Review Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020: Mercedes-Benz GLS Versi Mini

02/10/2020

Share this post:

Mercedes-Benz GLB 2020

Editor rate:

Rp 829.000.000

Mobil terbaik Mercedes-Benz di Indonesia Lihat promo

Kelengkapan teknologi tak perlu diragukan, Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020 menawarkan kenyamanan akomodasi 7 tempat duduk bagi seluruh keluarga

Review Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020: Mercedes-Benz GLS Versi Mini
Review Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020: Mercedes-Benz GLS Versi Mini
0 Gambar

Pengantar Mercedes-Benz GLB 2020

Mari kita simak spesifikasi Mercedes-Benz GLB 2020 di bawah ini.

Kelebihan

SUV kompak 7-seater pertama Mercedes-Benz di Indonesia

Mercedes-Benz GLS rasa mini

Ruang kabin yang lapang

Sistem keselamatan lengkap

Kekurangan

Harga yang tinggi dibanding pesaing

Baris ketiga tak terlalu nyaman bagi penumpang dewasa

Akses masuk dan keluar tak terlalu mudah

Meski diterpa penurunan penjualan yang cukup signifikan akibat pandemic COVID-19, Mercedes-Benz Indonesia terlihat agresif menghadirkan berbagai lini baru kendaraannya di Tanah Air. Setelah meluncurkan 10 produk anyar, kehadiran Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020 menjadi tambahan terbaru sebagai SUV keluarga.

beberapa mobil Mercedes-Benz terbaru yang sedang parkir
Beragam keluarga kendaraan berotot milik Mercedes-Benz

“Kami dengan senang hati menawarkan lebih banyak produk dan pilihan kepada pelanggan kami. Sekitar dari satu dari tiga mobil Mercedes-Benz merupakan sebuah SUV, dan sekitar satu dari lima model merupakan mobil kompak. Sebuah SUV kompak seperti GLB menggabungkan semua faktor kesuksesan dari segmen volume tertinggi perusahaan,” jelas Choi Duk Jun, selaku President Director, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

Mercedes-Benz GLB merupakan SUV subkompak mewah yang meluncur pertama kali pada 10 Juni 2019 di Park City Utah. Diperkenalkan sebagai mobil konsep pada Shanghai Auto Show 2019, GLB diposisikan di antara GLA-Class dan GL-Class. Sebelum Indonesia, mobil ini sudah lebih dulu diperkenalkan di Thailand pada Juli 2020 dan Malaysia pertengahan September lalu.

Mercedes-Benz GLB 2020 berwarna putih
Mercedes-Benz GLB yang baru diperkenalkan di Indonesia

Mercedes-Benz Indonesia mengungkapkan kehadiran GLB merupakan tambahan bagi lini SUV yang semakin berkembang sebagai model kompak pertama dengan konfigurasi tujuh tempat duduk. Menawarkan berbagai kelengkapan fitur untuk keselamatan dan kenyamanan, simak review Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020 di bawah ini.

Eksterior Mercedes-Benz GLB 2020

Meski menjadi model terbaru Mercedes-Benz di Indonesia, tampilan luar GLB sangat jelas terinspirasi dari model SUV Mercedes yang sudah lama melaju di Indonesia, yaitu GLS. Kesan sporty dipadukan dengan tampilan premium khas model pabrikan Jerman ini menjadi daya tarik GLB sebagai salah satu kendaraan kompak keluarga perkotaan.

Review Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020: Eksterior Depan

Tampilan maskulin dan sporty terasa ketika melihat sisi depan mobil ini. Ciri khas Mercedes-Benz GLS terasa pada bagian depan dengan dua bilah grille horizontal beraksen chrome untuk tampilan premium pada GLB. Begitu juga dengan lampu depan berbentuk kotak yang sudah dilengkapi teknologi LED High Performance khas Mercedes-Benz.

Tampilan depan Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020 berwarna putih
Tampilan depan Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020

Bagian bawah terlihat hampir sama dengan GLA. Air intake yang tertutup serta ditawarkan tanpa kehadiran lampu kabut pada bagian bawah. Pelengkap kesan maskulin pada sisi fascia depan terlihat pada aksen chrome yang menghiasi bumper bawah mobil ini.

Review Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020: Eksterior Samping

Tampilan samping Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020 berwarna putih
Tampilan samping Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020

GLB memberikan kesan GLS mini jika dilihat dari tampilan sampingnya. Mengingat list chrome yang mengelilingi jendela serta pada pilar C dan D. Desainnya masih sama layaknya GLA, tapi dengan velg 5-spoke 18 inci. GLB terlihat lebih tinggi karena menyediakan roof rail yang mempermudah Anda ketika harus membawa barang bawaan pada atap.

Review Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020: Eksterior Belakang

Tampilan belakang Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020 berwarna putih
Tampilan belakang Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020

Tampilan belakang layaknya GLS terlihat dari stop lamp serta lampu belakang bergaya kotak menggunakan desain yang senada dengan lampu depan. Dengan varian Progressive Line, ada kesan chrome yang terdapat pada bumper bawah. Bukaan pintu bagasi sudah sangat praktis. Hanya dengan gerakan kaki pada bagian bawah bumper, maka pintu bagasi akan terbuka secara otomatis.

>>> Berbagai Tawaran Menarik di Event Online GLB GLA Virtual Expo


Interior Mercedes-Benz GLB 2020

Bagian kabin mengadopsi tata letak yang mirip dengan model kompak Mercedes-Benz lainnya, semisal A-Class maupun B-Class. Sistem ventilasi udara melingkar dengan sistem Mercedes-Benz User Experience dari layar depan yang bisa akses dengan mudah. Rasa premium juga terasa dari berbagai material soft touch yang dipasang pada mobil ini.

Review Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020: Dashboard

Dua layar besar yang terintegrasi langsung menyapa ketika masuk ke dalam kabin. Dua layar berukuran 10,25 inci, satunya mengurus sistem hiburan dan yang lain menunjukkan informasi berkendara. Sistem MBUX bisa dikontrol melalui layar sentuh, tombol pada roda kemudi, touchpad pada konsol tengah, hingga pengenalan suara “Hey, Mercedes”.

dashboard Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020 berwarna hitam
Dashboard Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020

Fitur terbaru pada GLB termasuk karakteristik elemen tubular off-road dengan tampilan alumunium yang membulat pada bagian bawah panel instrument, tempat tiga ventilasi udara tengah terpasang. Di bagian bawah nozzle, terdapat panel kontrol AC. Konsol tengah dengan finishing piano black dan aksen silver dilengkapi dengan armrest yang bisa dibuka sebagai tempat penyimpanan di baris pertama.

Review Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020: Setir

setir Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020 berwarna hitam
Setir Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020

Tak bisa disangkal bagaimana kendaraan baru selalu dilengkapi setir dengan tombol pengaturan untuk mempermudah akses pada fitur yang semakin bejibun. Tak terkecuali GLB dengan aksen berwarna chrome pada setir yang sudah dilengkapi paddle shift. Fitur pengaturan tilt & teleskopik tentunya berguna menghadirkan posisi berkendara terbaik sesuai dengan keinginan Anda.

Review Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020: Kursi

Mercedes-Benz mengungkapkan kehadiran GLB merupakan bagian dari permintaan konsumen di Indonesia dengan dua tambahan kursi di baris belakang. Kursi baris ketiga mampu menawarkan ruang kaki yang nyaman bagi tinggi rata-rata masyarakat Indonesia. Peralatan keselamatannya termasuk sandaran kepala yang bisa ditarik dan sabuk pengaman dengan pengencang.

kursi Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020 berwarna hitam
Kursi Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020

Selain kursi pengemudi yang dilengkapi pengaturan elektris serta tiga fungsi memori, kenyamanan di baris kedua termasuk dua cup holder yang bisa ditemukan pada sandaran kursi di tengah serta kompartemen penyimpanan pada masing-masing doortrim. Kepraktisan bagi penumpang belakang termasuk port USB yang bisa ditemukan pada baris kedua.

Review Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020: Bagasi

bagasi Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020 berwarna hitam
Bagasi Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020

Tambahan kursi belakang memang menjadi kekurangan tersendiri jika mengingat kapasitas bagasi yang tersedia. Namun bangku baris ketiga bisa dilipat rata lantai untuk menambah ruang belakang hingga 500 liter. Bangku baris kedua juga bisa direbahkan rata lantai untuk memaksimalkan ruang bagasi belakang menjadi 1.800 liter. Mercedes juga menghadirkan partisi pada bagasi belakang ketika jok baris ketika tak digunakan.

Fitur Mercedes-Benz GLB 2020

Berbagai kelengkapan fitur yang ditawarkan pada Mercedes-Benz GLB terbaru tentu saja memberikan kenyamanan dan kemudahan berkendara khas Mercedes. Mulai dari sistem MBUX yang sudah dilengkapi dengan kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto. Ada pula pengaturan suhu otomatis Thermotronic untuk kenyamanan penghuni kabin selama perjalanan jauh.

fitur Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020 berwarna biru
Fitur bagasi Mercedes-Benz GLB 2020

Sistem MBUX memberikan kepraktisan tersendiri ketika berkendara. Anda bisa membuat sejenis ID sesuai dengan preferensi ketika berkendara: mulai dari pengaturan bangku, navigasi, musik, radio serta mood yang terasa di dalam kabin. Dan jika pengendara lain mengubah ID dari MBUX, maka pengaturannya akan berubah.

Review Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020: Fitur Keselamatan Aktif

GLB sudah dilengkapi dengan Blind Spot Assist dengan fitur Exit Warning. Tidak hanya menghadirkan rasa aman ketika berkendara, fitur baru ini akan mendeteksi ketika ada kendaraan atau pejalan kaki yang melewati mobil ketika Anda akan membuka pintu samping. Jika hal tersebut terjadi, maka sistem akan memberikan peringatan suara.

Selebihnya fitur keselamatan yang ditawarkan pada mobil ini hampir sama baiknya dengan GLA. Mulai dari Active Braking Assist, Active Parking Assist dengan teknologi Parktronic, Cruise Control, kamera belakang, Tyre-Pressure Monitoring System, serta wiper depan dengan sensor hujan.

>>> Mobil Off-road Terbaik, Jeep Wrangler, Land Rover Defender, atau Mercedes-Benz G-Class?

Operasi Mercedes-Benz GLB 2020

Layaknya kendaraan kompak Mercedes lainnya, GLB masih menggunakan mesin 1.3L 4-silinder yang sama dengan yang ditemukan pada A-Class maupun GLA. Keluaran tenaga 163 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 250 Nm pada 1.620 hingga 4.000 rpm disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi 7G-DCT 7-speed otomatis.

mesin Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020 berwarna hitam
Mesin Mercedes-Benz GLB 2020

Menambah rasa fun-to-drive yang ditawarkan pada mobil ini, Mercedes turut menanamkan sistem Dynamic Select yang memberikan rasa berkendara sesuai dengan keinginan Anda. Menggunakan basis B-Class namun dibuat lebih besar, maka pengaturan suspensi terasa nyaman sepanjang perjalanan. Termasuk dengan road noise yang tak terasa dengan kabin yang kedap.

Pengendaraan dari GLB terasa baik didukung oleh posisi berkendara yang cukup menyenangkan. Dibandingkan mobil kompak Mercedes-Benz lainnya, respons mesin yang ditawarkan GLB terasa pas. Tidak terlalu responsif dan tak terlalu bertenaga layaknya model yang lebih kecil, seperti yang ditemukan pada A-Class.

>>> 5 Pilihan Harga Mobil Mercedes Benz Sport 2 Pintu Terbaru

Spesifikasi Mercedes-Benz GLB 2020

Dimensi Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

4.634 x 2.020 x 1.663 mm

Jarak Poros Roda

2.829 mm

Ground Clearance

198 mm

Mesin Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020

Tipe Mesin

M282 1.3L 4-silinder turbo

Kapasitas Silinder

1.332 cc

Tenaga Maksimal

163 PS/5.500 rpm

Torsi Maksimal

250 Nm/ 1.620 – 4.000 rpm

Transmisi

7G-DCT 7-speed otomatis

Sistem Penggerak

Front-wheel drive

Kaki-Kaki Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020

Suspensi

Comfort suspension

Rem

TBA

Ukuran Ban

235/55 R18

Velg

18 inci

Daftar Harga Mercedes-Benz GLB 2020

Kehadiran dua kursi pada baris ketiga membuat harga Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020 dibuat lebih mahal dibandingkan GLA yang lebih kompak. Dengan hanya satu varian yang dipasarkan di Indonesia saat ini, Mercedes-Benz Indonesia membanderol mobil ini dengan harga Rp 829 jutaan. Sebuah pilihan premium jika dibandingkan SUV 7-seater lainnya semisal Mazda CX-8 maupun Peugeot 5008.

Kesimpulan Mercedes-Benz GLB 2020

Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020 adalah bukti agresivitas Mercedes-Benz di Indonesia. Menyasar segmen SUV keluarga 7-seater yang menjadi primadona selama beberapa tahun belakangan, GLB hadir sebagai varian kompak tiga baris termurah dari pabrikan asal Jerman ini. Dan jangan takut dengan kelengkapan sistem dan teknologi yang ditawarkan. Karena mobil ini memiliki berbagai kepraktisan yang bisa ditemukan bagi sebuah kendaraan keluarga perkotaan.

>>> Jangan lup klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Review lain

Review Mercedes-Benz GLA 200 Progressive Line 2020: Generasi Kedua Lebih Menawan

Rp 779.000.000

30/09/2020

Editor rate:

Mercedes-Benz GLA 200 Progressive Line 2020 kini punya tampilan lebih menawan di generasi keduanya, lantas seberapa menarik SUV kompak racikan Jerman ini?

Lihat juga

Review Mercedes-Maybach S 560 2018: Tunggangan Para Elite!

Rp 6.715.000.000

31/08/2020

Editor rate:

Selain fitur anyar dan performa mesin yang bertenaga, Mercedes-Maybach S 560 2018 adalah bukti kemewahan Mercedes-Benz untuk konsumennya di Indonesia.

Lihat juga

Mercedes Benz GLC 250 Exclusive 2016: SUV Premium dengan Desain Sporty dan Elegan

17/05/2017

Editor rate:

Dihadirkannya SUV premium besutan Mercy ini memang sesuai dengan permintaan para konsumen yang menginginkan produk SUV premium dengan berbekal spesifikasi yang tangguh layaknya Mercy Benz GLC 250 Exclusive ini.

Lihat juga

Review Mercedes-Benz GLS 580 2019: Generasi Ketiga yang Lebih Lapang dan Berteknologi

23/04/2019

Editor rate:

Sebagai SUV terbesar Mercedes, generasi ketiga Mercedes-Benz GLS 580 2019 menghadirkan ruang kabin yang sangat lega bagi penumpang. Tidak terlalu banyak berubah, peningkatan sistem keselamatan standar dan sistem hiburan di dalam mobil menunjukan apa yang bisa dilakukan oleh Mercedes dan memberikan kemewahan bagi konsumennya.

Lihat juga

Review Mercedes-Benz GLC Coupe 2020: Perpaduan Seksi Dan Kekar

Rp. 1.429.000.000

19/04/2020

Editor rate:

Mercedes-Benz GLC Coupe 2020 ini adalah rival utama dari BMW X4, apakah mobil dengan pendekatan antara seksi dan kekar ini dapat memancing animo car enthusiast?

Lihat juga