Review Mitsubishi Delica D:5 2019

22/11/2018
editor rate: 4,0 user rate: 4,5
Negara Jepang bisa dibilang populer dengan kuliner fusion, yang menggabungkan dua elemen makanan yang bertolak belakang sehingga menjadi citarasa yang menarik. Sama seperti Mitsubishi Delica D:5 bisa dibilang adalah salah satu kendaraan ‘fusion’, menggabungkan kepraktisan dan kemewahan khas MPV dengan tampang dan kemampuan selayaknya mobil off-road. Bagaimana dengan versi terbaru dari mobil keluarga gagah perkasa ini?

PENGANTAR Mitsubishi Delica 2019

Review Mitsubishi Delica D:5 2019 - Nama Mitsubishi memang sudah memiliki keterkaitan yang tidak bisa dipisahkan dengan dunia off-road. Bisa dikatakan mayoritas kendaraan mereka diciptakan untuk bisa menaklukan medan ekstrem, bahkan untuk mobil keluarga sekalipun.

Implementasi inilah yang kemudian terasa di Mitsubishi Delica, sebuah MPV bercitarasa SUV. Awal produksi Mitsubishi Delica di tahun 1968 pada awalnya berfungsi sebagai kendaraan van yang lebih digunakan untuk mengangkut orang banyak atau barang bawaan. Di Indonesia Mitsubishi Delica ini berubah nama menjadi Mitsubishi Colt T100 ‘Bagong’.

foto mobil Mitsubishi Colt T120 generasi pertama dilihat dari sisi depan

Inilah Mitsubishi Delica generasi I, dijual dengan nama Mitsubishi Colt T120 di Indonesia

Evolusi dari sekedar mobil ‘pekerja’ menjadi mobil ‘keluarga’ baru terasa saat generasi kelima Mitsubishi Delica, atau dikenal dengan nama Mitsubishi Delica D:5, masuk ke kancah otomotif global di tahun 2006. Mobil yang juga masuk ke Indonesia pada 2014 silam ini mencoba membangun image mobil keluarga yang secara tampilan bisa gagah perkasa dan bisa diajak melibas jalanan rusak.

Setelah memasuki setengah abad perjalanan Mitsubishi Delica, akhirnya lahir generasi keenam Mitsubishi Delica D:5 yang tersedia dalam versi standar dan Urban Gear. Kini Mitsubishi Delica D:5 2019 secara visual berubah total dengan mengusung gaya bahasa desain Mitsubishi yang kekinian, serta kemewahan yang semakin baik dibanding pendahulunya. Semua ini kami bahas secara mendalam di review Mitsubishi Delica D:5 2019 yang bisa di baca di Cintamobil.com

Mitsubishi Delica generasi kelima dengan 4WD full time yang sudah dikendalikan secara elektronik

Mitsubishi Delica generasi sebelumnya pernah dijual di Indonesia

EKSTERIOR Mitsubishi Delica 2019

foto 3/4 mitsubishi delica d5 2019 berwarna hitam dilihat dari sisi depan

Mitsubishi Delica: D5 2019, tampil lebih garang, sporty dan dinamis

Eksterior Mitsubishi Delica D:5 2019 mengedepankan pendekatan sporty dan dinamis, sehingga lebih mengekspresikan sisi ketangguhan sekaligus prestise dari mobil MPV ini. Dengan bahasa desain baru, Mitsubishi Delica D:5 2019 mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi siapapun penggunanya.

Review Mitsubishi Delica D:5 2019: Eksterior Depan

Selamat datang di tampilan depan Mitsubishi Delica D:5 2019 yang kini mengusung konsep Dynamic Shield selayaknya beragam keluarga Mitsubishi terkini, baik itu Mitsubishi Xpander, Mitsubishi Triton 2019, sampai ke Mitsubishi Pajero Sport terbaru. Pada Mitsubishi Delica D:5 2019, aplikasi bahasa desain Advanced Dynamic Shield terasa lebih modern karena dipadukan Multi LED Headlight yang diposisikan secara vertikal dan daytime running light berteknologi LED disematkan di area atas fascia depan. Area grille depan juga dibalut aksen chrome yang meningkatkan citra dinamis mobil ini.

tampak depan mitsubishi delica d5 2019 berwarna hitam

Tampilan depan mirip Mitsubishi Xpander, namun dalam versi lebih garang

Review Mitsubishi Delica D:5 2019: Eksterior Samping

Kesan tangguh yang selama ini menjadi citra dari Mitsubishi Delica D:5 masih terasa di generasi terbaru MPV ini. Mitsubishi tetap mengandalkan pintu sliding elektrik untuk akses penumpang belakang. Untuk memperkuat tampilan tangguh pada mobil ini, Mitsubishi mendesain fender depan dan belakang dengan lekukan yang lebih dominan dan diperkuat desain velg yang modern dengan aksen two-tone multi spoke.

foto mitsubishi delica 2019 tampak samping

Tampak samping masih mirip "roti tawar" sebagaimana pendahulunya

Review Mitsubishi Delica D:5 2019: Eksterior Belakang

Kalau mau melihat dengan detil, maka Anda akan menemukan sedikit persamaan desain antara Mitsubishi Delica D:5 2019 dengan Mitsubishi Pajero Sport. Ya, dari desain headlight Mitsubishi Delica D:5 2019 mengandalkan bentuk desain taillight dengan gaya ‘tear-drop’. Terdapat aksen garnish yang menyatukan masing-masing taillight dan menjadi tempat besematnya kamera belakang dari MPV rasa SUV dari Mitsubishi ini.

foto mitsubishi delica d5 tampak belakang

Dari belakang, masih sebelas-duabelas model digantikannya

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Mitsubishi Delica 2019

Rancangan interior Mitsubishi Delica D:5 2019 kini berubah secara drastis. Tetap mencitrakan kesan mewah, Mitsubishi Delica D:5 2019 kini semakin modern dan canggih dengan kontrol bisa diatur secara mudah sekalipun sedang berkendara di kondisi jalanan buruk.

Review Mitsubishi Delica D:5 2019: Dashboard & Setir

Dashboard Mitsubishi Delica D:5 2019 mengisyaratkan pendekatan Horizontal Axis, dimana beberapa fitur penting dan informasi seputar mobil diposisikan sejajar dengan visual mata dan mudah dijangkau oleh tangan pengemudi maupun penumpang depan. Karena itu mulai dari display infotainment sampai ke pengaturan climate control dibuat sejajar dan tidak terlalu jauh dari area setir dari sisi pengemudi atau area panel kayu dari sisi penumpang depan

Area setir Mitsubishi Delica D:5 2019 menggunakan model yang sama seperti ditemukan pada Mitsubishi Pajero Sport keluaran terbaru. Setir palang empat ini memiliki beberapa tombol multifungsi di sisi kanan setir, dan paddle shift di area belakang setir.

Gambar bagian  interior mitsubishi delica d5 2019

Suasana kabin terlihat familier, mirip Mitsubishi Pajero Sport terbaru

Review Mitsubishi Delica D:5 2019: Jok

7 penumpang dewasa bisa dipastikan duduk nyaman di dalam kabin Mitsubishi Delica D:5 2019. Untuk jok baris pertama dan kedua menggunakan model captain seat, sedangkan jok belakang dibuat dengan format 50:50. Adapun masing-masing jok dibalut material leather dengan detil jahitan model diamond.

Gambar bagian kursi mitsubishi delica d5 2019

Bentuk kotak memberikan ruang lega bagi seisi kabin

Review Mitsubishi Delica D:5 2019: Bagasi

Tidak ada informasi detil seputar kapasitas ruang bagasi belakang Mitsubishi Delica D:5 2019. Namun jika diperhatikan dalam kondisi semua kursi terpakai, setidaknya bisa digunakan untuk menyimpan koper berukuran sedang. Beda lagi kisahnya jika jok baris ketiga dilipat dengan format penyimpanan kursi terikat di sisi kiri dan kanan kabin belakang, maka ruang bagasi MPV ini bisa semakin luas dan memadai untuk membawa barang bawaan yang diinginkan. Dan untuk akses pintu bagasi dioperasikan secara elektrik, sehingga semakin praktis untuk akses keluar-masuk barang bawaan di bagasi.

Gambar ruang bagasi mitsubishi delica 2019

Bagasi lega dengan jok bisa dilipat guna memberikan ruang ekstra bagi barang bawaan

>>> Baca juga

FITUR Mitsubishi Delica 2019

Review Mitsubishi Delica D:5 2019: Fitur Keselamatan

Mitsubishi Delica D:5 2019 memiliki fitur keselamatan lengkap seperti Forward Collision Mitigation system, Lane Departure Warning, Adaptive Cruise Control, Blind Spot Warning, Lane Change Assist, dan Rear Cross Traffic Alert. Di dalam kabin pun tersedia sistem keselamatan seatbelt di masing-masing kursi dengan airbag juga sudah tersedia sebagai standar

foto sasis mitsubishi delica d:5 2019

Hadir dengan fitur keselamatan aktif dan pasif lengkap

Review Mitsubishi Delica D:5 2019: Fitur Hiburan

Semua pengaturan hiburan selama perjalanan terpusat pada sistem infotainment berlayar sentuh 10 inci yang disematkan di dashboard Mitsubishi Delica D:5 2019. Sistem hiburan ini bisa menampilkan informasi secara beragam melalui mode four-split display. Untuk menghubungkan dengan smartphone bisa melalui USB port yang bisa juga digunakan sebagai sumber daya untuk pengisian daya smartphone Anda.

OPERASI Mitsubishi Delica 2019

Ada dua versi mesin yang digunakan Mitsubishi pada Mitsubishi Delica D:5 2019. Mesin pertama adalah mesin Clean Diesel berkode 4N14 2,267 cc liter 4-silinder Common rail type DI - D intercooler dengan turbo charger. Untuk mesin bensin menggunakan dua tipe mesin, yakni  4B12 2.359 cc 4-silinder MIVEC DOHC dan 4J11 1.988 cc 4-silinder MIVEC SOHC.

Tenaga yang dihasilkan masing-masing mesin tergolong kuat mulai dari 146 dk sampai 167 dk, dengan rentang torsi dari 191 Nm sampai ke 360 Nm. Semua tenaga disalurkan ke roda depan atau seluruh roda (4WD) dengan pilihan transmisi INVECS-III 6-speed sports mode CVT atau INVECS-III CVT.

foto mesin mitsubishi delica 2019

Hadir dalam dua pilihan mesin bensin dan diesel

 >>> Jangan Tunggu Error, Perhatikan 4 Hal Ini Pada Pintu Geser MPV-mu

spesifikasi Mitsubishi Delica 2019

Berikut ini adalah Spesifikasi Mitsubishi Delica D:5 2019 yang ada di Cintamobil.com.

Dimensi/ Ukuran Mitsubishi Delica 2019

P x L x T

4.790 x 1.795 x 1.870 mm

Jarak poros roda

2.850 mm

Ground Clearance

210 mm (4WD) / 190 mm (2WD)

Mesin Mitsubishi Delica D:5 2019

Jenis

Bensin (2WD): 4J11 1.988 cc 4-silinder MIVEC SOHC

Bensin (4WD): 4B12 2.359 cc 4-silinder MIVEC DOHC

Diesel (4WD): 4N14 2,267 cc liter 4-silinder Common rail type DI - D intercooler w/ turbocharger.

Daya maksimum

Bensin (2WD): 147 dk

Bensin (4WD): 167 dk

Diesel (4WD): 146 dk

Torsi maksimum

Bensin (2WD): 191 Nm

Bensin (4WD): 226 Nm

Diesel (4WD): 360 Nm

Transmisi

INVECS-III 6-speed sports mode CVT / INVECS-III CVT.

Kaki-Kaki Mitsubishi Delica D:5 2019

Suspensi depan/Suspensi Belakang

McPherson strut type / Multi link type

Rem Depan / Rem Belakang

Ventilated front discs / rear discs

kelebihan & kekurangan Mitsubishi Delica 2019

Ini dia kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Delica D:5 2019 menurut Cintamobil.com. Cek di bawah ini ya informasinya.

Kelebihan

Kekurangan

Eksterior semakin dinamis

Desain bukan selera semua orang

Tersedia dalam versi 4WD dan 2WD

Kemungkinan fitur banyak dipangkas jika masuk ke Indonesia

Kenyamanan dan kemewahan kabin semakin disempurnakan

Tingkat kenyamanan masih tidak sebagus rival-rivalnya yang MPV Tulen

Fitur keselamatan semakin lengkap

 

>>> Klik sini untuk simak kelebihan dan kekurangan mobil Mitsubishi lainnya

daftar harga Mitsubishi Delica 2019

Hingga saat ini belum ada informasi secara resmi mengenai harga Mitsubishi Delica D:5 2019. Cintamobil.com akan kembali mengupdate informasi tersebut saat harga resmi mobil ini sudah dikeluarkan oleh Mitsubishi.

>>> Simaklah harga dan promo mobil lainnya di sini

Video Mitsubishi Delica 2019

Simak video teaser Mitsubishi Delica D:5 2019 dirilis oleh Mitsubishi Motors Jepang berikut ini.

KESIMPULAN Mitsubishi Delica 2019

Mitsubishi Delica D:5 2019 dengan semua peningkatan yang dilakukan sukses memperkuat image-nya sebagai salah satu MPV bercita rasa SUV. Apalagi soal kenyamanan juga iktu ditingkatkan, sehingga tingkat prestise dan kenyamanan mobil ini.

Nah, ‘Fusion’ dari kedua karakteristik mobil tersebut mungkin bisa jadi faktor yang bagus apabila Mitsubishi Delica D:5 ini masuk ke Indonesia. Pasalnya saat ini banyak pengguna kendaraan lebih memilih mobil MPV karena muat banyak, namun tetap ingin terlihat sporty dan bisa diajak berkendara melewati jalanan rusak selayaknya SUV. Mari ditunggu saja kapan kedatangan Mitsubishi Delica D:5 2019 ini di Indonesia.

foto 3/4 belakang mitsubishi delica d5 2019

Mitsubishi Delica: D5, akankah dijual di Indonesia?

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak artikel review mobil lainnya

Hafizh
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil