Review McLaren Speedtail 2019

29/10/2018

Share this post:

Mclaren Speedtail 2019

Editor rate:

Lihat promo

McLaren Speedtail baru saja dirilis tepatnya tanggal 26 Oktober 2018. Tema yang diusungnya terbilang fantastis ‘Fusion of Science and Art’ Digadang-gadang, McLaren Speedtail diklaim sebagai model tercepat yang dimiliki oleh pabrikan asal Britania Raya ini. Apa saja fakta menarik dari mobil ini? Mari kita simak bersama review McLaren Speedtail 2019.

Review McLaren Speedtail 2019
0 Gambar

Pengantar Mclaren Speedtail 2019

Mari kita simak spesifikasi Mclaren Speedtail 2019 di bawah ini.

Review McLaren Speedtail 2019 – Kombinasi dari kemewahan dan kecepatan dalam satu rangkaian, menjadi hal yang ditawarkan pada McLaren Speedtail. Kemewahan dalam hal ini, bukanlah kemewahan dalam aksen krom atau pernak-pernik interior lainnya, namun McLaren bekerja sama dengan perusahaan perhiasan bernama Vaughtons dari Birmingham, Inggris. Patut untuk diketahui, McLaren Speedtail menghadirkan tiga plat emas putih 18 karat yang disematkan dua buah pada sisi bodi depan dan satu di sisi belakang. Belum lagi, beratnya mencapai 100 gram dipadukan dengan balutan karbon.

Logo McLaren Soeedtail 2019 dihias apik dengan kemewahan emas 18 karat

Plat emas yang hadir pada bodi McLaren Speedtail 2019

Kebijakan untuk bekerja sama dengan Vaughtons nampaknya bukan hal sepele. Pabrikan perhiasan satu ini pernah membuat medali emas Olympic serta FA Cup Soccer Trophy. Adapun emas putih yang disematkan pada Speedtail juga bisa dirancang dengan informasi tambahan tentang tanggal dan lokasi produksi. Namun, bagi Anda yang tidak begitu suka hiasan emas, McLaren juga menawarkan bahan platinum untuk logonya.

McLaren Speedtail 2019 menyuguhkan siluet bodi artistik yang dikombinasikan dengan kecanggihan teknologi masa kini

Lengkap sudah, perpaduan antara konsep futuristik dan aerodinamis pada McLaren Speedtail 2019

Menariknya lagi, mobil Ultimate Hypercar-GT ini hanya diciptakan khusus untuk 106 konsumen saja. Penentuan angka tersebut bukanlah tak disengaja namun lebih merujuk kepada total penjualan mobil legendaris, McLaren F1 di tahun 1990-an. Dari fakta tersebut, bisa dibilang Speedtail tergolong sebagai produk Limited Edition. Dari situs resminya dikatakan bahwa pihak McLaren sendirilah yang akan menentukan siapa yang beruntung mendapatkan model terbaru ini. Penentuan juga didasari akan kesetiaan konsumen terhadap McLaren serta bagaimana cara mereka merawat mobil-mobil koleksinya. Lalu apa saja keunggulan dari mobil ini? Simak jawabannya dalam review McLaren Speedtail 2019.

McLaren F1 adalah sosok legendaris yang menjadi Hypercar pertama McLaren

Model legendaris McLaren F1 yang terjual sebanyak 106 unit di masa lalu, berhasil  menginspirasi total angka penjualan Limited Edition pada McLaren Speedtail

Eksterior Mclaren Speedtail 2019

Bagi mobil berkecepatan tinggi, tentu rancangan bodi dengan konsep aerodinamis menjadi hal paling penting. Hal serupa juga ditonjolkan pada sisi eksterior McLaren Speedtail 2019. Andy Palmer selaku Director Vehicle Line McLaren Ultimate Series juga menyatakan bahwa Speedtail akan tampil dengan lekuk bodi lebih Natural dibanding kakaknya, Senna, yang lebih brutal. Hal ini bisa dibuktikan pada lekuk bodi sampingnya serta penggunaan lampu belakang LED berdesain minimalis.

Sketsa eksterior McLaren Speedtail 2019 memang menyuguhkan siluet bodi mengesankan

Sketsa awal McLaren Speedtail 2019 yang sebelumnya menjadi foto Teaser

Pihak McLaren sendiri mengklaim desain bodinya dengan sebutan Highly Streamlined Design. Bukan saja hanya tampil dengan performa pacu luar biasa namun juga memberi sentuhan aerodinamis nan mewah pada sisi eksterior. Memang tak dipungkiri, Andy Palmer juga menuturkan “Benar-benar kendaraan yang diprioritaskan untuk akselerasi.” Bukan terlahir sebagai mobil trek balap tetapi berdiri di lini Hypercar Hybrid tercepat di sepanjang sejarah McLaren.

