Review MINI John Cooper Works Countryman 2020: Crossover Sporty MINI Lebih Bertenaga

04/06/2019

Share this post:

MINI Cooper 2019

Editor rate:

Lihat promo

Tingginya permintaan untuk SUV membuat MINI juga menghadirkan versi SUV mereka sendiri. Dan akhirnya, MINI John Cooper Works Countryman 2020 dibuat sebagai crossover sukompak. Bukan SUV, tetapi tidak lagi MINI konvensional.

Review MINI John Cooper Works Countryman 2020: Crossover Sporty MINI Lebih Bertenaga
Review MINI John Cooper Works Countryman 2020: Crossover Sporty MINI Lebih Bertenaga
0 Gambar

Pengantar MINI Cooper 2019

Mari kita simak spesifikasi MINI Cooper 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Peningkatan pada tenaga dan fitur yang diberikan

Tampilan elegan dengan interior nan sporty

Pengendaraan yang ditingkatkan bersama suspensi, rem, dan kekakuan bodi

Kekurangan

Harga yang cukup tinggi dibandingkan pesaingnya di segmen ini

Tidak ada perubahan eksterior yang signifikan

Review MINI John Cooper Works Countryman 2020 - Generasi JCW Countryman saat ini merupakan iterasi yang kedua. Sedangkan generasi pertama diperkenalkan pada 2012 lalu. Dan pada Mei 2019, bersama dengan JCW Clubman yang baru, generasi kedua MINI John Cooper Works Countryman diperkenalkan.

 Peluncuran MINI John Cooper Works Countryman 2020
Peluncuran MINI John Cooper Works Countryman 2020

John Cooper Works adalah turunan dari Countryman versi Cooper S All4 dengan peningkatan daya mesin. Pada generasi pertama, mesin dibuat menjadi 215 daya kuda dan torsi maksimal 280 Nm. Kemudi, suspensi, roda, dan penampilan juga ditingkatkan. Pertama kali diperkenalkan pada International Geneva Motor Show 2012, mobil ini mulai dijual pada musim gugur 2012.

Kedua versi CW Clubman dan Countryman mendapatkan versi turbo empat segaris 231 daya kuda. Sama dengan versi hatchback, namun dibuat dengan bekerja melawan bobot yang lebih berat dan dipadukan dengan sistem penggerak empat roda. Sayangnya MINI tidak akan mengantarkan edisi manual, mengingat penjualan manual MINI sendiri tercatat hanya 11% tahun lalu.

“Countryman dan Anggota Klub JCW yang diperbarui, saya senang mereka datang ke pasar. Saya pikir ini akan menjadi pengingat bagi semua orang bahwa berkendara yang menyenangkan adalah yang mendorong merek ini, "kata kepala pemasaran Mini USA Pat McKenna. Namun benarkah begitu? Karena itu, mari kita lihat review MINI John Cooper Works Countryman 2020 berikut ini.

Eksterior MINI Cooper 2019

Sama seperti Clubman, Countryman dapat dipesan dengan berbagai desain. Anda bisa mendapatkan eksterior MINI John Cooper Works Countryman 2020 dengan cat kontras berwarna merah untuk atap dan penutup spion. Sasis juga sudah ditingkatkan, dengan suspensi yang dibuat lebih kaku untuk menciptakan kenyamanan serta menciptakan sensasi balap yang menyenangkan, jelas MINI ingin memberikan tampilan lebih garang untuk SUV sporty miliknya.

Review MINI John Cooper Works Countryman 2020: Eksterior Depan

Tampilan depan MINI John Cooper Works Countryman 2020

Eksterior depan MINI John Cooper Works Countryman 2020

Desain dua garis masih setia menghiasi kap depan mobil ini. Tetapi ada beberapa perbedaan antara mobil baru dengan generasi terdahulunya. Perubahan kecil yang terlihat juga bagian depan juga sudah dilengkapi dengan lampu depan LED serta aksen merah yang melingkari gril pada bagian depan. Eksterior depan MINI John Cooper Works Countryman 2020 juga dilengkapi dengan gril yang besar untuk asupan udara yang lebih banyak pada mesin.

Review MINI John Cooper Works Countryman 2020: Eksterior Samping

Tampilan samping MINI John Cooper Works Countryman 2020

Eksterior samping MINI John Cooper Works Countryman 2020

Tidak ada perubahan berarti dari bagian samping. Masih sama dengan pendahulunya dan dipadukan dengan aksen merah yang berbeda dengan cat dasar. Dari sisi dimensi, JCW Countryman tetap sama seperti pendahulunya, yaitu jarak poros roda 2.670 mm dan bodi yang panjang 4.300 mm dan lebar 1.821 mm. Anda bisa menggunakan pelek hitam 18 inci sebagai standar, atau pilihan 19 inci untuk memberikan eksterior samping MINI John Cooper Works Countryman 2020 lebih sangar di jalanan.

Review MINI John Cooper Works Countryman 2020: Eksterior Belakang

Tampilan belakang MINI John Cooper Works Countryman 2020

Eksterior belakang MINI John Cooper Works Countryman 2020

Tidak ada yang banyak berubah dari eksterior belakang MINI John Cooper Works Countryman 2020. Masih menggunakan lampu belakang vertikal. Tetapi versi terbaru sudah mendapatkan perubahan pada knalpot dengan pengembangan suara yang luar biasa serta menggunakan filter partikel bensin berstandar Euro 6d-TEMP. Untuk menambah kesan mewah dan unik, terdapat logo JCW yang menghiasi pintu belakang. Perbedaan sistem pembuangan adalah ujung knalpot 85 mm untuk Countryman, sedangkan Clubman 95 mm.

>>>  Mungkin Anda ingin baca:


Interior MINI Cooper 2019

Dibandingkan dengan Clubman, MINI menegaskan tidak ada perbedaan yang signifikan dari interior keduanya. Interior MINI John Cooper Works Countryman 2020 akan memadukan desain kulit premium sehingga menghasilkan tampilan yang lebih elegan. Bagian kabin juga mendapatkan dual warna hitam dan merah.

Review MINI John Cooper Works Countryman 2020: Dasbor

Gambar menunjukan interior MINI John Cooper Works Countryman 2020

Dasbor MINI John Cooper Works Countryman 2020

Layaknya bagian dalam MINI lainnya, tampilan dasbor dilengkapi dengan berbagai tombol dan aksen lingkaran pada layar infotainment 5.5 inci yang bisa ditingkatkan menjadi 8.8 inci. Desain hitam yang elegan dengan sedikit aksen krom memberikan tampilan yang elegan pada dasbor MINI John Cooper Works Countryman 2020.

Review MINI John Cooper Works Countryman 2020: Kemudi

Gambar menunjukan setir MINI John Cooper Works Countryman 2020

Kemudi MINI John Cooper Works Countryman 2020

Desain khas MINI langsung bisa dirasakan pada bagian kemudi. Tampilan setir yang lebih sporty dibandingkan produk MINI lainnya, tidak ada perubahan yang terlihat. Kemudi MINI John Cooper Works Countryman 2019 mendapatkan setir sport khusus dengan tombol multifungsi dan tuas kopling khas JCW.

Review MINI John Cooper Works Countryman 2020: Kursi

Gambar menunjukan kursi MINI John Cooper Works Countryman 2020

Kursi MINI John Cooper Works Countryman 2020

Sebagai salah satu sentuhan keunikan untuk model ini, MINI menawarkan kursi olahraga John Cooper Works untuk tampilan yang lebih sporty. Kursi MINI John Cooper Works Countryman 2020 juga mendapatkan sandaran kepala terintegrasi untuk kenyamanan selama di jalan. Dengan bodi yang dibuat untuk segmen SUV, mobil ini memiliki tampilan yang lebih lega di bagian dalam untuk penumpang dengan kapasitas kargo yang mencapai 450 liter.

>>> Review MINI teranyar bisa Anda dapatkan di sini

Fitur MINI Cooper 2019

Perubahan terbesar dalam hal gadget JCW Countryman adalah, sama seperti semua mobil MINI terbaru, adalah penambahan layanan MINI Connected. Sebagai standar, fitur MINI John Cooper Works Countryman 2020 dilengkapi dengan layar sentuh 6.5 inci. Anda juga bisa memilih layar yang lebih besar 8.8 inci lengkap dengan fitur Connected Navigation Plus dan pembaruan peta otomatis melalui koneksi jaringan seluler.

 fitur MINI John Cooper Works Countryman 2019 berwarna hitam
Berbagai fitur MINI John Cooper Works Countryman 2020

Bagi Anda yang sering bepergian, MINI menghadirkan fitur baru dalam layanan koneksi mereka. MINI menawarkan Informasi Lalu Lintas Real Time dan portal Internet Online MINI untuk melihat kondisi lalu lintas di sekitar Anda. Selain itu, Radio MINI Visual Boost sudah direvisi dan menampilkan fungsi layar sentuh serta tampilan grafis yang didesain ulang.

>>> MINI Connected Apps: Cara Baru Komunikasi Anda Dengan Mobil MINI

Operasi MINI Cooper 2019

Perubahan paling penting untuk JCW Countryman generasi baru adalah mesinnya. Berdasarkan mesin 2.0 liter empat silinder yang digunakan dalam Cooper S Countryman, unit ini mendapatkan peningkatan daya menjadi 306 daya kuda, meningkat 75 dk dari versi sebelumnya. Torsi tercatat 450 Nm, mewakili peningkatan 100 Nm.

 Gambar menunjukan mesin MINI John Cooper Works Countryman 2020
Mesin MINI John Cooper Works Countryman 2020

Sistem operasi MINI John Cooper Works Countryman 2020 digabungkan dengan transmisi olahraga Steptronic 8 percepatan baru dan sistem all-wheel drive ALL4. Menghasilkan akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 5.1 detik, 1.5 detik lebih cepat dari sebelumnya. Peningkatan daya berarti bahwa mobil ini secara teori bisa lebih cepat dari angka 250 km/jam.

Meskipun kinerjanya baik, Countryman tetap menjadi mobil yang hemat bahan bakar. Dalam pengetesan yang dilakukan MINI, mobil ini membutuhkan 7.3 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 100 kilometer (32 mpg). Setidaknya, MINI bisa mempertahankan kecepatan tertinggi untuk meningkatkan efisiensi dengan membatasi kecepatan tertinggi mobil secara elektronik.

>>> Indonesia Siap Sambut Era Elektrifikasi Kendaraan, Inilah 10 Mobil Listrik Yang Dapat Anda Beli Mulai Tahun 2020

Spesifikasi MINI Cooper 2019

Akan dipasarkan Juni nanti, mari kita simak spesifikasi MINI John Cooper Works Countryman 2019 dari MINI.

Dimensi MINI John Cooper Works Countryman 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.300 mm x 1.821 mm x A/N

Jarak Poros Roda

2.670 mm

Mesin MINI John Cooper Works Countryman 2019

Tipe Mesin

2.0 Liter 4 silinder B48A20T1

Tenaga Maksimal

302 dk @ 5.000 - 6.250 rpm

Torsi Maksimal

450 Nm @ 1.750 - 4.500 rpm

Akselerasi (0-100 km/jam)

5.1 detik

Transmisi

8 Kecepatan

Sistem Penggerak

All-wheel-drive

Kaki-Kaki MINI John Cooper Works Countryman 2019

Pelek

18 inci (opsi 19 inci)

Daftar Harga MINI Cooper 2019

Sama seperti JCW Clubman, Countryman akan mulai dijual Juni ini. Tidak begitu banyak perbedaan mengenai harga dari keduanya, namun MINI John Cooper Works Countryman 2020 dibandrol Rp Rp1.170.000.000. Anda sepertinya akan mengeluarkan lebih banyak uang karena MINI juga menghadirkan beberapa penambahan untuk fitur mobil ini.        

Kesimpulan MINI Cooper 2019

Penampilan MINI John Cooper Works Countryman 2020 adalah untuk penggemar garis keras. Sejak diluncurkan, model ini menghasilkan penjualan stabil untuk Eropa dan Amerika, meskipun dalam jumlah yang berbeda. Di Eropa, Countryman terjual 40.000 unit setiap tahun, semenara di Amerika angka tersebut hanya 15.000.

 Tampak depan MINI John Cooper Works Countryman 2020
Mobil baru MINI John Cooper Works Countryman 2020

Countryman versi John Cooper Works ditujukan untuk kelompok pelanggan yang lebih spesifik. Mengisyaratkan bahwa mobil ini dicari oleh kalangan penggemar MINI. Peningkatan mesin yang lebih kuat serta beberapa penambahan pada teknologi memberikan kesan bahwa mobil ini akan mendapatkan kesuksesan yang lebih besar (jika tidak sama) dibandingkan pendahulunya.

>>> Tertarik untuk mencari ulasan kritis dan lengkap dari mobil pilihan Anda? Temukan jawabannya di situs Cintamobil.com

Padli Nurdin
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Valentino Motor

DKI Jakarta

Dwi Jaya Mobil

DIY Yogyakarta

POWER AUTO

Banten

MOCIL DIPO

DKI Jakarta

Review lain

Review MINI Cooper S 3 Door 2018

25/12/2018

Editor rate:

MINI identik akan hatchback 2 pintu dengan performa lincah layaknya sebuah go-kart. Dan kini sudah hadir kembali MINI Cooper S 3 Door 2018 yang punya segudang pembaharuan yang siap menambahkan unsur style khas Britania Raya pada sang hot hatch.

Lihat juga

Review MINI Cooper S Cabrio 2018

24/11/2018

Editor rate:

Nama MINI selalu dikonotasikan dengan sensasi berkendara go-kart feeling. Namun jika mengacu pada konsep go-kart yang merupakan kendaraan balap open wheeler dengan atap terbuka, maka Mini Cooper S Cabrio 2018 adalah esensi dan representasi sejati untuk go-kart feeling yang menjadi spirit MINI.

Lihat juga

Review MINI Cooper S Countryman Sports 2018

28/10/2018

Editor rate:

Dalam hal pencapaian keasyikan berkendara, MINI memang selalu memiliki rumus fun to drive paling jempolan. Bahkan untuk mobil paling bongsor mereka, MINI Countryman, sensasi ini tetap menjadi faktor ‘mojo’ yang membuat ia menjadi salah satu Compact Luxury SUV paling asyik dikemudikan.

Lihat juga

Review MINI John Cooper Works 2018

03/09/2018

Editor rate:

Tutup lembaran lama mengenai hatchback biasa. Jika ingin merasakan sensasi berbeda mengendarai hatchback anti mainstream, Anda bisa memiliki salah satu varian dari Mini terkencang, yaitu MINI John Cooper Works. Ketika melihat MINI John Cooper Works kesan berbeda pun langsung terpancar, bukan hanya berbeda dari mobil lain, tetapi John Cooper Works sangat berbeda detailnya dengan varian MINI lainnya.

Lihat juga

Review Mini Cooper 5-Door 2015, Hatchback Klasik 5 Pintu Yang Lebih Praktis

04/08/2018

Editor rate:

Setelah menjadi trendsetter hatchback ikonik dengan Mini Cooper 3 pintu, kali ini Mini menghadirkan Mini Cooper 5 pintu untuk mereka yang lebih mementingkan fungsionalitas dan kepraktisan tanpa mengorbankan nilai utama sebuah mobil MINI. Review Mini Cooper 5-Door 2015 akan dijabarkan di bawah ini.

Lihat juga