Review MINI Cooper S 3 Door 2018

25/12/2018

Share this post:

MINI Cooper 2018

Editor rate:

Lihat promo

MINI identik akan hatchback 2 pintu dengan performa lincah layaknya sebuah go-kart. Dan kini sudah hadir kembali MINI Cooper S 3 Door 2018 yang punya segudang pembaharuan yang siap menambahkan unsur style khas Britania Raya pada sang hot hatch.

Review MINI Cooper S 3 Door 2018
Review MINI Cooper S 3 Door 2018
0 Gambar

Pengantar MINI Cooper 2018

Mari kita simak spesifikasi MINI Cooper 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Fun to Drive untuk sebuah hot hatch

Ruang kabin yang semakin premium dan intuitif

Desain eksterior sangat mencirikan jiwa muda sekaligus turut mempertegas identitas sebagai mobil Inggris

Kekurangan

Versi John Cooper Works jelas lebih hard-core dibanding Cooper S dalam hal fun to drive

Jok masih dioperasikan secara manual tidak dengan elektrik

Kapasitas bagasi tergolong biasa-biasa saja

 

Review MINI Cooper S 3 Door 2018 - Sejarah mencatat sebuah MINI hadir ke muka bumi bukan karena sebuah ide kreatif, lebih tepatnya karena keadaan genting dan berbahaya, Kembali ke tahun 1956-1957, Inggris sedang dalam masa krisis akibat Terusan Suez yang secara signifikan memberikan pengaruh terhadap naiknya harga bahan bakar saat itu.

Gambar menunjukkan desain MINI 3 Door

Sketsa Mini pertama kali oleh Sir Alec Issigonis

Salah satu dampak dari krisis ini ialah dunia otomotif Inggris yang langsung ‘lesu’. Dan lewat inisiasi desainer sekaligus engineer Sir Alec Issigonis, lahirlah sebuah kendaraan kompak nan lincah, dengan efisiensi baik, dan yang terpenting muat untuk digunakan 4 orang dewasa. Ya, inilah cikal bakal Mini yang pada masanya disebut sebagai Austin Seven atau Morris Mini Minor .

Gambar seorang pria yang sedang berdiri di dekat mobil yang menunjukkan Kesuksesan Mini Klasik

Sir Alec Issigonis berpose di depan Mini klasik

Dalam waktu sekejap, mobil ini langsung menjadi simbol kendaraan sekaligus gaya hidup masyarakat Inggris di era 60-an. Mini di masanya pun turut bersinar di kancah motorsport berkat buah tangan legenda balap Inggris, John Cooper, yang membuat mobil Mini di masanya bisa bersinar dan menjadi jawara reli Monte Carlo dari 1964 sampai 1967.

Memasuki era Millenium, Mini sepenuhnya di bawah naungan BMW Group. Percampuran dua kultur otomotif Anglo-saxon ini nyatanya tidak sampai mengubah jati diri MINI, justru menyempurnakan citra desain MINI dengan teknologi dan inovasi khas mobil Jerman.

MINI Cooper 3-Door 2018 berwarna orange yang diperkenalkan di ajang GIIAS 2018

MINI Cooper 3-Door 2018 diperkenalkan di Indonesia

Bukti ini bisa ditemukan pada sosok hot hatch MINI Cooper S 3 Door. Masuk ke dalam famili MINI 3 Door, inilah model MINI yang masih konsisten berpegang teguh pada format Mini klasik dengan bentuk hatchback 2 pintu dan tiga layer bodi (atap, kaca, main corpus). Meski demikian, evolusi tetap dilakukan agar mobil ini tetap memikat generasi muda atau kalangan eksekutif berjiwa ‘young at heart’. Untuk itu, Cintamobil.com akan mengajak Anda mengenal lebih detil sosok mobil ini dalam review MINI Cooper S 3 Door 2018.

Eksterior MINI Cooper 2018

Eksterior Mini Cooper 3-Door 2018 didesain fleksibel dan selalu menunjukkan kesan premium khas MINI. Khusus untuk varian S hadir dengan John Cooper Works Aerodynamic Kit yang menampilkan kombinasi harmonis antara kendaraan sport dan fungsionalitas.

Review MINI Cooper S 3 Door 2018 : Eksterior Depan

Wajah depan MINI Cooper S 3 Door 2018 berwarna biru

Eksterior Depan MINI Cooper S 3 Door 2018

Eksterior depan MINI Cooper S 3 Door memiliki bentuk yang cukup ikonik untuk sebuah hot hatch. Hampir semua detil eksterior depan sudah terjadi di fascia depan, mulai dari air scoop di kap mesin berbahan carbon fibre reinforced plastic (CFRP), track grille yang dilapisi aksen chrome pada sisi terluar, serta air intake di bagian bumper depan.

Pancaran sinar ‘mata’ MINI Cooper S 3 Door 2018 semakin sempurna karena menggunakan Matrix LED, serta daytime running light LED yang kini mengitari penuh ruang headlight. Selain itu MINI juga menyematkan detil kosmetik berupa Bonnet Stripes yang menambah ketampanan hot hatch ini.

Review MINI Cooper S 3 Door 2018 : Eksterior Samping

Wajah samping MINI Cooper S 3 Door 2018 berwarna biru tua

Desain  eksterior samping MINI Cooper S 3 Door 2018

Seperti sudah kami sebutkan di awal, format bodi MINI selalu konsisten dengan tiga layer yakni atap-kaca-main corpus. Detil ini tetap terasa di MINI Cooper S 3 Door 2018, dimana untuk atap menggunakan detil warna berbeda dengan warna di area main corpus, dan hal serupa berlaku pula untuk frame kaca spion. Meski demikian, MINI memberikan detil menarik berupa fender flare berkelir hitam yang menonjolkan desain velg 17 inci Light Alloy Wheels. J

Review MINI Cooper S 3 Door 2018 : Eksterior Belakang

Wajah belakang MINI Cooper S 3 Door 2018 berwarna biru tua

Desain eksterior belakang MINI Cooper S 3 Door 2018

Harus diakui, MINI adalah salah satu karya otomotif sukses dari Inggris. Dan ‘kebanggaan’ ini ditonjolkan lewat desain taillight LED dengan format Union Jack khas bendera Inggris. Dan seperti MINI Cooper S sebelumnya, untuk tailpipes dibuat ganda dan ditempatkan di tengah area bumper belakang. Untuk sisi atap MINI Cooper S 3 Door 2018, MINI menyematkan detil berupa Rear Spoiler yang mempertegas citra sporty mobil ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior MINI Cooper 2018

Interior Mini Cooper 3-Door 2018 menggunakan material berkualitas tinggi serta didesain cukup ergonomis dan modern agar menambah suasana eksklusif dalam ruang kabin mobil. 

Review MINI Cooper S 3 Door 2018 : Dashboard & Setir

Gambar bagian Dashboard & Setir MINI Cooper S 3 Door 2018

Bentuk dashboard & setir MIni Cooper S 3 Door 2018

Masuk ke dalam kabin MINI Cooper S 3 Door 2018, Anda akan disambut oleh desain dashboard MINI terbaru yang semakin modern dan menarik, namun tidak sampai melenceng dari pakem desain MINI klasik. Mulai dari sisi Centre Instrument yang ditempati oleh LED dan layar sentuh MINI Connected. Agak bergeser dari sisi bawah terdapat tiga kenop pengaturan climate control, serta tombol a la pesawat jet untuk mengaktifkan MINI Driving Modes dan MINI Excitement Package yang mampu mengganti pencahayaan kabin dengan warna-warna menarik.

Untuk sisi pengemudi, MINI memberikan setir John Cooper Works Sport Steering Wheel yang dibekali tombol pengatur audio mobil beserta Speed Limiter. Tuas transmisi pada MINI Cooper S 3 Door 2018 juga kini lebih nyaman digenggam, serta saat ingin masuk ke posisi P (Parking) cukup menekan tombol di tuas tanpa perlu menggerakkan tuas transmisi. Informasi pada Instrument Cluster memadukan unsur analog, digital, serta lampu LED yang khusus menampilkan informasi status tangki bensin. Dan sepanjang mata memandang, selain terdapat detil premium berupa MINI Yours Interior Style Piano Black, juga untuk Colour Line berbahan leather.

Review MINI Cooper S 3 Door 2018 : Jok

Gambar bagian kursi mobil MINI Cooper S 3 Door 2018

Format Jok John Cooper Works Sport Seats yang digunakan pada Mini Cooper S 3 Door 2018

Jok depan MINI Cooper S 3 Door 2018 menggunakan John Cooper Works Sport Seats. Sekalipun pengaturannya masih manual, jok depan ini sudah dibalut material leather dan sudah berformat semi-bucket sehingga saat mobil bermanuver akan membuat tubuh Anda tetap pada tempatnya. Untuk jok belakang pun menggunakan material yang sama, dengan posisi duduk yang tergolong tegak dengan ruang kaki yang lebih manusiawi jika pengemudi dan penumpang depan mau memajukan kursinya.

Review MINI Cooper S 3 Door 2018 : Bagasi

Gambar menunjukkan ruang Bagasi MIni Cooper S 3 Door 2018

Ruang bagasi sebesar 211 liter tersedia di MINI Cooper S 3 Door 

Boleh saja jika melihat ruang bagasi MINI Cooper S 3 Door 2018 terasa sangat kompak, mengingat kapasitas bagasi mobil ini hanya sebesar 211 liter. Tapi jika jok belakang Anda lipat, maka ruang bagasi bisa lebih luas dengan total kapasitas hingga 731 liter

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur MINI Cooper 2018

Review MINI Cooper S 3 Door 2018 : Fitur Berkendara

Gambar menunjukkan Tombol MINI Driving Mode pada mobil MINI Cooper S 3 Door 2018

Tombol MINI Driving Mode pada MINI Cooper S 3 Door 2018

Inti dari keasyikan berkendara pada MINI modern kini bisa dikontrol sesuai keinginan Anda. Caranya dengan menggunakan MINI Driving Modes yang terbagi pada mode Green, Mid, dan Sport. Asyiknya lagi pada lingkar kemudi disediakan paddle shift, yang bisa memaksimalkan keasyikan berkendara dengan cara mengontrol perpindahan gigi transmisi langsung dari setir.

Review MINI Cooper S 3 Door 2018 : FItur Hiburan

Gambar menunjukkan Sistem MINI Connected MINI Cooper S 3 Door 2018

Sistem infotainment cerdas Mini Connected sudah menjadi standar di MINI Cooper S 3 Door 2018

MINI Connected dipercaya sebagai sistem infotainment untuk MINI Cooper S 3 Door 2018. Selain sudah dibekali GPS, sistem infotainment yang menggunakan layar sentuh 6.5 inci ini juga bisa terkoneksi dengan smartphone Anda melalui Bluetooth atau koneksi USB. MINI juga untuk pertama kalinya menyematkan wireless charging yang menjadi fitur pendukung pengisian daya baterai smartphone yang sudah support pengisian daya nirkabel Tak lupa sistem audio keluaran Harman/Kardon siap menyalurkan audio berkualitas merdu selama perjalanan Anda bersama hot hatch ini.

Review MINI Cooper S 3 Door 2018 : Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan Sistem Keselamatan MINI Cooper S 3 Door 2018

Ilustrasi cara kerja Dynamic Stability Control (DSC) & Dynamic Traction Control (DTC)

MINI sudah menyiapkan sistem keselamatan aktif dan pasif untuk MINI Cooper S 3 Door 2018. Mulai dari Antilock Braking System (ABS), Dynamic Stability Control (DSC), Dynamic Traction Control (DTC), Electronic Braking Force Distribution, Cornering Brake Control, Cruise Control with Braking Function, dan Electronic Braking Force Distribution. Untuk sistem keselamatan pasif pada hot hatch ini juga tak kalah lengkap, mulai dari seatbelt di semua jok, sampai ke airbag yang tersedia di 6 titik.

>>> Anda perlu informasi tentang mobil MINI? Langsung klik sini untuk simak review lengkap tentang mobil MINI lainnya di pasar Indonesia

Operasi MINI Cooper 2018

Gambar menunjukkan bagian mesin MINI Cooper 3-Door 2018 berkapasitas 1.499 cc dan 1.998 cc

Mesin MINI Cooper S 3-Door 2018

Emblem S pada MINI Cooper S 3 Door 2018 menandakan bahwa hot hatch ini memiliki spesifikasi mesin berbeda dibanding MINI Cooper 3 Door biasa. Ya, mobil ini menggunakan mesin 1.998 cc 4-Cylinder MINI TwinPower Turbo, yang sanggup mengeksploitasi tenaga 192 dk dan torsi 280 Nm ke roda depan melalui transmisi 7-percepatan Steptronic Sport Transmission.

Kami sempat mencicipi hot hatch ini dalam waktu singkat dalam acara khusus yang diadakan oleh MINI. Secara singkat, kami bisa katakan MINI Cooper S 3 Door 2018 sangat lincah. Bahkan kalau mau diibaratkan go-kart, mungkin ia adalah go-kart yang paling senang ‘menari’ di atas trek.

Kegiatan test drive MINI yang dilakukan jurnalis otomotif di kawasan BSD

Kegiatan test drive singkat mencicipi portofolio kendaraan terbaru MINI

Sensasi kala menikung benar-benar mengasyikkan, baik dalam hal respon setir sampai ke bantingan suspensi yang berdasarkan informasi MINI sudah menggunakan Sport Suspensions. Kalau soal respon tenaga, itu tergantung Anda sedang berada di mode apa. Jika ingin merasakan keasyikan mobil ini sepenuhnya, selalu tempatkan MINI Driving Modes pada mode Sport.

Tak ayal, jika mengacu pada klaim MINI, untuk bisa meraih kecepatan 100 km/jam dari posisi diam bisa dilakukan dalam waktu 6.7 detik. Kalau Anda sanggup, Anda bisa saja menyentuh top speed 235 km/jam dengan mobil kompak asal Inggris ini.

>>> Review mobil-mobil lainnya bisa Anda lihat dengan klik di sini

Spesifikasi MINI Cooper 2018

Spesifikasi Mini Cooper S 3-Door 2018 bisa dilihat di tabel berikut.

Spesifikasi Mesin Mini Cooper S 3 Door 2018

Tipe Mesin

2.0L MINI TwinPower Turbo empat silinder

Isi Silinder

1.998 cc

Tenaga Maksimum

192 dk

Torsi Maksimum

280 Nm

Transmisi

7-percepatan Steptronic Sport Transmission

Spesifikasi Bodi MINI Cooper S 3 Door 2018

P x L x T

3.850 x 1.727 x 1.415 mm

Wheelbase

2.495 mm

Spesifikasi Kaki-kaki MINI Cooper S 3 Door 2018

Rem Depan / Belakang

Disc, Vented / Disc, Vented

Velg

17" Light Alloy Wheels

Daftar Harga MINI Cooper 2018

Saat ini MINI Cooper S 3 Door 2018 dijual dengan harga Rp905 jutaan off-the-road. Harga tersebut sudah termasuk dengan MINI Service Inclusive berupa pemeliharaan rutin gratis selama 5 tahun / 70.000 km (mana yang lebih dulu), serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak.

>>> Klik sini untuk melihat harga mobil MINI di pasar otomotif Indonesia

Kesimpulan MINI Cooper 2018

Pakem desain MINI yang dipertahankan lewat MINI Cooper S 3 Door 2018 harus diakui membuat mobil ini secara otomatis menjadi pilihan wajib untuk Anda pengguna awal MINI. Pun memang secara populasi, kami yakin Anda akan lebih familiar dengan wajah MINI Cooper S 3 Door 2018 dibanding keluarga MINI lainnya..

Lebih jauh dari sekedar konsisten mempertahankan pakem MINI, MINI Cooper S 3 Door 2018 juga menawarkan pengalaman berkendara yang semakin mengasyikkan. Hal ini disertai dukungan sistem teknologi cerdas yang siap memaksimalkan keasyikan berkendara. Bukan itu saja, mobil ini pun semakin intuitif untuk memanjakan calon pemiliknya (termasuk Anda) yang menginginkan sosok hot hatch dengan fitur yang juga canggih dan intuitif. Alhasil, MINI Cooper S 3 Door menjadi pilihan paling tepat (sekaligus aman) jika Anda ingin masuk ke dunia MINI, atau ingin meregenerasi MINI lawas Anda dengan MINI modern ini.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir ke halaman utama Cintamobil.com

Hafizh Fauzan
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Valentino Motor

DKI Jakarta

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

back to top