Review Mazda3 TCR 2020: Bukan Main, Ini Jadinya Jika Hatchback Mazda Ikut Kejuaraan IMSA

18/10/2019
editor rate: 4,3 user rate: 4,5
Pada tanggal 1 Oktober 2019, Mazda Motorsports memperkenalkan model terbarunya yakni Mazda3 TCR 2020. ‘Senjata; pamungkas satu ini rencananya akan menyentuh podium IMSA Michelin Pilot Challenge pada awal Januari tahun mendatang, Apa rahasia dan kelebihan dari mobil satu ini? Mari kita cari tahu dalam review Mazda3 TCR 2020.

PENGANTAR Mazda 3 2020

Review Mazda3 TCR 2020 - Menjadi Motosports Program, Mazda3 TCR 2020 Race Car akhirnya diluncurkan dalam taraf All-New. Memang, pihak Mazda Motorsports sudah mengakui bahwa ‘senjata’ barunya akan siap diadu selama Four-Hour Endurance Challenge di ajang Rolex 24 pada tanggal 26 Januari 2020 mendatang.

Mazda3 TCR 2020 adalah mobil Racing yang rencananya akan mengikuti ajang Four-Hour Endurance Challenge Rolex 24 2020

Inilah sosok Mazda3 TCR 2020

Sosoknya mengadopsi langsung desain dari Mazda3 Hatchback 2019 yang sempat dibahas sebelumnya oleh Cintamobil.com. Tak jauh beda memang untuk urusan desain. Tapi jangan salah, Mazda3 TCR justru dirancang untuk ketahanan dan juga mementingkan unsur aerodinamis.

Sebelum terkesima akan sosoknya, kami akan menjelaskan bahwa mobil ini bukan mobil Street-Legal, tapi hanya digunakan di trek balap saja. Di sisi lain, ada cerita menarik di balik pembuatannya. Nah, untuk informasi selengkapnya mari kita bedah dalam review Mazda3 TCR 2020.

EKSTERIOR Mazda 3 2020

Sisi menarik pertama terpampang jelas dari eksterior Mazda3 TCR 2020. Bahkan, pihak Mazda sendiri mengakui bahwa proses mengubah Mazda3 Hatchback agar penuh unsur aerodinamis, bukanlah perkara mudah. Para desainer Mazda di Amerika harus mengorbankan waktu berjam-jam lamanya, memastikan aspek aerodinamis pada Mazda3 TCR mengikuti regulasi yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Review Mazda3 TCR 2020: Eksterior Depan

Untuk temanya masih mirip dengan versi massalnya yakni KODO Soul of Motion. Menyelaraskan antara karakter pengemudi dengan kendaraannya. Grille-nya pun dikemas cukup besar, berbentuk mirip berlian. Logo Mazda juga tak lupa ditancapkan pada Grille-nya, menjadi kebanggaan tersendiri atas identitasnya.

Eksterior Depan Mazda3 TCR 2020 hadir dengan fitur Front Splitter sehingga mampu memberi efek aerodinamis yang mumpuni

Bukan Mazda3 Hatchback sebelumnya, yang ini sungguh spesial

Lampu juga tampil sama dengan versi sebelumnya, tegas dan punya kualitas pencahayaan sangat baik. Perubahan justru disasar pada bemper depan, menghadirkan Front Splitter. Yap, benar sekali, kisi-kisi udara disematkan untuk mendapatkan performa aerodinamis yang sudah dibahas sebelumnya. 

Review Mazda3 TCR 2020: Eksterior Samping

Tulisan “Mazda Motorsport” dipadu angka 3, menjadi identitas utamanya. Mazda3 menjadi arti dari angka tersebut dan dikembangkan langsung oleh Mazda Motorsports. Untuk soal desain, Fender depan dibuat lebih pipih, sedangkan pada sisi belakang dirancang akan sedikit menggembung. Aksesorisnya pun semakin lengkap dengan pelek berukuran 18 inci Rays serta ban Michelin Pilot Series.

Eksterior Samping Mazda3 TCR 2020 menggunakan ban berukuran 18 inci Rays dan Michellin Pilot Series

Bodi sampingnya menggambarkan bahwa bodinya masih dalam bentuk Hatchback

Review Mazda3 TCR 2020: Eksterior Belakang

Yang terlihat paling menonjol pada sisi belakang Mazda3 TCR 2020 adalah Spoiler-nya yang berukuran besar, lengkap dengan tulisan Mazda terukir di setiap ujung sampingnya. Bukan aksesoris belaka ya sobat, tapi lebih pada penyesuaian gaya tekan ke bawah agar mobil tidak melayang di kecepatan tinggi.

Eksterior Belakang Mazda3 TCR 2020 punya Spoiler berukuran besar dan knalpot dengan model Single Exhaust Tips yang disematkan pada sisi tengah bemper belakang

Spoiler ditambahkan pada bodi belakang, meningkatkan gaya tekan bawah saat melaju di kecepatan tinggi

>>> Baca juga:

INTERIOR Mazda 3 2020

Sayangnya, tak ada informasi lebih lanjut mengenai interior Mazda3 TCR 2020. Tapi kami merasa, sosoknya tak akan jauh beda dengan versi Hatchback massalnya. Di satu sisi pula, KODO Soul of Motion masih diterapkan pada mobil ini.

Perlu diingatkan kembali bahwa Mazda3 TCR 2020 hanya diperuntukkan trek balap ketahanan saja. Sehingga kami merasa bahwa fitur-fitur hiburan akan banyak dipangkas, digantikan dengan tombol-tombol berkendara lainnya.

Interior Mazda3 TCR 2020 diprediksi akan mirip dengan apa yang ditawarkan pada versi Hatchback massalnya, namun dipangkas soal fitur hiburan

Melihat kembali interior Mazda3 Hatchback dari versi massalnya

Namun jika diamati langsung dari interior Mazda3 Hatchback versi massal, kemudi setirnya sungguh nyaman disentuh. Kontur bahan kulitnya terasa lembut sehingga nyaman ketika melakukan manuver. Kami rasa perubahan justru ada pada segi kursi, akan dibuat sangat nyaman khusus untuk Racing. Umumnya bahan yang digunakan dapat memeluk punggung dengan sempurna, sehingga pengendara merasa nyaman saat berkendara.

>>> Lihat juga:

FITUR Mazda 3 2020

Untuk kali ini, perubahannya akan berkisar pada unsur aerodinamis dan penggunaan mesin canggih. Fitur Mazda3 TCR 2020 lebih bermain pada beberapa hal seperti lekuk bodi, penambahan beberapa panel khusus serta ban. Dalam hal ini, kami mencatat adanya perubahan pada sisi bemper depan, menggunakan Front Splitter dengan lubang ventilasi yang mampu memberi performa lebih aerodinamis.

Fitur Mazda3 TCR 2020 lebih diprioritaskan soal aerodinamis baik pada lekukan tubuh, Front Spiller, Big Spoiler, racikan ukuran ban 18 inci dan knalpot Single Exhaust Tip

Aerodinamis serta jantung pacu mesin, menjadi poin utama pada model Racing satu ini

Lekuk bodi pun berubah seperti pada segi Fender yang dirancang agak pipih pada sisi depan dan menebal pada Fender belakang. Begitu juga soal ban yang menggunakan Michelin Pilot Tires berukuran 18 inci dan Bilstein Dampers. Terakhir adalah penambahan Spoiler berukuran besar serta Rear Diffuser dengan model Single Exhaust Tip diposisikan pada sisi tengah bemper belakangnya.

>>> Bandingkan juga dengan model Hatchback yang tak kalah menarik lainnya di sini

OPERASI Mazda 3 2020

Apa yang baru pada operasi mesin Mazda3 TCR 2020? Jantung pacunya menggunakan konfigurasi apik 4 silinder segaris Turbocharged. Performa mesinnya dikombinasikan dengan transmisi 5 percepatan Paddle Shift, sehingga mampu menghasilkan daya 350 HP setara 7.000 Rpm dipadu buaian torsi maksimum sebesar 490 Nm.

Racikan tersebut diklaim mampu membuat Mazda3 TCR mampu melesat hingga kecepatan maksimum 241 Km/Jam. Tak hanya cepat, performa pengereman pun diklaim sangat responsif berkat disematkannya Brembo Brakes.

Operasi Mesin Mazda3 TCR 2020 diklaim mampu menyemburkan daya maksimum sebesar 350 HP

Mazda3 TCR 2020 diklaim mampu melesat dengan kecepatan maksimum 241 Km/Jam

Lewat kemampuan tersebut, Mazda optimis untuk ikut berpartisipasi dalam IMSA Michelin Pilot Challenge 2020 mendatang. Direncanakan pula akan memulai debut Racing Endurance Challenge pada acara Rolex 24 di Daytona pada 26 Januari.

Jika ada yang bertanya siapa yang mengendarai Mazda3 TCR 2020 pertama kali? Jawabannya adalah Bryan Ortiz. Pria kelahiran Puerto Rico ini sudah mengantongi 6 kemenangan dan 18 total penyelesaian podium sejak mengikuti Global MX-5 Cup pada tahun 2017 lalu. “Suatu kebanggaan tersendiri, telah diberikan kesempatan emas seperti ini oleh Mazda,” tutur Bryan.

Peluncuran Mazda3 TCR 2020 dihadiri oleh sang pengendara yakni Bryan Ortiz yang siap berpartisipasi bersama Racing Endurance Challenge di tahun mendatang

Bryan Ortiz (kiri) sedang berfoto bersama Mazda3 TCR 2020 serta John Doonan (kanan) selaku Director Mazda Motorsports

>>> Ingin memiliki mobil Hatchback baru? Tenang, coba intip harga mobil-mobil Hatchback populer di sini

KESIMPULAN Mazda 3 2020

Di ranah Motorsports, Mazda tampaknya selalu menjadi DNA utama sejak tahun 1960-an. Tujuannya tak lain adalah membuktikan kehandalan mesin dan teknologi terbaru. Bagi Mazda, Motorsports punya filosofi tersendiri yang disebut ‘Hashiru Urakami’ yakni selebrasi berkendara dan sensasi Fun to Drive. Dalam hal ini, Mazda3 TCR 2020 diharapkan dapat memberi kepuasan tersendiri bagi konsumen. Tapi sayangnya, model ini tak dijual secara resmi, hanya digunakan di trek balap saja. Apakah ada yang tertarik membelinya semisal dijual dalam versi massal?

>>> Jangan lupa untuk melihat review lengkap dan detail di Cintamobil.com sebelum memilih mobil impian Anda

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil