Review MINI JCW GP 2020: Mini Paling Maxi

02/01/2020

Share this post:

MINI 3 door 2020

Editor rate:

Lihat promo

Dibalik tampangnya yang imut, MINI memiliki reputasi mentereng di ajang motorsport dengan merajai Reli Monte Carlo era 60-an. Seolah ingin menjaga warisan tersebut, MINI memperkenalkan MINI JCW GP 2020, generasi ketiga varian hardcore dari MINI JCW.

Review MINI JCW GP 2020: Mini Paling Maxi
Review MINI JCW GP 2020: Mini Paling Maxi
0 Gambar

Pengantar MINI 3 door 2020

Mari kita simak spesifikasi MINI 3 door 2020 di bawah ini.

Kelebihan

MINI paling kencang yang pernah dibuat

Tidak dipasangkan speed limiter

Sangat cocok untuk kegiatan trackday di Sirkuit

Driver Information Display lebih modern

Kekurangan

Bukan penggerak roda belakang

Sangat tidak praktis

Kurang ideal untuk digunakan sebagai mobil sehari-hari

Review MINI JCW GP 2020 - Sejak diperkenalkan pada 2006 sebagai performance kit, MINI JCW GP sudah memiliki dua generasi, yakni model pertama yang memakai basis MINI Cooper S R50, dilanjutkan dengan generasi kedua tahun 2013 yang merupakan model terakhir dari generasi R56.

Gambar menunjukkan Tiga generasi MINI JCW GP

MINI JCW GP adalah mobil yang dilahirkan untuk kegiatan trackday

Setelah sukses dengan dua generasi sebelumnya, MINI JCW GP 2020 diperkenalkan untuk pertama kalinya di Los Angeles Auto Show 2019, dan hanya dibuat terbatas 3.000 unit saja. MINI JCW GP memang bukan model sembarangan, mobil ini hadir sebagai edisi terbatas dengan performa tinggi dari MINI John Cooper Works standar yang sebenarnya sudah menjadi varian sporty dari MINI Hatchback.

Memangnya, seberapa spesial sih generasi ketiga MINI JCW GP yang diklaim sebagai MINI paling kencang yang pernah dibuat saat ini? Agar tidak penasaran, simak review MINI JCW GP 2020 untuk Anda para pecinta mobil.

Eksterior MINI 3 door 2020

Melihat keseluruhan tampilan MINI JCW GP 2020, kita mungkin bisa langsung percaya bahwa ini adalah mobil balap yang dibuat road legal. Bukan tanpa alasan, penggunaan fender besar dengan bahan CFRP (Carbon-Fiber Reinforced Plastic) dan pengunaan spoiler besar dari model konsep tiga tahun lalu membuat tampilan hatchback ini bak monster yang siap melahap trek dengan catatan waktu terbaik.

Review MINI JCW GP 2020: Eksterior Depan

Gambar menunjukkan Tampilan depan MINI John Cooper Works GP 2020

Tampilan depan MINI John Cooper Works GP 2020

Dimulai dari sisi depan, MINI JCW GP 2020 didesain untuk menunjang performa tinggi mobil. Hal ini terlihat dari layout dua grill berpattern honeycomb di atas dan bawah yang langsung mengarahkan angin menuju intercooler, hood scoop di bagian atas juga membantu menjaga suhu ideal mesin agar tidak overheat. Lubang udara di sudut kanan dan kiri bawah bumper juga berguna untuk mendinginkan rem agar dapat bekerja secara optimal. Bukan hanya membantu sistem pendingin, desain bumper depan yang digunakan juga dapat meningkatkan downforce yang ideal tanpa harus menghasilkan efek drag berlebih.

Tidak hanya secara fungsional, tampilan depan MINI JCW GP 2020 juga terlihat lebih agresif dan terlihat layaknya mobil balap dengan penggunaan finishing merah di grill bagian tengah, dan hitam matte untuk emblem MINI di atas grill. Untuk teknolgi lampu yang digunakan masih sama seperti MINI John Cooper Works biasa, yakni lampu berteknologi matrix dengan LED DRL berbentuk bulat seperti mata.

Review MINI JCW GP 2020: Eksterior Samping

Gambar menunjukkan Tampak samping MINI John Cooper Works GP 2020

Overfender berbahan CFRP mengakomodasi penggunaan ban dengan profil lebih besar

Beralih ke bangian samping, MINI John Cooper Works GP 2020 menyisipkan overfender dengan material carbon-fiber reinforced plastic (CFRP) yang juga berfungsi mengoptimalkan aliran angin dan mengakomodir profil pelek dan ban lebih besar. Demi memangkas bobot mobil, pemilihan pelek lightweight berukuran 18 inci dipilih dengan alas ban performa tinggi berprofil 225/35 R18.

Dibandingkan MINI JCW standar, suspensi JCW GP lebih rendah 10mm dengan per yang lebih kaku serta bearing karet. Camber depan dan belakang juga jadi semakin lebar, kombinasi tersebut membuatnya semakin handal saat diajak menikung.

Review MINI JCW GP 2020: Eksterior Belakang

Tampak belakang atas MINI John Cooper Works GP 2020

Desain belakang mobil dibuat lebih radikal dengan pemakaian spoiler besar

Biar saya tebak, hal paling menarik dari bagian belakang MINI JCW GP 2020 adalah spoiler besarnya kan? Tidak mengherankan sih, spoiler ini adalah satu dari sedikit bagian dari konsep MINI JCW GP yang diturunkan ke versi produksinya.

Layaknya mobil balap, spoiler raksasa yang dipasangkan di MINI JCW GP generasi ketiga ini berfungsi untuk meningkatkan aerodinamika mobil dan membuatnya semakin mantap saat bermanuver di trek.Selain itu, tak ada lagi desain yang cukup menonjol pada bagian belakang mobil ini. Mulai dari lampu belakang dengan pattern union jack, difusser yang sepintas sama dengan JCW normal dengan reflektor dan sistem knalpot ganda baru di bagian tengah diffuser.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:


Interior MINI 3 door 2020

Dilahirkan untuk beraksi di sirkuit, interior MINI JCW GP 2020 tentu berbeda dari MINI JCW biasa yang masih cenderung ke penggunaan daily use. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya di bawah ini.

Review MINI JCW GP 2020: Dashboard & Kemudi

Interior MINI John Cooper Works GP 2020, dashboard dan kokpit pengemudi

MINI JCW GP 2020 menggunakan driver information display digital

Masuk ke dalam, interior MINI John Cooper Works GP 2020 didominasi warna gelap yang memberi kesan agresif di dalamnya. Layout konsol tengahnya sama seperti MINI pada umumnya, di mana bulatan besar di bagian atas menjadi frame multimedia display berukuran 8,8 inci dan berjejer di bawahnya untuk pengatur AC digital, dan tombol start-stop engine yang didesain seperti sakelar pada mobil balap.

Perubahan paling signifikan terdapat pada kokpit pengemudi, di mana Driver Information Display analog yang hadir di MINI John Cooper Works standar diganti dengan model digital yang lebih modern. Tidak hanya mengubah aura retro jadi lebih modern, tampilan ini juga sangat membantu pengemudi saat sedang fokus mengendarai mobilnya karena MID yang ditampilkan juga cukup lengkap.

Untuk setir sepertinya tidak ada bedanya antara MINI JCW GP 2020 dan varian biasa. Setirnya dibalut nappa leather, dan dilengkapi tombol di sebelah kanan dan kiri untuk berbagai fungsi, mulai dari voice command, pengaturan audio, dan bluetooth telephony. Hadir juga aksen silver di bagian tengah atas setir dan juga paddle shifter menggunakan metal yang dicetak 3D.

Beralih ke bagian sisi penumpang, hal spesial terdapat di bagian atas dashboard dengan menghadirkan patern titik-titik seperti karet dengan tulisan emboss GP2020.

Review MINI JCW GP 2020: Kursi & Akomodasi

Interior MINI John Cooper Works GP 2020, kursi depan

Mini John Cooper Works GP 2020 hanya memiliki dua kursi depan saja

Saat Anda memutuskan membeli MINI JCW GP 2020, Anda sudah harus tahu dan paham betul bahwa mobil ini didesain sebagai mobil balap yang road legal. Maka, jangan berharap banyak dengan akomodasinya.

Untuk memangkas bobot, mobil ini hanya memasang dua sport seat di depan saja. Standarnya, material yang dipakai kursi ini adalah dinamica suede dan kulit dengan aksen silver dan merah. Sebagai penanda bahwa ini adalah sebuah mobil John Cooper Works GP, hadir emblem GP di bagian sandaran kepala. Aura ala mobil balap pun semakin kental dengan penggunaan sabuk pengaman warna merah.

Interior belakang MINI John Cooper Works GP 2020

Lapang sih, tapi apa bisa dipakai untuk menaruh barang dengan aman?

Bagaimana dengan bagian belakangnya? Anda tidak akan menemukan  tempat untuk menaruh barang bawaan dengan layak. Bagian belakang dan bagasi didominasi rollbar cage yang meningkatkan rigiditas body dan keamanan saat beraksi di trek. Secara volume memang besar, namun tidak ada penahan sehingga barang bawaan Anda dapat terlempar-lempar saat melaju kencang.

>>> Ini tak kalah menariknya loh

Fitur MINI 3 door 2020

Review MINI JCW GP 2020: Fitur Multimedia

Gambar menunjukkan Head unit MINI John Cooper Works GP 2020

Head unit yang digunakan JCW GP 2020 sama dengan mobil MINI lainnya

Untuk fitur multimedia, MINI John Cooper Works GP 2020 tak ada bedanya dengan mobil MINI lainnya. Anda mendapatkan layar infotainment 8,8 inci yang sudah dilengkapi navigasi satelit, serta memiliki integrasi Apple CarPlay, Bluetooth, dan dilengkapi fitur wireless charging (optional).

Review MINI JCW GP 2020: Fitur Pengemudian

Mode khusus GP pada MINI John Cooper Works GP 2020

GP mode memberikan adernalin khas mobil balap dengan mematikan berbagai driving aids

Berbicara soal fitur pengemudian, MINI JCW GP 2020 memiliki mode khusus yang diberi nama “GP” yang disematkan ke dalam sistem mengemudi. Mode ini secara langsung mematikan berbagai driving aids saat mengemudi di sirkuit. Jika Anda tidak menginginkan stability control, Anda juga bisa mematikan fitur tersebut sepenuhnya.

Review MINI JCW GP 2020: Fitur Keselamatan

Rollbar cage di MINI John Cooper Works GP 2020

Rollbar cage memastikan kondisi kabin mobil tetap utuh ketika terjadi hal yang tidak diinginkan

Mengingat mobil ini dikhususkan di trek, tentu MINI John Cooper Works GP 2020 dilengkapi dengan rollbar cage untuk meningkatkan rigiditas body untuk keselamatan berkendara saat melaju kencang di sirkuit. Namun, tak lupa juga fitur keselamatan layaknya mobil modern seperti Stability Control, Traction Control, Brake Assist (BA), dan airbag.

>>> Dengan mode ini, Anda bisa ngebut mengitari Nurburgring tanpa menginjak pedal rem

Operasi MINI 3 door 2020

Gambar menunjukkan Mesin Mini Cooper Works GP 2020

Meski mesin yang digunakan sama dengan JCW biasa, JCW GP 2020 jauh lebih bertenaga

Di balik kap mesin, MINI JCW GP 2020 menggunakan mesin 2.000cc turbocharger yang menyemburkan tenaga 301 HP dan 450 Nm. Lebih besar 75 HP dan 150 Nm dibandingkan varian JCW standar. Meski mesin yang digunakan sama, apa yang membuat JCW GP jauh lebih bertenaga?

Ubahan pada mesin B48 yang digunakan iterasi ketiga MINI JCW GP adalah sistem exhaust manifold terintegrasi, kompresi lebih rendah yakni 9.5:1 (dibandingkan 10.2:1 di model lainnya), turbo baru, dan sistem knalpot straight pipe baru.

Dengan ubahan tersebut, MINI JCW GP terbaru dapat melesat dari 0-100 dalam waktu 5 detik, dan kecepatan maksimal 265 km/jam. Oiya, transmisi yang tersedia untuk mobil ini adalah otomatis delapan percepatan dengan limited-slip differential mekanis. Namun tidak seperti JCW Clubman dan Countryman yang menggunakan mesin serupa dan menggunakan layout rear-wheel drive, mobil ini berpenggerak roda depan.

>>> Anda mau membeli mobil MINI? Klik sini untuk cek beberapa mobil dijual dengan harga terbaik di seluruh Indonesia

Spesifikasi MINI 3 door 2020

Setelah melihat bagian interior, eksterior, dan performa, simak spesifikasi MINI JCW GP 2020 secara mendalam di sini:

Dimensi MINI JCW GP 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

3.821 mm x 1.727 mm x 1.414 mm

Jarak Poros Roda

2.495 mm

Mesin MINI JCW GP 2020

Tipe Mesin

B48 1.998cc 4-Silinder Turbo

Tenaga Maksimal/rpm

301 HP / 6.000 rpm

Torsi Maksimal/rpm

450 Nm /4.000 rpm

Transmisi

Automatic 8-Speed Steptronic

Sistem Penggerak

Front-Wheel-Drive

Handling MINI JCW GP 2020

Suspensi Depan

McPherson strut

Suspensi Belakang

Multi Link

Rem Depan

Big Brake Kit

Rem Belakang

Disc Brake

Pelek

225/35 R18

Fitur MINI JCW GP 2020

Fitur Keamanan

Stability Control, Traction Control, Brake Assist (BA), Airbag

Fitur Berkendara

GP Mode pada sistem mengemudi

Fitur Hiburan & Kenyamanan

Layar Infotainment 8,8 inci with satelite navigation, Apple CarPlay, Android Auto, Bluetooth, wireless charging (optional)

>>> Sedang cari mobil? Kami punya banyak pilihan untuk Anda

Daftar Harga MINI 3 door 2020

Sama seperti varian JCW GP sebelumnya, MINI John Cooper Works GP 2020 hadir dalam jumlah yang sangat terbatas, hanya 3.000 unit saja. Harga MINI JCW GP 2020 juga tidak bisa dibilang murah, yakni sekitar $ 45.750,- (setara 640 juta Rupiah). Namun jika mobil ini hadir di Indonesia, bukan tidak mungkin harganya akan meningkat hingga dua kali lipat atau bahkan lebih.

Kesimpulan MINI 3 door 2020

Gambar menunjukkan sebuah mobil MINI Cooper Works GP 2020 di dalam trek

Ini bukanlah MINI biasa, ini MINI paling Maxi!

This is not an ordinary MINI, ini adalah MINI paling maxi yang pernah dibuat. Peruntukannya juga tak biasa, alih-alih membuat mobil biasa yang dipakai untuk kegiatan trackday, MINI JCW GP 2020 justru hadir sebagai mobil balap yang bisa dipakai sehari-hari. Ya, walaupun tidak senyaman mobil biasa pada umumnya.

Apakah mobil ini layak Anda pinang? Jika Anda seorang pecinta MINI, mencari sebuah MINI yang bisa dipacu sampai 260 km/jam di trek, dan mengedepankan ekslusifitas, mobil ini untuk Anda. Namun jika Anda mementingkan kepraktisan dan akan memakai mobil ini sebagai daily driver, kami sarankan ambil MINI John Cooper Works biasa saja.

>>> Untuk review lain yang tak kalah menariknya ada di Cintamobil.com

Derry Munikartono
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Valentino Motor

DKI Jakarta

Dwi Jaya Mobil

DIY Yogyakarta

POWER AUTO

Banten

MOCIL DIPO

DKI Jakarta

Review lain

Review Volkswagen Golf 8 2020: Hatchback Ikonik VW Masuki Era Modern

11/12/2019

Editor rate:

Volkswagen merombak hatchback lima pintu Volkswagen Golf 8 2020, menambah teknologi modern tanpa mengabaikan ciri khas yang berkontribusi pada kesuksesan Golf.

Lihat juga

Review Mazda3 TCR 2020: Bukan Main, Ini Jadinya Jika Hatchback Mazda Ikut Kejuaraan IMSA

18/10/2019

Editor rate:

Pada tanggal 1 Oktober 2019, Mazda Motorsports memperkenalkan model terbarunya yakni Mazda3 TCR 2020. ‘Senjata; pamungkas satu ini rencananya akan menyentuh podium IMSA Michelin Pilot Challenge pada awal Januari tahun mendatang, Apa rahasia dan kelebihan dari mobil satu ini? Mari kita cari tahu dalam review Mazda3 TCR 2020.

Lihat juga

Review Volkswagen ID.3 2019: Pembuka Fase 3, Mobil Listrik Terpenting Volkswagen

11/09/2019

Editor rate:

Sebuah pernyataan berani dari Volkswagen yang menyatakan bahwa mobil ini merupakan bab ketiga dari perjalanan panjang pabrikan asal Jerman ini. Setelah produksi Bettle yang menjadi fase pertama dan Golf yang merupakan bab kedua, Volkswagen ID.3 2019 dipersiapkan untuk menjadi tonggak sejarah Volkswagen di industri otomotif dunia.

Lihat juga

Review MINI 60 Years Edition 2019: Edisi Ulang Tahun Datang ke Indonesia

28/07/2019

Editor rate:

Dipasarkan mulai Maret 2019 lalu, MINI akhirnya membawa edisi ulang tahun ke Indonesia melalui GIIAS 2019. Dikenal dengan nama MINI 60 Years Edition 2019, mobil yang cuma dibawa 60 unit ke Indonesia tetap mempertahankan desain dan fitur berkualitas tinggi dengan tampilan eksklusif dari MINI.

Lihat juga

Review BMW i3s 2019: Pionir Mobil Urban Berjiwa Energik dan Ramah Lingkungan

25/07/2019

Editor rate:

Meski bertubuh mungil, tapi BMW i3s 2019 sangat berpotensial menjadi penggerak trend mobil urban masa kini yang sangat ramah lingkungan dengan emisi nol. Apa sebabnya?

Lihat juga