Review Mercedes-AMG One 2017

31/10/2018
editor rate: 4,6 user rate: 4,8
Proyek terbaru Mercedes-AMG ingin menulis ulang sejarah dengan membawa teknologi dari Formula 1 dalam Mercedes-AMG One untuk pengendaraan di jalan, memberikan transfer energi paling menarik dan langsung dari mobil Grand Prix ke kendaraan jalan raya.

PENGANTAR Mercedes-Benz AMG One 2017

Review Mercedes-AMG One 2017Dengan lebih dari 1.000 tenaga kuda yang ditanamkan, mesin V6 1.6 liter milik Mercedes-AMG One digabungkan dengan motor listrik yang menyertainya menjadi salah satu unit drive paling kompleks yang pernah dipasang di mobil jalan raya. Bahkan bisa dibilang, kerjasama Mercedes dan AMG ingin menelurkan mobil tercepat yang bisa dikendarai di jalan raya.

Gambar yang menunjukan Lewis Hamilton bersama Mercedes-AMG One

Lewis Hamilton dalam peresmian pertama Mercedes-AMG Project One

Mercedes-AMG One (R50, digayakan sebagai ONE) adalah mobil sport plug-in hibrida produksi terbatas yang dikerjakan oleh Mercedes-AMG dengan menampilkan teknologi Formula One untuk kendaraan yang bisa dikemudikan di jalan raya. AMG One diresmikan pada International Motor Show Germany 2017 oleh pembalap Formula 1, Lewis Hamilton yang juga bekerja pada pengembangan mobil ini dan Kepala Mercedes-Benz, Dieter Zetsche.

Saat ini, AMG One yang dulunya bernama Project ONE (Mercedes akhirnya menghilangkan nama ‘Project’) masih berbentuk kendaraan konsep, karena belum mencapai peraturan homologasi. Dalam pengaturan kendaraan, homologasi adalah proses persetujuan dimana kendaraan memenuhi bagian standar yang diperlukan untuk mendapatkan sertifikasi tertentu.

Gambar yang menunjukan Mercedes-AMG One 2017

Tampilan perdana Mercedes-AMG One setelah berganti nama

Disebut sebagai salah satu kendaraan paling kompleks dalam sejarah Mercedes, ini review Mercedes-AMG One dari tim Cintamobil.com.

>>> Dari Trek Ke Jalanan: Supercar Bermesin Warisan Arena Balap

EKSTERIOR Mercedes-Benz AMG One 2017

Eksterior Mercedes-AMG One akan hadir dengan teknologi yang sama seperti mobil Formula One, tetapi bodinya yang ramping terlihat sangat berbeda dengan kendaraan F1. Bagian luar mobil dirancang terutama untuk meningkatkan aerodinamika berkendara, meskipun masih mempertahankan profil kendaraan jalan raya. Spoiler depan hitam besar dengan lubang udara membentang di front-end, mendominasi tampilan depan. Headlamps LED datar pas dengan kontur tubuh maskulin.

Gambar yang menunjukan tampilan luar Mercedes-AMG One 2017

Tampilan luar Mercedes-AMG One 2017

Fitur aerodinamis yang dipakai termasuk saluran udara yang lebih besar, asupan udara pada bagian atap, dan sirip aerodinamis besar yang memanjang ke bagian belakang mobil. Alih-alih memiliki roda yang menonjol dan ban licin yang besar, AMG One memakai bodi elegan dan ramping yang seluruhnya terbuat dari serat karbon. Penggunaan serat karbon pada bodi dilakukan untuk mengurangi massa kendaraan sehingga menghasilkan mobil yang ringan dan meningkatkan kecepatan.

Review Mercedes-AMG One: Eksterior depan

Meskipun disebut mengikuti desain kendaraan F1, bagian depan terlihat berbeda dengan ‘jet darat’ tersebut. Pada eksterior depan Mercedes-AMG One, Anda akan melihat splitter road-scraping yang dapat diperpanjang pada kecepatan tinggi untuk membantu lebih banyak downforce, tekanan yang disebabkan oleh udara bergerak di sekitar mobil yang mendorongnya ke bawah dan membantu ban menghasilkan grip lebih banyak.

Gambar yang menunjukan tampilan depan Mercedes-AMG One 2017

Tampilan depan Mercedes-AMG One 2017

Proporsi maskulin berotot disebabkan oleh konsep mid-engine. Sedangkan untuk membantu mengontrol bagaimana udara bergerak di atas mobil, relwork AMG One hadir dengan membuka ventilasi di atas roda depan.

Review Mercedes-AMG One: Eksterior Samping

Gambar yang menunjukan tampilan samping Mercedes-AMG One 2017

Tampilan samping Mercedes-AMG One 2017

Side skirt pada eksterior samping Mercedes-AMG One telah dirancang agar terlihat seperti ‘tonggak’ aerodinamis di mobil Formula One. Serta corak hijau dan perak yang bercahaya diambil dari desain tim F1 Mercedes juga. Roda penguncian tengah AMG One (yang menggunakan satu mur pusat besar, bukan empat atau lima mur yang lebih kecil) datang dari dunia balap dan akan sangat ringan, meskipun mobil mendapatkan roda berukuran 19 inci di depan dan 20 inci pada bagian belakang.

Review Mercedes-AMG One: Eksterior Belakang

Gambar yang menunjukan tampilan belakang Mercedes-AMG One 2017

Tampilan belakang Mercedes-AMG One 2017

Terlihat pada eksterior belakang Mercedes-AMG One, spoiler belakang yang dapat ditarik dan akan keluar dari bodywork belakang AMG One. Dalam mode ‘Balap’, ini akan memberikan tekanan tambahan untuk membantu menikung dengan cepat dan akan berfungsi ganda sebagai rem udara, seperti yang terlihat pada Bugatti Chiron. Ada juga sendok besar di atap yang mengalirkan udara ke arah mesin, dan sirip hiu besar dipasang ke bagian belakang untuk membuat mobil stabil pada kecepatan tinggi.

>>> Atau Anda ingin baca review lainnya:

INTERIOR Mercedes-Benz AMG One 2017

Interior Mercedes-AMG One mengusung konsep semirip mungkin dengan kendaraan F1. Dibuat seminimalis mungkin dan berfokus pada pengemudi, melanjutkan tema Project One. Termasuk kemudi dan pedal bergaya F1, serta layar infotainment berorientasi pada pengemudi. Ada beberapa fitur mewah tradisional di interior, terutama kulit nappa dan serta garis jahitan tangan yang terlihat jelas pada kursi bergaya sporty.

Review Mercedes-AMG One: Dasbor

Gambar yang menunjukan tampilan dasbor Mercedes-AMG One 2017

Tampilan dasbor Mercedes-AMG One 2017

Pada bagian dalam, dasbor Mercedes-AMG One dipenuhi oleh dua layar infotainment besar yang sepertinya diambil dari kendaraan Mercedes lainnya. Layar digital 10 inci berfungsi sebagai kluster management serta yang satu lagi layar infotainment diarahkan langsung ke pengemudi. Dasbor juga dibuat dari bahan serat karbon yang menjadi sebagian besar struktur mobil serta membantu memberikan nuansa mobil balap.

Review Mercedes-AMG One: Kemudi

Gambar yang menunjukan tampilan kemudi Mercedes-AMG One 2017

Tampilan kemudi Mercedes-AMG One

Sebagian besar kontrol dijalankan berkat kemudi Mercedes-AMG One 2017 yang berbentuk persegi empat berbahan karbon mengambil desain setir balap F1 yang bisa disesuaikan. Berbentuk hampir seperti joystick dengan logo Mercedes berwarna perak terletak di tengahnya, kemudi dipenuhi dengan berbagai tombol untuk mengatur berbagai fungsi kendaraan. Di bagian depan terdapat kluster management yang akan menampilkan kecepatan dan beberapa informasi terkait pengendaraan AMG One.

Review Mercedes-AMG One: Kursi

Tak perlu dipertanyakan lagi, kursi Mercedes-AMG One 2017 tak lepas dari desain sporty untuk memberikan kenyamanan memacu monster darat ini di jalanan. Desain dua tempat duduk AMG One mendapatkan kursi yang terintegrasi ke dalam monocoque pada serat karbon mobil. Jadi pengemudi tidak bisa mengatur kursi, hanya bisa menyesuaikan kemudi dan pedal.

Gambar yang menunjukan tampilan kursi Mercedes-AMG One 2017

Tampilan kursi Mercedes-AMG One 2017

Pengemudi akan mendapatkan AC, kamera yang menggantikan spion belakang, serta beberapa ruang penyimpanan di belakang kursi. Karena sesuai dengan desainnya, mobil ini tidak memiliki bagasi. Tapi untuk apa bagasi pada kendaraan ini? Membawa barang belanjaan?

>>> Dapatkan berita terbaru Mercedes di sini:

FITUR Mercedes-Benz AMG One 2017

Meskipun Mercedes sudah menanamkan kinerja besar untuk AMG One, mereka mengklaim bahwa mobil ini ramah lingkungan. Seperti apa keramahannya? Fitur Mercedes-AMG One membuatnya mampu mengemudi pada daya listrik saja hingga 25 kilometer dan baterai dapat diisi ulang menggunakan steker tiga cabang pada mesin. Meskipun begitu, jarak tersebut terkesan pendek jika dibandingkan dengan kecepatan mobil ini. 25 kilometer bahkan bisa ditempuh dalam 6 hingga 7 menit.

Gambar yang menunjukan pengendaraan Mercedes-AMG One 2017

Pengendaraan AMG One 2017 menggabungkan tenaga mesin dan motor listrik

Semua sistem plug-in hibrida baru yang canggih diklaim memiliki berat 420 kg dengan tambahan baterai 100 kg. Boss AMG, Tobias Moers mengungkapkan ada banyak pertimbangan dalam menetapkan berat kendaraan. “Ada banyak faktor regulasi yang perlu dipertimbangkan. Kami harus membangun semua fitur keselamatan, termasuk struktur tabrakan,” katanya.

Meskipun belum mengungkapkan semua fitur yang akan dipakai, AMG One akan menggabungkan kinerja yang menakjubkan dengan teknologi hybrid F1 yang praktis dan efisiensi kelas atas. Dalam pernyataannya, Mercedes ingin menatap “Future of Driving Performance” dengan AMG One.

OPERASI Mercedes-Benz AMG One 2017

Kinerja AMG One juga sebanding dengan yang didapatkan oleh seorang pilot. Perpaduan mesin bensin V6 1,6 liter dan empat motor listrik terpisah pada sistem operasi Mercedes-AMG One sepertinya mampu menghasilkan hingga 1.231 daya kuda (918 kW) – walaupun belum ada pernyataan tentang torsi maksimal mobil ini – melalui powertrain hibrida yang berbagi banyak fitur dengan mobil Formula 1 modern. AMG One mampu berakselerasi dari 0-200 km/jam hanya dalam waktu 6 detik dengan kecepatan tertinggi hampir mencapai 350 km/jam.

Gambar yang menunjukan mesin 1.6L V6 Mercedes-AMG One 2017

Mesin V6 1.6L dari Mercedes-AMG One

AMG One akan mendapatkan lima motor dengan fungsi berbeda, satu mesin pembakaran internal (Internal Combustion Engine /ICE) dan empat motor listrik. Moers menyatakan tahun lalu bahwa mesin akan berada pada 1.280 rpm pada saat diam, dan 11.000 ketika berada pada batas garis merahnya. Namun sayangnya, mesin ini hanya akan bertahan selama 50.000 km dan pemilik harus mengembalikan mobil mereka untuk perbaikan mesin.

Review Mercedes-AMG One: Motor Listrik

ICE akan bekerja dengan empat motor listrik: Motor Generator Unit-Kinetic (MGU-K) bertenaga 161 dk yang dipasangkan ke crankshaft, Motor Generator Unit-Heat (MGU-H) 121 dk untuk mendukung turbocharger, serta dua mesin listrik 161 dk yang ditanamkan di poros roda depan. MGU-K dan MGU-H merupakan motor bergaya Formula 1 yang bertanggung jawab untuk memulihkan energi selama pengoperasian mobil.

Gambar yang menunjukan tampilan empat mesin listrik Mercedes-AMG One 2017

Empat motor listrik Mercedes-AMG One 2017

Lebih khusus lagi, MGU-K berfungsi untuk menghasilkan listrik selama pengereman, sedangkan MGU-H berfungsi untuk menghilangkan lah turbocharger dan meningkatkan respon throttle dengan menjaga turbo berputar pada kecepatan tinggi. Dua motor listrik terakhir akan menggerakan roda depan untuk memungkinakn drivetrain all-wheel-drive. Keempat motor listrik akan menyumbangkan daya efektif 272 dk ke total output daya keluaran AMG One.

>>> Kata Siapa Mesin All New Honda Brio Sepenuhnya Uzur? Kami Akan Beberkan Beberapa Pembaruan Yang Ada Di Mesin Ini

spesifikasi Mercedes-Benz AMG One 2017

Memang sudah diperkenalkan tahun lalu, Mercedes sepertinya masih misterius tentang spesifikasi Mercedes-AMG One. Berikut beberapa detail yang berhasil dihimpun tim Cintamobil.com.

Dimensi Mercedes-AMG One 2017

Panjang x Lebar x Tinggi

A/N

Wheelbase

A/N

Berat

<1.200 kg

Tipe bodi

Coupé dua pintu

Mesin Mercedes-AMG One 2017

Tipe Mesin

1.6L E-turbo V6

Motor Listrik

MGU-H 121 dk, MGU-K 161 dk, dan dua E-motors 161 dk

Tenaga Maksimal

(Diperkirakan) 1.231 daya kuda

Torsi Maksimal

A/N

Baterai

800V lithium-ion

Jangkauan baterai

25 kilometer

Transmisi

AMG SPEEDSHIFT 8 kecepatan semi-automatic

Kaki-Kaki Mercedes-AMG One 2017

Suspensi Kendaraan

A/N

Ban Depan

Michelin Pilot Sport Cup 2 dengan kode 285/35 ZR19

Ban Belakang

Michelin Pilot Sport Cup 2 dengan kode 335/30 ZR 20

Rem

Rem Cakram Carbon Ceramics

kelebihan & kekurangan Mercedes-Benz AMG One 2017

Meskipun menggunakan berbagai teknologi terbaru Mercedes dan AMG, masih terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan Mercedes-AMG One. Berikut beberapa di antaranya.

Kelebihan

Kekurangan

Teknologi F1 dibawa ke jalan raya. Kebayang seperti apa ngebutnya?

Harganya? Bisa untuk membeli 40 rumah mewah.

Tenaga besar dan percepatan gahar membuat mobil ini berpotensi menjadi kendaraan jalan raya tercepat.

Hanya ada 275 unit yang diproduksi. Jadi kemungkinan untuk membeli mobil ini sangat rendah.

Desain luar dan interior gagah dan menegaskan kesan maskulin

Mau dipakai di Indonesia? Dimana?

Tenaga efisien dengan perpaduan mesin plug-in hibrida dan tergolong ramah lingkungan

 

>>> Klik sini untuk simak kelebihan dan kekurangan mobil lainnya secara lengkap

daftar harga Mercedes-Benz AMG One 2017

Untuk mendapatkan mobil ini, sepertinya Anda sudah ketinggalan. Mercedes sudah menjual 275 unit AMG One yang diproduksi meskipun mobil ini baru akan dipasarkan tahun depan. Sedangkan harga Mercedes-AMG One tercatat US$ 2.72 juta, atau setara dengan Rp 41 miliar. Mercedes bahkan menerima pesanan 4 kali jumlah produksi, tetapi perusahaan Jerman ini menyatakan bahwa mereka tidak akan meningkatkan produksi dari 275 unit untuk menjaga eksklusivitas mobil.

>>> Klik sini untuk simak harga dan promo mobil Mercedes-Benz lainnya di sini

Video Mercedes-Benz AMG One 2017

Beberapa saat setelah mengubah nama mobil ini menjadi AMG One, Mercedes juga memberikan video Mercedes-AMG One untuk menunjukan proses pembuatan dan menonjolkan semua kemampuan yang dimiliki mobil ini.

KESIMPULAN Mercedes-Benz AMG One 2017

Diprediksi sebagai kendaraan jalan raya tercepat di dunia, sepertinya tidak ada yang bisa dikritik dari mobil ini selain harganya yang mahal, dan hanya ada 275 unit yang diproduksi Mercedes. Dengan semua ketangguhan mesin dan teknologi yang diberikan, tentu tak terbayangkan bagaimana mobil ini dibawa ke jalanan penuh kemacetan di Indonesia, khususnya Jakarta.

Namun yang paling mengesankan dari mobil ini adalah efisiensi tenaga yang ditanamkan oleh Mercedes-AMG dengan memakai dual mesin. Mesin bensin dan motor listrik yang bisa di-charge ulang ketika sedang berjalan membuat pembuangan menjadi lebih bersih dibandingkan kendaraan berbahan bakar bensin lainnya, meskipun tak sebersih kendaraan listrik.

Gambar yang menunjukan spy-shot Mercedes-AMG One 2017

Pengujian pertama Mercedes-AMG One 2017 di Britania Raya

Mercedes-AMG sudah membuat pengujian di dunia nyata, tepatnya di salah satu jalur trek di Britania Raya. Sekumpulan spyshot memberikan pandangan pertama AMG One berjalan-jalan di trek. Namun selain itu, Mercedes-AMG masih tertutup tentang pengujian dan perkembangan AMG One. Dan sepertinya kita tak bisa melihat versi lebih lanjut, setidaknya awal tahun depan.

Padli Nurdin
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

Cari review mobil