Review Mazda BT-50 Pro Thunder 4x4 2019

04/10/2018

Share this post:

Mazda BT-50 2019

Editor rate:

Lihat promo

Siapa tidak kenal Esemka, si mobil dengan sejuta kontroversi tersebut memang menjadi buah bibir hingga kini. Eits,namun sekarang kita tidak membahas mobil nasional yang jadi buah bibir itu, melainkan kita akan review Mazda BT-50 Pro Thunder 4x4 2019, yang bakal menjadi bakal rival kuat Foday alias Esemka Digdaya dual cabin. Mobil berdesain cantik ini masuk dalam kelas mobil dual cabin. Berikut ini Review Mazda BT-50 Pro 2019, Ini dia bakal rival kuat Foday alias Esemka dual cabin.

Review Mazda BT-50 Pro Thunder 4x4 2019
Review Mazda BT-50 Pro Thunder 4x4 2019
0 Gambar

Pengantar Mazda BT-50 2019

Mari kita simak spesifikasi Mazda BT-50 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Desain Gagah, Macho dan Mewah

Fitur lengkap, dan diprediksi jago off-road

Model abadi dan paling cantik dikelasnya

Kekurangan

Masih menggunakan basis lama

Tenaga mesin diatas kertas kurang menggugah

Interior seharusnya bisa lebih revolusioner

Tampak sebuah Mazda BT-50 Pro Thunder 4x4 2019

Tampilan Mazda BT-50 Pro Thunder 4x4 2019

Review Mazda BT-50 Pro Thunder 4x4 2019 - Persaudaraan antara brand asal Amerika yakni Ford dengan produsen mobil asal Jepang Mazda cukup banyak melahirkan mobil dengan alih teknologi alias serupa namun tak sama. Salah satunya adalah Mazda BT-50 yang awalnya hadir dengan basis Ford Ranger di 2006 dengan kode bodi J97M. Mazda BT-50 pertama kali hadir didepan khalayak publik pada bulan Maret 2006, tepatnya pada tanggal 22 di ajang pameran Bangkok Motor Show pada tahun yang sama.

Tampak sebuah penerus calon mobil nasional Indonesia Esemka Digdaya 2019

Mobil nasional Indonesia Esemka Digdaya 2019

Mazda BT-50 hadir dalam 3 varian besar yang dibedakan dengan jumlah pintu mobil yang digunakannya. Yakni Mazda BT-50 dengan 2 pintu pick up, 2 pintu extend atau yang lebih dikenal dengan RAS Cabin, dan versi 4 pintu. Nah berikut ini adalah review Mazda BT-50 Pro Thunder 4x4 2019 oleh kami dari Cintamobil.com yang menjadi bakal rival kuat Foday alias Esemka Digdaya Dual Cabin.

Eksterior Mazda BT-50 2019

Review Mazda BT-50 Pro Thunder 4x4 2019: Tampak Depan

Tampak sebuah mobil Mazda BT-50 Pro 2019

Desain aerodinamis dari Mazda BT-50 Pro Thunder 2019 membuatnya tampil cantik sekaligus kekar

Oke mungkin Anda pembaca setia Cintamobil.com akan sedikit merasa bosan terhadap cara kami me-review mobil secara 360 derajat. Namun, kami menilai cara seperti ini tetap dianggap perlu, karena akan mempermudah Anda untuk menilai bagian eksterior mobil secara keseluruhan. Langsung saja, kami sangat menyukai desain lampu utama yang besar khas Mazda BT-50 Pro. Memang, desainnya secara keseluruhan tidak ada ubahan berarti sejak 2011, namun desain lampu 'belo' seperti ini seakan menjadi ciri khas desainnya.

Tampak grill horizontal Mazda BT-50 Pro 2019

Desain grill Mazda BT-50 Pro Thunder 2019 ini tampak bold dan menambah kesan mewah

Hanya saja yang patut disayangkan desain dari dual cabin andalan Mazda ini masih belum mengadopsi bahasa desain terbaru dari Mazda Kodo Design yang kini menjadi ciri khas Mazda di dunia. Grill horizontal berdesain baru yang tampak 'bold' dan dilabur dengan kelir brushed aluminium menambah kesan mewah dari mobil ini. Belum lagi penggantian bumper depan yang kini desainnya semakin agresif dengan penerapan plastik warna hitam yang mengeliingi foglamp menambah daya tarik dari mobil dual cabin ini.

Tampak depan bumper dari Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

Desain bumper dari Mazda BT-50 Pro Thunder 2019 keren dan garang

Review Mazda BT-50 Pro Thunder 2019: Tampak Samping

Tampak sebuah Mazda BT-50 Pro Thunder 2019 dilihat dari samping

Kesan aerodinamis terus terpancar dari Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

Lanjut ke bagian samping mobil ini kesan aerodinamis terus terpancar dari dual cabin andalan Mazda ini. Meski begitu, Mazda BT-50 Pro Thunder 2019 ini tetap tidak meninggalkan aura jantannya. Lihat saja pelek besar ber-baut 6 dibalut dengan ban tebalnya, tampak serasi dengan fender gemuknya baik dibagian depan maupun belakang. Oh ya, foot step berkelir aluminium brushed dengan campuran plastik warna hitam juga akan mempermudah baik penumpang maupun pengemudi untuk naik turun di mobil ini. Satu lagi, kami suka desain stiker bertuliskan 'thunder' pada pintu depan dan belakang mobil ini.

Tampak samping Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

Kekar namun juga mewah, kelebihan bagi Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

Review Mazda BT-50 Pro Thunder 2019: Tampak belakang

Jika Anda car enthusiast sejati pasti Anda akan kecewa dengan minimnya ubahan pada bagian buritan Mazda BT-50 Pro Thunder 2019 ini, karena bentuknya masih sama saja dengan yang telah beredar 8 tahun yang lalu. Namun, Anda jangan kecewa dulu, karena Mazda BT-50 Pro Thunder 2019 adalah salah satu dual cabin dengan desain tercantik bila dibandingkan dengan rival-rival lain yang dominan punya desain kokoh, nan ganteng. Oh ya, kini ada lampu tambahan lho pada bagian awah stoplampnya. Makin keren juga fungsional.

Tampak sebuah Mazda BT-50 Pro Thunder 2019 sedang difoto pada bagian belakang

Mazda BT-50 Pro Thunder 2019 merupakan salah satu dual cabin tercantik bila dibandingkan dengan rivalnya

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Mazda BT-50 2019

Review Mazda BT-50 Pro Thunder 2019: Layout Interior

Tampak layout interior Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

Layout interior Mazda BT-50 Pro Thunder 2019 terasa usang bila dibandingkan dengan rival-rivalnya

Beralih ke interior mobil ini, pada saat awal kemunculannya di 2011 memang desain layout interior seperti ini termasuk revolusioner, namun untuk saat ini menjadi biasa saja. Malah menurut kami bila dibandingkan denga rival-rivalnya layout interior dari Mazda BT-50 Pro Thunder 2019 ini tampak cenderung bermain aman. Mungkin ini juga hal yang menjadi penyebab mobil ini masih 'panjang umurnya'. Selain itu, efek positif desain interior yang sederhana seperti ini adalah enggak membosankan bagi sebagain orang dan juga mudah jika Anda ingin menaruh aksesoris eksternal mobil seperti dudukan handphone.

Review Mazda BT-50 Pro Thunder 2019: Tweeter 

Tampak fitur Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

Tweeter akan membuat kualitas reproduksi suara audio semakin baik di Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

Demi memperbaiki kualitas dari reproduksi suara audio pada Mazda BT-50 Pro Thunder 2019, pihak Mazda kini menyematkan twitter ganda pada mobil ini. Twetter akan berfungsi untuk menaikkan suara vokal dari penyanyi favorit Anda. Jika kualitas audio bagus, maka secara otomatis Anda akan lebih betah berlama-lama dalam mengendarai mobil dual cabin ini. Apalagi Mazda dikenal memiliki kualitas peredaman kabin yang baik, sehingga suara bising dari luar mobil seperti suara ban, suara angin, serta mesin akan tereduksi tidak masuk kedalam kabin. 

Review Mazda BT-50 Pro Thunder 2019: Kontrol AC digital

Tampak salah satu pengontrol AC digital pada Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

Kontrol AC digital pada Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

Meski didaulat sebagai mobil pekerja, namun Mazda tidak melupakan unsur kemewahan. Buktinya Mazda BT-50 Pro Thunder 2019 ini masih tetap tersemat fitur kontrol AC digital. Memang kelengkapan kabin seperti ini bukanlah hal baru pada mobil sekelas pabrikan besar seperti Mazda, namun setidaknya pengaturan AC akan membuat pengontrolan jauh lebih mudah dan pengemudi maupun penumpang akan merasakan kesejukan AC mobil dengan kecepatan pendinginan yang cepat dan ini cocok sekali di negara dengan dominan iklim tropis seperti Indonesia.

Review Mazda BT-50 Pro Thunder 2019: Fitur pada MID

Tampak salah satu fitur Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

Salah satu fungsi MID pada Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

Lagi-lagi ini bukan hal baru pada mobil Jepang sekelas Mazda, namun rasanya hal ini tetap perlu kami bahas. Multi Information Display (MID) pada mobil ini mampu menampilkan berbagai fungsi pada mobil. Seperti jarak sisa yang dapat ditempuh dengan sisa bahan bakar yang ada, suhu luar kendaraan, kecepatan rata-rata, dan tidak lupa konsumsi bahan bakar rata-rats serta real time. Come on Mazda, kami butuh lebih dari sekedar ubahan minor pada Mazda BT-50 Pro Thunder 2019 ini.

>>> Baca juga:

Fitur Mazda BT-50 2019

Review Mazda BT-50 Pro Thunder 2019: Fitur Hill Descend Control dan Launch Hill Assist

Fitur Hill Descent Control Pada Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

Fitur Hill Descent Control akan membantu mobil melewati turunan curam dan licin

Dengan fitur Hill Descend Control yang tersemat pada Mazda BT-50 Pro Thunder 2019 ini, keamanan Anda saat melewati cerukan atau turunan curam nan licin akan semakin aman dan mudah untuk dilakukan. Karena ketika fitur ini diaktifkan pada jalanan menurun yang curam secara otomatis komputer dengan sensor gyro-nya, bersama dengan ECU akan terkoneksi dengan ABS pada mobil, lalu kemudian menahan rem untuk Anda. Begitu juga dengan Hill Launch Assist pada mobil dual cabin andalan Mazda ini. Ketika komputer membaca kemiringan tertentu, maka secara otomatis rem akan aktif dan menahan mobil ini di tanjakan. Kami berani garansi ibu-ibu yang baru belajar mengemudi pun akan dengan mudah menguasai mobil ini.

Review Mazda BT-50 Pro Thunder: Electronic Brake Distribution

Fitur Electronic Brake Distribution pada Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

Fitur Electronic Brake Distribution dapat membagi tekanan minyak rem ke masing-masing roda

Jika Anda pernah mengendarai mobil zaman dulu dimana sistem rem mekanisnya masih bebas terkontrol tanpa ada bantuan dari komputer, mungkin Anda pernah mengalami perbedaan kekuatan pengereman antara mobil dengan muatan penuh dengan muatan kosong. Hal tersebut disebabkan oleh perbedaan tekanan minyak rem ke masing-masing roda. Nah, kini dengan adanya fitur Electronic Brake Distribution pengereman akan menjadi sama antara beban penuh dengan kosong. Alhasil mobil menjadi lebih aman saat dikendarai.

Review Mazda BT-50 Pro Thunder 2019: Trailer Sway Mitigation

Fitur Trailer Sway Mitigation pada Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

Fitur Trailer Sway Mitigation akan mempermudah Anda ketika menarik gandengan atau trailer dengan Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

Kami yakin, tidak semua dari Anda pembaca setia artikel di Cintamobil.com familiar dalam menarik gandengan atau trailer dengan kendaraan. Karena akan sangat berbeda perlakuan setir ketika harus melakukan parkir mundur. Trailer atau gandengan Anda akan bergerak ke arah berlawanan Anda membelokkan setir Anda. Itulah mengapa Mazda menyematkan fitur Trailer Sway Mitigation yang akan mempermudah Anda memarkir kendaraan ketika menarik gandengan. Cara kerjanya pun mudah dipahami, rem depan akan ditahan seirama dengan arah putaran setir, gampangnya ketika setir Anda belokkan ke kanan, maka secara otomatis rem cakram bagian depan roda kanan akan menahan laju kendaraan, begitupula sebaliknya. So, dengan demikian Anda akan lebih mudah mengendalikan mobil ketika berjalan maupun parkir saat membawa gandengan atawa trailer. 

Review Mazda BT-50 Pro Thunder 2019: Dynamic Stability Control

Fitur Dynamic Stability Control pada Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

Fitur Dynamic Stability Control pada Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

Mengendarai mobil dengan ground clearence tinggi dan berdimensi besar tentunya akan menjadi momok tersendiri bagi sebagian orang. Kestabilan kendaraan akan menjadi isu utama. So, disematkanlah salah satu fitur keselamatan aktif yaitu dynamic stability control. Cara kerjanya pun sama dengan ESC pada mobil kebanyakan. Ketika arah kendaraan membuang ke kanan, maka rem belakang kiri akan ditahan untuk mencegah mobil 'membuang' keluar jalur. Begitu juga sebaliknya. Inti dari seluruh peranti keselamatan adalah rem yang ber-ABS.

>>> Ini dia mobil kebanggaan rakyat Vietnam, lihat ulasan kami disini

Operasi Mazda BT-50 2019

Review Mazda BT-50 Pro Thunder 2019: Mesin Diesel Bertenaga

Mesin yang digunakan oleh Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

Mesin 3200 cc turbodiesel yang sangat bertenaga

Untuk urusan menghela mobil bongsor ini, Mazda mempercayakan unit mesin berkubikasi 3.198 cc dengan jumlah silinder ganjil alias 5 yang masing-masing silindernya dilayani oleh 4 katup. Membaca data spesifikasi yang ada, mobil ini kami prediksi akan memiliki semburan torsi yang besar dan linear, karena mesinnya berkarakter overstroke, dengan panjang langkah 100,7 mm dan diameter silinder (bore) 89,9 mm. Apalagi, Mazda BT-50 Pro Thunder 2019 juga ditunjang dengan final gear 'kasar' 3,730, membuatnya asyik diajak berpetualang mendaki gunung dan melewati lembah.

Review Mazda BT-50 Pro Thunder 2019: Rangka

Rangka Tangga Pada Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

Sasis tangga menambah kekuatan dan daya jelajah Mazda BT-50 Pro Thunder 2019 ini

Salah satu keunggulan dari kendaraan yang dilengkapi dengan sistem 4x4 adalah daya jelajahnya yang lebih apabila dibandingkan dengan kendaraan lainnya, untuk itu perlu juga dilengkapi dengan sasis yang kuat, seperti yang disematkan pada Mazda BT-50 Pro Thunder 2019 ini.

Peranti keselamatan Pasif Pada Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

6 Airbag siap melindungi pengemudi maupun penumpang didalam Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

Transfer Selector Pada Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

Tuas selector transfercase pada Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

VN Turbo Pada Mazda BT-50 Thunder 2019

Variable Nozzle Turbo pada Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

>>> Klik sini untuk simak artikel review mobil pick up lainnya

Spesifikasi Mazda BT-50 2019

Inilah spesifikasi lengkap Mazda BT-50 Pro Thunder 2019.

Dimensi/ Ukuran Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

P x L x T

5.365 x 1.850 x 1.821 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

237 mm

Jarak Sumbu Roda

3.220 mm

Mesin Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

Jenis

5 Silinder Inline, DOHC,

Isi silinder

3.198 cc

Diameter x langkah

89,0 mm x 100,7 mm

Daya maksimum

200 dk @ 3.000 rpm

Torsi maksimum

470 Nm @ 1.750 - 2.500 rpm

Rangka Mazda BT-50 Pro Thunder 2019

Transmisi

6 Speed Automatic Gearbox

Suspensi depan

Double wing With spring coils, steel stabilizer and 2-stroke shock absorber (Tubular double acting)

Suspensi belakang

Double-sided diagonal and shock absorber (diagonal)

Rem depan

Disc brakes with fins. Two-piston caliper

Rem belakang

Drum brakes with automatic brake adjustment.

Kapasitas Tangki

80 Liter

>>> Dapatkan spesifikasi terlengkap tentang mobil Mazda lainnya dengan klik sini

Daftar Harga Mazda BT-50 2019

Mobil ini dinegara Thailand dijual dengan harga THB 1.090.000 bila di Rupiahkan menjadi IDR. 506.682.502 dan itu belum termasuk pajak di Indonesia yang tidak bersahabat bagi kendaraan 4x4.

>>> Untuk tahu harga dan promosi mobil lainnya, silakan klik sini

Kesimpulan Mazda BT-50 2019

Is this car for you? Well, bagi Anda yang mencari mobil dual cabin 4x4 menurut kami masih banyak pilihan diluar mobil ini yang jauh lebih menarik. Baik itu secara tampilan, fitur, bahkan harga. Kami sangat menyarankan Anda untuk menjatuhkan pilihan ke rival lainnya mobil ini. 

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

 

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Mitsubishi Strada Triton 2017 Di Indonesia: Pickup Truck Elegan dengan Citarasa SUV yang Kental

Rp 292.000.000

20/11/2017

Editor rate:

Segmen mobil Pickup Truck di Indonesia memang tak terlalu signifikan karena peminatnya cenderung terbatas. Namun hal itu tak menghalangi Mitsubishi sebagai salah satu produsen otomotif terbesar mengendurkan produksinya atas segmen Pickup Truck. Melalui Strada Triton, pabrikan yang memiliki logo tiga berlian ini yakin dapat terus eksis dan bersaing ketat dengan kompetitiornya yang juga meluncurkan varian mobil sejenis. Ada apa dengan Mitsubishi Strada Triton 2017 di Indonesia?

Lihat juga

Review Mitsubishi Triton 2017: Pickup Truck Sangar yang Siap Membelah Berbagai Medan, Speksifikasi dan Harga ...

Rp 223.000.000

27/09/2017

Editor rate:

Tahun 2017 menjadi tahun produktif untuk Mitsubishi. Pabrikan asal Jepang tersebut tengah gencar merilis berbagai varian mobil anyar, Triton adalah salah satunya. Mobil bermain di ranah Pickup ini menjadi katalog paling gress dari pabrikan dengan logo tiga berlian. Kehadiran Triton di pasar otomotif nasional seakan menjadi jawaban Mitsubisi untuk berkompetisi dengan kompetitornya Nissan Navara. Untuk tahu lebih jelas, bacalah tulisan review Mitsubishi Triton 2017 ini.

Lihat juga

Nissan Navara 2017: Pickup Truck Modern yang Tangguh di Berbagai Medan

Rp 450 jutaan

13/09/2017

Editor rate:

Sebagai salah satu pemain penting di industri otomotif, Nissan kerap melakukan berbagai terobosan untuk setiap katalognya. Pabrikan asal Jepang ini dikenal sebagai produsen kendaraan roda empat dengan segmen yang cukup variatif seperti SUV, MVP hingga Sedan. Seakan tak pernah puas dengan apa yang telah direngkuh serta tingginya hasrat untuk memperlebar pangsa pasar, Nissan meluncurkan mobil bersegmen Truck Pickup 4X4 yaitu Nissan Navara 2017.

Lihat juga

Review Dan Test Drive DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017: Pesaing Carry Dan GranMax Yang Bikin Pengemudi Pick ...

Rp. 150.000.000

13/10/2019

Editor rate:

Bisa dibilang, DFSK Super Cab adalah satu-satunya mobil niaga asal negeri Tiongkok yang berani melawan hegemoni mobil niaga asal Jepang. Inilah review dan test drive kami terhadap mobil DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017

Lihat juga

Review Daihatsu Gran Max Pick Up STD 2007: Pick-Up Terlaris Di Kuartal Pertama 2018

11/07/2018

Editor rate:

Kabar gembira diterima oleh pihak Daihatsu di awal tahun ini. Pasalnya, produk Daihatsu Gran Max khususnya pada kategori Pick Up menduduki peringkat ketujuh dari total penjualan periode Januari hingga bulan Mei 2018. Apa alasan dibalik itu? Mari kita simak bersama review Daihatsu Gran Max Pick Up STD 2007.

Lihat juga
back to top