Review McLaren Speedtail 2019: Eksterior Depan

Fascia depan memperlihatkan sosok futuristik yang terbilang sangat megah. Kontur wajahnya memiliki siluet tajam namun elegan. Hal ini bisa terlihat dari desainnya yang dibuat meruncing dipadu sayup-sayup lampu warna biru di kedua ujung Front Grille. Lekukan-lekukannya nampak sangat sedap dipandang, tak salah McLaren menyebut mobil memiliki tingkat artistik yang sangat tinggi.

Eksterior depan McLaren Speedtail 2019 menggunakan lampu menyipit dengan warna biru sehingga menyampaikan kesan futuristik

Eksterior depan McLaren Speedtail 2019 menyajikan konsep agresif, futuristik serta elegan

Sisi Bonnet juga dibekali ukiran garis melekuk indah hingga mengarah ke logo emas yang sudah kami bicarakan sebelumnya. Hal ini sengaja dirancang supaya logo tadi tampil memikat, mampu mengisyaratkan kemewahannya. Konsep aerodinamis juga terpancar kuat dari beberapa ventilasi angin terutama pada sisi Bonnet serta Front Splitter yang dikelir hitam. Perpaduan elegan serta futuristik, menjadikannya sangat berkarismatik untuk melanjutkan kiprah legendaris dari McLaren F1.

Review McLaren Speedtail 2019: Eksterior Samping

Semua siluet garis yang dihadirkan pada bodi sampingnya bukan hanya mempertegas desainnya. Jangan salah, semua hal detail pada McLaren Speedtail memiliki alasannya tersendiri yang mengurangi Drag dan memanfaatkan konsep aerodinamis secara maksimal. Menariknya lagi, mobil satu ini tidak memiliki kaca spion namun sudah disematkan kamera otomatis yang bisa menutup dan membuka, dekat roda depan. Jika dibandingkan dengan kaca spion konvensional, maka fitur terbarunya ini terbilang inovatif. Alasan utamanya supaya mengurangi turbulensi udara sehingga dipastikan mobil ini memiliki kecepatan yang tak main-main.

Eksterior samping McLaren Speedtail 2019 menyuguhkan siluet bodi yang setiap detailnya terasa aerodinamis

Eksterior samping McLaren Speedtail 2019 menerapkan desain Streamlined

Hal serupa juga dipertontonkan pada dua roda depan yang mana peleknya menggunakan Wheel Disc berukuran besar supaya turbulensi udara dari sisi depan bisa mengalir sempurna ke arah belakang dan tidak dapat memasuki sisi roda. Bahkan untuk merealisasikan temanya, roda berukuran 20 inci-nya dibekali material ringan Lightweight Carbon.

Review McLaren Speedtail 2019: Eksterior Belakang

Nama Speedtail bermula dari sisi belakang, merujuk pada makna ekor. Memang desain bodi belakangnya tak serupa dengan mobil-mobil pada umumnya. Terlihat melandai dan memanjang hingga ke sisi ujung Rear Wing. Bahkan pada panel tersebut juga mampu dikontrol secara otomatis, memberi performa aerodinamis sesuai kebutuhan pengendara. Teknologi ini umumnya banyak digunakan pada pesawat yang dinamai Ailerons oleh pihak McLaren. Meski berada di kecepatan tinggi, lewat teknologi pada Rear Wing-nya mampu memberikan kestabilan dan fungsi Airbrake bertaraf mumpuni.

Eksterior belakang McLaren Speedtail 2019 menerapkan teknologi aerodinamis baru yang dinamai Ailerons

Eksterior belakang McLaren Speedtail 2019 dibekali teknologi Ailerons pada Rear Wing-nya

>>> Baca juga:


Interior Mclaren Speedtail 2019

Model satu ini juga hadir dengan kemewahan yang mampu menyiratkan pesan karakteristik dari penggunanya. Hal ini bisa diamati pada atmosfer interior McLaren Speedtail 2019 yang menyuguhkan material baru. Bahkan, McLaren sendiri mengklaim bahwa tidak ada Hypercar yang menerapkan formasi Driver Center-Stage selain Speedtail.

Review McLaren Speedtail 2019: Dashboard

Cockpit-nya didesain dengan konsep futuristik namun tak lepas dari segala kebutuhan praktis berkendara. Bisa kita simak, konsep dashboardnya menggunakan posisi setir yang berada di tengah, diapit oleh dua buah layar lebar. Seluruh komponen tersebut berada dalam satu latar berwarna hitam dengan tambahan fitur penyejuk di kedua sisi ujungnya. Dalam hal ini, keunggulannya makin terasa terutama dari sisi pengendara yang mampu mendapat visibilitas lebih presisi dibanding model setir kiri maupun kanan. Di sisi lain, dashboard-nya dikemas sangat rapi tanpa dikotori oleh tombol-tombol yang sering ditemui pada pesaing lainnya. Tak dipungkiri, sajian interior macam ini lebih diprioritaskan untuk kenyamanan pengendara atau yang sering kami sebut Driver’s Oriented.

Dashboard McLaren Speedtail 2019 menyuguhkan setir pada posisi tengah yang diapit dua buah layar utama

Dashboard McLaren Speedtail 2019 menerapkan konsep Driver Center-Stage

Review McLaren Speedtail 2019: Setir

Siluet setir dirancang dengan konsep serupa dengan eksteriornya yakni Highly Streamedline Design. Hal ini bisa dibuktikan pada alur desain setir yang dibuat mirip lekukan-lekukan air. Meski berpalang tiga layaknya mobil pada umumnya namun desain seperti ini memberi warna baru bagi lini Hypercar. Hal cukup menarik bagi kami terletak pada panel Multi Information Display (MID) yang sudah dikemas dengan konfigurasi Digital. Semua informasi tentang kondisi mobil tertata rapi pada panel tersebut.

Setir McLaren Speedtail 2019 menyuguhkan konsep Highly Streamedline

Setir McLaren Speedtail 2019 dikemas dengan desain serupa dengan bodi eksteriornya

Review McLaren Speedtail 2019: Kursi

Futuristik dan elegan, itulah kesan pertama ketika mengamati kursinya. Dirancang dengan tatanan mengalir seperti air namun tak melepaskan esensi nyaman bagi pengendara dan penumpang. Balutan warna putih serta pemanis garis berkelir Gold pada sisi samping kursinya, menjadikan sajian spesial bergaya futuristik yang tidak pernah kami lihat sebelumnya.

Kursi McLaren Speedtail 2019 mampu menampung hingga tiga orang sekaligus

Kursi McLaren Speedtail 2019 menerapkan desain futuristik dengan daya tampung tiga orang

Fakta menarik lainnya juga dirasakan pada kursinya yang terbagi menjadi tiga. Menggunakan kode bodi BP23, pandangan revolusioner McLaren terhadap model Hypercar-nya. Hal ini serupa dengan McLaren F1 dirilis 25 tahun lalu, menggunakan konfigurasi tiga kursi yang mana pengendara duduk di sisi tengah. Setidaknya itulah yang ingin disampaikan pada kode BP23. BP merujuk pada makna Bespoke Project, angka 2 menyiratkan pesan bahwa model satu ini adalah proyek kedua MSO setelah McLaren F1 (1993) dan angka 3 menentukan jumlah kursinya.

>>> Artikel terkait:

Fitur Mclaren Speedtail 2019

Akselerasi dan kecepatan adalah tujuan dari segala fitur McLaren Speedtail 2019. Selain menerapkan konsep bodi serba aerodinamis terdapat juga hal-hal menarik yang disematkan pada mobil Hypercar satu ini. Berikut simak informasi selengkapnya bersama Cintamobil.com.

Review McLaren Speedtail 2019: Fitur Keselamatan

Hal menarik yang kami ketahui tentang fitur keselamatan McLaren Speedtail 2019 adalah aspek suspensinya. Menerapkan konfigurasi Adaptive Dampers untuk semakin menyamankan laju kendaraan di area bebas hambatan serta mengatur posisi bodi lebih rendah ketika berada di tingkat kecepatan tinggi. Di sisi lain, Speedtail juga sangat bergantung pada fungsi kamera yang disematkan di beberapa sisi bodi luarnya. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebijakan United Nations (UN) ECE 46 yang menyebutkan bahwa pantauan kamera pada kendaraan harus serupa dengan kaca spion serta layar utama yang tidak boleh dinonaktifkan. Tentu selain kedua fitur tersebut, mobil satu ini sudah dipersenjatai dengan teknologi aerodinamis yang mampu mendongkrak performanya di jalanan kota.

Fitur keselamatan McLaren Speedtail 2019 terbilang inovatif dengan kaca spion futuristik yang terintegrasi pada kamera di luar bodinya

Fitur keselamatan McLaren Speedtail 2019 terbilang inovatif khususnya pada kaca spion yang kini menerapkan fungsi kamera

Review McLaren Speedtail 2019: Fitur Hiburan

Mungkin sebagian Anda mempertanyakan, kemana tombol-tombol pada interiornya? Jawabannya terletak tepat di bagian atap kursi pengendara. Ya, benar sekali, McLaren Speedtail dirancang untuk serupa dengan konsep penerbangan yang mana tombol-tombol diletakkan di atas pengemudi. Tersedia berbagai tombol di bagian atas seperti halnya pengaturan transmisi, Engine Start/Stop, Electronic Stability Control (ESC) dan mode pengaturan Active Dynamic Settings. Tersedia juga beberapa tuas untuk membuka pintu Dehidral serta mengontrol bukaan kaca samping. Sejatinya konsep satu ini terbilang menarik dan membuat pengendara untuk selalu fokus mengemudi. Namun karena banyak pengendara sudah lebih terbiasa dengan model Console dan transmisi di sisi tengah, maka dibutuhkan waktu cukup lama untuk bisa beradaptasi dengan McLaren Speedtail.

Fitur hiburan McLaren Speedtail 2019 disematkan dengan cara yang futuristik mirip Cockpit pesawat terbang

Fitur hiburan McLaren Speedtail 2019 menerapkan konsep pada pesawat terbang yang mana tombol Console berada di atas posisi duduk pengendara

Sementara itu, merambah pada sisi dashboard tersedia dua layar di sisi kanan dan kiri. Layar di kanan pengendara lebih difungsikan untuk media hiburan seperti pengoperasian musik, video dan hal menarik lainnya. Di sisi kiri, layar difokuskan untuk mengaktifkan berbagai kontrol kendaraan. Adapun pantauan dari kamera spion otomatis yang berada di sisi bodi sampingnya, ditampilkan lewat kedua layar tersebut. Hal tersebut terbilang inovatif namun pengendara harus mulai terbiasa mengamati kedua layar tersebut untuk mengamati sisi belakang yang tentu berbeda dengan konsep kaca spion konvensional.

>>> Klik di sini untuk membaca review dari mobil kupe menarik lainnya

Operasi Mclaren Speedtail 2019

Masa depan otomotif masa kini terletak pada tenaga Hybrid, itulah yang dihadirkan pada operasi mesin McLaren Speedtail 2019. Model satu ini tidak dirancang untuk tampil maksimal di area trek balap namun lebih kepada aspek kenyamanan berkendara di area perkotaan. Menjawab hal tersebut, mesinnya menggunakan 4.0 Liter Twin Turbo V8 yang dipadukan dengan motor elektrik yang mampu memberikan Output daya melebihi 1036 HP (736 Kilowatts). Lebih daripada itu, kecepatan maksimumnya pun mampu meraih angka 403 Km/Jam melebihi model legendaris McLaren F1. Bahkan, Mike Flewitt sebagai Boss McLaren menuturkan bahwa kecepatan Speedtail berhasil melampaui McLaren P1 GTR. Ya, memang inilah mobil tercepat McLaren di sepanjang sejarahnya dan bahkan diklaim menjadi mobil tercepat dunia di lini Hybrid Hypercar.

Operasi mesin McLaren Speedtail 2019 mampu menghasilkan daya hingga lebih dari 987 HP

Operasi mesin McLaren Speedtail 2019 mampu meraih hingga kecepatan 243 Mph setara 403 Km/Jam

Mudah saja bagi Speedtail untuk meraih akselerasi 0-100 Km/Jam yang ditempuh tidak lebih dari 2 detik. Di atas kertas, Hypercar besutan McLaren ini mampu meraih akselerasi 0-300 Km/Jam dalam kurun waktu 12,8 detik. Alasan utamanya terletak pada konsep bodi aerodinamis serta performa mesin unggulan. Nampaknya sihir pamungkas McLaren diterapkan sangat kuat pada Speedtail sehingga mampu mencuri banyak perhatian media internasional.

>>> Aston Martin Vantage 2018 juga baru saja diluncurkan di Indonesia, simak ulasan lengkapnya

Kesimpulan Mclaren Speedtail 2019

Kegiatan produksi McLaren Speedtail akan dimulai pada awal tahun depan dan siap dipasarkan di akhir tahun 2019 mendatang. Namun sayangnya, model satu ini dijual sangat terbatas yakni hanya 106 unit saja. Kandidat konsumennya juga harus memenuhi syarat multak untuk setia kepada McLaren dalam rekam jejaknya. Sudah dipastikan, mobil ini dijual kepada mereka para kolektor Hypercar yang memiliki salah satu model McLaren sebelumnya. Selamat untuk kandidat yang berhasil memenuhi persyaratan tersebut. Bahkan, harga McLaren Speedtail 2019 dibanderol di harga $2,5 juta atau setara Rp. 37 miliar. Cukup fantastis untuk mobil Limited Edition, bukan? Bersiaplah merasakan mobil tercepat dunia di lini Hybrid Hypercar, McLaren Speedtail 2019.

Sculpture Limited Edition McLaren Speedtail 2019 diberikan kepada 106 kandidat konsumennya

Fitur McLaren Speedtail 2019 terbilang sangat spesial khusus kandidat konsumennya yakni mendapatkan Sculpture Limited Edition

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top