Review MINI Cooper S Cabrio 2018

24/11/2018
editor rate: 3,8 user rate: 4,0
Nama MINI selalu dikonotasikan dengan sensasi berkendara go-kart feeling. Namun jika mengacu pada konsep go-kart yang merupakan kendaraan balap open wheeler dengan atap terbuka, maka Mini Cooper S Cabrio 2018 adalah esensi dan representasi sejati untuk go-kart feeling yang menjadi spirit MINI.

PENGANTAR MINI Convertible 2018

Review MINI Cooper S Cabrio 2018 Sejak diperkenalkan di tahun 1959, MINI berhasil menunjukkan potensinya sebagai mobil yang mampu menjadi ikon pop culture karena asyik dikemudikan dan mudah dipergunakan dalam kegiatan sehari-hari. Apalagi di masanya MINI yang masih di bawah kendali British Motor Corporation (BMC) ini tersedia dalam beragam jenis versi bodi, kendati tetap saja secara tampilan dan bentuk dibuat mungil dan imut.

Namun semenjak era 2000an, MINI yang sudah berada di bawah kendali BMW Group terus memperkenalkan karakter gesit, lincah, dan dinamis yang menjadi ‘jiwa’ dari mobil MINI. Apapun jenis varian mobil MINI yang dibuat, sudah pasti memiliki karakter yang bisa diibaratkan seperti membawa mobil balap go-kart ke jalan raya. Sekedar info, Go-kart sendiri adalah mobil balap kompak yang tidak memiliki atap dengan bentuk mungil. Dan lini produk MINI yang paling mendekati karakteristik tersebut ialah MINI Cabrio, versi atap terbuka dari MINI 3 Door yang notabene adalah ikon utama dari line-up MINI sejak era 60an sampai saat ini.

Austin Mini Moke berwarna hijau diproduksi oleh BMC

Austin Mini Moke

MINI Cabrio sendiri bukanlah mobil produksi MINI pertama yang memiliki atap terbuka. Flashback ke tahun 1964, MINI (masih dipegang BMC) sempat memproduksi Austin Mini Moke yang merupakan mobil atap terbuka bergaya beach buggy dengan muka bak mobil Jeep Amerika. Bentuknya yang unik ini bertahan sampai produksi terakhir di tahun 1993.

Gambar dua mobil Mini Cabrio berwarna putih dan kuning dan itulah Generasi pertama MINI Cabrio

Generasi perdana MINI Cabrio

Baru semenjak dipegang BMW Group, MINI menghadirkan MINI Cabrio sebagai versi open-top dari MINI 3-door. Sejak diperkenalkan di tahun 2004, MINI Cabrio secara konsisten menawarkan keasyikan berkendara selayaknya MINI 3-door, namun dengan sensasi lebih ‘wah’ karena bisa berkendara dengan atap terbuka ditemani hembusan angin sejuk dari suasana sekitar.

Opening MINI Cooper S Cabrio 2018 berwarna orange dilihat dari sisi samping

Mini Cooper S Cabrio 2018 mengusung kode bodi F57

MINI Cabrio sendiri ikut mengalami perkembangan generasi, dimana saat ini MINI Cabrio sudah memasuki generasi ke 3 dengan kode bodi F57 yang diperkenalkan secara global di tahun 2015 dan masuk ke Indonesia pada 2016 silam. Dua tahun berselang, tepatnya pada GIIAS 2018 lalu MINI Cabrio mengalami improvement yang akan kami bahas dalam review MINI Cooper S Cabrio 2018.

EKSTERIOR MINI Convertible 2018

Atas kesempatan dari MINI Indonesia dalam acara Road to MINI Fest 2018, kami berkesempatan mencoba MINI Cooper S Cabrio 2018 yang merupakan varian tertinggi pada keluarga MINI Cabrio. Secara visual MINI Cooper S Cabrio 2018 memiliki beberapa penyegaran yang juga bisa ditemukan pada MINI 3-Door dan MINI 5-Door. Lebih jelasnya kami akan ungkap dari sisi eksterior depan, eksterior samping, dan eksterior belakang.

Review MINI Cooper S Cabrio 2018 : Eksterior Depan

Tampak depan MINI Cooper S Cabrio 2018 berwarna orange

Eksterior depan MINI Cooper S Cabrio 2018

Secara kasat mata, MINI Cooper S Cabrio 2018 terasa mirip sekali dengan MINI 3-door. Dari fascia depan yang sporty dan dinamis berkat sentuhan aksen chrome mengitari area headlight dan area grille radiator hexagonal, serta panel piano black pada area bumper bawah dan panel grille untuk licence plate. Hadir pula air scoop di area kap mesin dan dekat dengan logo MINI terbaru.

Bicara soal headlight MINI Cooper S Cabrio 2018 kini sudah berubah karena menggunakan headlight LED dengan fungsi teknologi Matrix untuk lampu jauh (high beam). Selain itu detil lampu daytime running light pun full melingkar mengikuti lekuk dari headlight, yang juga bisa beralih fungsi menjadi lampu sein saat pengemudi akan melakukan manuver.

Review MINI Cooper S Cabrio 2018 : Eksterior Samping

Tampak samping MINI Cooper S Cabrio 2018 berwarna orange

Tampilan eksterior samping MINI Cooper S Cabrio 2018

Proporsi keseksian MINI Cooper S Cabrio 2018 baru terasa saat melihat area samping. Selain mengedepankan desain mobil hatcback cabrio dengan overhang pendek, MINI juga menyematkan aksen chrome band yang membentang secara horizontal di sepanjang shoulder line.

Bicara soal MINI Cabrio, maka wajib hukumnya membahas area atapnya. Ya, MINI memang menghadirkan atap model soft top untuk MINI Cooper S Cabrio 2018. Namun yang menjadi value penting ialah atap yang didesain dengan logo Union Jack ini bisa terlipat rapi di buritan belakang hatchback ini. Untuk proses buka tutup atap membutuhkan waktu 18 detik dan bisa digunakan sembari berkendara dengan kecepatan di bawah 30 km/jam.

Review MINI Cooper S Cabrio 2018 : Eksterior Belakang

Tampilan belakang MINI Cooper S Cabrio 2018 berwarna orange

                Eksterior belakang MINI Cooper S Cabrio 2018                                  

Pendekatan desain taillight yang dirancang mengikuti detil bendera Union Jack dan frame berkelir chrome seakan memperkuat pesan utama MINI Cooper S Cabrio 2018 sebagai mobil bikinan Inggris. Penempatan twin tailpipes di tengah area bumper belakang pun menjadi ciri khas versi Cooper S.

Dikarenakan penempatan atap soft top MINI Cooper S Cabrio 2018 menggunakan area belakang mobil, maka secara konfigurasi pintu bagasi dibuat terbuka ke arah bawah. Adapun untuk memudahkan akses keluar masuk barang di bagasi dibuat fungsi Easy Load dengan catatan kondisi atap soft top tertutup.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR MINI Convertible 2018

Review MINI Cooper S Cabrio 2018 : Dashboard & Setir

dashboard & setir MINI Cooper S Cabrio 2018

Desain dashboard dan setir sporty pada MINI Cooper S Cabrio 2018

Masuk ke dalam kabin terasa nuansa MINI generasi kini yang memadukan detil modern dan klasik dalam satu area. Area dashboard tengah tetap menjadi detil yang paling dominan di dashboard karena menjadi tempat display MINI Connected ditemani LED berbentuk bundar yang mengelilingi instrument tengah. Untuk pengaturan climate control terdapat pada tiga kenop di dashboard tengah, dan di bawahnya disematkan ragam tombol pengaturan untuk mode berkendara hingga tombol engine start/stop yang dilaburi warna merah.

Soal setir, MINI Cooper S Cabrio 2018 sudah menggunakan John Cooper Works Leather Steering Wheel yang bisa diatur posisinya, serta menawarkan komando yang lengkap karena bisa mengatur dari cruise control hingga audio dan telepon, termasuk pengaturan naik dan turun gigi transmisi melalui tombol paddle shift di belakang.

Review MINI Cooper S Cabrio 2018 : Jok

Jok MINI Cooper S Cabrio 2018

Bentuk jok MINI Cooper S Cabrio 2018 dengan aksen jahitan dengan motif menyerupai diamond

Jok MINI Cooper S Cabrio 2018 memang tergolong fleksibel karena bisa diatur untuk segala posisi yang diinginkan, hanya saja pengaturan masih menggunakan tuas tidak dengan tombol elektrik. Sedangkan untuk jok belakang tetap dibuat agak tegak, dimana untuk mengakses ke jok belakang perlu merebahkan jok depan lewat tuas di area belakang jok. Masing-masing jok sudah dibalut aksen leather dengan aksen detil jahitan dengan motif diamond dan piping berkelir putih pada area jok.

Review MINI Cooper S Cabrio 2018 : Bagasi

Gambar ruang Bagasi MINI Cooper S Cabrio 2018

Simulasi akses bagasi pada MINI Cabrio

Dalam kondisi atap terbuka, ruang kargo MINI Cooper S Cabrio 2018 memiliki volume 160 liter ketika soft top dibuka dan 215 liter ketika atap soft top ditutup. Dikarenakan penempatan atap soft top MINI Cooper S Cabrio 2018 menggunakan area belakang mobil, maka secara konfigurasi pintu bagasi dibuat terbuka ke arah bawah. Adapun untuk memudahkan akses keluar masuk barang di bagasi dibuat fungsi Easy Load dengan catatan kondisi atap soft top tertutup.

>>> Baca juga:

FITUR MINI Convertible 2018

Review MINI Cooper S Cabrio 2018: Fitur Keselamatan

MINI menyematkan ragam fitur keselamatan canggih di MINI Cooper S Cabrio 2018. Mulai dari ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brake Force Distribution), CBC (Cornering Brake Control), dan sistem DSC (Dynamic Stability Control) tersedia sebagai standar.

Gambar menunjukkan Fitur keselamatan MINI Cooper S Cabrio 2018

Active Rollover Protection System

Sedangkan untuk sistem keselamatan pasif, tersedia airbag depan dan samping sebagai perangkat standar, serta sabuk 3 titik di seluruh kursi dan dudukan kursi anak ISOFIX di kursi depan dan belakang. Tak lupa Active Rollover Protection System hadir untuk melindungi mobil dan saat terjadi insiden terguling karena tidak adanya struktur atap fixed.

Review MINI Cooper S Cabrio 2018: Fitur Berkendara

Gambar menunjukkan Fitur  Driving Mode pada mobil MINI Cooper S Cabrio 2018

Tombol MINI Driving Mode pada MINI Cooper S Cabrio 2018

Selayaknya MINI modern, MINI Cooper S Cabrio 2018 memiliki fitur berkendara yang cukup lengkap karena tersedia MINI Driving Mode. Untuk mengatur mode berkendara yang terdiri dari Sport, MID, dan Green, bisa dilakukan lewat tuas kecil yang posisinya ada di dashboard dekat dengan tuas Dynamic Stability Control dan Engine Start/Stop.

Review MINI Cooper S Cabrio 2018: Fitur Hiburan

Gambar MINI Connected pada mobil MINI Cooper S Cabrio 2018

Sistem infotainment cerdas Mini Connected

MINI Connected menjadi sistem infotainment yang dipercaya pada MINI Cooper S Cabrio 2018. Menggunakan layar display 8.8 inci yang bisa disentuh, MINI Connected juga bisa dioperasikan melalui MINI Touch Controller di belakang tuas transmisi. Selain memiliki sistem navigasi cerdas, sistem hiburan ini juga bisa terkoneksi dengan smartphone lewat USB port dan Bluetooth. Dan output suara yang dihasilkan pun akan terasa merdu karena sudah mengadopsi Harman Kardon HiFi Loudspeaker System.

