Review Mitsubishi Eclipse Cross 2019: Produk SUV Bergaya Crossover Terbaru Dari Mitsubishi

19/07/2019
editor rate: 4,7 user rate: 4,5
Setelah sempat banyak rumor beredar, kehadiran SUV terbaru Mitsubishi ini akhirnya resmi diluncurkan di Indonesia. Kehadiran Mitsubishi Eclipse Cross akan meramaikan pangsa pasar SUV sekaligus melengkapi lini produk PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

PENGANTAR Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2019 - Berawal dari sebuah model konsep bernama XR-PHEV dan XR-PHEV II yang diperkenalkan pada tahun 2013 serta 2015 silam, Mitsubishi Motors meluncurkan produk terbarunya di ajang Geneva Motor Show, Maret 2017 dengan nama Eclipse Cross. SUV berkonsep crossover ini memang tidak jauh berbeda dengan konsepnya.

Konsep awal Mitsubishi Eclipse Cross 2019

XR-PHEV menjadi konsep awal dari lahirnya Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Mengusung identitas barunya yakni Dynamic Shield pada bagian muka produk ini telah resmi dipasarkan di beberapa negara seperti Jepang, Amerika dan Australia pada tahun lalu. Tahun ini, ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 menjadi momen PT. MMKSI untuk memboyongnya ke Indonesia melengkapi lini produk yang sudah ada.

Gambar orang-orang yang sedang memfoto dengan mobil Mitsubishi Eclipse Cross saat diluncurkan di GIIAS 2019

Mitsubishi Eclipse Cross akhirnya resmi diluncurkan di ajang GIIAS 2019

Nama yang diusung sama dengan sports car, Mitsubishi Eclipse namun tidak ada keterkaitan antara dua produk tersebut. Mitsubishi Eclipse Cross murni produk baru yang dikembangkan oleh Mitsubishi Motors di negara asalnya, Jepang. Bagaimana penampilan eksterior, interior serta spesifikasi dari calon penantang Honda HR-V, Toyota C-HR dan Mazda CX-3 ini di Indonesia? Berikut review Mitsubishi Eclipse Cross 2019.

EKSTERIOR Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2019: Eksterior Depan

Tampak Depan dari Mitsubishi Eclipse Cross 2019 berwarna merah

Mitsubishi Eclipse Cross pada bagian depan sedang mengusung konsep Dynamic Shield

Desain eksterior depan Mitsubishi Eclipse Cross 2019 tampil maskulin dengan lekuk bodi yang membuatnya terlihat berotot. Aura sporty yang agresif juga terlihat dengan mengandalkan ciri khasnya melalui desain Dynamic Shield. Lampu yang pipih sudah disematkan DRL (Daytime Running Lights) serta LED pada lampu utama dengan fitur auto levelling. Grill dengan aksen krom yang tebal membuatnya terlihat tangguh.

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2019: Eksterior Samping

Gambar sebuah mobil Mitsubishi Eclipse Cross 2019 berwarna merah dilihat dari sisi samping

Pada bagian samping Mitsubishi Eclipse Cross 2019 terlihat konsep crossover

Sisi samping Mitsubishi Eclipse Cross 2019 tidak kalah menarik. Dua guratan garis tegas pada sisi atas dan bawah yang terlihat membentuk sebuah frame. Fender pada bagian roda diberi ornamen berkelir hitam yang memberinya kesan kokoh layaknya sebuah SUV. Kesan coupe terlihat dengan garis krom yang mengelilingi jendela dengan bagian belakang yang menyempit.

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2019 : Eksterior Belakang

Gambar sebuah mobil Mitsubishi Eclipse Cross 2019 berwarna merah dilihat dari sisi belakang

Bagian belakang Mitsubishi Eclipse Cross 2019 terlihat ikonik

Pesan Mitsubishi untuk menyampaikan bahwa Eclipse Cross adalah sebuah produk yang agresif sukses diberikan pada desain eksterior bagian belakang. Lampu LED Rear Combinatil Tail Lights membentuk sebuah garis yang menjadi penengah antara dua kaca. Sehingga terlihat seakan kaca belakang terbelah menjadi dua bagian. Pada sisi belakang ini menurut kami menjadi ikonik untuk produk terbaru dari PT. MMKSI.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

INTERIOR Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2019 : Dasbor

Tampilan dasbor Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Desain mewah dan modern pada dasbor Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Masuk ke dalam interiornya, Mitsubishi Eclipse Cross mempunyai banyak hal menarik. Layar head unit tepat di tengah dasbor dengan ukuran yang cukup besar menjadi inti dari sistem hiburan. Namun hal paling menarik perhatian kami adalah hadirnya Touchpad Controller yang umumnya ada di mobil-mobil mewah kini hadir di Mitsubishi Eclipse Cross 2019. Ada cukup banyak tempat penyimpanan yang bisa Anda gunakan baik untuk menarik botol minuman maupun barang-barang kecil.

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2019 : Setir

Tampilan setir  Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Setir palang tiga dengan tombol fitur pada  Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Lebih detail masuk ke bagian setir, Mitsubishi Eclipse Cross 2019 menggunakan desain palang tiga. Ada beberapa tombol praktis untuk memudahkan pengemudi mengoperasikan fitur hiburan. Seperti mengatur volume, memilih lagu/saluran radio, hingga mengaktifkan fitur cruise control.

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2019 : Jok

Tampilan jok kulit Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Meski motifnya terlihat sederhana namun sudah dibalut bahan kulit dengan aksen jahitan merah

Berbicara kenyamanan tentu jok menjadi hal penting dalam sebuah produk. Pada Mitsubishi Eclipse Cross 2019, seluruh jok sudah dilapisi bahan kulit dengan motif yang sporty. Terlihat dengan aksen jahitan berwarna merah sekeliling jok. Posisi mengemudi juga menjadi nyaman karena Mitsubishi menyematkan fitur 6-Way Power Adjustable untuk menyesuaikan postur tubuh yang berbeda-beda setiap orang.

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2019 : Bagasi

Ruang bagasi Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Keunggulan hanya 5 orang penumpang membuat ruang bagasi Mitsubishi Eclipse Cross 2019 cukup luas

Salah satu keunggulan mobil dengan daya tampung 5 orang ialah ruang bagasi yang luas. Hal ini yang kami temukan pada Mitsubishi Eclipse Cross dengan kapasitas bagasi yang mampu setidaknya menampung 4 koper besar. Namun bila Anda membutuhkan ruang bagasi lebih besar, bisa melipat bangku baris kedua.

>>> Baca juga:

FITUR Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2019: Fitur Hiburan

Fitur Touchpad Controller Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Hadirnya fitur Mitsubishi Eclipse Cross 2019 membuatnya terasa mewah

Ada cukup banyak fitur hiburan yang disematkan Mitsubishi pada panel dasbor Eclipse Cross. Sebuah layar head unit berukuran 7 inci di bagian tengah telah didukung oleh teknologi Touchpad Controller yang umumnya hanya dijumpai pada mobil-mobil mewah. Suara dari 4 speaker yang terintegrasi hasilnya cukup nyaman di dengar untuk menemani perjalanan Anda. Beberapa konektivitas seperti Bluetooth, Android Auto serta Apple Car Play siap dihubungan dengan gadget. Kenyamanan juga semakin bertambah dengan fitur Automatic Climate Control yang bisa dirasakan seluruh penumpang.

Review Mitsubishi Eclipse Cross 2019: Fitur Keselamatan

Tombol fitur pada Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Sejumlah fitur keselamatan disematkan pada Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Berbicara fitur, tidak hanya hiburan semata. Fitur keselamatan juga penting dihadirkan pada produk baru mobil modern. Sistem pengereman terkini seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) disematkan pada Mitsubishi Eclipse Cross. Tidak ketinggalan 7 buah airbags yang tersebar di sekitar kabin.

Fitur lainnya yang tidak kalah penting seperti blind spot warning dan lane change assist juga membuat Anda lebih aman ketika di jalan. Pun dengan fitur yang membuat mobil tetap stabil yakni Active Stability & Traction Control (ASTC). Saat melintasi jalan menanjak, Anda juga bisa lebih nyaman dengan fitur Hill Start Assist (HSA) yang menjaga mobil tidak tergelincir.

>>> Mobil Terbaik Pilihan Cintamobil.com Di Indonesia, Yang Dijual Di Kota-Kota Besar

OPERASI Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Tampilan mesin Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Mitsubishi Eclipse Cross 2019 dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc dengan teknologi Turbo Charger

Sebagai sebuah SUV tentu performa menjadi hal penting agar mobil bisa melaju dengan mulus. Pada Mitsubishi Eclipse Cross 2019 dibekali mesin berkapasitas 1.499 cc yang dipadu dengan transmisi CVT. Anda bisa merasakan sensasi perpindahan gigi melalui tuas paddle shift hingga 8 percepatan. Adapun untuk tenaga maksimumnya mencapai 150 dk dengan torsi maksimum 250 Nm. Melihat data spesifikasi mesin tersebut, rasanya SUV ini siap untuk diajak ke berbagai medan baik on-road maupun off-road ringan.

>>> Review Wuling Almaz 7-Seater 2019: Tambahan WIND, Voice Command Berbahasa Indonesia Pertama

spesifikasi Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Penasaran seperti apa info spesifikasi Mitsubishi Eclipse Cross 2019? Silakan cek informasinya berikut ini.

Spesifikasi Mesin Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Tipe Mesin

4B40 DOHC MIIVEC Turbo Charger

Isi Silinder

1.499 cc

Tenaga Maksimum

150 dk / 5.500 rpm

Torsi Maksimum

250 Nm / 2.000-3.500 rpm

Transmisi

Continuously Variable Transmission with 8-Speed

Spesifikasi Bodi Mitsubishi Eclipse Cross 2019

P x L x T

4.405 x 1.805 x 1.674 mm

Wheelbase

2.670 mm

Spesifikasi Kaki-kaki Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Rem Depan / Belakang

Ventilated Disc Brake / Solid Disc Brake

Velg

225/55 R18

kelebihan & kekurangan Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Seperti apa kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Eclipse Cross 2019 menurut sudut pandang Cintamobil.com? Silakan cek informasi tabel berikut ini.

Kelebihan

Kekurangan

Desain eksterior yang ikonik dan mampu menarik perhatian

Perpaduan CVT dan Turbo bisa membuat lag lebih terasa

Fitur Touchpad Controller serasa mobil mewah

Tidak banyak pilihan varian, hanya perbedaan warna

Harga yang kompetitif

 

daftar harga Mitsubishi Eclipse Cross 2019

PT. MMKSI resmi meluncurkan Eclipse Cross 2019 di ajang GIIAS 2019. Produk SUV terbaru ini dibanderol dengan rentang harga mulai dari Rp 478 juta hingga Rp 483 juta. Harga tersebut berlaku untuk On the Road DKI Jakarta bulan Juli 2019. Dengan kisaran harga tersebut, Mitsubishi Eclipse Cross lebih murah dari kompetitornya seperti Toyota C-HR yang mencapai Rp 490 jutaan. PT. MMKSI menawarkan tiga varian warna yakni merah (red diamond), putih (silky white) dan amethyst black (hitam).

Daftar Harga Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Varian

Harga

Mitsubishi Eclipse Cross Ultimate Red Diamond

Rp 483.000.000

Mitsubishi Eclipse Cross Ultimate Silky White

Rp 481.000.000

Mitsubishi Eclipse Cross Ultimate Amethyst black

Rp 478.000.000

Video Mitsubishi Eclipse Cross 2019

KESIMPULAN Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Masuknya produk baru Mitsubishi Eclipse Cross ke Indonesia menjadi momen bagus ditengah tren SUV yang terus meningkat. Terlebih merek Mitsubishi sendiri sedang naik daun karena Xpander yang sukses bersaing dengan kompetitornya. Meskipun segmen SUV bergaya crossover ini tidak sebesar Low MPV. Namun harga yang kompetitif dan fitur yang cukup banyak bisa menjadi modal kuat untuk menarik perhatian publik. Belum lagi desain eksterior yang ikonik khususnya pada bagian belakang.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Mahmudi Restyanto
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil