Review Mazda 3 2019

28/11/2018
editor rate: 4,8 user rate: 4,5
Mazda 3 2019 akan meramaikan dunia otomotif di tahun mendatang. Bayangkan saja, pertentangan akan mesin bensin dan mesin diesel, terjawab pada mesin SkyActiv-X terbaru yang hendak diaplikasikan pada Mazda 3. Simak informasi pentingnya dalam review Mazda 3 2019.

PENGANTAR Mazda 3 2019

Review Mazda 3 2019 - Permasalahan komponen mesin mobil nyatanya selalu berlangsung hingga kini. Nampak jelas perusahaan otomotif selalu berlomba-lomba dalam menciptakan mesin yang bukan hanya bertenaga namun juga irit bahan bakar. Tak perlu jauh-jauh membahas konsep mesin Hybrid maupun elektrik, nyatanya perdebatan antara mesin bensin dan diesel masih terjadi di era Digital ini. Perbedaan jenis bahan bakar hingga proses kerjanya, memberi dampak berbeda-beda dalam dunia otomotif.

Perbandingan mesin bensin dan diesel menuntut Mazda untuk menyelesaikan teka-teki mesin yang belum terjawab selama bertahun-tahun

Mazda menjawab tantangan akan kebutuhan mesin inovatif daengan menggabungkan konsep pada mesin bensin dan diesel

Menilik hal ini, Mazda pabrikan otomotif asal Jepang selalu berdiri terdepan dalam menghadirkan mesin mobil inovatif. Terjawab sudah di tahun 2019 mendatang, Mazda 3 menjadi model yang terpilih untuk menerapkan teknologi mesin terbaru yakni SkyActive-X Spark Controlled Compression Ignition (SCCI).

Varan Mazda 3 2019 rencananya akan mengeluarkan dua versi yakni sedan dan Hatchback

Mazda 3 2019 akan diperkenalkan dalam dua pilihan yakni Hatchback dan Sedan

Di acara Los Angeles Auto Show 2018, Mazda akan memamerkan produk satu ini mulai dari tanggal 30 November hingga 9 Desember. Rencananya, Mazda 3 2019 akan dipamerkan dalam dua pilihan yakni Hatchback bergaya Stylish dan Sedan berdesain elegan. Sedangkan proses pemasarannya akan dilakukan mulai awal tahun 2019 yang akan dihadirkan pertama kali di Amerika Utara. Seperti apa performanya? Mari kita kupas tuntas bersama dalam review Mazda 3 2019.

Mazda 3 2019 Hatchback menyuguhkan siluet bodi yang dinamis, elegan dan modern

Di artikel kali ini Cintamobil.com akan membahas lebih mendalam tentang versi Hatchback-nya

EKSTERIOR Mazda 3 2019

Memang tak dipungkiri, mobil ini sejatinya berawal dari mobil konsep. Direktur Desain Mazda, Kevin Rice, menjelaskan, “Dalam sejarah Mazda, mobil konsep selalu akan hadir dalam versi produksi. Bahkan proyek terbaru ini sudah direncanakan sejak awal”. Diakui, desain eksterior Mazda 3 2019 kini tampil makin tegas dan lebih berkarakter sebagai mobil Hatchback Compact.

Mazda KAI Concept menjadi tonggak awal dari Mazda 3 2019

Mazda 2019 berangkat dari mobil konsep KAI yang diperkenalkan di acara Tokyo Motor Show 2017

Review Mazda 3 2019: Eksterior Depan

Terinspirasi dari Mazda KAI Concept, wajah depannya kini tampil makin Fresh. Dapat diamati dari hadirnya aksen krom pada sisi lampu kabut dan lekukan garis bawah Front Grille. Desain seperti ini nampak serupa dengan varian terbaru Mazda 3 Speed yang sudah dirilis di Indonesia.

Eksterior depan Mazda 3 2019 kini dihias apik dengan balutan krom mengilap

Eksterior depan Mazda 3 2019 kini tampil makin elegan dan Fresh

Tatanan agresif juga terpancar kuat dari hadirnya fitur Splitter pada sisi bemper. Memberi warna baru, lebih tegas namun sporty dibanding pendahulunya. Sedangkan dari segi fitur, nampaknya tidak ada perbedaan, masih menerapkan lampu LED Auto-Leveling Headlamps.

Review Mazda 3 2019: Eksterior Samping

Bodi samping Mazda 3 2019 dikemas lebih agresif namun masih terlihat seksi. Hal tersebut bisa terlihat jelas dari sisi atap yang dibuat melandai. Adapun cat-nya terlihat sangat mempesona, kami percaya teknologi pengecatan yang disebut Takumi-Nuri masih mdiaplikasikan pada model Hatchback satu ini.

Eksterior samping Mazda 3 2019 menerapkan siluet bodi yang seksi

Eksterior samping Mazda 3 2019 menghadirkan cat bodi mengesankan dipadu lekuk seksi pada atapnya

Review Mazda 3 2019: Eksterior Belakang

Hal senada juga ditemukan pada sektor buritannya. Masih dihias apik dengan tambahan Front Under Skirt dan Black Spoiler berukuran minimalis. Nampaknya desain Spoiler yang digunakan kini tampil lebih agresif, terlihat menyatu dengan atapnya. Sayangnya, fitur Shark Fin Antenna di model sebelumnya, tak lagi ditemui pada model satu ini. Sedangkan untuk urusan lampu, Mazda 3 2019 menerapkan LED Rear Combination Lamps yang memberi kesan modern dan fungsi pencahayaan mumpuni.

Eksterior belakang Mazda 3 2019 masih dihias apik dengan tatanan padu dengan model sebelumnya

Eksterior belakang Mazda 3 2019 masih tampak sama dengan model yang beredar kini di Indonesia

>>> Baca juga:

INTERIOR Mazda 3 2019

Tatanan interior Mazda 3 2019 didominasi dua warna yakni hitam menyiratkan kesan tegas dan merah untuk makna sporty. Konsep ini dijelaskan pada acara Tokyo Motor Show 2017.

Review Mazda 3 2019: Dashboard

'Jinba-Ittai’ masih menjadi filosofi utama pada Mazda 3. Mengedepankan hubungan yang selaras antara pengendara dengan Mazda 3. Tersirat pada rancangan dashboard, minimalis dan elegan. Semua dibalut warna hitam dengan satu sapuan aksen krom pada sisi tengah. Perubahan paling mencolok cukup terasa dari segi bahan yang mana dahulu menggunakan plastik dan kini dirubah menjadi serba Metal.

Dashboard Mazda 3 2019 mengusung filosofi Jinba-Ittai yang menghubungkan antara pengendara dengan mobil

Dashboard Mazda 3 2019 menghadirkan panel Head Unit berukuran minimalis

Review Mazda 3 2019: Setir

Hal baiknya, sisi setir sudah didukung tombol audio. Setidaknya, pengendara masih bisa mengatur alur musik yang terintegrasi dengan panel Head Unit minimalisnya. Namun sayangnya, kapabilitas untuk mengakses Menu atau hiburan lainnya terbilang cukup sulit.

Setir Mazda 3 2019 sudah dibekali tombol pengaturan audio untuk menjadi alternatif lain dari panel Head Unit yang minimalis

Setir Mazda 3 2019 menggunakan desain tiga palang dengan balutan kulit

Review Mazda 3 2019: Kursi

Sebagai mobil Hatchback andalan Mazda, kapasitas tampungnya untuk lima orang masih terasa lega. Kursinya juga sudah dibalut bahan kulit berkualitas dan dihias apik dengan berbagai pilihan warna baik Red Maroon, Black maupun White. Segala pilihan warna yang dihadirkan terlihat memberi keserasian warna dengan komponen interior lainnya.

Kursi Mazda 3 2019 masih akomodatif untuk menampung lima orang sekaligus

Kursi Mazda 3 2019 dibekali berbagai pilihan warna menarik yang bisa Anda pilih sesuai selera

>>> Artikel terkait:

FITUR Mazda 3 2019

Lantas, apa saja fitur Mazda 3 2019? Meski belum diinformasikan secara resmi, ada hal menarik yang ditawarkan yakni SkyActiv-X. Untuk pertama kalinya, Mazda 3 mendapatkan rangka bodi SkyActiv-X. Mazda mengklaim fitur tersebut mampu untuk memberikan tingkat kestabilan lebih mumpuni daripada model konvensional.

Fitur Mazda 3 2019 kini sudah mengaplikasikan arsitektur rangka bodi SkyActiv-X yang sekaligus menjadi sejarah pertama bagi Mazda 3

Fitur Mazda 3 2019 kini sudah menggunakan rangka bodi SKYACTIV-X

Menariknya, hal tersebut juga mampu memberi daya adaptasi lebih responsif terhadap berbagai medan jalanan perkotaan. Di sisi lain, tingkat kestabilan yang tinggi pada kendaraan dapat mengurangi kelelahan bagi pengendara meskipun menempuh jalanan jauh.

>>> Klik di sini untuk mengetahui review menarik dari mobil Hatchback lainnya

OPERASI Mazda 3 2019

Penjelasan operasi mesin Mazda 3 2019, akan dikemas dengan bahasa yang cukup mekanis. Namun Cintamobil.com akan membahasnya dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Sebelum beranjak ke penjelasan mesin SkyActiv-X Mazda terbaru, akan lebih mudah memahami kinerja diesel lebih dulu. Proses pembakaran pada mesin diesel terjadi tanpa membutuhkan Spark Plug atau yang kita kenal dengan busi. Proses pembakaran diawali oleh bercampurnya bahan bakar diesel dengan udara yang sudah dipanaskan. Kemudian di titik bakar 52 hingga 96 derajat Celcius, bahan bakar diesel akan melakukan proses pembakaran dengan bergeraknya Piston ke arah atas.

Kinerja mesin diesel menerapkan sistem pembakaran Combustion Ignition yang hendak diadaptasi pada Mazda 3 2019

Konsep pembakaran mesin diesel, Combustion Ignition, akan diterapkan pada Mazda 3 2019

Sebaliknya, mesin bensin membutuhkan busi untuk proses pembakarannya. Dalam hal ini, Mazda SkyActiv-X yang menggunakan tenaga bensin akan menerapkan sistem pembakaran dari diesel. Bagaimana caranya? Bukannya tanpa menggunakan busi, proses pembakaran akan memadukan antara Spark Ignition pada mesin bensin dan Compression Ignition pada diesel.

Perbandingan kinerja mesin antara bensin, diesel dan Mazda SKYACTIV-X

Perhatikan mesin Mazda 3 2019 (tengah) terlihat terbakar lebih sempurna daripada diesel dan bensin

Jawaban utama terletak pada teknologi Spark Controlled Compression Ignition (SCCI). Rasio kompresi akan lebih tinggi dari model SkyActiv sebelumnya, di angka 16:1. Ada dua hal menarik yang menjadi catatan Cintamobil.com. Pertama, teknologi terbarunya ini memanaskan bensin terlebih dahulu dan dicampurkan dengan udara layaknya konsep pada mesin diesel. Meski mesin Mazda bertenaga bensin, namun konsep diesel digunakan dalam hal ini. Kedua, bentuk Piston dibuat meruncing mengikuti bentuk katup tabung silinder di bagian atas. Ketika piston bergerak ke arah atas, udara akan dimampatkan dan terkompresi sempurna yang kemudian busi akan memantikkan api dan terciptalah pembakaran.

Performa mesin Mazda 3 2019 menjadi lebih efisien daripada kinerja mesin bensin konvensional dan diesel

Mesin Mazda 3 2019 berteknologi SkyActiv-X SCCI berhasil menggabungkan unsur positif dari proses pembakaran mesin bensin dan diesel

Jika dibandingkan dari ketiganya, tingkat residu paling bersih adalah milik Mazda. Proses pemanasan Combustion Ignition ala diesel digabungkan dengan bahan bakar bensin yang mudah terbakar, menjadikannya lebih efisien sekaligus bertenaga. Inilah yang ditawarkan pada teknologi mesin SkyActive-X SSCI.

Operasi mesin Mazda 3 2019 kini mampu memperoleh daya maksimum di angka 190 HP dengan torsi puncak 207 Lb.ft

Operasi mesin Mazda 3 2019 mampu meningkatkan performanya dengan daya maksimum 190 HP

Menerapkan spesifikasi mesin 2.0 Liter, performanya meningkat hingga 190 HP dengan torsi puncak sebesar 207 Lb.ft. Untuk perbandingan saja, mesin Mazda 3 yang beredar kini hanya mampu memperoleh daya 155 HP dan torsi maksimum di angka 150 Lb.ft. Tentu terlihat perbedaannya, bukan? Lebih daripada itu, Mazda juga mengklaim racikan mesin terbarunya ini mampu meningkatkan efisiensi hingga 30% daripada model saat ini.

>>> Jika Anda pecinta Mazda, simak juga model-model terbarunya dengan klik tautan ini

KESIMPULAN Mazda 3 2019

Konsep Mazda KAI yang ditampilkan tahun lalu, akhirnya diaplikasikan pada Mazda 3 2019. Tak begitu banyak merubah eksterior namun lebih kepada teknologi mesin terbarunya. Menggunakan tenaga bensin namun mengadopsi kinerja mesin diesel. Sehingga, mampu tampil lebih bertenaga dan bahkan lebih efisien. Bisa dibilang, Mazda sangat sukses merealisasikan visinya dalam menghadirkan mesin berteknologi tinggi.

Cuplikan resmi Mazda 3 2019

Bagaimana pendapat Anda apabila Mazda 3 2019 Indonesia dirilis? Apakah Anda adalah salah satu orang yang menanti kehadirannya? Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar ya sobat.

>>> Klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil