Review Mercedes-Benz X-Class 2019 Indonesia

10/11/2018
editor rate: 4,5 user rate: 4,8
Menyasar pasar yang sedang berkembang, Mercedes-Benz X-Class 2019 menjadi truk pikap pertama yang berasal dari pabrikan asal Jerman ini. Ingin cepat bertarung dalam segmen ini, Mercedes bahkan mengajukan kerjasama dengan Nissan untuk menggunakan chassis Nissan Navara.

PENGANTAR Mercedes-Benz X-Class 2019

Review Mercedes X-Class 2019Kedatangan Mercedes-Benz X-Class 2019 berawal dari X-Class Concept yang diperkenalkan pada 25 Oktober 2016 lalu. Menurut Mercedes, X-Class baru akan menjadi truk pikap ‘premium’ pertama di dunia. Dieter Zetsche, Kepala Daimler dan Kepala Mercedes-Benz, saat itu menjelaskan bahwa Mercy akan memasuki segmen yang sedang tumbuh.

Gambar yang menunjukan Mercedes-Benz X-Class Concept

X-Class Concept yang diperkenalkan 2016 lalu di Stockholm, Swedia

Konsumen Afrika Selatan khususnya sangat optimis tentang Mercedes-Benz X-Class karena truk pikap sangat populer di sana. Mercedes memulai debut truk pikap X-Class pada 18 Juli 2017 di Afrika Selatan dan merayakannya sebagai pasar internasional pertama Mercy. Diproduksi dan dirakit di Barcelona, Spanyol dan Santa Isabel, Argentina, Mercedes-Benz X-Class 2019 merupakan segmen yang baru bagi pembuat mobil Jerman ini.

Untuk saat ini, Mercedes menawarkan tiga trim level untuk menghadapi kelompok pelanggan yang berbeda, dengan empat mesin yang tersedia, dua transmisi serta tiga pengendaraan RWD dan 4WD. Tidak hanya dikembangkan sendiri, Renault-Nissan turut mengembangkan X-Class dengan menyumbangkan Navara NP300, salah satu pesaing X-Class, sebagai sasis dasar mobil ini.

Gambar yang menunjukan chassis Nissan Navara

Chassis Navara yang dijadikan basis Mercedes X-Class

Kepala Mercedes Vans Mornhinweg mengatakan kepada Automotive News Europe bahwa ada dua alasan kemitraan ini. "Jika Anda ingin produk menjadi global, ada baiknya untuk memiliki mitra dengan pabrik produksi di berbagai benua dengan siapa Anda dapat berbagi kapasitas," jelasnya mengacu pada aliansi Renault-Nissan.

“Setelah menyadari ada potensi untuk produk semacam itu, kami ingin menjadi sangat cepat ke pasar. Itu sebabnya kami memutuskan untuk bermitra dengan Nissan, yang juga memiliki lebih dari 80 tahun pengalaman di segmen ini,” lanjutnya.

Gambar yang menunjukan Mercedes-Benz X-Class di perkotaan

X-Class dipersiapkan untuk bertenaga dan bergaya

Memang banyak persamaan yang bisa kita lihat dari X-Class dengan Navara. Tapi untuk lebih jelas mengenai detail truk pikap pertama Mercedes ini, mari kita simak review Mercedes-Benz X-Class 2019 dari tim Cintamobil.com.

EKSTERIOR Mercedes-Benz X-Class 2019

X-Class hadir dalam tiga trim level, Pure, Progressive dan Power. Tak hanya trim ini menentukan konten dan harga fitur, mereka juga menentukan tampilan eksterior Mercedes-Benz X-Class 2019Jika dilihat dari luar, Mercedes-Benz X-Class 2019 adalah truk tampan yang rapi berangkat dari chassis Nissan Navara. Namun sebagai bagian dari kerjasama Nissan, jendela belakang, pintu bahan bakar, bumper belakang dan pintu bak menunjukan dengan jelas aksen Navara untuk setiap mata yang melihat. Tapi, ternyata tidak semua bagian luar diambil mentah-mentah oleh Mercedes.

Review Mercedes X-Class 2019: ​Eksterior depan

Tak serta-merta menjiplak Navara, eksterior depan Mercedes-Benz X-Class 2019 jelas terinspirasi oleh lineup SUV Mercedes saat ini, yaitu GL-Class. Kisi bar ganda dan logo bintang tiga menjadi ciri khas yang dipertahankan oleh Mercedes. Sementara lampu utama LED yang memanjang pada trim Power menambahkan tampilan teknologi tertinggi, terutama pada malam hari.

Gambar yang meunjukan tampilan depan Mercedes-Benz X-Class 2019​

Tampilan depan Mercedes-Benz X-Class 2019​

Untuk trim Pure, bumper depan mendapatkan desain plastik berwarna hitam, sedangkan mid-range Progressive mengandalkan bumper yang dicat, meskipun area di sekitar lampu kabut tetap berwarna hitam, tambahan lampu depan halogen dan spion yang bisa diatur secara otomatis. Sedangkan trim Power mendapatkan bumper depan yang memiliki aksen krom mengkilap di sekitar gril bawah.

Review Mercedes X-Class 2019: ​Eksterior Samping

Gambar yang menunjukan tampilan samping Mercedes-Benz X-Class 2019​

Tampilan samping Mercedes-Benz X-Class 2019​

Seperti layaknya tampilan depan, eksterior samping Mercedes-Benz 2019 terbagi menjadi tiga trim. Terlebih untuk pemilihan ban. Trim Pure mendapatkan velg kaleng berukuran 17 inci. Meningkat untuk trim Progressive dengan velg alloy six-spoke 17 inci dan 18 inci dan pada trim Power terpasang velg alloy six-twin spoke 18 inci.

Review Mercedes X-Class 2019: ​Eksterior Belakang

Gambar yang menunjukan tampilan belakang Mercedes-Benz X-Class 2019​

Tampilan belakang Mercedes-Benz X-Class 2019​

Perbedaan kelas yang terlihat pada tampilan depan bisa kita rasakan pada eksterior belakang Mercedes-Benz X-Class 2019 dimana bumper belakang trim Pure mengikuti bumper depan yang dicat hitam. Bumper belakang trim Progressive juga dicat ditambah rel pengikat dengan pengait yang bisa dipindahkan di sekitar dinding bak. Sedangkan untuk varian tertinggi mendapatkan bumper belakang dari krom dengan lampu LED juga digunakan pada bagian lampu belakang.

>>> Ingin tahu review terbaru Mercedes-Benz di Cintamobil.com

INTERIOR Mercedes-Benz X-Class 2019

Sebenarnya, interior Mercedes-Benz X-Class 2019 mirip dengan yang dipamerkan Mercedes dalam konsep X-Class 2016, bahkan sampai ke ventilasi dan kontrol HVAC, gearshifter, layar dan kontrol infotainment, serta kemudi. Kabin berbeda dari apa pun yang saat ini ditawarkan pada segmen pikap beberapa tahun ini, meskipun masih dikembangkan dari interior Navara NP300. Jadi bagi beberapa pasang mata yang teliti bisa melihat keberadaan Nissan di bagian dalam X-Class.

Review Mercedes X-Class 2019: ​Dasbor

Gambar yang menunjukan dasbor Mercedes-Benz X-Class

Dasbor Mercedes-Benz X-Class 2019

Bagian dalam tetap mengikuti gaya Mercedes-Benz, terlebih pada dasbor Mercedes-Benz X-Class 2019. Pengemudi mendapatkan sistem infotainment pusat mengapung di atas dasbor. Pada trim Power, layar ini berukuran 8.4 inci, sedangkan layar yang lebih kecil digunakan pada trim yang lebih rendah, yaitu 7 inci dengan pengontrol putar pada touchpad, audio Bluetooth dan media interface dengan radio digital DAB dan pra-instalasi untuk Garmin Map Pilot disediakan.

Review Mercedes X-Class 2019: ​Kursi

Gambar yang menunjukan kursi Mercedes-Benz X-Class 2019

Kursi Mercedes-Benz X-Class 2019

Perbedaan pada kursi Mercedes-Benz X-Class 2019 terdapat enam bahan tempat duduk, meskipun terbatas pada tingkat trim tertentu. Dua pilihan kulit, salah satunya kulit Artico dan jok Microfiber Dinamica, sedangkan empat lainnya merupakan bahan kain. Pengemudi dan penumpang depan mendapatkan kursi yang bisa diatur secara elektrik dalam delapan arah sebagai standar.

Review Mercedes X-Class 2019: ​Kemudi

Gambar yang menunjukan kemudi Mercedes-Benz X-Class 2019

Kemudi Mercedes-Benz X-Class 2019

Kenyamanan ditambahkan pada kemudi Mercedes-Benz X-Class 2019 dengan menghadirkan setir yang dilapisi kulit dengan paddle shift dan cruise control untuk memudahkan pengendaraan. Memang, paddle shift sudah banyak digunakan di mobil-mobil yang dijual di Indonesia. Tetapi teknologi yang memudahkan pengemudi dalam menaik-turunkan gigi ini tentu menjadi fitur baru untuk membantu ketika berkendara di medan yang sulit.

Review Mercedes X-Class 2019: ​Bak

Gambar yang menunjukan bak Mercedes-Benz X-Class 2019

Bak Mercedes-Benz X-Class 2019

Dalam hal lebar, bak Mercedes X-Class 2019 dirancang sedemikian ruang agar barang-barang bisa dimuat langsung di antara lengkungan roda. X-Class adalah satu-satunya pikap berukuran sedang dilengkapi dengan pencahayaan di area kargo sebagai standar. Operasinya digunakan dengan beralih di konsol tengah. Begitu dinyalakan, lampu tersebut mati secara otomatis. Soket 12 volt digunakan untuk daya peralatan tambahan, seperti kompresor yang menjadi peralatan standar di bak belakang.

>>> Baca juga berita Mercedes lainnya di sini

FITUR Mercedes-Benz X-Class 2019

Tak ada yang bisa menandingi teknologi yang berlimpah dalam kendaraan pikap pertama Mercedes ini. Fitur Mercedes-Benz X-Class 2019 mulai dari akses Keyless-Go opsional serta sistem otorisasi pengendaraan yang memungkinkan kendaraan dinyalakan hanya dengan kunci elektronik. Hill Start Assist akan membantu Anda ketika mengemudi di jalan dengan tanjakan yang curam.

Selama perjalanan, kontrol iklim otomatis Thermotronic opsional mempertahankan kabin di dua zona yang berbeda. Informasi dan hiburan ditawarkan dengan radio modern Comand Online, Audio 20 USB dan Audio 20 CD dengan sistem navigasi. Tak lupa layanan konektivitas Mercedes yang digunakan pada kendaraan premium Mercedes Me kembali ditanamkan pada X-Class.

Review Mercedes X-Class 2019: ​Live Traffic

Dengan layanan Mercedes Me, X-Class secara otomatis terhubung ke jaringan bersama dan siap untuk era digital. Sistem Live Traffic misalnya, membantu membandingkan rute yang ditempuh dengan data lalu lintas pada saat itu untuk mengoptimalkan perjalanan Anda. Dan fitur ini juga bisa digunakan untuk melacak mobil Anda.

Gambar yang menunjukan live traffic Mercedes-Benz X-Class 2019

Fitur live Traffic Mercedes-Benz X-Class 2019​

Jika orang lain mengendarai X-Class Anda, Anda dapat menggunakan fungsi lokasi kendaraan untuk mengetahui dimana X-Class Anda berada. Cocok bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar, X-Class memungkinkan pengemudi menghindari kemacetan pada jam sibuk dengan pemilihan rute untuk memaksimalkan pengemudian.

Review Mercedes X-Class 2019: ​Fitur Keselamatan Aktif

Selain teknologi infotainment yang beragam, fitur keselamatan aktif Mercedes-Benz X-Class 2019 juga berhamburan. Khususnya untuk membantu pengemudian dengan lalu lintas perkotaan, Traffic Sign Assist bisa membantu dengan menunjukan batas kecepatan. Jika kendaraan tak sengaja lewat dari jalur, Lane Keeping Assist akan memperingatkan pengemudi dengan getaran di roda kemudi untuk membantu menjaga perhatian dan keselamatan, terlebih jika Anda sudah lelah dan mulai mengantuk.

Gambar yang menunjukan pengendaraan Mercedes-Benz X-Class 2019

X-Class disiapkan untuk pengendaraan di medan berat

Selain itu ada Active Brake Assist yang memberi peringatan visual jika jarak kendaraan di depan terlalu dekat. Jika terlintas resiko tabrakan, peringatan akustik awal dikeluarkan. Selanjutnya sistem bisa membantu pengemudi dengan mengerem atau jika tidak ada reaksi, mobil secara otomatis mengurangi kecepatannya.

Dalam skenario terburuk, Mercedes sudah mempersiapkan X-Class dengan tujuh airbag yang dipasang sebagai standar untuk menawarkan perlindungan terbaik. Dan yang baru adalah sistem panggilan darurat Mercedes-Benz dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk layanan darurat mencapai tempat kejadian ketika pengemudi mengalami kecelakaan.

OPERASI Mercedes-Benz X-Class 2019

Sistem operasi Mercedes-Benz X-Class 2019 menawarkan empat pilihan mesin, dua turbodiesel empat silinder, satu mesin bensin empat silinder, dan V6 turbodiesel. Anda bisa memilih antara manual enam kecepatan dan transmisi otomatis tujuh percepatan untuk masing-masing mesin, kecuali untuk V6 turbodiesel yang mendapatkan 4WD otomatis full-time. RWD standar dengan sistem part-time 4WD ditawarkan sebagai opsional.

Basis X-Class adalah X200 bertenaga mesin yang secara alami disedot empat silinder menghasilkan 165 tenaga kuda serta 238 Nm torsi. Satu mesin turbodiesel berkapasitas 2.3 liter dengan empat silinder di tengah. Versi X220d menggunakan turbocharger tunggal untuk menghasilkan 163 tenaga kuda dan 402 Nm torsi, sedangkan X250d dijejali sistem biturbo untuk membuat 190 daya kuda dan 450 Nm torsi. Yang terakhir, V6 turbodiesel mampu menendang 257 daya kuda bersama 550 Nm.

Gambar yang menunjukan mesin Mercedes-Benz X-Class 2019

Mesin V6 siap menjalankan Mercedes-Benz X-Class 2019

Kombinasi V6, tujuh kecepatan, dan 4WD full-time adalah teknologi paling canggih dari powertrain yang tersedia. Termasuk sistem start-stop ECO dan dilengkapi dengan lima mode pengendaraan. Mulai dari Comfort, Eco, Sport, Manual, dan Off-Road. Memilih mode Manual memungkinkan transmisi otomatis dioperasikan melalui paddle shift, sama seperti model Mercedes lainnya.

spesifikasi Mercedes-Benz X-Class 2019

Baru dijual di beberapa kota di dunia, berikut spesifikasi Mercedes-Benz X-Class 2019 yang dihimpun oleh tim Cintamobil.com.

Dimensi Mercedes X-Class 2019     

Panjang x Lebar x Tinggi

5.340 mm x 1.920 mm x 1.819 mm

Panjang x Lebar x Tinggi bak

1.857 mm x 1.560 mm x 474 mm

Wheelbase

3.150 mm

Ground Clearance Depan

202 mm

Ground Clearance Belakang

221 mm

Kapasitas Angkut

1.042 kg

Mesin Mercedes X-Class 2019

X200

X220d

X250d

X350d

Tenaga Maksimum

165 dk

163 dk

190 dk

257 dk

Torsi Maksimum

238 Nm

402 Nm

450 Nm

550 Nm

Driveline

Part-time 4WD

Part-time 4WD

Part-time 4WD

Full-time 4WD

Transmisi

6MT/7AT

6MT/7AT

6MT/7AT

6MT/7AT

Kaki-Kaki Mercedes X-Class 2019

Suspensi Depan

Double wishbone control arms with coil springs

Suspensi Belakang

Five-link coil spring suspension holding a solid live axle

Velg

17 inci, 17 inci alloy, dan 18 inci twin-spoke alloy

kelebihan & kekurangan Mercedes-Benz X-Class 2019

Memang, Mercedes merupakan pendatang baru dalam segmen ini. Namun jangan salah, melihat upaya yang dilakukan untuk menjadi rookie terbaik di kelas ini, kelebihan dan kekurangan Mercedes-Benz X-Class 2019 bisa kita lihat sebagai berikut.

Kelebihan

Kekurangan

Dengan sejarah Mercedes untuk kendaraan mewah, X-Class menghadirkan pikap premium yang paling ‘premium’

Masih terasa Navara, baik di dalam, terlebih tampilan eksterior

Pengendaraan dan handling lebih mudah

Kursi baris kedua masih belum memberikan nyaman maksimal

Desain kabin menawan dan berkelas

 

Sistem keamanan menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya

 

daftar harga Mercedes-Benz X-Class 2019

Saat ini, Mercedes baru membawa X-Class untuk beberapa negara, salah satunya Australia dan Inggris. Dengan 13 opsi yang bisa dipilih, harga Mercedes-Benz X-Class 2019 tergantung varian yang Anda inginkan. Sebagai perbandingkan, harga yang paling murah untuk pasar Australia dimulai dari $ 45.450 atau setara dengan Rp 673 jutaan dan varian tertinggi yaitu X-Class X350d 4MATIC dengan harga $ 79.415 atau setara dengan Rp 1,175 miliar.

>>> Dapatkan harga dan promo mobil yang menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Video Mercedes-Benz X-Class 2019

Sebelumnya, video Mercedes-Benz X-Class 2019 sudah mengudara di beberapa platform dengan berbagai review juga sudah bisa ditonton. Berikut Cintamobil.com tampilkan iklan komersial Mercedes untuk X-Class.

KESIMPULAN Mercedes-Benz X-Class 2019

Sebagaimana dijelaskan oleh Mercedes dalam keterangan resminya, X-Class ditujukan untuk kelompok pelanggan yang berbeda, “petani di Argentina, pemilik bisnis dan kontraktor di Australia, keluarga dengan afinitas produk premium di Brasil, individu yang sadar akan tren di Afrika Selatan, dan Inggris, serta petualang sporty di Selandia baru dan Jerman.”

Gambar yang menunjukan Mercedes-Benz X-Class 2019 di tebing

Mercedes mempersiapkan X-Class sebagai pikap premium 

Mercedes-Benz X-Class 2019 tentunya menjadi tambahan yang baik untuk segmen truk pikap mid-size. Tidak hanya memberikan pilihan baru bagi konsumen, tetapi sebagai preferensi baru untuk truk pikap mewah yang memberikan definisi mewah dari setiap detailnya. Dimana perbedaan jelas terlihat bagaimana Mercedes memberikan semua kemewahan untuk X-Class, sama seperti lini produk mereka yang lain.

Namun yang masih menjadi permasalahan adalah pengaruh Nissan Navara terlihat sangat besar terhadap mobil ini. Selain chassis, tata letak suspensi dasar dari X-Class dan Navara saling berbagi. Bahkan masih terdapat aksen Navara pada bagian interior Mercedes X-Class, walaupun tidak terlalu jelas terlihat.

Tapi secara keseluruhan, penambahan Mercedes X-Class 2019 merupakan masukan yang menyenangkan bagi segmen pikap mewah yang sangat kompetitif, terlebih di pasar Amerika Serikat. Namun patut ditunggu bagaimana pergerakan Mercedes-Benz, apakah akan membawa X-Class ke Indonesia mengingat pasar pikap premium di Indonesia bukanlah segmen terbaik Mercedes-Benz, atau sesuai dengan pernyataan President & CEO PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Roelof Lamberts, yang ingin membawa lebih banyak kendaraan Mercedes-Benz di Indonesia.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lihat mobil dijual dengan harga terbaik di seluruh Indonesia

Padli Nurdin
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

Cari review mobil