Review Mercedes-Benz G-Class 2019: Tetap Sangar Walau Dibuat Mewah

18/01/2019

Share this post:

Mercedes-Benz G-Class 2019

Editor rate:

Lihat promo

Untuk pertama kalinya sejak diperkenalkan 40 tahun lalu, Mercedes telah memberikan perubahan menyeluruh dan memperkenalkan tampilan terbaru Mercedes-Benz G-Class 2019. Suspensi depan independen dan interior yang cocok dengan sedan Mercedes-Benz S-Class, G-Class 2019 tetap setia pada akar off-road mobil ini.

Review Mercedes-Benz G-Class 2019: Tetap Sangar Walau Dibuat Mewah
Review Mercedes-Benz G-Class 2019: Tetap Sangar Walau Dibuat Mewah
0 Gambar

Pengantar Mercedes-Benz G-Class 2019

Mari kita simak spesifikasi Mercedes-Benz G-Class 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Kembalinya desain klasik, tetapi lebih banyak ruang di dalam

Peningkatan pada mesin

Masih dalam warisan SUV off-road G-Class

Kekurangan

Hanya memiliki kemampuan off-road ringan

Harga yang meningkat tinggi dibandingkan pendahulunya

Review Mercedes-Benz G-Class 2019Mercedes-Benz G-Class 2019 mempertahankan tampilan ikoniknya saat menerima bingkai baru yang lebih panjang. Meskipun berada dalam segmen kendaraan mewah, G-Class muncul dengan sistem 4WD paruh waktu, tiga penguncian diferensial, serta ground clearance yang cukup tinggi, meningkatkan kapabilitas SUV untuk berkendara di semua medan. Semua itu menegaskan bagaimana G-Class mempertahankan warisan off-road pendahulunya.

beberapa mobil G-Wagen 461 berwarna hijau

G-Wagen 461 yang pertama kali diproduksi tahun 1979

G-Class, atau dikenal sebagai Geländewagen atau G-Wagen yang artinya kendaraan cross-country, telah ada selama 40 tahun. Bertugas membantu pasukan militer Jerman melintasi medan yang mengerikan di seluruh dunia, SUV berpenggerak empat roda ini diproduksi oleh Magna Steyr (sebelumnya Steyr-Daimler-Puch) di Austria dan dijual oleh Mercedes-Benz. Di pasar tertentu, G-Class dijual dengan nama Puch, atau Puch G.

G-Wagen ditandai dengan gaya kotak dan konstruksi bodi-on-frame. Menggunakan tiga diferensial yang sepenuhnya terkunci, G-Class menjadi salah satu dari sedikit kendaraan yang memiliki fitur tersebut. Meskipun diperkenalkan sebagai pengganti, SUV unibody Mercedes-Benz GL-Class pada 2006, G-Class masih diproduksi dan merupakan salah satu Mercedes-Benz dengan sejarah produksi terpanjang Daimler. Hanya Unimog yang melampaui pencapaian tersebut.

Mercedes-Benz G-Class 2019 berwarna biru sedang parkir di depan halaman yang lebar

Perubahan pada tampilan baru Mercedes-Benz G-Class 2019

Perubahan tampilan luar serta elektronifikasi yang memberikan tampilan lebih mewah bagi G-Class ternyata tidak menghilangkan kesan off-road yang menjadi warisan mobil ini. Lalu apa saja perbedaan yang diberikan Mercedes? Lihat lagi review Mercedes-Benz G-Class 2019 dari Cintamobil.com berikut ini.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Mercedes-Benz G-Class 2019

Mercedes mempertahankan status G-Wagen berkat perubahan desai evolusioner, daripada memberikan ubahan revolusioner pada SUV ini. Eksterior Mercedes-Benz G-Class 2019 direkayasa ulang secara komprehensif. Hanya gagang pintu, penutup ban cadangan, pelindung matahari, dan braket di bawah kap masih terlihat sangat mirip dengan yang terlihat pada generasi pendahulunya.

Review Mercedes-Benz G-Class 2019: Eksterior Depan

tampilan depan Mercedes-Benz G-Class 2019 berwarna biru

Tampilan depan Mercedes-Benz G-Class 2019

Perubahan tidak terlihat oleh mata yang tidak terlatih. Seperti Jeep Wrangler, eksterior depan Mercedes-Benz G-Class 2019 dipenuhi dengan perubahan tampilan, seperti lampu depan bundar, kisi tujuh slot, fender lebar, dan bentuk keseluruhan mengambil desain kotak yang sudah ada sejak 1941. Selain panjangnya, G-Class yang baru mendapatkan sentuhan lampu LED baru, gril dan bumper depan yang dibenahi, serta kap yang lebih panjang dan rata dibandingkan generasi sebelumnya.

Review Mercedes-Benz G-Class 2019:  Eksterior Samping

tampilan samping Mercedes-Benz G-Class 2019 berwarna biru

Tampilan samping Mercedes-Benz G-Class 2019

Desain baru dibuat mengikuti warisan G-Class, meskipun dibuat lebih lebar 119 mm dan lebih panjang 50 mm dibandingkan pendahulunya. Eksterior samping Mercedes-Benz G-Class 2019 masih sama, dengan Mercedes mempertahankan pembuka pintu dengan tombol seperti G-Class terdahulu. Sedangkan ground clearance terangkat menjadi 169 mm, membuat mobil ini dengan tenangnya mengarungi medan berat, berlumpur, hingga memiliki batas ketinggian rendaman air 70 cm. Tampilan samping diperkuat dengan ban berpelek 19 inci dan 20 inci.

Review Mercedes-Benz G-Class 2019:  Eksterior Belakang

tampilan belakang Mercedes-Benz G-Class 2019 berwarna biru

Tampilan depan Mercedes-Benz G-Class 2019

Di belakang, lampu belakang LED baru dan lampu rem ketiga yang ditanamkan di atas jendela belakang adalah perubahan terbesar. Elemen-elemen yang sudah dikenal pada eksterior belakang Mercedes-Benz G-Class 2019 termasuk ban cadangan yang dipasang pada pintu belakang serta gagang pintu tombol tekan yang terlihat hampir identic dengan versi update yang dikeluarkan 2012 lalu.

>>>  Baca juga:

Interior Mercedes-Benz G-Class 2019

Tidak seperti di luar, Mercedes benar-benar mengubah interior G-Wagen. Meskipun interior Mercedes-Benz G-Class 2019 yang baru, Mercedes masih bernostalgia terhadap tampilan vintage mobil ini. Pegangan pada sisi penumpang masih menjadi tampilan unik dan standar pada G-Class dan tombol yang dipasang di tengah untuk perbedaan penguncian telah ada selama beberapa dekade. Selain tampilan baru, Mercedes mengatakan bagian dalam, khususnya kursi telah ‘dirancang secara ergonomis, peningkatan besar dibandingkan pendahulunya.

Review Mercedes-Benz G-Class 2019: ​Dasbor

dasbor Mercedes-Benz G-Class 2019 berwarna krom dan hitam

Dasbor Mercedes-Benz G-Class 2019

Jika Anda memperhatikan perkembangan G-Class, Anda bisa merasakan bagaimana Mercedes menghilangkan kesan 2000-an pada dasbor Mercedes-Benz G-Class 2019 yang memiliki belasan tombol. Layar kembar serta kluster 12 ini menunjukan kluster pengukur digital untuk pengemudi dan serangkaian navigasi standar, pengaturan kendaraan dilengkapi dengan menu di layar tengah. Seperti kebanyakan kendaraan modern lainnya, pengukur dala dikonfigurasikan ke dalam satu dari tiga gaya, sesuai keinginan pengemudi, yaitu Classic, Sport, dan Progressive.

Review Mercedes-Benz G-Class 2019: ​Kemudi

kemudi Mercedes-Benz G-Class 2019 berwarna krom dan hitam

Kemudi Mercedes-Benz G-Class 2019

Pengontrol infotainment Mercedes saat ini berada di konsol tengah, memberikan tampilan baru ketika memilih opsi menu. Rotary dial memudahkan komunikasi. Sedangkan kontrol pada roda kemudi Mercedes-Benz G-Class 2019 memungkinkan layar menu mengoperasikan kluster yang mengukur pengemudian.

Review Mercedes-Benz G-Class 2019: ​Kursi

Untuk sekelas mobil mewah yang bisa dibawa off-road, Mercedes menawarkan Paket Kursi Multicontour pada G-Class yang baru. Paket baru memungkinkan pengemudi mendapatkan kursi yang dilengkapi pemanas dan ventilasi udara, serta memijat Anda selama mengemudi. Bantalan samping yang diisi udara mengubah kekencangannya tergantung gaya mengemudi.

kursi Mercedes-Benz G-Class 2019 berwarna krom dan hitam

Kursi Mercedes-Benz G-Class 2019

Bukan hanya teknologi atau pengendaraan yang mumpuni, kursi merupakan salah satu peningkatan terbaik G-Class, memberikan kenyamanan dan mendukung pengemudian. Bahkan, kursi Mercedes-Benz G-Class 2019 direkomendasikan oleh organisasi kesehatan tulang belakang Jerman. Tak lupa, pelebaran eksterior memberikan ruang kaki yang lebih banyak untuk penumpang di belakang.

Review Mercedes-Benz G-Class 2019: ​Bagasi

bagasi Mercedes-Benz G-Class 2019 berwarna krom dan hitam

Bagasi Mercedes-Benz G-Class 2019

Meskipun masih belum ada angka pasti pada bagasi Mercedes-Benz G-Class 2019, lebar bagian dalam berarti ruang yang lebih besar pada ruang penyimpanan yang mampu menampung semua kebutuhan Anda ketika berpetualang. Jika masih kurang, Anda bisa melipat kursi belakang 60/40 untuk memaksimalkan kompartemen belakang saat Anda hanya bepergian bersama satu orang teman.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

Fitur Mercedes-Benz G-Class 2019

Penambahan fitur dan teknologi pada mobil ini memberikan kesan glamor ada G-Class. Dasbor menggunakan lar kembar 12 inci, ditambah dengan sistem infotainment, fungsionalitas dan fitur Mercedes-Benz G-Class 2019 sepenuhnya dibuat modern. Kenyamanan di dalam termasuk 15 speaker serta sistem suara Burmester 590 watt.

G500 juga tak keberatan basah. Meskipun radiator dan asupan udara yang dipasang lebih rendah dari sebelumnya, G-Class memiliki fitur baru. Ketika sensor mendeteksi air tinggi, komponen dalam akan menutup asupan udara di bawah dan menghirup udara dari sudut atas depan kap dan memastikan mesin tidak banjir. Sebuah pesan akan muncul pada kluster instrument yang memberitahu Anda untuk tidak melaju lebih dari 10 km/jam sampai Anda keluar dari air.

pengendaraan Mercedes-Benz G-Class 2019 di jalanan dengan air tergenang

Fitur baru memberikan kenyamanan berkendara di semua medan

Review Mercedes-Benz G-Class 2019: ​G-Mode

Salah satu pembaruan yang diberikan Mercedes untuk G-Class adalah G-Mode. G-Mode akan menyesuaikan respons throttle, menahan gigi lebih lama, dan melunakkan peredam adaptif dalam suspensi. Namun hal-hal lain seperti tuning transmisi, kekencangan suspensi, kontrol traksi, dan kontrol stabilitas dirancang untuk setiap mode. Mode ini juga menyesuaikan pemetaan kemudi untuk meningkatkan kemampuan off-road G-Class.

Operasi Mercedes-Benz G-Class 2019

Mercedes memilih mesin 4.0 liter twin turbo V8 yang dikenal sebagai mesin debutan untuk G-Class. Khusus untuk G500, sistem operasi Mercedes-Benz G-Class 2019 berbekal mesin V8 menghasilkan ledakan 422 daya kuda serta torsi 610 Nm yang hanya mencapai 2.000 rpm namun tetap kuat menarik mobil hingga perputaran 4.750 rpm.

mesin dari Mercedes-Benz G-Class 2019 berwarna biru

Mesin Mercedes-Benz G-Class 2019

Transmisi otomatis sembilan kecepatan baru dan converter torsi dirancang khusus untuk G500 untuk memenuhi situasi mengemudi di jalan raya maupun di medan berat. Mercedes mengatakan girboks memiliki waktu perpindahan lebih cepat berkat aplikasi perangkat lunak khusus. Disandingkan dengan sistem 4WD, dilengkapi dengan roda gigi jarak rendah dan penguncian diferensial di kedua gandar, Anda bisa memilih mode mengemudi antara Eco, Comfort, Sport, dan Individual.

Spesifikasi Mercedes-Benz G-Class 2019

Mercedes sudah membawa G-Class ke Indonesia, namun dalam bentuk G63. Sedangkan untuk versi global, spesifikasi Mercedes-Benz G-Class 2019 yang bisa Anda temui yaitu,

Dimensi Mercedes-Benz G-Class 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.725 mm x 1.931 mm x 1.969 mm

Jarak Poros Roda

2850 mm

Ground Clearance

436 mm

Berat

2.354 kg

Mesin Mercedes-Benz G-Class 2019

Tipe Mesin

M176 DE40 LA 4.0 L V8 twin-turbo

Tenaga Maksimal

416 hp @ 5,250–5,500 rpm

Torsi Maksimal

610 Nm @ 2,250–4,750 rpm

 

 

 

 

 

Percepatan (0-100 km/jam)

5.9 detik

Transmisi

Sembilan kecepatan 9G-Tronic

Kaki-Kaki Mercedes-Benz G-Class 2019

Suspensi Depan

Leading Link

Suspensi Belakang

Trailing Link

Tipe Rem

4-Wheel Disc

Tipe Ban

P325/55VR22

Daftar Harga Mercedes-Benz G-Class 2019

Untuk saat ini, Mercedes hanya menawarkan Mercedes-AMG G63 di Indonesia. Sedangkan G-Class untuk G500 masih belum ditampilkan. Harga Mercedes-Benz G-Class 2019 dengan varian G500 tentu saja tidak akan berbeda jauh dengan G63, dengan G63 mendapatkan berbagai fitur dan mesin yang lebih baik serta harga yang lebih mahal. Pada laman resmi Mercedes Indonesia sendiri, Mercedes-AMG G63 dijual dengan harga Rp 5.299.000.000.

>>> Klik sini untuk lihat harga dan promo mobil Mercedes-Benz lainnya

Kesimpulan Mercedes-Benz G-Class 2019

Menambah potongan off-road kelas G, perubahan interior dan eksterior Mercedes-Benz G-Class 2019 menjunjung tinggi kemewahan dan menawarkan lebih banyak ruang dan kargo dibandingkan generasi sebelumnya. Layar infotainment besar dipinjam dari jajaran Mercedes-Benz serta berbagai fitur standar, termasuk kursi depan dan belakang yang bisa dipanaskan dengan jok kulit.

Mercedes-Benz G-Class 2019 berwarna biru di jalan

G-Class siap sedia untuk dibawa ke semua medan

Tentu saja, perlu kekuatan dana untuk membeli mobil ini. Bahkan meskipun Anda tidak memilih opsi tambahan, Mercedes-Benz G-Class 2019 memberi label harga lebih dari Rp 5 Miliar. Mungkin terlalu banyak untuk sebagian besar orang, tetapi kombinasi gaya ikonik, kemampuan off-road, dan interior kelas tinggi mungkin menunjukan bahwa G-Class memiliki nilai yang solid.

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

Prestige Motor

DKI Jakarta

KW Motor Jogja

DI Yogyakarta

back to top