Review Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020: Fiturnya Tak Ada di Mobil Lain

23/12/2020

Share this post:

Mercedes-Benz GLS 2020

Editor rate:

Rp 2.098.000.000

Harga Mercedes-Benz GLS 2020: Harga Mobil Mercedes-Benz GLS & Promo Terbaru Lihat promo

Dirakit di Indonesia, Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020 hadirkan fitur dan tampilan yang tak jauh beda, tapi harganya lebih murah dibanding versi impor.

Review Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020: Fiturnya Tak Ada di Mobil Lain
Review Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020: Fiturnya Tak Ada di Mobil Lain
0 Gambar

Pengantar Mercedes-Benz GLS 2020

Mari kita simak spesifikasi Mercedes-Benz GLS 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Harga lebih murah

Ada fitur khusus

Tetap membawa kesan elegan

Kekurangan

Hanya dipasarkan dalam satu varian

Tak ada perbedaan signifikan dengan CBU

Bodi bongsor menyulitkan saat bermanuver bagi sebagian pengemudi

Mercedes-Benz Indonesia bukan hanya mengimpor mobil saja , tapi Mercedes-Benz di Tanah Air pun memiliki model rakitan dalam negeri dari Mercedes-Benz GLS. Peluncuran perdana mobil ini dilakukan pada pertengahan tahun lalu. Dan memang Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020 tak kalah bila dibandingkan model asal luar negerinya.

Peluncuran versi CKD atau Completely Knock Down hanya berselang beberapa waktu sejak Mercedes-Benz membawa model GLS 450 CBU atau Completely Build Up ke Indonesia. Namun SUV 7 tempat duduk ini masih tetap memberikan tampilan mewah dan berbagai fitur lengkap yang menjadi penunjang kenyamanan serta pengendaraan di dalam kabin.

Mercedes-Benz GLS generasi pertama berwarna merah
Generasi pertama Mercedes-Benz GLS

GLS 450 2020 ini merupakan model generasi ketiga yang dirilis pertama kali pada New York International Auto Show 2019. Di luar negeri ia punya cukup banyak pilihan mesin, antara lain mesin 3.0L turbo 6-silinder segaris, mesin 4.0L V8 twin turbo, dan mesin diesel 2.9L twin-turbo, sayangnya yang masuk Indonesia hanya yang pertama saja. Tapi kami cukup yakin rasa berkendara dan fitur yang disematkan masih bisa diandalkan.

Memang Mercedes-Benz Indonesia mengungkapkan bahwa model CBU tak lagi dipasarkan di Indonesia. Tapi tenang saja, mode CKD tak kalah menawan, bahkan dengan beberapa fitur yang hanya bisa ditemukan pada varian asal Indonesia ini. Tertarik meminang mobil ini? Simak review Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020 dari tim Cintamobil.com di bawah ini.

Eksterior Mercedes-Benz GLS 2020

Review Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020: Eksterior Depan

Membawa tampilan mewah nan megah, GLS 450 tetap mengusung bodi kit AMG Line yang membuat mobil ini terasa lebih sporty. Lihatlah tampilan premium dan berotot yang ditampilkan pada bagian depan mobil ini. Masih tetap menggunakan ciri khas AMG Line, yaitu desain grille 2 stripe dengan bilah chrome masih dipertahankan. Disandingkan dengan lampu depan berteknologi Multibeam LED (Light Emitting Diode) dengan total 84 LED dan bisa dikontrol secara otomatis.

Tampilan depan Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020 berwarna hitam
Tampilan depan Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020

Bumper depan layaknya model GLS terdahulu juga praktis tanpa perbedaan. Ada dua bilah beraksen perak pada kedua sisi bumper. Bukan hanya untuk dibawa di jalanan perkotaan, tampilan sporty untuk pengendaraan di medan yang bergelombang semakin terasa dengan skid plate berwarna perak. Memberikan rasa off-road pada mobil SUV ini.

Review Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020: Eksterior Samping

GLS 450 AMG merupakan model dengan dimensi yang cukup bongsor. Membuatnya sebagai SUV terbesar dari Mercedes-Benz dengan tampilan yang megah di jalanan. Ground clearance yang tinggi, mencapai 200 mm, membuat mobil ini enak dibawa ke luar kota dan kapabel di jalan rusak. Tak heran, Mercedes-Benz juga  menggunakan foot step untuk membantu Anda masuk ke dalam mobil.

Tampilan samping Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020 berwarna hitam
Tampilan samping Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020

Bagian samping memiliki tampilan minimalis dengan gagang pintu dibuat sewarna badan, termasuk guratan bodi yang mulus. Ada pula roof rail yang terdapat pada bagian atap dan velg 21 inci menggunakan desain dual-spoke lima palang. Ban yang digunakan juga tak kalah garang, SUV ini menggunakan ban jenis sport radial yang mampu memberikan grip yang memadai saat di jalan menikung serta traksi kuat saat berakselerasi.

Review Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020: Eksterior Belakang

Tampilan belakang Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020 berwarna hitam
Tampilan belakang Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020

Begitu pula bagian belakang yang tak ada perbedaan dengan high mount stop lamp bisa terlihat pada bagian atas pintu belakang. Ada lampu belakang horizontal yang dibuat lurus mengapit aksen chrome, tepat di bawah logo Mercedes-Benz. Sayangnya, di bagian bawah, ada bumper berwarna gelap dengan knalpot artificial dengan aksen chrome untuk tampilan yang lebih sporty di bagian belakang. Knalpot aslinya ada di bawahnya.

>>> Baca juga review model Mercedes-Benz di bawah ini


Interior Mercedes-Benz GLS 2020

.Review Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020: Dashboard

Tak ada perubahan berarti pada bagian dalam, termasuk dashboard. Tampilan dua layar besar berukuran 31.2 inci yang dilengkapi dengan sistem infotainment Mercedes-Benz User Experience (MBUX) masih menjadi pusat semua informasi dan hiburan selama berkendara. Ada beberapa tombol pengaturan di bawah kisi AC yang dikelilingi bezel alumunium.

dashboard Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020 berwarna hitam
Dashboard Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020

Satu hal yang membedakan varian CBU dengan CKD terdapat pada Head Up Display (HUD) pada dashboard. Pengaturan untuk mengaktifkan HUD ini bisa didapatkan pada head unit. Di bagian bawah, terdapat ruang penyimpanan tertutup pada konsol tengah. Diselipi dengan beberapa tombol pengaturan fitur serta armrest dan trackpad.

Review Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020: Setir

setir Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020 berwarna hitam
Setir Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020

Dari segi setir dan pengemudian tak ada yang berubah. Masih dengan kemudi palang tiga bergaya flat bottom dengan berbagai tombol multi-fungsi. Namun salah satu kekurangan pada mobil ini yaitu tidak adanya pengaturan HUD pada kemudi. Jadi Anda harus memeriksa head unit ketika mengganti pengaturan pada HUD GLS 450 AMG Line dan itu cukup mengganggu pengemudi saat berkendara.

Review Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020: Kursi

Kursi berlapis kulit masih menghasi semua jok di dalam kabin. Ada pengaturan elektris untuk membantu Anda mendapatkan posisi berkendara terbaik. Berbagai fitur lain pada mobil juga tak kalah dibandingkan model impor. Namun ada satu fitur yang tak ditemui pada varian CBU, adalah kehadiran Rear Comfort Package. Dan selayaknya Mercedes-Benz kursi ini empuk dan nyaman saat diduduki kala perjalanan jauh.

kursi Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020 berwarna hitam
Kursi Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020

Di baris kedua, ada konsol tengah yang bisa mengatur layar MBUX, sama seperti layar head unit di baris pertama. Selain kompartemen di bangku baris kedua, ada stasiun pengisian nirkabel dan kehadiran kursi pijat untuk kenyamanan yang lebih tinggi bagi penumpang di belakang. Terakhir untuk headrest sudah mendapatkan bantalan penyangga kepala yang empuk dan lembut.

Review Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020: Bagasi

Gambar bagasi Mercedes-Benz GLS 450

Bagasi cukup lega

Ruang bagasi terasa lapang untuk menyimpan barang bawaan. Ditambah dengan partisi pada bagasi dengan kepraktisan yang lebih baik. Ruang bagasi yang ditawarkan mencapai 2.400 liter ketika kursi belakang direbahkan rata lantai, dengan pengaturan yang lebih mudah. Hanya dengan menarik tuas yang terletak pada sisi kanan kursi. Pada lantai bawah, terdapat ruang penyimpanan tambahan.

>>> Baca juga berbagai berita paling update dari Mercedes-Benz GLS di sini

Fitur Mercedes-Benz GLS 2020

Review Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020: Head Up Display

Fitur kenyamanan di dalam kabin tak kalah lengkapnya dengan model CBU. Termasuk sistem infotainment MBUX dengan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay dari layar sentuh berukuran 31.2 inci. Ada 13 speaker Burmester surround sound system dan amplifier yang menjamin kualitas reproduksi suara enak didengar di segala frekuensi.

Head Unit Display Mercedes-Benz GLS 450 berwarna hitam
HUD baru GLS keluaran Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, HUD alias Head Up Display ini menjadi fitur pembeda dari GLS yang diproduksi di Indonesia dibandingkan versi luar. Tampilan HUD terbagi menjadi tiga kotak yang bisa diisi dengan tiga pilihan informasi berkendara. Anda bisa memilih berbagai informasi yang diperlihatkan pada HUD melalui pengaturan yang terdapat pada head unit.

Review Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020: Car Wash

car wash Mercedes-Benz GLS 450 yang dipasarkan di Indonesia
GLS 450 AMG Line memiliki fitur car wash

Satu hal yang menjadi kelebihan mobil ini dan tak ditemukan pada pesaingnya bahkan kami yakni fitur serupa tidak akan Anda temui pada sebagian besar mobil yang dijual di Indonesia. Fitur ini bernama Car Wash. Fitur ini akan membantu Anda untuk mematikan sensor mobil sekaligus menaikkan suspensi mobil secara otomatis untuk memudahkan pencucian di kolong mobil.

Review Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020: Fitur keselamatan aktif

Ada Active Lane Keeping Assist dan Active Brake Assist yang tersedia sebagai sistem keselamatan aktif pada mobil ini. Dan tentu saja, mobil ini sudah mendapatkan sensor parkir dan kamera 360 yang akan membantu Anda ketika memarkirkan mobil ini di jalanan yang sempit. Mengingat bodinya yang terbilang bongsor.

>>> Mobil Off-road Terbaik, Jeep Wrangler, Land Rover Defender, atau Mercedes-Benz G-Class?

Operasi Mercedes-Benz GLS 2020

Begitu pula dengan mesin yang digunakan. GLS 450 AMG masih menggendong mesin dengan kode M256 berkapasitas 3.000 cc 6-silinder turbo. Mesin dengan 24 katup ini mampu enghasilkan tenaga maksimal hingga 372 PS atau sekitar 370,5 HP dan 22 PS (20,5 HP) tambahan dari sistem EQ Boost serta torsi puncak 500 Nm dengan 250 Nm tambahan dari EQ Boost. Tenaga dan torsi dialirkan ke semua roda menggunakan transmisi otomatis 9-percepatan 9G-Tronic.

mesin Mercedes-Benz GLS 450 berwarna hitam
Mesin Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020

Meski memiliki kapasitas mesin yang besar, namun konsumsi bahan bakar tak begitu boros. Dalam pengujian yang dilakukan oleh tim kami, konsumsi bahan bakar dalam kota tercatat 8,9 km/L dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam. Sedangkan ketika dibawa ke jalan tol, mobil ini terbilang lebih irit lagi. Mampu mencatatkan konsumei 12,3 km/L. Catatan konsumsi BBM ini jelas terbilang hemat mengingat bodinya yang bongsor plus kapasitas mesinnya yang besar.

Kelebihan lainnya pada mobil ini adalah rasa berkendara layaknya SUV kompak Mercedes-Benz. Terlebih dengan dimensi yang besar, dengan panjang lebih dari 5 meter. Tapi rasa berkendara GLS 450 AMG terasa lincah serta posisi berkendara yang tinggi. Apalagi radius putar tergolong ringkas, meski tak ada catatan resmi dari Mercedes-Benz.

>>> 5 Pilihan Harga Mobil Mercedes Benz Sport 2 Pintu Terbaru

Spesifikasi Mercedes-Benz GLS 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020

Mesin Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020

Seri mesin

M256, 6-Silinder Segaris, EQ Boost Mild Hybrid, Turbocharger

Pasokan Bahan Bakar

Direct Injection

Jumlah Katup

24 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

Tenaga Maksimum

372 PS @ 5.500 rpm + 22 PS EQ Boost

Torsi Maksimum

500 NM @ 1.600 - 4.500 rpm + 250 NM EQ Boost

Kapasitas Silinder

2,999 cc

Bore X Stroke

83,0 mm X 92,37 mm

Tipe Transmisi

Otomatis, Dual Clucth 9G-Tronic, All Wheel Drive (AWD)

Rangka Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020

Panjang X Lebar X Tinggi

5.213 mm X 2.517 mm X 1.823 mm

Jarak Sumbu Roda

3.135 mm

Jarak Pijak (Depan / Belakang)

1.669 mm / 1.692 mm

Kapasitas Tangki

90 Liter & 9 Liter Reserved (Cadangan)

Suspensi/Kaki-Kaki Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020

Suspensi Depan & Belakang

AIRMATIC Air Suspension with Dynamic Select

Sistem Kemudi

Rack and Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc Brake & Ventilated Disc Brake

Teknologi Sistem Pengereman

ABS, EBD, BA

Teknologi Safety Sasis

Side Impact Beam, Crumple Zone, Pedestrian Safety

Struktur Sasis

Monokok, SUV D-Segment

Pelek

Alloy, 21 inch

Jenis Ban

Depan: Sport Radial, 275/45R21

Belakang: Sport Radial, 315/40R21

Daftar Harga Mercedes-Benz GLS 2020

Dengan statusnya sebagai model rakitan Indonesia, tentu saja harga yang ditawarkan pada mobil ini jauh lebih murah dibandingkan saudaranya asal luar negeri. Jika varian GLS 450 AMG dengan status CBU dipasarkan mulai dari Rp 2.35 miliar (off the road). Sedang harga Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020 saat ini dibanderol mulai dari Rp 2.099 miliar. Selisih harga yang bisa Anda gunakan untuk membeli mobil hatchback semisal Honda Jazz maupun Toyota Yaris.

Kesimpulan Mercedes-Benz GLS 2020

Dengan harga yang lebih murah dibandingkan versi CBU, Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020 memiliki fitur yang tak kalah menarik. Terlebih dengan beberapa fitur yang tak ada di mobil lain atau hanya tersedia pada model rakitan Indonesia. Apalagi desain dan akomodasi sama baiknya dengan model CBU. SUV premium dengan rasa berkendara yang menyenangkan khas Mercedes-Benz serta kenyamanan paripurna bagi penumpang di belakang.

>>> Klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
Share this post:
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
BLESS AUTO

BLESS AUTO

Jawa Barat

Prestige Motor

Prestige Motor

DKI Jakarta

KW Motor Jogja

KW Motor Jogja

DI Yogyakarta

back to top