Review Mercedes-AMG GT Black Series 2021: Kembalinya Sisi Liar Affalterbach

03/08/2020

Share this post:

Mercedes-Benz AMG 2021

Editor rate:

Rp 5.780.000.000

Mobil Mercedes-Benz AMG dijual di seluruh Indonesia Lihat promo

Setelah enam tahun vakum, Mercedes-AMG menghidupkan kembali lini legendaris Black Series lewat AMG GT Black Series 2021 yang hadir dengan performa mesin super bengis dan desain ala mobil balap GT3, bagaimana jelasnya? Simak reviewnya di sini.

Review Mercedes-AMG GT Black Series 2021: Kembalinya Sisi Liar Affalterbach
Review Mercedes-AMG GT Black Series 2021: Kembalinya Sisi Liar Affalterbach
0 Gambar

Pengantar Mercedes-Benz AMG 2021

Mari kita simak spesifikasi Mercedes-Benz AMG 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Performa mesin melonjak drastis
Aerodinamika mobil hasilkan downforce yang sangat impresif
Pengaturan mode berkendara yang sangat praktis

Kekurangan

AMG Track Package tidak jadi standar
Desain mobil terlalu ramai, jauh dari kata elegan

Sejak debut tahun 2006 dengan SLK 55 Black Series, Black Series telah menjadi bagian tak terpisahkan dari Mercedes-AMG. Varian ini memberi sisi liar dari line-up AMG yang standarnya saja sudah sangat bengis, dan sudah track-ready.

Beberapa model sudah mendapatkan treatment Black Series ala AMG, sebut saja Mercedes-AMG CLK G63 tahun 2007, AMG SL 65 yang punya tenaga 661 HP dan torsi 1000 Nm dari mesin V12 6.0L twin-turbo tahun 2008, dan SLS AMG Black Series yang dijual antara tahun 2013-2014.

Line-up mobil Mercedes-AMG

AMG GT Black Series membuka puasa tujuh tahun AMG Black Series

SLS AMG menjadi varian Black Series yang ditawarkan Mercedes-AMG sampai akhir dekade 2010-an. Memasuki 2020, pabrikan asal Affalterbach itu mengembalikan aura liar Black Series ke dalam line-up mobilnya.

Awal bulan ini, Mercedes-AMG memperkenalkan GT Black Series 2021, varian terbaru Black Series dengan mengambil basis dari Mercedes-AMG GT, dan jadi AMG V8 paling kencang dengan keluaran tenaga 730 HP dan torsi 800 Nm. Jauh lebih bertenaga jika dibandingkan AMG GT R yang menghasilkan tenaga 577 HP dan torsi 700 Nm.

Apakah perbedaan AMG GT Black Series dan AMG GT Normal terbatas di mesin saja? Tentu saja tidak, Ferguso. Mercedes-AMG juga mengupgrade sisi eksterior, interior, suspensi, dan lainnya untuk mengimbangi tenaga mesin V8 twin-turbo yang sangat brutal itu. 

Penasaran upgrade apa saja yang didapat anggota baru keluara Black Series ini? Simak Review Mercedes-AMG GT Black Series 2021 yang telah disusun redaksi Cintamobil.com di bawah ini.

Eksterior Mercedes-Benz AMG 2021

Dimulai dari eksterior, Mercedes-AMG GT Black Series 2021 hadir dengan desain body yang lebih agresif. Terinspirasi dari mobil balap GT3 dan GT4 AMG GT Black Series mengutamakan fungsi ketimbang model dari tiap lekuk aero dan panel body yang dipasangkan di mobil. 

Secara total, downforce yang dihasilkan mobil ini berada di kisaran 400 kg dalam kecepatan 250 km/jam. Angka yang cukup impresif, memang apa saja ubahan aerodinamika mobil ini?

Review Mercedes-AMG GT Black Series 2021: Eksterior Depan

Tampilan depan Mercedes-AMG GT Black Series

AMG GT Black Series dibekali gril berukuran sangat besar

Cukup banyak perbedaan antara Mercedes-AMG GT Black Series 2021 dibanding AMG GT normal. Salah satunya model grille yang diambil langsung dari mobil balap AMG GT3, alhasil ukurannya jauh lebih besar.

Mercedes-AMG juga menyematkan splitter depan yang bisa diatur secara manual menjadi dua mode, Street dan Race. Desain bumper depan juga berbeda, di mana lubang udara di bagian samping dibuat lebih kecil dengan, dan diarahkan untuk mendinginkan rem.

Teknologi lain yang langsung dibungkus dari mobil balap GT3 AMG adalah model kap mesin berbahan karbon. Kap mesin yang hadir dengan aksen karbon di sisinya memiliki empat lubang yang berfungsi mengeluarkan udara panas dalam mesin, dengan satu di tengah sebagai air intake.

Tampilan atas Mercedes-AMG GT Black Series

Kap mesinnya memiliki ventilasi untuk udara masuk dan keluar

Model kap mesinnya juga berbeda dari AMG GT normal, setidaknya ada lima lubang udara, satu di bagian tengah dan empat masing-masing dua di sisi kanan dan kiri.  Selain meningkatkan aerodinamika mobil dengan mengurangi hambatan angin, desain kap mesin seperti ini juga menjaga sirkulasi udara dari dan ke mesin lancar dan membuat mesin bekerja lebih otpimal.

Review Mercedes-AMG GT Black Series 2021: Eksterior Samping

Pada dasarnya, Mercedes-AMG GT sudah memiliki desain body yang sangat aerodinamis, hal ini dibawa ke level yang lebih tinggi dengan tambahan komponen aero ala mobil balap di GT Black Series.

Tampilan samping Mercedes-AMG GT Black Series

AMG GT Black Series memiliki siluet yang sangat aerodinamis

Ubahan sisi samping juga tidak kalah ekstrimnya, mulai dari side vents yang lebih besar, lubang udara di fender depan, side skirt sampai side skirt yang lebih besar dengan finishing carbon. Tujuan semuanya sama, meningoptimalkan aliran angin dan downforce mobil.

Profil ban mobil juga dibuat berbeda depan dan belakang, untuk di depan menggunakan velg 19 inci dengan profil ban 285/35 ZR19, sementara di belakang dengan velg 20 inci 335/30 ZR20. 

Review Mercedes-AMG GT Black Series 2021: Eksterior Belakang

Beralih ke belakang, AMG GT Black Series menggunakan diffuser belakang yang sangat besar dengan finishing carbon yang sama seperti bumper depan dan side skirt. Knalpot empat lubang, dengan masing-masing sisi memakai dua lubang, dan spoiler belakang dengan desain yang cukup inovatif.

Tampilan samping dan belakang Mercedes-AMG GT Black Series

Spoiler dua tingkat AMG GT Black Series menghasilkan downforce yang optimal

Spoiler tersebut memiliki dua tingkat yang juga dibuat dari carbon fiber dan bisa diatur secara manual. Spoiler bagian bawah punya ukuran lebih kecil, sementara di bagian atas tingkat kemiringannya bisa diatur sampai 20 derajat lewat AMG Dynamics dengan empat mode berbeda, yakni Basic, Advanced, Pro, dan Master.

>>> Mercedes-AMG GT 53 4MATIC 2020: Otot Kuat Di Balik Keanggunan


Interior Mercedes-Benz AMG 2021

Review Mercedes-AMG GT Black Series 2021: Dashboard & Kokpit 

Desain interior AMG GT Black Series 2021 menegaskan kesan sporty dengan penggunaan material nappa leather yang dipadukan dengan DINAMICA microfibre berwarna hitam dengan aksen jahit-jahitan oranye. Untuk bagian dashboard-nya sendiri menggunakan DINAMICA microfiber dengan aksen jahitan oranye. Secara tata letak dan layout desain dashboard tidak berbeda banyak, layar multimedianya berukuran 10,25 inci. 

Dasbor Mercedes-AMG GT Black Series

Perpaduan snitching oranye memberikan kesan dinamis dan sporty

Instrumen clusternya berukuran 12,3 inci yang menawarkan tiga tema berbeda yang telah disiapkan AMG, Classic, Sporty, dan Supersport. Mode Supersport memiliki fitur unik, salah satunya central rev counter yang bisa memberi indikasi kapan harus melakukan pergantian gigi.

Setir yang dipakai juga menggunakan desain yang sama seperti AMG GT. Hal ini dicirikan dengan desain setir yang sporty, bagian bawah yang rata dengan balutan DINAMICA microfibre dan emblem AMG Black Seried di bagian tengahnya. Fitur seperti paddle shift dan multi touch control button yang dapat mengatur tampilan instrumen cluster dan layar multimedia juga disematkan.

Sebagai standar setir AMG Black Series ini memiliki dua buah pengontrol kecil dengan layar yang terintegrasi, dan juga tombol serta kenop putar di sebelah kanan untuk mengontrol mode berkendara. Peletakannya cukup memudahkan pengemudi, sehingga mereka tak perlu mengalihkan fokusnya dari jalan saat mengubah beberapa setup mobil.

Review Mercedes-AMG GT Black Series 2021: Kursi

Desain kursi Mercedes-AMG GT Black Series

Mercedes-AMG GT Black Series dibekali bucket seat dengan kombinasi nappa leather dan DINAMICA microfiber

Sebagai standar, AMG GT Black Series 2021 memakai bucket seat dengan kombinasi material DINAMICA microfiber dan nappa leather dengan aksen oranye seperti bagian interior lainnya. Selain itu, hadir juga opsi jahit-jahitan warna abu-abu.

Untuk keamanan dalam kabin, Anda bisa menambahkan AMG Track Package yang meliputi roll cage berbahan titanium, sabuk pengaman empat titik untuk penumpang dan pengemudi, dan pemadam kebakaran berukuran 2kg.

>>> Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020: Hatchback Kencang Untuk Harian

Fitur Mercedes-Benz AMG 2021

Review Mercedes-AMG GT Black Series 2021: AMG Dynamics Select

Sebagai mobil yang diciptakan untuk tampil impresif di dalam trek, AMG GT Black Series juga dilengkapi pemilihan mode berkendara AMG Dynamics Select yang sama seperti model AMG lainnya.

Setir Mercedes-AMG GT Black Series Steering

Anda bisa mengatur mode berkendara tanpa harus melepaskan salah satu tangan dari setir

Anda bisa memilih empat mode berkendara yang berbeda, Comfort, Sport, dan Sport Plus. Mode ini mengubah karateristik mesin, transmisi, suspensi, atau pengemudian. Anda juga bisa mematikan traction control lewat kenop putar yang ada di konsol tengah mobil.

Di GT Black Series, AMG Dynamics dapat mengatur parameter performa yang lebih luas. Mulai dari posisi splitter depan (Street/Race), sampai mengubah sudut kemiringan spoiler belakang bagian atas.

>>> Mercedes-Benz kembangkan mobil yang bisa 'berbicara'. Ha, gimana?

Operasi Mercedes-Benz AMG 2021

Pada dasarnya, Mercedes-AMG GT Black Series 2021 memang memakai mesin V8 4.0L twin-turbo yang sama seperti line up AMG GT lainnya. Namun, mesin berkode M178 LS2 ini mendapatkan beberapa ubahan. Hasilnya boleh juga, 730 HP @ 6.700-6.900 rpm dan torsi 800 Nm di 2.000-6.000 rpm.

Mesin Mercedes-AMG GT Black Series

Meski pakai basis mesin AMG GT, tenaga yang dihasilkan jauh lebih besar

Kedua turbo di mesin mendapatkan kompresor yang lebih besar, alhasil jumlah udara yang bisa dialirkan lebih banyak, jadi 1.100 kg/jam, lebih besar dibandingkan 900 kg/jam di model AMG GT R. Intercooler mesin juga dibuat lebih besar untuk menjaga temperatur mesin ada di titik ideal.

Tenaga mesin tersebut disalurkan yang disalurkan ke roda belakang melalui girboks DCT (Dual Clutch Transmission) 7-speed. Performanya sangat impresif, GT Black Series dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 3,1 detik dan 0-200 km/jam kurang dari sembilan detik, dengan topseed yang dibatasi di 320 km/jam.

Untuk menunjang performa mesin yang sudah bengis, AMG GT Black Series mengadopsi suspensi adjustable coil-over dari AMG GT R. Suspensi ini juga mendukung AMG Ride Control, yang dapat mengatur damper di keempat roda secara otomatis. Selain itu, hadir juga beberapa mode berkendara dan set-up untuk camber dan sway bar.

>>> Mercedes-Benz A 45 AMG 2015: Monster Kompak Affalterbach Paling Affordable

Spesifikasi Mercedes-Benz AMG 2021

Dimensi Mercedes-AMG GT Black Series 2021
Panjang x Lebar x Tinggi 4.546 x 2.075 x 1.288 mm
Wheelbase 2.630 mm
Kapasitas Bagasi 300 L
Tangki Bahan Bakar 75 L
Performa Mercedes-AMG GT Black Series 2021
Powertrain V8 twin-turbo 3.992 cc M178 LS2
Tenaga Maksimal 730 HP @ 6.700-6.900 rpm
Torsi Maksimal 800 Nm @ 2.000-6.000 rpm
Transmisi AMG SPEEDSHIFT DCT 7G dual clutch transmission
Akselerasi 0-100 km/jam 3,2 detik
Top Speed 325 km/jam
Sistem Penggerak Rear-wheel drive 
Kaki-Kaki dan Suspensi Mercedes-AMG GT Black Series 2021
Suspensi Depan / Belakang AMG coil-over suspension with AMG RIDE CONTROL adaptive adjustable damping
Rem Depan AMG ceramic high-performance compound brake system
Ukuran Pelek / Ban Standard AMG 10-spoke forged wheels in matt black, front 285/35 ZR19 rear 335/30 ZR20

Daftar Harga Mercedes-Benz AMG 2021

Mercedes-AMG GT Black Series 2021 cuma punya satu varian saja, dan dibanderol dengan harga € 335.240 / Rp 5.780.000.000. Selain warna silver khas Mercedes, Anda juga bisa memilih warna Magma Beam yang lebih mencolok.

Mercedes-AMG GT Black Series warna Magma Beam

AMG GT Black Series warna Magma Beam yang cukup mencolok

Kesimpulan Mercedes-Benz AMG 2021

Setelah tujuh tahun vakum, nama AMG Black Series kembali lagi dengan model yang menurut kami sangat pantas untuk menggunakan emblem Black Series.

Mercedes-AMG GT Black Series hadir dengan segudang improvement dari model standar. Mesin yang jauh lebih bertenaga, handling yang mumpuni berkat downforce dan suspensi jempolan, dan fitur berkendara yang sangat kaya.

Mercedes-AMG GT Black Series keluaran tahun 2021

Mercedes-AMG GT satu ini memang pantas menjadi keluarga besar Black Series

Memang, beberapa orang menganggap desain mobil ini agak sedikit berlebihan dan terkesan ricer. Tapi toh semua komponen aero yang dipasang memang ada fungsinya dan meningkatkan downforce mobil.

Kami sendiri tidak yakin Mercedes-AMG GT Black Series 2021 akan hadir di Indoensia dalam waktu dekat. Namun jika iya, model ini tentu sangat menarik untuk dimiliki, apalagi dengan emblem AMG Black Series yang menjanjikan performa yang lebih brutal dibanding AMG biasa.

So, welcome back to the “Black Side” Mercedes-AMG!

>>> Simak review mobil lain yang tak kalah menariknya di sini

Derry Munikartono Ahnas Putra
Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Review lain

Harga Mercedes-Benz E300 Coupe 2017: Tetap Andalkan Kemewahan dan Kenyamanan

30/10/2017

Editor rate:

Sejak lama Mercedes-Benz menyandang status sebagai spesialis produsen mobil mewah. Pasca kesuksesan seri E Classnya, pabrikan asal negeri Panser terus memperkuat eksistensi dan statusnya di industry otomotif. Salah satunya dengan merilis E Class Coupe. Sedan sport premium ini dihadirkan khusus untuk Anda yang memiliki cita rasa tinggi serta berjiwa sporty. Untuk tahu lebih jelas tentang mobil ini, silahkan membaca tulisan review Mercedes-Benz E300 Coupe 2017 ini.

Lihat juga

Harga Mercedes-Benz E 350e Plug-in Hybrid 2017: Sedan Mewah Bergaya Futuristik

£45,000

28/10/2017

Editor rate:

Gelaran GIIAS 2017 nampaknya dimanfaatkan betul oleh para produsen mobil untuk memperkenalkan katalog anyarnya secara langsung kepada konsumen. Hal tersebut juga dilakukan oleh salah satu pabrikan yang terkenal karena memproduksi berbagai mobil mewah, Mercedes-Benz. Merek asal Jerman ini memanfaatkan GIIAS untuk memamerkan koleksi anyarnya yakni Benz E 350e Plug-in Hybird. Apa yang membuat mobil double mesin ini nampak istimewa? Bacalah tulisan review Mercedes-Benz E 350e Plug-in Hybrid 2017 ini

Lihat juga

Review Mercedes-Benz GLS 450 4Matic AMG 2020: S-Class-nya SUV Mercy

Rp 2.235.000.000

08/06/2020

Editor rate:

Mercedes-Benz akhirnya memperkenalkan generasi terbaru dari SUV terbesar dan termewah yang dibawa ke Indonesia melalui Mercedes-Benz GLS 450 4Matic AMG 2020.

Lihat juga

Review Mercedes-Benz C 200 Cabriolet AMG Line 2020: Sedan Atap Terbuka Dengan Kepraktisan C-Class

Rp 1.315.000.000

12/05/2020

Editor rate:

Setelah sebelumnya hanya menjual model saloon, coupe, dan estate, Mercedes-Benz C-Class hadir dengan bentuk Cabriolet atau atap terbuka pada awal tahun 2020 ini.

Lihat juga

Review Mercedes-Benz SL 500 2002

Rp 350.000.000

06/05/2019

Editor rate:

Mercedes-Benz SL-Class merupakan salah satu mobii ikon Mercedes-Benz yang sudah bertahan lama sejak era 50an. Termasuk salah satu mobil display Cintamobil.com saat di IIMS 2019, Mercedes-Benz SL 500 2002, yang menjadi simbol ikon mobil grand tourer sensual dan mewah dari klan Stuttgart.

Lihat juga