Review Mazda CX-5 Grand Touring 2020: Masih Mengawarkan Sensualitas Mazda

10/01/2020
editor rate: 4,4 user rate: 4,0
Meski bertengger sebagai varian menengah, Mazda CX-5 Grand Touring 2020 tetap menghadirkan pengendaraan Jinba Ittai Mazda serta fitur dan kenyamanan maksimal.

PENGANTAR Mazda CX-5 2020

Review Mazda CX-5 Grand Touring 2020 - Mazda CX-5 bisa dibilang sebagai salah satu model paling populer milik Mazda di Indonesia. Terlihat dengan populasinya yang cukup sering ditemui, terlebih di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Dan akhirnya PT Eurokars Motor Indonesia resmi meluncurkan Mazda CX-5 pada 23 November 2019 lalu untuk menghadapi persaingan 2020 ini.

Gambar menunjukkan generasi pertama Mazda CX-5 berwarna merah
Generasi pertama Mazda CX-5 keluaran tahun 2012

Kali ini facelift Mazda CX-5 diberikan pada generasi kedua yang diperkenalkan 2017 lalu. Sejak pertama kali terungkap pada 2011, CX-5 merupakan model pertama Mazda yang mengusung konsep KODO Design yang sensual. Mobil ini pun menjadi yang pertama menggunakan teknologi SkyActiv, termasuk platfrom yang lebih ringan dan berbagi denga Mazda3 dan Mazda6.

Desain CX-5 dibuat berdasarkan Mazda Minagi dan dipasarkan untuk menggantikan Mazda Tribute dan Mazda CX-7. Generasi kedua diresmikan dengan perubahan desain dan teknologi baru pada 15 November 2016 di Los Angeles Auto Show. Perubahan jelas terlihat dari desain bumper yang lebih ramping.

Gambar menunjukkan Mazda CX-5 Grand Touring 2020 berwarna abu-abu`
Tampilan terbaru dari facelift Mazda CX-5 Grand Touring 2020

CX-5 dikenal sebagai satu diantara SUV dengan pengendaraan yang menyenangkan. Kualitas material serta kabin yang kedap dan dipenuhi berbagai fitur menjadi alasannya. Namun bagaimana untuk varian menengah Grand Touring? Simak review Mazda CX-5 Grand Touring 2020 untuk mengenal lebih dalam SUV kebanggan Mazda ini.

EKSTERIOR Mazda CX-5 2020

Jika ada pabrikan yang menampilkan desain yang cantik dan sensual, Mazda adalah salah satunya. Lekukan-lekukan halus masih ditemukan sebagai jati diri KODO Design dari Mazda. Diperkenalkan dalam bentuk facelift, tak banyak yang berubah dari eksterior Mazda CX-5 Grand Touring 2020 kecuali beberapa peningkatan desain yang minor saja.

Review Mazda CX-5 Grand Touring 2020: Eksterior Depan

Desain yang meliuk dengan gaya sensual khas Mazda langsung terlihat dari tampilan depan mobil ini. Walaupun tak ada perubahan yang berarti, perbedaan dengan versi sebelum facelift adalah under garnish berwarna silver yang mempercantik eksterior depan Mazda CX-5 Grand Touring 2020, dimana sebelumnya menggunakan warna hitam.

Gambar menunjukkan tampilan depan Mazda CX-5 Grand Touring 2020 berwarna abu-abu 
Eksterior depan Mazda CX-5 Grand Touring 2020

Beralih ke bawah, grille yang besar serta aksen chrome melintang menyabungkan tampilan lampu depan masih dipertahankan. Sedangkan lampu utama sudah dilengkapi dengan lampu adaptif yang akan mengikuti semua gerakan setir, memudahkan Anda ketika berkendara berbelok di malam hari.

Review Mazda CX-5 Grand Touring 2020: Eksterior Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Mazda CX-5 Grand Touring 2020 berwarna abu-abu 
Eksterior samping Mazda CX-5 Grand Touring 2020

Dengan perubahan minor untuk keseluruhan model, siluet sampingnya masih menghadirkan tampilan yang berotot dengan garis-garis yang halus. Tampilannya polos, tanpa ada pemanis seperti aksen chrome atau skid plate. Untuk melengkapi tampilannya yang besar dan berotot, ban berukur 225/55 dipasangkan dengan velg 19 inci.

Review Mazda CX-5 Grand Touring 2020: Eksterior Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Mazda CX-5 Grand Touring 2020 berwarna abu-abu
Eksterior belakang Mazda CX-5 Grand Touring 2020

Beralih ke bagian belakang, tak banyak perbedaan yang terlihat. Pembedanya terdapat pada aksen silver yang juga ditemukan pada bumper bawah. Dan untuk membedakan mobil ini dengan varian Elite, tidak ada emblem Elite pada bagian bawah logo CX-5 di sisi kiri pintu belakang. Pembuka pintu bagasi sudah dilengkapi dengan pengoperasian elektrik, walaupun belum bisa dibuka dengan ayunan kaki.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Mazda CX-5 2020

Senada dengan tampilan luar yang cantik, interior Mazda CX-5 Grand Touring 2020 menghadirkan tampilan yang ergonomis untuk mendukung pengemudi selama berkendara. Tampilannya terasa lebih mewah dengan adanya detail kecil pada sill plate bertuliskan CX-5 yang akan menyala ketika pintu dibuka. Varian standar sudah mendapatkan karpet yang lebih tebal untuk meningkatkan kenyamanan Anda dan penumpang.

Review Mazda CX-5 Grand Touring 2020: Dashboard

Perpaduan material soft touch dengan aksen berwarna silver serta panel kayu memberikan kesan elegan ketika masuk ke dalam mobil. Masih sama seperti versi sebelum facelift, Anda bisa melihat perpaduan kenop konvensional dengan fitur touchscreen. Tampilannya yang mewah pun berlanjut pada konsol tengah yang dipenuhi fitur menarik milik Mazda.

Gambar menunjukkan dashboard Mazda CX-5 Grand Touring 2020 berwarna hitam
Dashboard Mazda CX-5 Grand Touring 2020

Walaupun varian menengah, Anda bisa mendapatkan display berteknologi layar sentuh 8.0 inci pada dashboard Mazda CX-5 Grand Touring 2020. Sayangnya kehadiran layar 8.0 inci terkesan terlalu kecil dibandingkan dengan model premium lainnya. Layar 12.3 inci bisa menjadi pilihan yang pas.

Review Mazda CX-5 Grand Touring 2020: Setir

Gambar menunjukkan setir Mazda CX-5 Grand Touring 2020 berwarna hitam 
Setir Mazda CX-5 Grand Touring 2020

Setir berlapis kulit terasa menyenangkan ketika dibawa berkendara. Terdapat tombol yang akan memudahkan Anda mengatur berbagai fitur dan teknologi pada saat mengemudi, seperti tombol audio. Untuk memberikan kenyamanan berkendara, pengemudian yang dibantu secara elektrik memberikan respons yang memuaskan.

Review Mazda CX-5 Grand Touring 2020: Kursi

Mazda tetap memberikan kenyamanan premium bagi penumpang di dalam mobil ini, terlihat dari ruang kaki dan ruang kepala tetap lapang, sama seperti sebelumnya. Kursi baris kedua pun bisa menopang kaki Anda dengan baik. Penumpang di belakang sudah mendapatkan ventilator AC, walaupun belum bisa diatur secara individual.

Gambar menunjukkan kursi Mazda CX-5 Grand Touring 2020 berwarna hitam 
Kursi Mazda CX-5 Grand Touring 2020

Posisi duduk cukup nyaman. Anda bisa merebahkan kursi baris kedua, walaupun tidak banyak, tetapi efektif untuk memberikan kesan nyaman selama berkendara. Akses masuk ke kursi baris kedua terasa lebih nyaman dengan bukaan pintu yang hampir mencapai 90 derajat. Memudahkan penumpang dengan postur yang cukup besar.

Review Mazda CX-5 Grand Touring 2020: Bagasi

Salah satu keuntungan mobil ini adalah ruang bagasi yang masih cukup besar, 442 liter, meski lebih kecil dibandingkan generasi kedua. Anda bisa menyimpan koper hingga berbagai perlengkapan harian tanpa takut kekurangan tempat. Untuk menambah kapasitas bagasi, Anda bisa melipat bangku baris kedua berkonfigurasi 40:20:40 serta melepas cover bagasi yang terdapat pada pintu belakang.

>>> Baca juga:

FITUR Mazda CX-5 2020

Kerapatan kabin masih menjadi salah satu keunggulan Mazda CX-5. Dibalut perpaduan material soft-touch dan plastic keras, perjalanan Anda akan ditemani oleh sound system premium Bose yang akan memutar musik dari sistem infotainment berintegrasi Android Auto dan Apple CarPlay yang bisa disambungkan melalui slot USB yang tersedia di konsol tengah.

Mazda sepertinya menyadari bahwa gadget telah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat saat ini. Buka armrest yang ada pada bangku baris kedua, maka Anda akan mendapatkan dua slot USB berdaya 2.1A untuk mengisi daya smartphone Anda.

Gambar menunjukkan layar Mazda CX-5 Grand Touring 2020 berwarna hitam 
Fitur dalam Mazda CX-5 Grand Touring 2020

Sayangnya, varian Grand Touring belum mendapatkan instrument kluster full MID sebagaimana yang ditemukan pada varian tertinggi, CX-5 Elite. Hanya ada tampilan analog untuk tachometer dan speedometer serta tampilan monokrom untuk kapasitas bahan bakar dan jarak yang tersedia . Fitur Mazda CX-5 Grand Touring 2020 bahkan tidak dilengkapi tampilan kecepatan rata-rata.

Review Mazda CX-5 Grand Touring 2020: Fitur Keselamatan Aktif

Kelemahan mobil varian menengah adalah fitur yang sengaja dihilangkan. Untuk Grand Touring, Anda tidak akan menemukan fitur Smart City Brake Support (SCBS), Rear Cross Traffic Alert dan Blind Spot Monitoring Assist. Namun tak perlu takut, Anda masih dijaga oleh sederet fitur keselamatan Mazda lainnya, seperti kontrol traksi, sensor parkir dengan kamera 360 derajat.

>>> Mengulik Cara Integrasi Smartphone Dengan MZD Connect Terbaru

OPERASI Mazda CX-5 2020

Hanya berupa perubahan minor, Mazda belum melakukan perubahan pada mesin dan kaki-kaki mobil ini. CX-5 masih menggunakan mesin SkyActiv 2.5 L bertenaga 190 ps pada 6.000 rpm sedangkan torsi maksimal tercatat 251 Nm pada 3.250 rpm. Membuat pengendaraannya semakin menyenangkan seperti model pra-facelift.

Bantingan suspensi yang empuk dipadukan akselerasi yang cukup cepat bagi mobil bergenre SUV dengan catatan 0-100 km/jam hanya dalam 8,9 detik. Bersanding konsumsi bahan bakar yang terbilang irit, kisaran 10,9 km/liter untuk perjalanan dalam kota serta konsumsi yang lebih efisien, 16,5 km/liter untuk pengendaraan di luar kota atau di jalan tol.

Gambar menunjukkan mesin Mazda CX-5 Grand Touring 2020 berwarna hitam
Mesin Mazda CX-5 Grand Touring 2020 masih tetap sama

Mazda CX-5 juga bisa dibilang sebagai salah satu medium SUV yang paling menyenangkan untuk dikemudikan. Tentu saja berdasarkan filosofi Jinba Ittai milik Mazda yang menghubungkan pengendara dengan tunggangannya. Anda bisa merasakan kontur jalanan selama mengemudi, bahkan ketika melewati kerikil berkat suspensinya yang kaku.

Semua varian juga sudah mendapatkan fitur G Vectoring Control Plus yang akan meminimalisir goyangan yang dirasakan penumpang ketika melewati tikungan. GCV+ akan bekerja secara simultan dengan kontrol traksi untuk memutuskan keluaran tenaga ketika berbelok sehingga keluaran torsi berkurang.

>>> Begini Cara Kerja G-Vectoring Control Plus Pada Mazda 2 Facelift 2019

spesifikasi Mazda CX-5 2020

Sebagai varian menengah CX-5 yang dipasarkan di Tanah Air, berikut spesifikasi Mazda CX-5 Grand Touring 2020 yang bisa Anda dapatkan.

Dimensi Mazda CX-5 Grand Touring 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

4.550 x 1.840 x 1.680 mm

Jarak Poros Roda

2.700 mm

Mesin Mazda CX-5 Grand Touring 2020

Tipe Mesin

SkyActiv 2.5L 4-silinder

Kapasitas Silinder

2.488 cc

Tenaga Maksimal

190 ps @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

251 Nm @ 3.250 rpm

Akselerasi (0-100 km/jam)

8,9 detik

Sistem Penggerak

Front-wheel0drive

Transmisi

Otomatis 6-percepatan

Konsumsi Bahan Bakar

10,9 km/l (dalam kota) dan 16,5 km/l (tol)

Kaki-Kaki Mazda CX-5 Grand Touring 2020

Suspensi Depan

MacPherson strut

Suspensi Belakang

Multi-link

Ukuran Ban

255/55 R19

kelebihan & kekurangan Mazda CX-5 2020

Berada di varian menengah tak membuat Grand Touring kehilangan pesonanya, meski masih ada kekurangan yang dirasakan. Berikut kelebihan dan kekurangan Mazda CX-5 Grand Touring 2020.

Kelebihan

Kekurangan

Tak mengecewakan dengan rasa berkendara yang menyenangkan khas Mazda

Ukuran head unit yang masih kecil

Konsumsi bahan bakar yang cukup irit

Masih ada fitur yang dipangkas

Eksterior yang sensual dan kabin premium dengan perpaduan soft touch dan aksen kayu

Perbandingan harga yang tak terlalu jauh dengan varian Elite yang memiliki fitur lebih lengkap

daftar harga Mazda CX-5 2020

Harga Mazda CX-5 Grand Touring 2020 saat ini dibanderol mulai dari Rp548 jutaan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, varian menengah ini hanya berbeda Rp40 juta dibandingkan varian Elite yang menjadi varian tertinggi CX-5. Jika Anda ingin merasakan kenyamanan berkendara khas premium SUV namun dengan harga yang tak jauh berbeda dengan medium SUV lainnya, mobil ini bisa menjadi pilihan.

Video Mazda CX-5 2020

Setelah diperkenalkan akhir tahun lalu, tim Cintamobil TV berkesempatan untuk merasakan bagaimana rasanya mengendarai edisi terbaru CX-5 ini. Untuk lebih lengkapnya, lihat lagi video Mazda CX-5 Grand Touring 2020 berikut ini.

KESIMPULAN Mazda CX-5 2020

Mazda CX-5 Grand Touring 2020 yang baru saja mendapatkan facelift beberapa waktu lalu tetap menghadirkan tampilan yang mewah dan elegan. Tanpa ada perubahan mesin dan suspensi, mengendarai mobil ini terkesan menyenangkan. Belum lagi mesinnya yang bertenaga tapi tetap memiliki efisiensi bahan yang tinggi.

mobil baru Mazda CX-5 Grand Touring 2020 berwarna abu-abu 
Tampilan yang elegan varian menengah Mazda CX-5 Grand Touring 2020

Namun beberapa fitur terlihat dipangkas dibandingkan varian tertinggi. Tentu saja untuk memberikan rasa keadilan bagi varian Elite yang dibanderol lebih mahal. Tapi jika Anda memiliki kocek Rp40 juta lebih untuk membeli mobil ini, varian Elite dengan teknologi dan fitur keselamatan yang lebih lengkap bisa Anda pertimbangkan.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil