Review McLaren Elva 2020: Tanpa Atap. Tanpa Kaca, Tapi Kencang dan Diproduksi Terbatas

04/12/2019
editor rate: 4,0 user rate: 4,5
Diproduksi terbatas, McLaren Elva 2020 menghadirkan pendekatan yang anti-mainstream di keluarga Ultimate Series. Apa saja pendekatan yang dilakukan McLaren kali ini untuk sang supercar?

PENGANTAR Mclaren Elva 2020

Review McLaren Elva 2020 - Bicara soal “kasta” di McLaren, Ultimate Series bisa dikatakan merupakan puncak kreasi dari pabrikan otomotif asal Woking, Inggris ini. Semua model Ultimate Series merepresentasikan capaian teknologi tertinggi McLaren, menjadi model yang terkuat dan paling eksklusif di jajaran line-up McLaren, sekaligus menjadi model “pembangkit” etos-etos klasik McLaren yang dikemas melalui pendekatan modern

Foto McLaren Elva bersama mobil klasik McLaren Canam

McLaren Elva M1A jadi insipirasi edisi spesial McLaren Elva

Seperti contohnya edisi khusus McLaren Elva 2020. Edisi yang dipasarkan terbatas oleh McLaren ini terinspirasi oleh McLaren-Elva M1A [Mk I], M1B [Mk II] dan M1C [Mk III], yang menjadi spiritual predecessor dari mobil ini. Sekadar informasi, kreasi mobil McLaren-Elva sendiri mengikuti konsep dari mobil balap McLaren yang berlaga di kategori balap FIA Group 7 di era 60an, dimana salah satu seri balap populer yang mengikuti regulasi ini adalah Can-Am.

Menyandang status sebagai Ultimate Series, sudah bisa ditebak bahwa McLaren Elva 2020 akan memiliki posisi sama tinggi dan eksklusifnya seperti McLaren Senna, McLaren Speedtail, maupun McLaren P1. Namun apakah McLaren Elva 2020 layak menjadi koleksi baru para McLaren enthusiast yang memiliki dana tak terbatas? Simak pembahasan selengkapnya dalam review McLaren Elva 2020.

EKSTERIOR Mclaren Elva 2020

Review McLaren Elva 2020: Eksterior Depan

Gambar sebuah mobil McLaren Elva 2020 berwarna hitam dilihat dari eksterior depan

Penampilan eksterior depan McLaren Elva 2020

Sudah bisa dilihat bahwa McLaren Elva 2020 menganut konsep bodi Open-cockpit. Tanpa atap dan tanpa kaca windshield. McLaren Elva 2020 memungkinkan pengemudi merasakan sensasi berkendara layaknya mobil balap bergaya Formula. Tersedia opsi fixed windshields, seandainya konsumen merasa membutuhkan adanya fitur tersebut

Pertanyaan pun muncul, apakah dengan absennya kaca windshield, badan menjadi objek pertama yang terkena angin kencang kala mobil berlari di kecepatan tinggi? Nah, McLaren coba mengatasi permasalahan ini dengan McLaren Active Air Management System (AAMS).

Cara kerja teknologi ini memanipulasi udara yang masuk ke air intake depan, kemudian dibuang melalui lubang aero dengan deflektor aktif yang terletak secara horizontal di area bonnet depan. Posisi lubang aero dan deflektor aktif berbahan carbon fibre ini dirancang agar saat mobil berlari di kecepatan tinggi, aliran udara yang menuju ruang kokpit bisa dimanipulasi agar menjadi lebih lembut dengan tingkat tekanan udara lebih rendah.

Review McLaren Elva 2020: Eksterior Samping

Foto McLaren Elva 2020 berwarna hitam dilihat dari eksterior samping

Penampilan eksterior samping McLaren Elva 2020

Seluruh bodi mobil McLaren Elva 2020 menggunakan material carbon fiber ringan yang dirancang sehingga memberikan efek lekukan sensual, namun tetap fungsional dalam hal aerodinamika. Bisa dilihat posisi fender depan dibuat melekuk lebih tinggi dari area bonnet depan, yang dimaksudkan untuk membantu kinerja side air intake kala mengalirkan udara segar menuju high temperature radiator di ruang mesin.

Ciri khas desain McLaren seperti pintu dihedral tetap dihadirkan pada McLaren Elva 2020. Karena mobil ini tidak memiliki atap, pada bagian area kap mesin belakang menghadirkan sepasang “punuk”, bertugas untuk tempat ruang helm dan penyimpanan kompak, sekaligus untuk tempat bersemayam deployable roll-over protection system. Adapun mobil ini menggunakan velg 21 inci 5-Spoke Super-Lightweight forged alloy berlapis ban Pirelli P Zero Corsa.

Review McLaren Elva 2020: Eksterior Belakang

Foto McLaren Elva 2020 berwarna hitam dilihat dari eksterior belakang

Penampilan eksterior belakang McLaren Elva 2020

McLaren mengemas area buritan belakang McLaren Elva 2020 dengan citra agresif. Kesan ini dibentuk oleh hadirnya grille belakang model honeycomb, berpadu sistem rear diffuser berukuran masif dengan panel vertikal terpisah ditempatkan di sisi terluar bodi belakang. Selain memanfaatkan rear diffuser, McLaren menyematkan active rear spoiler yang bisa berfungsi sebagai airbrake. Sistem exhaust berukuran besar di tengah grille belakang menggunakan perpaduan lightweight titanium dan sistem Inconel.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Mclaren Elva 2020

Bisa dikatakan konsep kabin McLaren Elva 2020 sangat minimalis. Kendati demikian, McLaren banyak melakukan inovasi dalam hal desain interior dan penggunaan material.

Foto interior mobil McLaren Elva 2020 dengan banyak fitur yang canggih

Penampilan area interior McLaren Elva 2020

Terkait desain interior, McLaren meredesain area instrument cluster digital yang kini memiliki tombol Active Dynamics di sisi kiri-kanan, agar pengemudi tidak perlu melepas tangan jauh dari setir untuk mengatur fitur ini. Layar 8 inci touchscreen di central cluster juga dirancang menghadap pengemudi dan menggunakan carbon fiber arm, sehingga pengemudi lebih mudah mengatur setting mobil, termasuk sat-nav dan climate control. Hanya saja, McLaren menempatkan sistem audio sebagai bagian opsi di interior, karena dalam kondisi standar tidak disediakan speaker demi alasan efisiensi bobot mobil.

McLaren menggunakan jok khusus lightweight carbon fibre shell dengan bantalan jok menggunakan Full Aniline leather dan material eksklusif Ultrafabrics. Di samping menggunakan seatbelt standar, McLaren juga menyediakan seatbelt balap 6-titik sebagai opsi. Adapun material ini juga digunakan pada panel di dashboard dan sisi pintu.

>>> Baca juga:

FITUR Mclaren Elva 2020

Gambar menunjukkan McLaren Elva dari sisi mode berkendara

Kenop Active Dynamics di McLaren Elva 2020

McLaren menyajikan ragam teknologi berkendara cerdas pada McLaren Elva 2020. Tersedia Active Dynamics untuk mengatur setting mode Handling dan Powertrain yang terbagi dalam tiga pilihan (Comfort, Sport, Track),  Electronic Stability Control (ESC) dan Variable Drift Control (VDC) sebagai standar di McLaren Elva 2020. Adapun dari sisi suspensi menggunakan linked-hydraulic active suspension; dan setir menggunakan electro-hydraulic steering untuk memaksimalkan feedback berkendara kepada pengemudi.

>>> Review Bentley Continental GT Convertible 2019: Menikmati Kemewahan Ala Crewe Dengan Atap Terbuka

OPERASI Mclaren Elva 2020

McLaren Elva 2020 menggunakan mesin V8 4,0 liter Twin Turbo yang juga digunakan oleh McLaren Senna. Meski bermesin sama, secara performa McLaren Elva 2020 diklaim lebih baik.

Total tenaga yang bisa diproduksi oleh mesin ini adalah 803 hp (815 ps) dan torsi 800 Nm. Menggunakan transmisi 7-percepatan Seamless Shift Gearbox dan Launch Control, McLaren Elva 2020 diklaim bisa mencapai 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari 3 detik, dan 0-200 km/jam hanya membutuhkan 6.7 detik yang berarti lebih cepat dari McLaren Senna 0.1 detik.

>>> Review BMW M8 Competition Cabriolet 2020: Perpaduan Kenikmatan Berkendara Dengan Kebebasan Atap Terbuka

spesifikasi Mclaren Elva 2020

Seusai membahas McLaren Elva secara menyeluruh, berikut adalah informasi spesifikasi McLaren 2020 yang bisa dibaca di Cintamobil.com.

Mesin McLaren Elva 2020

Tipe Mesin

4.0L twin-turbocharged V8 engine

Kapasitas

3,994cc

Tenaga

803 hp (815 ps)

Torsi

800 Nm

Suspensi dan Kaki-Kaki McLaren Elva 2020

Transmisi

7-percepatan Sequential Shift Gearbox

Penggerak

Rear Wheel Drive

kelebihan & kekurangan Mclaren Elva 2020

Berdasarkan informasi dan penjelasan detil terhadap supercar McLaren terbaru di atas, apa saja kelebihan dan kekurangan McLaren Elva 2020 menurut Cintamobil.com?

Kelebihan

Kekurangan

Supercar McLaren di keluarga Ultimate Series yang memiliki desain open cockpit

Tidak cocok digunakan di negara-negara tropis atau yang mudah hujan

McLaren dengan sensasi berkendara yang diciptakan mendekati mobil balap formula

 Peningkatan tenaga dari McLaren Senna ke McLaren Elva 2020 tidak terlalu tinggi

Edisi terbatas hanya 399 unit

 

daftar harga Mclaren Elva 2020

McLaren memproduksi McLaren Elva 2020 dengan total produksi terbatas, hanya 399 unit. Dan sudah bisa ditebak, McLaren memasarkan keluarga baru Ultimate Series ini dengan harga yang tinggi. Ya, dalam kondisi standar, McLaren Elva 2020 berdasarkan rilis resmi dipasarkan di harga £1.425.000 (sekitar Rp26 Miliar) di luar opsi McLaren Special Operation. McLaren memastikan McLaren Elva 2020 mulai dikirim ke konsumen per akhir 2020.

Video Mclaren Elva 2020

KESIMPULAN Mclaren Elva 2020

Setiap McLaren Ultimate Series biasanya memiliki makna yang khusus. Jika mengacu pada line-up Ultimate Series saat ini, McLaren Senna yang merepresentasikan supercar McLaren yang siap untuk digunakan sebagai penakluk trek balap, dan McLaren Speedtail yang merepresentasikan mobil McLaren bergaya GT yang memiliki performa tinggi. Bagaimana dengan McLaren Elva?

Untuk sebuah supercar eksklusif tanpa atap dan tanpa windshield, jelas karakter berkendara yang ingin coba diberikan McLaren lebih kepada sensasi berkendara layaknya membawa mobil balap sekelas formula atau mobil balap endurance yang sifatnya open cockpit. Pengemudi bisa merasakan respon mesin dan handling lebih nyata karena tidak adanya batasan ruang antara pengemudi dan area luar. Berbekal mesin bertenaga besar yang ada di McLaren Elva 2020, memungkinkan sang supercar menjadi salah satu karya McLaren yang paling driver oriented.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil