Review Mazda CX-3 2016: Luxury Club Harus Coba Mobil Ini

05/01/2019
editor rate: 4,6 user rate: 3,7
Mengamati tren otomotif masa kini yang cenderung ke arah Sport Utility Vehicle (SUV) Crossover, membuat kami teringat akan Mazda CX-3. Bahasa desain lugas ala Mazda dipadu fitur paling lengkap dibanding kompetitornya, sengaja dirancang untuk memenangkan pasar SUV Premium. Sudah saatnya, kendaraan produksi Mazda untuk dilirik dan mencoba merasakannya lebih jauh. Untuk itu, marilah kita simak review Mazda CX-3 2016.

PENGANTAR Mazda CX-3 2016

Review Mazda CX-3 2016 - Pabrikan asal Jepang satu ini memang dikenal kuat akan cita rasa eksterior-nya. Sama halnya dengan model SUV bergaya Crossover yang akan dibahas kali yakni Mazda CX-3. Bodinya diadopsi langsung dari Mazda 2, menampilkan kesan mulus nan stylish namun masih eksklusif. Perbedaannya hanya terletak pada rangka bodi yang lebih maskulin dan kekar.

Perkenalan perdananya dilakukan di Los Angeles Auto Show 2014 dan siap dipasarkan di tahun 2016. Amerika menjadi negara pertama yang disasar dan dilanjutkan ke beberapa negara Asia termasuk Indonesia di tahun 2016. Untuk mengetes minat masyarakat, Mazda CX-3 mulai diperkenalkan pada GAIKINDO International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2016.

Mazda CX-3 2016 berdiri dalam kategori SUV Crossover

Sosok Mazda CX-3 memang sangat mengesankan terutama dalam kualitas cat-nya karena menggunakan Takumi Nuri

Melihat respon positif dari masyarakat Tanah Air, akhirnya  PT. Eurokars Motor Indonesia (EMI) memutuskan CX-3 untuk masuk dapur produksi sejak acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017. Kehadirannya sendiri terbilang kontroversial.  Secara dimensi, pesaing sekelasnya  adalah Nissan Juke, Toyota C-HR dan Honda HR-V. Namun  jika ditilik dari harga, sosoknya sepadan  dengan Honda CR-V. Apakah mobil ini layak untuk dimiliki? Menjawab hal tersebut, kami akan mengulas lebih lengkap dari varian tertingginya yakni GT Touring. Berikut review Mazda CX-3 2016.

EKSTERIOR Mazda CX-3 2016

Secara dimensi, eksterior Mazda CX-3 2016 terbilang paling kecil daripada pesaingnya. Meski begitu, perawakannya terlihat cukup tinggi ditunjang oleh ban berukuran besar di angka 215/50 R18. Adapun konsep bodinya menerapkan konsep KODO Soul of Motion, ciri khas tersendiri dari Mazda.

Review Mazda CX-3 2016: Eksterior Depan

Dibanding Toyota CH-R yang menampilkan esensi lebih agresif, Mazda CX-3 terkesan lebih minimalis dengan Grille berlatar hitam dan pelipis krom. Untuk menunjang tampilan ala Crossover, lampu depannya menggunakan bentuk menyipit dan sudah didukung fitur lengkap. Sebut saja, lampu LED Daytime Running Light (DRL) dan Automatic Levelling On/Off yang semakin memperkaya fungsi pencahayaannya. Bahkan, hal tersebut juga ditunjang kuat dengan lampu kabut berkonfigurasi LED. Sudah barang pasti, Anda akan merasakan sensasi berkendara aman ketika melaju di malam hari.

Eksterior depan Mazda CX-3 2016 sudah didukung konfigurasi LED pada setiap lampunya

Wajah depan Mazda CX-3 dikemas cukup minimalis serta dipersenjatai fitur canggih

Review Mazda CX-3 2016: Eksterior Samping

Berbeda dengan kompetitornya yang menerapkan desain patahan atau berotot, Mazda CX-3 tampil lebih polos. Memberi sensasi eksklusif sendiri ketika mengamatinya. Apalagi, jika Anda mau mengambil waktu lebih lama mengamati bodinya, Anda akan terkesima dengan warna bodinya yang terkesan lebih mengkilap daripada pesaing di kelasnya. Jawabannya terletak pada teknologi pengecatan Mazda yang disebut Takumi-Nuri. Dipadu dengan ban berukuran 18 inci, sungguh menjadi sajian yang sempurna untuk sebuah SUV bergaya Crossover.

Eksterior samping Mazda CX-3 2016 terlihat maskulin dengan ban berukuran 18 inci

Desain ala Crossover juga bisa diamati pada sisi Fender dan atapnya yang landai

Review Mazda CX-3 2016: Eksterior Belakang

Bodi belakangnya juga tak luput dari hal mengesankan. Bisa diamati pada lampu LED bergaya menyipit persis dengan lampu pada lini depan. Memberi keseimbangan desain yang tajam namun tetap eksklusif. Di sisi lain juga dihadirkan Dual Tail Pipe sebagai pemanis akhir dari keseluruhan bodinya.

Eksterior belakang Mazda CX-3 2016 dilengkapi dengan Dual Tail Pipe

Bodi belakangnya juga dilengkapi dengan lampu LED berdesain sipit mirip pada lampu depannya

>>> Baca juga:

INTERIOR Mazda CX-3 2016

Semua fitur berteknologi mumpuni, tersaji lengkap pada ruang interior Mazda CX-3 2016. Mengusung filosofi Jinba-Ittai, Mazda mengedepankan tata ruang dan fitur yang mampu menyatukan hasrat pengendara dengan arah laju dari produknya. Namun sayangnya, ada beberapa kekurangan yang kami temui dalam kabinnya.

Review Mazda CX-3 2016: Dashboard

Memang patut diacungi jempol, desain dashboard-nya dikemas dengan nuansa minimalis seperti pada Mazda 2. Balutan material dashboard juga sangat mewah dengan memanfaatkan bahan kulit serta jahitan rapi. Semua halnya terasa rapi dan Premium.

Dashboard Mazda CX-3 2016 menyuguhkan berbagai fitur canggih

Dashboard Mazda CX-3 dihias minimalis namun masih tetap eksklusif mirip desain pada Mazda 2

Pada sisi tengah juga disematkan layar MZD Connect berukuran 7 inci Touchscreen yang bisa mengoperasikan musik serta video. Sejatinya beberapa format modern sudah disediakan namun sayangnya belum mendukung Android Auto dan Apple CarPlay.

Review Mazda CX-3 2016: Setir

Merambah ke kemudi setirnya, Anda disuguhkan bahan kulit yang super mewah. Sensasi ketika menggenggamnya terasa sangat Premium, apalagi sudah tersedia banyak tombol multifungsi yang disematkan. Sebut saja, pengaturan audio, konektivitas, Cruise Control dan Paddle Shift sudah menjadi fitur standar-nya.

Setir Mazda CX-3 2016 sudah dilengkapi dengan tombol pengaturan audio, Cruise Control dan konektivitas

Dari kemudi setir, banyak sekali tombol multifungsi yang siap menambah esensi praktis Anda dalam berkendara

Review Mazda CX-3 2016: Kursi

Dikarenakan dimensi Wheelbase-nya yang cukup kecil dibanding kompetitor lainnya, kursi belakangnya terasa kurang akomodatif. Ruang kaki terasa sangat sempit dan hampir tidak ada ruang untuk berselonjoran. Di sisi lain, penumpang juga tidak bisa melakukan apapun karena tidak ditemukan fitur menarik pada bangku belakangnya. Namun hal tersebut cukup tertolong karena kursinya terasa nyaman dengan balutan kulit berkualitas.

Kursi Mazda CX-3 2016 terasa kurang lega pada bangku belakang

Kursi belakangnya terasa kurang lega khususnya pada ruang kaki

Review Mazda CX-3 2016: Kapasitas Bagasi

Kekurangan lain dari mobil ini adalah kapasitas bagasinya. Pasalnya, dengan mode kursi tegak semua, ruang bagasi yang hanya tersisa 264 Liter. Tentu hal ini sangat berbeda jauh dengan kompetitor lainnya yang memiliki ruang lebih lega di angka 400 Liter. Hal ini terjawab dari rangka bodi Mazda CX-3 yang menggunakan atap landai serta Rear Overhang berdimensi rendah. Memang dalam hal ini, kami membaca Mazda CX-3 menonjol dari segi desain namun tidak begitu akomodatif.

Ruang bagasi Mazda CX-3 2016 hanya memiliki kapasitas 264 Liter

Ruang bagasi Mazda CX-3 2016 juga kalah lega dibanding pesaing lainnya

>>> Artikel terkait:

FITUR Mazda CX-3 2016

Setelah mengetahui beberapa kekurangannya, jangan berkecil hati. Pasalnya, fitur Mazda CX-3 2016 terbilang paling lengkap dibanding pesaing lainnya.

Review Mazda CX-3 2016: Fitur Keselamatan

Hal paling kami sukai dari Mazda CX-3 terletak pada fitur pencahayaan yang sudah Auto Levelling dan fungsi wiper yang bisa aktif secara otomatis ketika mendeteksi hujan. Di sisi lain, mobil ini tampil terdepan dalam masalah performa. Hal ini bisa diamati dari penggunaan teknologi pengereman yang kami “Trio Brake” yakni Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Esensi mengesankan lainnya juga ditawarkan dari segi kestabilan yang menerapkan teknologi Dynamic Stability Control (DSC) serta Traction Control (TRAC).

Berdiri sebagai SUV, mobil ini juga dipersenjatai dengan teknologi Hill Launch Assist (HLA) sehingga memudahkan Anda untuk menaiki tanjakan. Menariknya lagi, teknologi mutakhir i-Activsense juga diaplikasikan pada Mazda CX-3 seperti mengingatkan posisi pengendara lain ketika berada di titik buta (Blind Spot Monitoring) dan sensor yang aktif ketika ada dua kendaraan mendekat khususnya ketika melaju mundur (Rear Cross Traffic Alert).

Fitur Keselamatan Mazda CX-3 2016 tampil sangat lengkap terutama dalam hal pengereman

Salah satu teknologi i-Activsense seperti Rear Cross Traffic Alert juga telah disematkan untuk menunjang keselamatan lebih

Review Mazda CX-3 2016: Fitur Hiburan

Dari segi hiburan sendiri, Mazda CX-3 mengandalkan panel Head Unit MZD Connect. Menerapkan ukuran 7 inci dan disematkan pada sisi teratas dashboard, menjadi pembeda utama daripada mobil-mobil lainnya. Sejatinya, inilah desain ikonik yang ditawarkan Mazda, minimalis namun tetap berkelas. Semua halnya beroperasi dengan baik namun cukup disayangkan belum mendukung format Apple CarPlay dan Android Auto.

Fitur hiburan Mazda CX-3 2016 mengandalkan panel Head Unit 7 inci MZD Connect

Panel Head Unit berukuran 7 inci sudah siap memberi hiburan untuk menemani perjalanan Anda

Kenyamanan lain juga ditawarkan dari fitur penyejuk Full Automatic Air Conditioning (AC). Tidak menggunakan konfigurasi Digital namun masih menerapkan pengoperasian dari Knob. Meski terasa kurang futuristik namun nuansa ergonomisnya cukup terasa. Di sisi lain juga tersedia Active Driving Display yang diposisikan di atas setir. Fitur satu ini memberi fungsi menarik supaya pengendara tetap dapat berkonsentrasi ke arah jalan.

Active Driving Display Mazda CX-3 2016 terlihat minimalis dan memberi kesan futuristik bagi pengendara

Tersedia juga panel Active Driving Display untuk memberi informasi menarik seputar kendaraan

>>> Jika Anda ingin tahu model besutan Mazda lainnya, Anda bisa mengamatinya dengan klik link ini

OPERASI Mazda CX-3 2016

Membahas operasi mesin Mazda CX-3 2016, ditemui ada sisi positif dan negatif. Dari aspek positif, mesinnya menggunakan kapasitas besar di angka 1.998 cc SKYACTIV-G yang berhasil mengungguli semua kompetitornya. Diaplikasikan dengan transmisi 6 percepatan otomatis, mesinnya mampu memberikan daya hingga 149 PS dengan torsi puncak 195 Nm. Sebuah hal mengesankan yang ditawarkan oleh Mazda.

Apalagi ketika Anda mengaktifkan tuas mode Sport pada Console-nya. Anda seketika akan merasakan performa mesin yang sangat responsif dan bertenaga. Injakan pedal pertama langsung terasa menggigit dengan hentakan akselerasi yang mengesankan. Bahkan, proses manuver terasa sangat responsif mengikuti arah setir secara presisi. Pantas saja, kami menemukan bahwa teknologi G-Vectoring Control juga disematkan pada Mazda CX-3. Luar biasa, luar biasa.

Operasi Mesin Mazda CX-3 2016 mampu memberikan daya hingga 149 PS

Mesin Mazda CX-3 terbilang unggul karena menggunakan kapasitas besar

Setelah puas merasakan akselerasi dan performa bertenaga dari mesinnya, kini kami hendak membahas sisi negatif yang disebutkan sebelumnya. Dikarenakan mobil ini menerapkan mesin 2.0 Liter sehingga biaya pajak terasa membebani pada harga jualnya. Tak dipungkiri, mobil satu ini dibanderol dengan harga cukup fantastis.

>>> Bandingkan juga dengan model SUV yang tak kalah mengesankan lainnya

spesifikasi Mazda CX-3 2016

Penting bagi kami untuk kembali mengingatkan bahwa varian yang kami bahas adalah GT Touring. Berikut spesifikasi Mazda CX-3 2016.

SPESIFIKASI MAZDA CX-3 2016

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.275 mm x 1.765 mm x 1.535 mm

Jarak Poros Roda

2.570 mm

Jarak Pijak Depan

1.525 mm

Jarak Pijak Terendah

160 mm

Radius Putar Minimum

5,3 m

Berat Kosong

1.730 Kg

MESIN

Tipe Mesin

2.0 Liter 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC SKYACTIV-G

Kapasitas Silinder

1.998 cc

Daya Maksimum

149 PS / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

195 Nm / 2.800 Rpm

Rasio Kompresi

13:1

Sistem Transmisi

6 Tingkat Percepatan Otomatis

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam Axle

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Solid Discs

Ukuran Ban

215/50 R18

Sistem Kemudi

Rack & Pinion dengan Tilt, Telescopic dan Electronic Power Steering

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Rekomendasi Bahan Bakar

91RON

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

48 Liter

kelebihan & kekurangan Mazda CX-3 2016

Merangkum apa yang sudah kami bahas sebelumnya, berikut kelebihan dan kekurangan Mazda CX-3 2016.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain eksterior Mazda memang mengesankan khususnya dalam kualitas cat yang menerapkan teknologi Takumi Nuri

Bangku belakang terasa sangat sempit

Performa mesin siap diadu dengan pesaing lainnya

Kapasitas bagasi kurang akomodatif dengan mode semua kursi tegak

Fitur keselamatan tersaji sangat lengkap dan bahkan terlengkap di beberapa kompetitornya

Harganya terbilang mahal dibanding pesaing sekelasnya

 

daftar harga Mazda CX-3 2016

Salah satu kekurangannya terletak pada masalah harga karena memang mobil ini dirancang untuk menduduki kasta Premium. Inilah daftar harga Mazda CX-3 2016.

TIPE MOBIL

HARGA MAZDA CX-3 BARU

Mazda CX-3 GT

IDR. 442.800.000

>>> Klik sini untuk lihat harga dan promo mobil-mobil lainnya

Video Mazda CX-3 2016

KESIMPULAN Mazda CX-3 2016

Seakan tak ingin mengedepankan aspek akomodatif, Mazda CX-3 kuat dalam hal eksterior, teknologi serta performa mesin jempolan. Desainnya yang anggun ala Crossover membuat kapasitas bagasi kurang lapang dibanding kompetitornya. Bahkan, kursi belakang kurang begitu lega khususnya dalam ruang kaki. Namun tak perlu khawatir, segala kekurangan tersebut terobati seketika Anda mengendarainya. Mesin yang bertenaga dengan segala teknologi mumpuni, membuat Anda melupakan kekurangan tadi. Memang kami akui, Mazda CX-3 2016 Indonesia adalah mobil SUV Crossover dengan konsep Driver's Oriented. Sejalan dengan filosofi Jinba-Ittai yang diusungnya.

Lantas apa pendapat Anda ketika mengamati mobil satu ini? Anda bisa menuliskannya di kolom komentar ya sobat.

>>> Mari klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Franky Pratama
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

  • Spesifikasi Mazda CX-3 2017

    Mazda nampaknya tak ingin kehilangan momentum meluncurkan mobil berjenis SUV. Pasalnya, mobil tersebu memang tengah ...

    SUV User rate: 4,0 Editor rate: 4,5
  • Review Mazda CX-3 2018

    Mungkin Mazda yang menjadi salah satu pabrikan bukan hanya fokus pada desain unik namun juga membangun mesin yang khas untuk ...

    Crossover User rate: 4,5 Editor rate: 4,0
  • Review All New Mazda CX-9 2019

    Inilah penantang tangguh merek kondang asal Jerman, ia datang dengan paket lengkap. Mesin kencang, fitur lengkap, dan jangan ...

    SUV User rate: 4,0 Editor rate: 4,5

Cari review mobil