Review Mercedes-Benz EQV 2019: MPV Premium Tanpa Emisi dari Mercedes-Benz

19/05/2019

Share this post:

Mercedes-Benz EQV 2019

Editor rate:

Lihat promo

Tak lama setelah premier dunia di Geneva Motor Show, konsep Mercedes-Benz EQV 2019 menyelesaikan perjalanan perkotaan pertamanya di Barcelona. MPV listrik penuh dari Mercedes ini menonjolkan konsep pengendaraan bebas emisi dengan tampilan MPV premium.

Review Mercedes-Benz EQV 2019: MPV Premium Tanpa Emisi dari Mercedes-Benz
Review Mercedes-Benz EQV 2019: MPV Premium Tanpa Emisi dari Mercedes-Benz
0 Gambar

Pengantar Mercedes-Benz EQV 2019

Mari kita simak spesifikasi Mercedes-Benz EQV 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Desain van yang elegan layaknya V-Class

Interior premium yang menonjolkan kenyamanan

Kabin dan bagasi yang luas serta kepraktisan di dalam mobil yang lega

Kekurangan

Kecepatan tertinggi masih terlalu lambat untuk sebuah mobil komersial

Harga diprediksi lebih mahal dibandingkan V-Class dan mobil lain di segmennya

Review Mercedes-Benz EQV 2019 - Konsep Mercedes-Benz EQV 2019 telah menyelesaikan perjalanan publik pertamanya di pelabuhan di Barcelona. Kendaraan yang ditujukan untuk keluarga, penggemar keluarga, hingga layanan antar-jemput premium dengan kenyamanan tingkat mewah, mobil konsep ini memiliki desain eksterior yang progresif di luar dan tampilan elegan di dalam.

perkenalan pertama Mercedes-Benz EQV 2019 berwarna putih

Perkenalan pertama Mercedes-Benz EQV 2019

EQ adalah bagian dari produk Mercedes-Benz yang membawa teknologi listrik. EQ merupakan singkatan dari “Electric Intelligence” dan diambil dari merek Mercedes-Benz “Emotion and Intelligence”. Sedangkan EQV merupakan versi revisi dari van penumpang V-Class yang tahun ini sudah mendapatkan edisi terbaru.

“Sebagai pendamping keluarga, petualang di waktu senggang atau kendaraan antar-jemput dengan suasana lounge, kombinasi karakteristik ini mengungkapkan Concept EQV adalah mobil konsep untuk masa depan. Dan karenanya kami sangat senang bahwa kami akan segera dapat menawarkan model produksi seri konsep ini," jelas Wilfried Porth, Anggota Dewan Manajemen Daimler AG; Sumber Daya Manusia dan Direktur Hubungan Perburuhan, Mercedes-Benz Vans.

Mercedes-Benz EQV 2019 berwarna putih di dermaga di Barcelona

Pengujian pertama Mercedes-Benz EQV 2019 di Barcelona

Setelah mendapatkan perjalanan pertamanya di Barcelona, versi produksi pertama mobil ini diharapkan akan ditampilkan akhir tahun ini di Frankfurt Motor Show September mendatang. Sebelum itu, mari kita lihat terlebih dahulu review Mercedes-Benz EQV 2019 untuk pembaca sekalian.

Eksterior Mercedes-Benz EQV 2019

Desain eksterior Mercedes-Benz EQV 2019 yang dinamis dengan tampilan elektro yang baru menekankan fokus pada sistem penggerak listrik yang kuat. Pada intinya, gril radiator dengan sisipan krom serta LED merupakan karakteristik khas desain menawan dari segmen elektrik, atau EQ, dari Mercedes.

Review Mercedes-Benz EQV 2019: Eksterior Depan

Dari segi desain, EQV tidak menyimpang terlalu jauh dari van lain yang dikembangkan oleh Mercedes, tetapi ada elemen yang membedakannya dari teman-temannya yang menggunakan pembakaran internal. Tampilan yang menonjolkan mobil listrik dari eksterior depan Mercedes-Benz EQV 2019 menonjolkan gril besar yang khas yang dipinjam dari EQC. Elemen ini terutama lebih besar dari V-Class biasa dan memiliki enam bilang krom horizontal, bukan dua.

tampilan depan Mercedes-Benz EQV 2019 berwarna putih

Tampilan depan Mercedes-Benz EQV 2019

Lampu depan yang sedikit lebih besar dan sedikit lebih ‘menyudut’, termasuk pola LED baru berbentuk V horizontal. Sedangkan front-end bawah yang sedikit mirip dengan V-Class, tentu saja tanpa gril yang tidak terlalu dibutuhkan oleh mobil listrik.

Review Mercedes-Benz EQV 2019: Eksterior Samping

bagian samping Mercedes-Benz EQV 2019 berwarna putih

Tampilan samping Mercedes-Benz EQV 2019

Desain samping yang mulus dan lekukan yang tidak terlalu tajam dipadukan dengan roof rail pada bagian atap untuk memudahkan Anda membawa barang di atas mobil. Pelek 19 inci dengan aksen biru yang menawan membuat tampilan elegan terlihat dari mobil ini. Dipastikan pintu elektrik menjadi pemanis eksterior samping Mercedes-Benz EQV 2019.

Review Mercedes-Benz EQV 2019: Eksterior Belakang

tampilan belakang Mercedes-Benz EQV 2019 berwarna putih

Tampilan belakang Mercedes-Benz EQV 2019

Di bagian belakang, mobil ini pada dasarnya tidak banyak berubah jika dibandingkan dengan produksi V-Class yang sudah ada. Lampu belakang vertikal dengan desain boxy serta ‘mata kucing’ pada bagian bawah dilengkapi dengan pintu belakang yang lebar memudahkan Anda memasukan barang-barang ke bagasi. Secara keseluruhan, kemiripan eksterior belakang Mercedes-Benz EQV 2019 dan V-Class 2019 akan sama dengan kemiripan EQC dan GLC.

>>> Baca juga berita teranyar Mercedes-Benz hanya di sini:


Interior Mercedes-Benz EQV 2019

Interior dengan motif biru serta rose gold memberikan kesan menenangkan di dalam mobil dengan elemen trim kulit dan pencahayaan ambient menyatukan eksterior dan kabin. Mercedes-Benz menjanjikan ‘kenyamanan berkendara yang menyenangkan di dalam interior Mercedes-Benz EQV 2019.

Review Mercedes-Benz EQV 2019: Dasbor

dasbor Mercedes-Benz EQV 2019 berwarna hitam

Dasbor Mercedes-Benz EQV 2019

Desain elektromobilitas tidak hanya membentuk bodywork mobil ini. Di dalam kabin, kokpit berkesan techno yang elegan fokus pada pengoperasian yang tidak rumit dan intuitif. Aksen biru dan rose gold bisa menjadi pilihan untuk Anda dengan semua fitur yang terlihat pada dasbor Mercedes-Benz EQV 2019. Armrest juga mendapatkan balutan kulit dan warna biru ditambah konsol tengah dengan teknologi layar sentuh.

Review Mercedes-Benz EQV 2019: Kemudi

kemudi Mercedes-Benz EQV 2019 berwarna hitam

Kemudi Mercedes-Benz EQV 2019

Jika diperhatikan sekilas, tidak ada perbedaan yang signifikan dari kemudi Mercedes-Benz EQV 2019 dengan V-Class. Menggunakan kemudi tiga palang khas Mercedes, beberapa tombol fitur bisa Anda temukan di tengah-tengah setir. Kulit nappa siap membungkus kemudi yang kemungkinan besar memiliki fitur penghangat, layaknya kendaraan-kendaraan premium lainnya.

Review Mercedes-Benz EQV 2019:Kursi

kursi Mercedes-Benz EQV 2019 berwarna hitam

Kursi Mercedes-Benz EQV 2019

Sebagaimana MPV berbasis V-Class premium, EQV memiliki interior yang mudah beradaptasi dengan berbagai konfigurasi tempat duduk. Mercedes menyebutkan bahwa kursi Mercedes-Benz EQV 2019 sangat cocok untuk ‘keluarga, penggemar olahraga atau VIP’. Kabar baiknya semua kursi dengan konfigurasi tujuh dan delapan kursi bisa diatur secara elektrik dan memiliki kepraktisan tingkat tinggi.

>>> Semua berita teranyar Mercedes-Benz bisa Anda dapatkan di sini

Fitur Mercedes-Benz EQV 2019

Produk dan teknologi EQ memberikan ekosistem elektromobil dan inovasi baru. Dari segi teknologi, Mercedes belum banyak berbicara tentang konsep ini, tetapi menegaskan bahwa mobil ini dilengkapi dengan sistem infotainment MBUX baru yang mencakup sistem kontrol suara Command yang bisa belajar sendiri serta fitur teknologi inovatif.

fitur Mercedes-Benz EQV 2019 dari layar MBUX

Fitur Mercedes-Benz EQV 2019

Selain memberikan elektrifikasi yang luas dari mesin pembakaran modern, fitur Mercedes-Benz EQV 2019 dipastikan diambil dari V-Class yang baru. Meskipun Mercedes belum menunjukan detail fitur mobil ini, sistem infotainment layar MBUX (Mercedes-Benz User Experience) dengan berbagai teknologi terbaru Mercedes siap menemani Anda selama perjalanan.

>>> Program Service Packages Siap Sayangi Mobil Mercedes-Benz Konsumen Lebih Lama

Operasi Mercedes-Benz EQV 2019

Konsep EQV dilengkapi drivetrain elektrik yang ringkas (eATS) di gandar depan dengan keluaran 150 kW. Motor listrik, transmisi dengan rasio transmisi tetap, sistem pendingin, dan daya elektronik membentuk unik yang kompak. Energi dipasok oleh baterai lithium-ion berkapasitas 100 kWh. Daya yang dihasilkan diprediksi 201 daya kuda sedangkan belum dijelaskan berada torsi maksimal dari mobil ini. Tenaga baterai lithium-ion pada sistem operasi Mercedes-Benz EQV 2019 mampu menjangkau 400 kilometer.

baterai listrik Mercedes-Benz EQV 2019 berwarna perak

Baterai listrik Mercedes-Benz EQV 2019

Kecepatan tertinggi 160 km/jam memberikan kenikmatan berkendara yang superior, bahkan di luar kota. Mercedes menyebutkan bahwa kendaraan konsep ini bisa dengan mudah diisi di rumah menggunakan wallbox Mercedes-Benz atau soket colokan rumah tangga biasa. Untuk fleksibilitas yang lebih besar, mobil ini juga mendapatkan fungsi pengisian cepat: dalam waktu 15 menit, baterai bisa diisi ulang dengan energi yang cukup untuk menjangkau 100 kilometer.

>>> Mercedes Ungkap Tips Membawa G-Class 2019 di Genangan Air dan Jalanan Berlumpur

Spesifikasi Mercedes-Benz EQV 2019

Baru berbentuk konsep, tidak ada detail lengkap tentang mobil ini. Spesifikasi Mercedes-Benz EQV 2019 yang baru diungkapkan oleh Mercedes yaitu sebagai berikut.

Mesin Mercedes-Benz EQV 2019

Tipe Mesin

Motor listrik berkapasitas 100 kWh

Daya Maksimal

201 daya kuda

Daya Jangkau

400 kilometer

Kecepatan Tertinggi

160 km/jam

Sistem Pengisian Baterai

15 menit untuk 100 km

Sistem Penggerak

Front Wheel Drive

Kaki-Kaki Mercedes-Benz EQV 2019

Pelek

19 Inci

Daftar Harga Mercedes-Benz EQV 2019

Dengan proses produksi masih menunggu debut pertama mobil ini di Frankfurt Motor Show September nanti, belum ada keterangan tentang harga Mercedes-Benz EQV 2019 oleh Mercedes-Benz. Namun mengingat mobil ini merupakan V-Class dengan teknologi yang lebih banyak dan tanpa emisi, diprediksi mobil ini bisa mencapai Rp1 miliar di luar negeri. Dan tentu saja dengan harga lebih besar jika Mercedes ingin membawa mobil ini ke Indonesia.

Kesimpulan Mercedes-Benz EQV 2019

Meskipun segmen mobil listrik berkembang cukup pesat, pembuat mobil sebagian besar mengabaikan segmen truk dan van. Namun inovasi dari Mercedes-Benz EQV 2019 menyediakan pengendaraan premium bagi perusahaan antar jemput, termasuk hotel. Teknologi yang diberikan cukup banyak, kabin yang elegan, namun model produksi sepertinya membutuhkan kecepatan yang lebih tinggi.

pengendaraan Mercedes-Benz EQV 2019 di Barcelona

Mercedes-Benz EQV 2019 ketika diuji di pelabuhan di Barcelona

Hingga tahun 2022, seluruh produk Mercedes-Benz direncanakan akan dialiri listrik. Hal ini mengindikasikan bahwa varian elektrik akan ditawarkan di setiap segmen. Versi produksi dari konsep ini akan mulai dijual pada tahun 2022, waktu yang sama dengan MPV listrik buatan pesaingnya sesama pabrikan Jerman, Volkswagen ID Buzz bergaya retro. Mana yang lebih menyenangkan?

>>> Simaklah juga review mobil-mobil lainnya dengan klik sini

Padli Nurdin
Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Review lain

Review Mitsubishi Xpander AP4 Concept 2019 : Sebuah Usaha Untuk #Memasyarakatkanrally

30/04/2019

Editor rate:

Kalau ingin bermimpi jangan setengah-setengah, bermimpi-lah setinggi langit. Inilah yang dilakukan oleh Rifat Sungkar, pereli kebanggan Indonesia. Ia memutuskan untuk ikut kejuaraan reli menggunakan mobil yang tidak lazim digunakan, yaitu Mitsubishi Xpander. Bagaimana kisahnya? Berikut ini ulasan kami mengenai mobil Mitsubishi Xpander AP4 Concept 2019.

Lihat juga

Review Dan Test Drive Wuling Confero S ACT 2019, Confero Dengan Semangat MATIC = Macet Tidak Capek

23/04/2019

Editor rate:

Setelah kami membahas lengkap tentang Wuling Confero S yang merupakan salah satu mobil paling mengejutkan dan membuat rival-rivalnya asal Jepang melirik. Kini kami persembahkan review dan test drive Wuling Confero S ACT 2019 yang mengusung semangat MATIC alias Macet Tidak Capek.

Lihat juga

Review Mercedes-Benz B 200 Progressive Line 2019

05/04/2019

Editor rate:

Semenjak menjadi bagian ‘keluarga’ New Generation Compact Cars, Mercedes-Benz B-Class terus bertransformasi menjadi mobil keluarga urban modern. Dan untuk pasar Indonesia, Mercedes-Benz B 200 Progressive Line 2019 menjadi jawaban atas kebutuhan tersebut

Lihat juga

Review Daihatsu Grand New Xenia 1.3 R 2019, Calon Volume Maker Daihatsu Dari Tipe Menengah

04/04/2019

Editor rate:

Inilah Daihatsu Xenia terbaru yang ada pada trim menengah, bukan tanpa sebab kami membahas tipe ini. Karena biasanya yang tipe menengah adalah tipe yang paling digemari, so inilah review Daihatsu Grand New Xenia 1.3 R 2019

Lihat juga

Review Mitsubishi Delica D:5 2019

22/11/2018

Editor rate:

Negara Jepang bisa dibilang populer dengan kuliner fusion, yang menggabungkan dua elemen makanan yang bertolak belakang sehingga menjadi citarasa yang menarik. Sama seperti Mitsubishi Delica D:5 bisa dibilang adalah salah satu kendaraan ‘fusion’, menggabungkan kepraktisan dan kemewahan khas MPV dengan tampang dan kemampuan selayaknya mobil off-road. Bagaimana dengan versi terbaru dari mobil keluarga gagah perkasa ini?

Lihat juga