Review Maserati Ghibli Trofeo 2021: DNA Ferrari Dalam Kemasan Sedan Eksekutif

27/08/2020

Share this post:

Maserati Ghibli 2021

Editor rate:

Rp 1.900.000.000

Lihat promo

Tak lama setelah peluncuran Ghibli Hybrid, Maserati hadirkan Ghibli dengan DNA jauh berbeda. Yap, Ghibli Trofeo 2021 memang tidak biasa karena memakai mesin V8 twin-turbo milik Ferrari.

Review Maserati Ghibli Trofeo 2021: DNA Ferrari Dalam Kemasan Sedan Eksekutif
Review Maserati Ghibli Trofeo 2021: DNA Ferrari Dalam Kemasan Sedan Eksekutif
0 Gambar

Diesel V6

Rp 3.2 milyar

Harga OTR

5 Kursi, 2987 cc, 275 hp, Ethanol

Lihat promo

S V6

Rp 2.6 milyar

Harga OTR

5 Kursi, 2979 cc, 410 hp, Bensin

Lihat promo

SQ4 V6

Rp 2.7 milyar

Harga OTR

5 Kursi, 2979 cc, 410 hp, Bensin

Lihat promo

V6

Rp 3.2 milyar

Harga OTR

5 Kursi, 2979 cc, 330 hp, Bensin

Lihat promo

Pengantar Maserati Ghibli 2021

Mari kita simak spesifikasi Maserati Ghibli 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Styling mewah khas Maserati
Head unit lebih modern
Edisi terakhir dengan mesin Ferrari

Kekurangan

Masih terlalu identik dengan model standar
Harga cukup mahal dibandingkan rival sejenis

Awal bulan ini, Maserati memperkenalkan line-up Trofeo dengan mesin V8 twin-turbo Ferrari, terdiri dari Levante Trofeo, Quattroporte Trofeo, dan Ghibli Trofeo. Ghibli, bukannya kemarin baru saja menghadirkan varian hybrid? Yap, salah satu improvement untuk Maserati Ghibli 2021 adalah pilihan mesin lebih beragam.

Kelurga Maserati Trofeo 2020

Setelah Levante, Maserati melengkapi line-up Trofeo dengan Ghibli dan Quattroporte

Maserati Ghibli Hybrid bermesin 2.0L inline-4 mild-hybrid dengan eBooster dan 48V BSG, sementara itu Trofeo hadir dengan DNA Ferrari berkat mesin V8 3.9 liter twin-turbo yang juga dipakai model seperti Ferrari 488.

Baru pertama kali hadir di sedan eksekutif seperti Ghibli, apakah mesin V8 twin-turbo Ferrari ini berhasil memberikan proporsi yang menarik untuk memiliki sebuah Ghibli? Simak review Maserati Ghibli Trofeo 2021 berikut ini.

Mobil Baru Populer

Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 135.35 - Rp 161.05 Juta

Eksterior Maserati Ghibli 2021

Masuk ke dalam line-up facelift Ghibli generasi ketiga (M157), tampilan Maserati Ghibli Trofeo 2021 sangat identik dengan line-up Ghibli facelift lain, semisal model hybrid. Namun, ada beberapa perbedaan yang mencirikan Ghibli Trofeo sebagai varian sporty dari sedan eksekutif Maserati ini. Untuk lebih jelasnya, simak uraian dari Cintamobil.com di bawah ini.

Review Maserati Ghibli Trofeo 2021: Eksterior depan

Dimulai dari bagian depan, sepintas kita tidak akan menemukan beda antara Ghibli Trofeo dengan Ghibli Hybrid, tampilan bagian depannya tampak sedikit menukik ke bawah sehingga menciptakan efek visual 3D.

Bagian depan Maserati Ghibli Trofeo 2021

Tampilan depan Maserati Ghibli Trofeo 2021

Model lampu depan masih sama dengan lampu utama mengadopsi teknolodi Adaptive Full-LED Matrix, dan lampu sign model three-blade. Desain grilnya juga tidak berubah, namun garnish bagian atasnya hadir dengan finishing black piano seperti layaknya Ghibli GranSport.

Untuk membantu sistem pendingin dalam menjaga temperatur mesin V8 Ghibli Trofeo tetap optimal, Maserati menyisipkan dua buah lubang udara sebagai jalur masuk udara ke dalam mesin. Selain itu, lips di bumper depan juga tampak lebih sporty dengan aksen karbon.

Review Maserati Ghibli Trofeo 2021: Eksterior samping

Pindah ke samping, perbedaan Maserati Ghibli Trofeo 2021 dibanding model lainnya hanyalah permainan aksen semata. Untuk varian kencang satu ini, aksen di lubang udara samping diberi finishing merah, begitu juga lambang petir di emblem Trident yang ada di Pillar C.

Tampilan samping Maserati Ghibli Trofeo 2021

Ukuran peleknya kini lebih besar jadi 21 inci

Ukuran ban yang dipasang juga lebih besar di mana Ghibli Trofeo hadir dengan velg alumunium 21 inci yang dengan model yang disebut Orione. Ini lebih besar satu inci dari kepunyaan Ghibli Hybrid.

Review Maserati Ghibli Trofeo 2021: Eksterior belakang

Berbeda dari bagian depan dan samping yang cenderung minim ubahan, bagian belakang ada perbedaan yang cukup kentara. Tidak banyak, tapi dapat dicirikan secara kasat mata.

Tampilan belakang Maserati Ghibli Trofeo 2021

Tampilan diffusernya jadi lebih agresif

Sama seperti Ghibli Hybrid, varian Trofeo hadir dengan lampu belakang tiga dimensi dengan pattern bumerang dengan perpaduan tiga warna, tepian hitam, warna merah di tengah, dan bening di bawah.

Perbedaan terlihat di bagian bawah, desain diffuser Ghibli Trofeo tampak lebih agresif dengan aksen garis di bagian tengah. Selain itu, knalpot empat lubang di varian ini diberi kelir hitam yang memberi kesan agresif.

>>> Review Maserati Ghibli Hybrid 2021: Tonggak elektrifikasi Maserati


Interior Maserati Ghibli 2021

Sama seperti eksterior, interior Maserati Ghibli Trofeo juga menjaga desain awal yang sudah berumur tujuh tahun. Namun, desainnya masih tetap berkelas serta mewah.

Review Maserati Ghibli Trofeo 2021: Dasbor & konsol tengah

Maserati Ghibli Trofeo 2021 mempertahankan layout driver oriented yang terlihat minimalis dan elegan. Pengontrol AC Climate nya masih memakai tombol, namun ini hal positif karena menawarkan pengoperasian lebih mudah.

Desain dasbor Maserati Ghibli Trofeo 2021

Aura sporty diperkuat dengan penggunaan aksen jahitan asli berwarna merah

Ukuran layar infotainmentnya juga lebih besar, dari sebelumnya 8,4 inci jadi 10,1 inci dengan frameless yang memberi kesan mahal dibanding sebelumnya dengan bezel besar yang memberi kesan murah.

Sentuhan material kulit “Pieno Fiero” dengan jahitan handmade dengan aksen merah di bagian dashboard serta door panel memberi cita rasa premium khas Maserati.

Layout konsol tengahnya juga tidak berubah banyak, model persnelingnya sih baru, dengan kenop putar dua susun dengan finishing alumunium. Dan tombol mode berkendara, yang akan kita jelaskan nanti.

Soal kepraktisan, line-up Ghibli 2021 termasuk oke. Ada beberapa cup holder, power socket 12V, dan kompartemen untuk menyimpan ponsel dengan socket Card Reader SD, USB, atau AUX-in, sampai wireless charging.

Review Maserati Ghibli Trofeo 2021: Kursi

Meski punya desain yang lebih mirip Coupe, ternyata Ghibli 2021 punya ruang kabin yang cukup besar. Ya, bisa lah untuk mengakomodir lima orang dewasa secara layak. Kursi depannya memakai Sport Seats dengan 12-way power dan hadrest anti-whiplash. Di detail jok, badge Trofeo dengan emboss tiga dimensi dengan aksen jahit-jahitan berwrna merah.

Bangku belakang Maserati Ghibli Trofeo 2021

Meski sepintas seperti coupe, ruang kabin di bagian belakang cukup lega

Meski mobil ini punya siluet ala Grand Tourer, ruang kaki dan kepala di bagian belakang sangat proper untuk diisi tiga orang dewasa. Hal ini didukung headrest tengah dan sabuk pengaman tiga titik untuk ketiga penumpang belakang.

>>> Maseratti siapkan mesin V6 twin-turbo bertenaga 630 HP

Fitur Maserati Ghibli 2021

Review Maserati Ghibli Trofeo 2021: Fitur Hiburan

Untuk model tahun 2021, Maserati Ghibli Trofeo hadir dengan sistem infotainment MIA (Maserati Intelligent Assistant) generasi baru dengan basis OS Android.

Head unit Maserati Ghibli Hybrid 2021

Head unit Maserati Ghibli 2021 sudah mengadopsi sistem operasi Android

Pun demikian, sistem infotainment di Maserati Ghibli 2021 sudah support integrasi Smartphone Apple CarPlay, tentu saja dengan Android Auto yang dapat di-launch melalui Maserati Connect app. Selain itu, hadir juga fitur personal assistant seperti Amazon Alexa dan Google Assist.

Selain itu, head unit satu ini juga punya sistem navigasi yang terintegrasi. Alhasil, pencarian informasi lalu-lintas dapat dilakukan secara real time, dan juga maps yang selalu up-to-date.

Seluruh line-up Maserati Ghibli 2021 menyematkan sistem audio 280 W dengan 8-speaker lansiran Harman Kardon sebagai standar. Jika itu dirasa kurang, hadir upgrade berupa sistem audio premium 900 W dengan merek sama.

Atau jika ingin lebih ekstrim, hadir sistem racikan Bower & Wilkins dengan 15 speaker, amplifier 1.280 W, dan audio QuantumLogic yang memberi pengalaman mendengar musik premium di sedan eksekutif ini.

Review Maserati Ghibli Trofeo 2021: Integrated Vehicle Control

Sama seperti Levante Trofeo, Ghilbli dan Quattroporte Trofeo memiliki fitur Integrated Vehicle Control (IVC), konsepnya sama seperti driving mode yang mana pengemudi bisa mengatur performa mobil sesuai kebutuhan.

Mode berkendara Maserati Ghibli Trofeo 2021

Di varian Trofeo ada mode khusus bernama Corsa yang membuat pengemudian jadi sangat agresif

Salah satu mode yang patut dicoba di sini adalah Corsa, yang memberi mobil aura lebih sangat berkat setup mesin, suspensi, dan steering yang agresif. Selain itu, hadir juga Launch Control yang membantu mobil di tarikan bawah.

>>> Apa sih itu paddle shift, apa cuma buat gaya semata?

Operasi Maserati Ghibli 2021

Mesin V8 twin-turbo Ferrari yang dipakai di Ghibli Trofeo 2021

Dengan performa ini, Ghibli Trofeo 2021 jadi sedan terkencang yang pernah dibuat Maserati

Seperti dijelaskan di judul, Maserati Ghibli Trofeo 2021 adalah sebuah sedan eksekutif dengan DNA Ferrari. Mesin yang tertanam di kap depan mobil sedan ini tidak main-main, V8 3,9 liter twin-turbo yang sama seperti kepunyaan Ferrari 488.

Mesin berkode F154 AQ itu dapat menghasilkan tenaga sebesar 580 HP dengan torsi maksimal 730 Nm, bagaimana performanya? Mobil ini bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,3 detik dengan kecepatan maksimal 326 km/jam. Secara spesifikasi, mobil ini adalah sedan Maserati paling kencang yang pernah dibuat.

>>> Maserati Ghibli-Quattroporte Trofeo Dapatkan Mesin V8 Ferrari

Spesifikasi Maserati Ghibli 2021

Dimensi Maserati Ghibli Trofeo 2021
Panjang x Lebar x Tinggi 4.971 x 1.945 x 1.461 mm
Wheelbase 2.998 mm
Kapasitas Bagasi 500 L
Tangki Bahan Bakar 80 L
Performa Maserati Ghibli Trofeo 2021
Tipe Mesin Petrol 90° V8, twin-turbo - direct injection (GDI)
Tenaga Maksimal 580 HP @ 6.750 rpm
Torsi Maksimal 730 Nm @ 2.250-5.250 rpm
Transmisi Eight-speed ZF automatic gearbox
Akselerasi 0-100 km/jam 4,3 detik
Top Speed 326 km/jam
Sistem Penggerak Rear-wheel drive with rear limited slip self-locking mechanical differential
Kaki-Kaki dan Suspensi Maserati Ghibli Trofeo 2021
Suspensi Depan / Belakang Double-wishbone, anti-roll bar (front) / Multi-Link, anti-roll bar (rear)
Rem Depan / Belakang Ventilated discs 345x28 mm Brembo four-pistons (front), Ventilated discs 330x22 mm Brembo single-piston floating caliper (rear)
Sistem kemudi Rack & pinion, electronic Power Steering
Pelek / Ban 21-inch dual-tone rims

Daftar Harga Maserati Ghibli 2021

Sampa review ini dibuat, Maserati belum mengonfrmasi kapan dan berapa harga Ghibli Trofeo 2021. Namun menurut rumor yang beredar, calon rival kuat BMW M5 dan Mercedes-AMG E63 S itu akan dibanderol $ 130.000 (setara Rp 1,901 Miliar).

Kesimpulan Maserati Ghibli 2021

Emblem Maserati Ghibli Trofeo 2021

Ghibli dengan mesin V8 Ferrari? Well, kenapa tidak

Ingin punya sebuah ‘Ferrari’ dengan kapasitas lima penumpang? Maserati Ghibli Trofeo 2021 bisa jadi opsi. Oke, mobil ini memang tidak lahir di Maranello, namun mobil ini memiliki DNA Ferrari berkat mesin V8 yang ada di dalamnya.

Performanya tidak main-main, dan jadi sedan terkencang yang pernah dibuat Maserati saat ini. Ketimbang Quattroporte yang lebih bongsor, jelas Ghibli jadi varian Trofeo yang lebih menarik untuk dimiliki.

Apalagi kemungkinan masa penjualan mobil ini akan terbatas dengan deal mesin antara Maserati-Ferrari yang akan habis 2022, dan tidak berlanjut. Sebuah Maserati Ghibli Trofeo dengan mesin V8 twin-turbo milik Ferrari tentu akan terasa sangat spesial.

>>> Review mobil terbaru 2020: eksterior, interior, spesifikasi, kelebihan & kekurangan

Derry Munikartono Ahnas Putra
Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top