berwarna biru

Eksterior belakang Mitsubishi eK Wagon 2019

Seperti pada bagian depan mobil ini, tidak ada banyak komponen yang membuat eK Wagon terlihat minimalis. Lampu belakang memiliki desain vertikal pada bagian samping dengan pintu belakang yang lebih besar untuk memudahkan Anda memasukkan barang ke dalam bagasi. Eksterior belakang Mitsubishi eK Wagon 2019 juga dilengkapi dengan wiper untuk meningkatkan visibilitas ketika berkendara dalam keadaan hujan.

INTERIOR Mitsubishi eK 2019

Jika Anda berpikiran mobil mungil akan memberikan interior yang minimalis, siap-siap untuk terkejut. Pasalnya, interior Mitsubishi eK Wagon 2019 memiliki ruang kabin yang cukup padat. Meskipun kecil, Anda bisa menemukan berbagai ruang penyimpanan san saku-saku pada dasbor hingga pintu. Bagian dalam menggunakan skema warna abu-abu terang untuk menciptakan ruang kabin yang apik dan elegan.

Review Mitsubishi eK Wagon 2019: Dasbor

dasbor Mitsubishi eK Wagon 2019 berwarna hitam

Dasbor Mitsubishi eK Wagon 2019

Lihatlah banyaknya ruang penyimpanan yang terdapat pada dasbor mobil ini. Desain mungil tak membuat mobil ini memiliki tampilan minimalis di dalam. Tak hanya pada dasbor kursi penumpang, bagian kursi pengemudi juga mendapatkan ruang penyimpanan di bawah kemudi. Anda juga bisa mendapatkan layar infotainment cukup besar. Layar 9 inci pada dasbor Mitsubishi eK Wagon 2019 membuat lebih mudah untuk melihat peta maupun melihat keadaan di sekitar mobil melalui kamera di sekeliling mobil.

Review Mitsubishi eK Wagon 2019: Kemudi

kemudi Mitsubishi eK Wagon 2019 berwarna hitam

Kemudi Mitsubishi eK Wagon 2019

Mengadopsi desain baru dari sebagian besar kemudi Mitsubishi lainnya, bagian setir juga mendapatkan berbagai tombol pengaturan untuk mempermudah Anda mengaktifkan fitur-fitur yang disediakan. Masih menggunakan desain kemudi tiga palang dengan logo Mitsubishi pada bagian tengah, kemudi Mitsubishi eK Wagon 2019 cukup besar jika dibandingkan dengan tampilan kabinnya yang padat. Kluster instrument menggunakan bezel dial untuk tampilan yang lebih baik.

Review Mitsubishi eK Wagon 2019: Kursi

Dilihat dari dimensi mobil ini, bagian dalam memang terlihat sedikit padat. Tetapi mobil ini tetap memberikan ruang dalam yang pas – namun bisa dibilang cukup lega – untuk empat orang di dalam mobil. Kursi Mitsubishi eK Wagon 2019 menggunakan pelapis kain chunky untuk kenyamanan berkendara yang optimal, tetapi tetap dengan pola kasual yang sederhana.

kursi Mitsubishi eK Wagon 2019 berwarna beige

Kursi Mitsubishi eK Wagon 2019

Jarak sumbu roda yang lebih Panjang 65 mm menciptakan ruang kabin yang nyaman. Kursi belakang juga menyediakan ruang yang nyaman dengan ruang kaki diperpanjang 70 mm untuk memungkinkan penumpang duduk dengan kaki bersilang. Ruang kaki belakang juga dibuat rata dan tidak terhalang oleh tonjolan apapun, memudahkan Anda untuk masuk dan keluar mobil.

Review Mitsubishi eK Wagon 2019: Bagasi

bagasi Mitsubishi eK Wagon 2019 berwarna merah

Bagasi Mitsubishi eK Wagon 2019

Mobil ini memiliki ruang bagasi yang cukup luas, meskipun ketika membawa 4 orang di dalam mobil. Namun Anda juga bisa memperbesar ruang bagasi dengan menggeser kursi baris belakang. Jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang, bagasi Mitsubishi eK Wagon 2019 akan bertambah jika Anda menurunkan kursi baris kedua. Selain itu, jarak bagasi dengan tinggi 655 mm dari tanah didesain untuk memudahkan Anda memasukan barang, terlebih ketika Anda membawa barang yang berat.

FITUR Mitsubishi eK 2019

Fitur dan teknologi baru yang dimasukkan dalam eK Wagon merupakan teknologi baru yang diberikan Mitsubishi untuk lini produk teranyarnya. Salah satunya yaitu sistem keyless operation dan engine switch yang diberikan pada fitur standar. Anda bisa mengunci dan membuka kunci pintu samping dan pintu belakang hanya dengan menekan tombol pada kunci.

Beberapa teknologi canggih yang diberikan yaitu Mi-Pilot yang pertama diberikan pada lini produk Mitsubishi. Sistem ini akan mendukung pengemudi di jalan bebas hambatan dengan membantu pengoperasian akselerator, rem, dan kemudi untuk mengurangi stress dan kelelahan pada perjalanan jauh.

layar 9 inci pada Mitsubishi eK Wagon 2019

Fitur baru pada Mitsubishi eK Wagon 2019

Selain itu, fitur Mitsubishi eK Wagon 2019 juga mendapatkan Active Cruise Control yang secara otomatis menyesuaikan jarak dengan mobil di depan; Lane Keep Assist untuk mengurangi beban mengemudi dengan mendeteksi tanda jalur dan membantu kemudi untuk tetap di tengah jalur; Kontrol Grip yang membantu Anda ketika bergerak atau berakselerasi pada permukaan jalan yang licin; serta Multi Around Monitor dan Digital Spion Mirror.

Review Mitsubishi eK Wagon 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Selain semua model mendapatkan airbag SRS untuk pengemudi dan penumpang di depan, sistem keselamatan aktif Mitsubishi eK Wagon 2019 juga termasuk Forward Collision Mitigation, Emergency Assist untuk Pedal Misapplication, Lane Departure Warning, Automatic High Beam yang digabungkan dengan Lane Departure Prevention (LDP). Sistem LDP akan membantu pengemudi untuk mengembalikan mobil ketika menyimpang dari jalurnya

​>>> Water Repellent, Tips Mitsubishi untuk Merawat Bodi dan Kaca Mobil

OPERASI Mitsubishi eK 2019

Mesin baru dan sistem CVT dikawinkan dengan powertrain yang menghasilkan jarak tempuh bahan bakar yang lebih baik, akselerasi yang lebih gesit pada seluruh putaran, dan kinerja yang lebih tenang. Sistem operasi Mitsubishi eK Wagon 2019 memiliki tingkat gesekan yang lebih rendah dan rasio kompresi yang lebih tinggi dibandingkan unit saat ini. Sementara CVT rasio lebar menggunakan pompa oli dengan efisiensi tinggi dan gesekan sabuk yang lebih rendah.

mesin Mitsubishi eK Wagon 2019 berwarna hitam dan putih

Mesin Mitsubishi eK Wagon 2019

Tenaga yang dihasilkan dari mesin BR06 berkapasitas 659 cc (sesuai dengan standar kei car di Jepang) mengeluarkan hingga 51 daya kuda pada 6.400 rpm dengan torsi maksimal 60 Nm pada @ 3.600 rpm. Keluaran tenaga masih lebih baik dengan jarak tempuh bahan bakar yang efisien sambal menghasilkan akselerasi yang bebas stress dan gesit pada seluruh rentang putaran penuh.

spesifikasi Mitsubishi eK 2019

Baru saja dipasarkan di negara asalnya, spesifikasi Mitsubishi eK Wagon 2019 sudah diperkenalkan pada laman resmi Mitsubishi di Jepang. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa melihat detailnya di bawah ini.

Dimensi Mitsubishi eK Wagon 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

3.395 mm x 1.475 mm x 1.640 (2WD)

3.395 mm x 1.475 mm x 1.660 (4WD)

Jarak Poros Roda

2.495 mm

Jarak Roda Depan

1.300 mm

Jarak Roda Belakang

1.290 mm

Radius Putar

4.5 m

Ground Clearance

155 mm

Mesin Mitsubishi eK Wagon 2019

Tipe Mesin

BR06 0.6 L DOHC 12 katup 3 silinder

Isi Silinder

658 cc

Tenaga Maksimal

51 dk @ 6.400 rpm

Torsi Maksimal

60 Nm @ 3.600 rpm

Transmisi

CVT

Sistem penggerak

2WD dan 4WD

Kapasitas Tangki

27 liter

Kaki-Kaki Mitsubishi eK Wagon 2019

TIpe Setir

Rack and pinion (electric power streering)

Suspensi depan

Strut

Suspensi Belakang

Torsion beam (2WD) dan torque arm 3 link (4WD)

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Leading Trailing Drum

Tipe Ban

155/65 R14

kelebihan & kekurangan Mitsubishi eK 2019

Bodi yang mungil bisa dibilang salah satu kelebihan mobil ini untuk mobilitas di daerah perkotaan. Namun selain itu, ada beberapa kelebihan dan kekurangan Mitsubishi eK Wagon 2019 yang ditemukan oleh tim Cintamobil.com.

Kelebihan

Kekurangan

Fitur baru dan teknologi yang lebih banyak dibandingkan generasi sebelumnya

Terkesan sangat padat jika melihat bagian dasbor mobil

Bagasi dan ruang penyimpanan yang banyak

Belum ada waktu pasti kapan Mitsubishi membawa mobil ini ke Indonesia

Ruang kaki yang pas, namun bisa digeser untuk memperluas ruang kaki

 

Desain minimalis pada eksterior yang elegan

 

daftar harga Mitsubishi eK 2019

Ada dua trim level dan dua sistem penggerak yang diberikan untuk mobil ini, sehingga membuat ada empat pilihan varian yang bisa Anda dapatkan. Tentu saja jika Mitsubishi membawa mobil ini ke Indonesia. Namun sebelum itu, berikut harga Mitsubishi eK Wagon 2019 di negara asalnya.

Trim Level

Sistem Penggerak

Harga

M

2WD

¥1,296,000 (Rp164 jutaan)

4WD

¥1,425,600 (Rp180 jutaan)

G

2WD

¥1,377,000 (Rp174 jutaan)

4Wd

¥1,506,600 (Rp190 jutaan)

Video Mitsubishi eK 2019

Mitsubishi sepertinya tidak terlalu menggembar-gemborkan peluncuran mobil ini dengan tidak adanya video Mitsubishi eK Wagon 2019. Tetapi ada banyak video review yang dibuat oleh pengulas otomotif di Jepang. Berikut ini salah satunya

KESIMPULAN Mitsubishi eK 2019

Fitur dan teknologi yang lebih banyak menjadi salah satu pemikat dari kei car yang dibuat bersama oleh Mitsubishi dan Nissan ini. Mitsubishi eK Wagon 2019 mendapatkan fitur Mi-Pilot yang baru pertama kali digunakan oleh Mitsubishi dalam lini produk kendaraannya. Mi-Pilot juga dibantu oleh sistem Active Cruise Control dan Lane Keep Assist.

eksterior Mitsubishi eK Wagon 2019 berwarna biru

Desain menawan dari Mitsubishi eK Wagon 2019

Dikerjakan oleh NKMV, perusahaan hasil kolaborasi Nissan dan Mitsubish, mobil ini memiliki ruang penyimpanan yang banyak  dan cukup luas, berbanding terbalik dengan desain minimalis yang ditampilkan pada bagian eksterior mobil ini. Jika dibawa ke Indonesia, Mitsubishi eK Wagon 2019 memiliki berbagai fitur tambahan untuk memikat penggemar mereka di Tanah Air. Tertarik, Mitsubishi?

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil