Review Mercedes-Benz C-Class 2021: ‘Adik’ S-Class Akhirnya Berteknologi Hybrid

04/03/2021

Share this post:

Mercedes-Benz C-Class 2021

Editor rate:

TBA

Mercedes-Benz C-Class 2021: Harga mobil C-Class & Promo Januari Lihat promo

Mengambil inspirasi desain dan teknologi dari S-Class, Mercedes-Benz C-Class 2021 terbaru membawa peningkatan desain dan teknologi yang semakin canggih

Review Mercedes-Benz C-Class 2021: ‘Adik’ S-Class Akhirnya Berteknologi Hybrid
Review Mercedes-Benz C-Class 2021: ‘Adik’ S-Class Akhirnya Berteknologi Hybrid
0 Gambar

Pengantar Mercedes-Benz C-Class 2021

Mari kita simak spesifikasi Mercedes-Benz C-Class 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Teknologi hybrid pertama untuk C-Class

Peningkatan kenyamanan kabin

Pembaharuan teknologi dan sistem keselamatan

Kekurangan

Desain eksterior masih konvensional

Terlalu mirip dengan S-Class

Kemungkinan mengalami kenaikan harga

Setelah puluhan gambar mata-mata, teaser, hingga bocoran gambar lengkap, generasi terbaru Mercedes-Benz C-Class 2021 akhirnya resmi diperkenalkan. Debut dunia C-Class berkode W206 ini dirilis dengan bodi sedan dan wagon. Sedangkan model coupe maupun cabriolet diprediksi menyusul tahun depan.

mobil klasik Mercedes-Benz C-Class W202
Generasi pertama Mercedes-Benz C-Class berkode bodi W202

Empat generasi C-Class dimulai sejak tahun 1993 yang diluncurkan sebagai pengganti E-Class W201. Kehadirannya langsung menjadi model terkecil Mercedes-Benz kala itu. Hingga tahun 2020, sedan terpopuler C-Class ini sudah terjual sebanyak 10,5 juta unit per tahun 2020.

Ubahan terbaru membawa inspirasi desain dari Mercedes-Benz S-Class, termasuk beberapa fitur di dalam kabin. Bahkan detail interior semakin mirip dengan S-Class, apalagi dengan head unit bergaya portrait yang masif. Yang terbaru, C-Class akhirnya mendapatkan teknologi hybrid untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

mobil baru Mercedes-Benz C-Class 2021 sedan dan wagon
Ubahan baru membuat Mercedes-Benz C-Class 2021 terasa layaknya S-Class

Belum ada kepastian kapan mobil ini masuk ke Indonesia. Sedangkan Mercedes-Benz sedang mempersiapkan model bertenaga listrik yang rencananya baru akan diperkenalkan 2024. Sebelum itu, mari kita intip apa saja yang baru dari review Mercedes-Benz C-Class 2021 dari tim Cintamobil.com di bawah ini.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Mercedes-Benz C-Class 2021

Revisi ulang C-Class W206 terasa sangat berbeda dibandingkan model W205. Mengambil desain Mercedes-Benz S-Class terbaru, C-Class dibuat lebih panjang, lebih rendah, dan lebih lebar. Ketika menggunakan paket AMG Line, tampilannya tak kalah sporty dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama.

Review Mercedes-Benz C-Class 2021: Eksterior Depan

Dilihat dari sisi depan, perubahan generasi terbaru Mercedes-Benz C-Class 2021 sebagian besar terlihat sama seperti pembaharuan pada 2018 lalu. Jika desain kap depan masih tetap sama, namun kali ini ada desain lampu depan baru yang lebih elegan serta perubahan yang sangat kecil pada bumper.

Eksterior depan Mercedes-Benz C-Class 2021 berwarna silver
Eksterior depan Mercedes-Benz C-Class 2021

Diamond grille di depan kali ini disandingkan dengan satu bilah chrome, bandingkan dengan dua bilang chrome yang digunakan pada edisi sebelumnya. Dibandingkan varian dasarnya, C-Class Avantgarde menambahkan elemen dekoratif pada grille depan, dengan grille dan apron depan berlapis chrome. Sedangkan model AMG mendapatkan desain pin berpola tiga bintang beraksen chrome.

Review Mercedes-Benz C-Class 2021: Eksterior Samping

Eksterior samping Mercedes-Benz C-Class 2021 berwarna silver
Eksterior samping Mercedes-Benz C-Class 2021

Bagian sampingnya masih tetap mengesankan dengan desain sleek dari depan hingga ke belakang. Untuk varian standar, Anda bisa mendapatkan velg 17 inci. Sedangkan trim tertinggi sudah bisa didapatkan dengan velg 19 inci yang lebih sangar. W206 turut membawa tiga lapisan cat baru, yaitu Spectral Blue, High-Tech Silver, dan Opalite White.

Review Mercedes-Benz C-Class 2021: Eksterior Belakang

Eksterior belakang Mercedes-Benz C-Class 2021 berwarna silver
Eksterior belakang Mercedes-Benz C-Class 2021

Seperti bagian depannya, tampilan belakang turut dipengaruhi oleh S-Class. Tergantung pelapis knalpot krom dan lampu belakang yang membentang dari spatbor belakang ke tutup bagasi. Perbedaan paling signifikan pada varian sedan dan wagon terdapat pada tambahan ruang di belakang. C-Class wagon juga mendapatkan spoiler yang terintegrasi dengan pintu belakang.

>>> Baca juga berbagai review Mercedes-Benz lainnya di sini


Interior Mercedes-Benz C-Class 2021

Pengaruh Mercedes-Benz S-Class terbaru pada sisi kabin C-Class terlihat jelas. Terutama pada peralihan dari layar infotainment mendatar dengan tampilan floating menjadi layar sentuh bergaya tablet berorientasi portrait terletak pada sisi depan. Ada pilihan mode pengoperasian Navigation, Assistance, atau Service, termasuk pencahayaan opsional dengan teknologi serat optik.

Review Mercedes-Benz C-Class 2021: Dashboard

Tampilan S-Class sudah bisa dilihat pada bagian depan, mulai dari lekuk dashboard, pengaturan AC, hingga kluster instrument. Head unit berukuran besar dan bergaya portrait pertama kali digunakan pada C-Class. Tak ketinggalan ruang penyimpanan tertutup yang terletak pada konsol tengah.

Dashboard Mercedes-Benz C-Class 2021 berwarna hitam
Dashboard Mercedes-Benz C-Class 2021

Kluster instrument digital 12,3 merupakan tampilan standar bagi pemilik C-Class di Amerika, disandingkan head unit layar sentuh berukuran 11,9 inci dengan sistem infotainment Mercedes-Benz User Experience (MBUX) generasi kedua. Sedangkan level trim yang lebih rendah mendapatkan tampilan instrument 10,25 inci dan layar tengah 9.5 inci, meski masih mendapatkan sistem MBUX terbaru.

Review Mercedes-Benz C-Class 2021: Setir

Setir Mercedes-Benz C-Class 2021 berwarna hitam
Setir Mercedes-Benz C-Class 2021

Masih mempertahankan setir tiga palang gaya C-Class W205, lebih banyak tombol yang memudahkan mengakses berbagai fitur di dalam kabin. Desain piano black serta aksen silver menghiasi kemudi depan. Lengkap dengan kulit berstruktur untuk kenyamanan berkendara bersama model terpopuler Mercede-Benz ini. Dan tentu saja ia sudah mengusung pengaturan setir baik tilt and telescopic.

Review Mercedes-Benz C-Class 2021: Kursi

Kursi berlapis kulit sudah bisa didapatkan pada semua varian. Kenyamanan duduk di dalam kabin tentu saja tak perlu diragukan lagi. Sedangkan varian Avantgarde sudah mendapatkan jok sporty opsional yang menciptakan kesan visual baru. Desain sandaran kepala yang baru melekat pada kursi untuk memberikan kenyamanan tambahan ketika berkendara.

Kursi Mercedes-Benz C-Class 2021 berwarna hitam dan cokelat
Kursi Mercedes-Benz C-Class 2021

Berbicara tentang dimensi, tambahan panjang 65 mm serta lebar 10 mm dibandingkan model sebelumnya membuat C-Class terbaru memiliki postur tubuh yang lebih ramping. Berdampak pada ruang kepala, ruang siku, dan ruang baru di depan dan belakang yang lebih lega. Penumpang di baris kedua juga mendapatkan lebih banyak ruang untuk kenyamanan kaki.

Review Mercedes-Benz C-Class 2021: Bagasi

Selain kenyamanan yang meningkat, kepraktisan di dalam kabin sayangnya tak begitu banyak berubah. Kapasitas kargo untuk model Amerika menawarkan kapasitas 507 liter dan 455 liter bagi C-Class terbaru di Eropa. Namun untuk versi wagon mendapatkan peningkatan 30 liter, menghadirkan ruang bagasi sebesar 490 liter.

>>> Baca berita terupdate Mercedes-Benz di sini

Fitur Mercedes-Benz C-Class 2021

Sebagian besar fitur yang ditawarkan pada mobil ini diambil dari Mercedes-Benz S-Class terbaru. Mulai dari sistem integrasi smart home yang memungkinkan pengguna memantau dan mengontrol suhu dan lampu dari jarak jauh, menutup jendela serta mematikan peralatan listrik di rumah. Ada juga layanan Online Mucis yang mengintegrasikan layanan streaming musik ke dalam sistem infotainment MBUX.

Sistem MBUX terbaru bukan satu-satunya fitur yang diambil dari S-Class. Mercedes-Benz C-Class generasi terbaru juga menerapkan sistem Digital Light. Pengaturan lampu depan opsional yang akan memandu ketika berkendara di malam hari disandingkan dengan tanda peringatan ke depan sambil menawarkan pencahayaan bebas silau dengan 1.3 juta cermin mikro.

Review Mercedes-Benz C-Class 2021: Fitur Keselamatan Aktif

Tentu saja C-Class terbaru menggabungkan banyak teknologi bantuan mengemudi dan sistem keselamatan. Mulai dari Dystonic Radar Cruise Control untuk kestabilan berkendara saat melaju dalam kecepatan hingga 100 km/jam, hingga sistem bantuan kemudi aktif yang membantu kendaraan berada di jalurnya hingga 209 km/jam.

Mercedes-Benz juga mengumumkan sistem V2V (Vehicle to Vehicle), teknologi yang memungkinkan C-Class “berbicara” dengan kendaraan yang sudah menggunakan sistem V2V pula. Berguna untuk saling memperingatkan bahaya di depan atau informasi mengenai kondisi jalan. Serta Driver Assist Package yang mencakup Pre-Safe Impulse Side, fitur yang meningkatkan bantalan kursi ketika terjadi tabrakan dari samping sebagai opsional.

>>> 5 Pilihan Harga Mobil Mercedes Benz Sport 2 Pintu Terbaru

Operasi Mercedes-Benz C-Class 2021

Secara keseluruhan, ubahan paling signifikan yang terjadi pada edisi terbaru C-Class adalah kehadiran motor listrik pada semua varian. Tapi ada sedikit perbedaan antara model yang dipasarkan di Amerika maupun Eropa, terutama dalam hal tenaga dan kecepatan tertinggi.

Model spesifikasi Amerika memiliki mesin bensin 2.0L turbocharged. Varian C300 menawarkan tenaga maksimal 258 PS dan torsi puncak 400 Nm. Dilengkapi dengan Integrated Starter-Generator (ISG) membawa tenaga tambahan sebesar 21 PS dan torsi 200 Nm. C300 penggerak roda belakang dan model 4Matic mampu melaju 0-100 hanya dalam 5,9 detik dan kecepatan tertinggi 209 km/jam.

Mesin Mercedes-Benz C-Class 2021 berwarna hitam
Mesin Mercedes-Benz C-Class 2021

Sedang C-Class yang dipasarkan di Eropa terbagi menjadi model bensin C200 atau C200 4Matic berkapasitas 1.5L menyemburkan tenaga 202 PS dan torsi maksimal 300 Nm dan teknologi ISG. Dalam hal kecepatan tertinggi, versi sedan dan wagon C200 berpenggerak semua roda mencapai 241 km/jam, bandingkan dengan versi sedan RWD dengan kecepatan 246 km/jam dan 240 km/jam untuk model wagon RWD.

Selain mesin diesel mild-hybrid, Mercedes-Benz turut menghadirkan C300e sebagai model plugin hybrid dengan mesin bensin 2.0L dan motor listrik. Menawarkan gabungan 312 PS dan torsi puncak 550 Nm, Benz menyebutkan paket baterai 25,4 kWh yang ditanamkan cukup untuk membawa mobil ini menempuh 100 kilometer melalui pengujian WLTP.

>>> Cintamobil TV : Komparasi Toyota Camry Hybrid vs Mercedes-Benz C180 Avantgarde

Spesifikasi Mercedes-Benz C-Class 2021

Mesin Mercedes-Benz C-Class 2021

Tipe Mesin

2.0L M264 E20 DEH LA Mild-Hybrid Turbo 4-silinder

1.5: M264 E15 DEH LA Mild-Hybrid turbo 4-silinder

Tenaga Maksimum

Mesin: 258 PS @ 5.800 – 6.100 rpm

Motor: 21 PS

Mesin: 204 PS

Motor: 21 PS

Torsi Maksimum

Mesin: 400 Nm @ 3.000 – 4.000 rpm

Motor: 200 Nm

Mesin: 300 Nm

Motor: 200 Nm

Kapasitas Silinder

1.991 cc

1.497 cc

Percepatan (0-100 km/jam)

5,9 detik

7,1 detik

Kecepatan Tertinggi

209 km/jam

241 km/jam

Tipe Baterai

Lithium-ion

Voltase Baterai

48 volt

Kapasitas Baterai

25.4 kWh

Tipe Transmisi

9G-Tronic 9-percepatan

Sistem Penggerak

Rear-wheel drive dan all-wheel drive

Rangka Mercedes-Benz C-Class 2021

Panjang x Lebar x Tinggi

4.751 x 1.820 x 1.438 mm (sedan)

4.751 x 1.820 x 1.455 mm (Wagon)

Jarak Sumbu Roda

2.865 mm

Jumlah Tempat Duduk

5 Tempat Duduk

Kapasitas Tangki

66 liter

Suspensi/Kaki-Kaki Mercedes-Benz C-Class 2021

Suspensi Depan & Belakang

Depan: Four-link suspension

Belakang: Multi Link

Sistem Kemudi

Rack and Pinion

Rem Depan & Belakang

Depan: Ventilated Disc
Belakang: Ventilated Disc

Teknologi Sistem Pengereman

ABS, EBD, BA

Velg

20 inci

Daftar Harga Mercedes-Benz C-Class 2021

Mercedes-Benz sayangnya belum mengumumkan berapa harga yang perlu dikeluarkan untuk menggandeng mobil ini. Tapi tentu saja ada sedikit perbedaan harga dibandingkan model yang dipasarkan saat ini. Contohnya saja harga Mercedes-Benz C-Class 2021 di Indonesia saat ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 779 jutaan. Tak menutup kemungkinan harganya menyentuh Rp 800 jutaan ketika dibawa ke Indonesia nanti.

Kesimpulan Mercedes-Benz C-Class 2021

Sedan populer Mercedes-Benz mendapatkan penambahan teknologi dan kesan elegan di generasi kelimanya. Mercedes-Benz C-Class mengambil inspirasi desain dan sistem dari S-Class yang lebih tinggi, membawa lebih banyak kenyamanan dan menawarkan rasa aman ketika mengendarai sedan ikonik Mercy ini. Namun patut dilihat apakah Mercedes Indonesia bakal membawa semua teknologi ketika merilis mobil ini ke Indonesia atau mengurangi fitur untuk meredam kenaikan harga.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

Prestige Motor

DKI Jakarta

KW Motor Jogja

DI Yogyakarta

back to top