>>> Nuansa Nostalgia MINI Electric Klasik dengan Teknologi Masa Depan

OPERASI MINI Convertible 2018

MINI Cooper S Cabrio 2018 menggunakan jantung pacu MINI TwinPower Turbo 2.0 liter 4-silinder yang diklaim bisa menghasilkan figur performa 192 dk dan torsi 280 Nm ke roda depan melalui transmisi 7-percepatan Steptronic dengan double clutch. Untuk berakselerasi 0-100 km/jam bisa didapat dalam waktu 7.1 detik berdasarkan klaim MINI.

Gambar Engine MINI Cooper S Cabrio 2018

Ruang mesin MINI Cooper S Cabrio 2018

Secara pengendalian, MINI Cooper S Cabrio 2018 masih bisa memberikan go-kart feeling yang lebih manusiawi ketimbang MINI 3-door yang cenderung sangat stiff dan sangat presisi. Diajak berlari kencang disertai melakukan manuver menikung dengan presisi bisa dilakukan dengan mudah, sekalipun jika ingin merasakan handling yang lebih mantap maka harus memilih versi MINI 3-Door yang menggunakan atap fixed.

>>> Libur Akhir Tahun Sudah Bisa Digunakan, Berapa Total Tarif Tol Trans Jawa Jakarta-Surabaya?

spesifikasi MINI Convertible 2018

Spesifikasi Mini Cooper S Cabrio 2018 bisa dilihat di tabel berikut.

Spesifikasi Mesin Mini Cooper S Cabrio  2018

Tipe Mesin

2.0L MINI TwinPower Turbo empat silinder

Isi Silinder

1.998 cc

Tenaga Maksimum

192 dk

Torsi Maksimum

280 Nm

Transmisi

7-percepatan Steptronic dengan double clutch

Spesifikasi Bodi MINI Cooper S Cabrio 2018

P x L x T

3.850 x 1.727 x 1.415 mm

Wheelbase

2.495 mm

Spesifikasi Kaki-kaki MINI Cooper S Cabrio 2018

Rem Depan / Belakang

Disc, Vented / Disc, Vented

Velg

17" Light Alloy Wheels Rail Spoke with Runflat

kelebihan & kekurangan MINI Convertible 2018

Kelebihan dan kekurangan mobil MINI Cooper S Cabrio 2018 bisa dilihat di tabel berikut.

Kelebihan

Kekurangan

MINI dengan sensasi atap terbuka

Jok masih dioperasikan secara manual tidak dengan elektrik

Handling mendekati tingkat keasyikan MINI 3-door

Posisi duduk belakang cenderung kurang nyaman untuk perjalanan jauh

Transmisi baru lebih sigap dan responsif

Kapasitas bagasi tergolong biasa-biasa saja

Bisa meningkatkan gengsi sang pemilik kala berkendara di jalan

 

daftar harga MINI Convertible 2018

MINI Cooper S Cabrio 2018 dijual di diler resmi MINI Indonesia dengan banderol Rp970 jutaan off-the road. Harga MINI Cooper S Cabrio 2018 tersebut sudah termasuk MINI Service Inclusive, pemeliharaan rutin gratis selama 5 tahun / 70.000 km (mana yang lebih dulu), serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak.

>>> Klik sini untuk update informasi tentang harga dan promo mobil lainnya

Video MINI Convertible 2018

 

KESIMPULAN MINI Convertible 2018

MINI adalah brand yang terkenal dengan lini produk mobil yang memiliki kegesitan, kelincahan, serta kedinamisannya. Dengan kondisi atap terbuka yang ditawarkan MINI Cooper S Cabrio 2018 keasyikan berkendara khas go-kart terasa lebih nyata karena hembusan udara dan deru suara mesin dan knalpot bisa langsung direct terasa oleh tubuh Anda.

Di sisi lain, MINI Cooper S Cabrio 2018 juga bisa menjadi pusat perhatian saat berada di jalanan. Sebab berdasarkan pengalaman kami, beberapa kali kami temui pengguna jalanan di sekitar kami menoleh dan terpesona saat kami melintas di jalanan, khususnya dalam kondisi atap terbuka. Menyenangkan rasanya!

>>> Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lagi

Hafizh Fauzan
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil