Review Maserati Ghibli 2019: Metamorfosa Sempurna Grand Tourer Bertubuh Sedan Dari Tanah Italia

28/08/2019
editor rate: 4,3 user rate: 4,0
Terlahir dari Grand Tourer berformat Coupe, Maserati Ghibli kini menjelma menjadi mid-size luxury sedan yang menjanjikan pengalaman berkendara memikat. Seperti apa rasanya saat Cintamobil.com saat Test Drive Maserati Ghibli 2019? Simak penjelasannya berikut ini.

PENGANTAR Maserati Ghibli 2019

Review Maserati Ghibli 2019 - Bak kupu-kupu yang bertumbuh kembang melalui cara metamorfosis, Maserati Ghibli juga mengalami momen metamorfosa. Membawa spirit grand tourer sejati, Maserati Ghibli melakukan pergantian fisik secara signifikan semenjak perpindahan masing-masing generasi. 

Gambar menunjukkan Generasi Maserati Ghibli

Metamorfosa desain Maserati Ghibli dari generasi pertama sampai generasi ketiga

Pada generasi pertama Maserati Ghibli (tipo AM115) yang pertama kali debut di Turin Motor Show 1966 membawa spirit Grand Tourer yang ditranslasikan dalam guratan desain bodi karya Giorgetto Giugiaro. Generasi kedua Maserati Ghibli (tipo AM336) di tahun 1992 hadir dengan karakter tampilan lebih sporty, serta tetap membawa karakter berkendara dinamis khas Grand Tourer yang membuat mobil berlogo trisula ini menjadi salah satu sportscar menarik di masanya.

Gambar menunjukkan mobil sedan Maserati Biturbo dan Maserati Ghibli

Jejak Maserati di segmen mid-size luxury sedan dilanjutkan dari Maserati Biturbo Berlina (AM332) ke Maserati Ghibli (tipo M157)

Namun seperti ungkapan kami sebelumnya, metamorfosa sempurna Maserati Ghibli terjadi di generasi ketiga Maserati Ghibli (tipo M157). Maserati Ghibli generasi ketiga yang debut pada Shanghai Motor Show 2013 ini menjadi salah satu penegas karakter Grand Tourer menurut paham Maserati bisa di bawa ke ranah mid-size luxury sedan. Model ini menjadi salah satu motor penggerak kesuksesan Maserati di era modern ini juga menjadi penanda comeback Maserati ke segmen ini, setelah terakhir memproduksi Maserati Biturbo Berlina (Tipo AM332) di tahun 1994.

PT Auto Trisula Indonesia sebagai distributor resmi Maserati di Indonesia secara khusus memberikan kesempatan kepada Cintamobil.com untuk merasakan Maserati Ghibil 2019 yang sudah mengalami pergantian model year MY19. Maserati Ghibli yang kami coba merupakan versi trim GranSport yang memancarkan karakter sporty pada mid-size luxury sedan ini. Seperti apa pengalaman Cintamobil.com saat merasakan dan test drive Maserati Ghibli 2019 terbaru ini? Simak lebih lengkap dalam review Maserati Ghibli 2019.

EKSTERIOR Maserati Ghibli 2019

Gambar sebuah mobil Maserati Ghibli 2019 di depan The Zora

Perpaduan hunian The Zora selaras dengan tampilan eksterior Maserati Ghibli 2019

Untuk mengabadikan keindahan eksterior Maserati Ghibli yang dirancang oleh Marco Tencone dari Centro Stile Maserati, Cintamobil.com berkesempatan menggunakan fasilitas cluster hunian eksklusif dan premium, The Zora. Memiliki dua model hunian Kimora dan Kazumi, cluster eksklusif yang terletak di kawasan BSD City ini sukses berpadu dengan konsep desain eksterior Maserati Ghibli 2019 versi GranSport yang mengedepankan karakter desain modern dan minimalis, tapi tetap mampu memancarkan presensi premium dan prestisius. Perpaduan ambience menarik inilah yang membuat Cintamobil.com bisa lebih mengapresiasi dan mengamati lebih detil keindahan Maserati Ghibli 2019, yang akan kami kupas dari segi eksterior depan, samping, sampai belakang. 

Review Maserati Ghibli 2019: Eksterior Depan

Gambar sebuah mobil Maserati Ghibli 2019 di sisi eksterior depan

Tampilan eksterior depan Maserati Ghibli 2019

Kalau bicara soal desain, bisa dibilang mobil Italia paling paham dalam membuat mobil terlihat eyegasm. Contohnya adalah desain-desain Maserati yang bermain dewasa dan elegan, tapi tetap mengisyaratkan karakter performa yang agresif. Salah satu contoh bisa dilihat dari desain concave grille dengan detil chrome bar dan logo Trident. Bentuk grille ini diambil dari Maserati Alfieri Concept dan menciptakan efek visual three-dimensional pada fascia depan berbentuk menukik ke bawah. Mengusung teknologi Adaptive Full LED Matrix, pada area headlight Maserati Ghibli 2019 jika diperhatikan terdapat desain three-blade yang terinspirasi oleh bentuk lekuk wing air ducts yang menjadi ikon mobil Maserati.

Untuk Maserati Ghibli 2019 memiliki dua versi trim, yakni GranSport dan GranLusso. Secara kasat mata, untuk membedakan versi GranSport dan GranLusso bisa dilihat dari desain lower fascia depan. Pada versi trim GranSport seperti yang Cintamobil.com coba kali ini, di area bumper depan terdapat central splitter berpadukan sepasang diagonal wings, dimana desain ini memungkinkan aliran udara dialirkan menuju air ducts di sisi bumper yang memiliki ukuran cukup masif. 

Review Maserati Ghibli 2019: Eksterior Samping

Gambar sebuah mobil Maserati Ghibli 2019 berwarna hitam di sisi eksterior samping

Tampilan eksterior samping Maserati Ghibli 2019

DNA Grand Tourer yang selama ini identik dengan sosok mobil coupé atau cabriolet sukses diterjemahkan oleh Centro Stile Maserati. Identitas ini bisa dilihat dari quarter panel belakang berdekatan dengan sisi pilar C, yang memiliki garis lekuk desain kuat sejak titik handle pintu belakang sampai ke taillight. Pada sisi samping Maserati Ghibli 2019 juga memiliki garis desain yang tegas menukik di sisi bawah pintu depan dan belakang. Agar memperkuat elemen "coupé-esque" pada Maserati Ghibli terbaru ini, para desainer Maserati membuat masing-masing pintu samping dengan format kaca pintu frameless. Tak lupa, elemen identitas line-up Maserati seperti wing air ducts berjumlah tiga lubang di fender depan, serta logo oval "Saetta" Maserati berada di pilar C dekat dengan kaca pintu belakang.

Untuk versi GranSport, Maserati menggunakan detil berbeda dari segi pelek jika dibandingkan versi GranLusso. Pelek pada Maserati Ghibli 2019 ini menggunakan 20” machine-polished Urano alloy wheels dengan brake caliper berkelir merah yang membawa karakter sporty pada mobil ber-paspor Italia ini.

Review Maserati Ghibli 2019: Eksterior Belakang

Gambar sebuah mobil Maserati Ghibli 2019 berwarna hitam di sisi eksterior belakang

Tampilan eksterior belakang Maserati Ghibli 2019

Desain eksterior belakang Maserati Ghibli 2019 melanjutkan tarikan garis desain bahu dari quarter panel belakang, yang berlabuh tepat di area taillight yang menggunakan desain pipih dengan paduan teknologi LED. Sentuhan minimalis terlihat pada garis boot lid, yang dibuat seolah memberikan efek ducktail di area belakang Maserati Ghibli terbaru ini. Identitas Maserati Ghibli 2019 versi GranSport terlihat pada bumper belakang yang memiliki central diffuser dengan kelir aksen piano, serta pada quadruple chromium-plated exhaust pipes ditempatkan di sisi ujung kiri-kanan dari bumper belakang, sehingga memberikan efek posisi mobil yang terasa lebar. 

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Maserati Ghibli 2019

Review Maserati Ghibli 2019: Dashboard & Setir

Gambar menunjukkan desain interior mobil Maserati Ghibli 2019

Tampilan dashboard & setir Maserati Ghibli 2019

Perubahan dari sisi desain interior terjadi pada Maserati Ghibli 2019. Secara kasat mata, konsep area dashboard &dan setir Maserati Ghibli 2019 terlihat lebih segar karena di area central cluster yang lebih clean dan minimalis. Tombol climate control semua menggunakan format tombol tanpa ada kenop putar seberti versi Maserati Ghibli sebelumnya. Pada area layar Maserati Touch Control Plus (MTC+) juga memiliki dimensi lebih besar 8.4 inci dan tidak memiliki tombol fisik apapun di sekitarnya. Sentuhan material Premium Leather yang mengadopsi aksen jahitan handmade sukses berpadu dengan aksen wood panel berkelir Black Piano, sehingga memberikan cita rasa premium dan craftmanship khas Italia pada mobil Maserati terbaru ini.

Di sisi pengemudi, setir Maserati Ghibli 2019 memiliki kemampuan pengaturan yang sangat lengkap, mulai dari pengaturan tombol climate control dan informasi on-board computer pada layar 7” TFT di instrument cluster, sampai pengaturan audio yang uniknya ditempatkan di area belakang palang kemudi. Selain itu, Maserati menyematkan tuas paddle shift di belakang area setir, yang mana tuas paddle shift ini dibuat dengan ukuran cukup besar dan menggunakan material aluminium. 

Review Maserati Ghibli 2019: Jok

Gambar menunjukkan desain bagian jok mobil Maserati Ghibli 2019

Tampilan jok depan Maserati Ghibli 2019

Untuk unit Maserati Ghibli 2019 versi GranSport yang kami coba mengusung format jok depan Sport Leather Seats dengan 12-way power-adjustable seat dan anti-whiplash headrest. Pada detil jok bisa ditemukan adanya emboss logo Trident Maserati di area headrest, serta detil jahitan handmade di area sandaran maupun dudukan jok. Pada jok belakang mengadopsi material leather dan kontur serupa jok depan, yang mana jok belakang mobil ini memiliki pengaturan 60:40 dan mekanisme penguncian child lock standar ISOFIX. Kenyamanan untuk penumpang belakang bisa terasa oleh hadirnya rear dan side sunshide, kisi-kisi AC khusus penumpang belakang, serta armrest yang juga bisa berfungsi sebagai cupholder dan ruang penyimpanan rahasia. 

>>> Baca juga:

FITUR Maserati Ghibli 2019

Review Maserati Ghibli 2019: Fitur Berkendara & Keselamatan

Gambar menunjukkan Maserati Ghibli 2019 dari area tombol mode berkendara

Ragam mode berkendara pada Maserati Ghibli 2019

Membawa DNA khas Grand Tourer pada Maserati Ghibli bukanlah perkara yang sulit. Dukungan teknologi berkendara cerdas menjadikan karakter berkendara pada Maserati Ghibli 2019 mampu mendekati sensasi layaknya membawa mobil sport betulan. Maserati menyediakan ragam mode berkendara seperti Auto Normal, Auto Sport, Manual Normal, Manual Sport, dan Increased Control & Efficiency (I.C.E.) bisa diatur pada tombol di dekat tuas transmisi. Selain itu, Maserati juga mengadopsi Skyhook suspension system yang memungkinkan tingkat kekakuan suspensi dari karakter lembut (Comfort) menjadi kaku (sport).

Untuk memastikan karakter berkendara pada Maserati Ghibli 2019 bisa tetap aman, Maserati membekali mobil ini dengan fitur keselamatan aktif yang lengkap. Fitur keselamatan aktif pada Maserati Ghibli 2019 diantaranya adalah Maserati Stability Program (ABS, EBD, Brake Assistance System, Anti Slip Regulation), Adaptive Cruise Control with Stop & Go, Front and Rear Parking Sensors & Reversing Camera, Integrated Vehicle Control, Active Blind Spot Assist, Lane Keeping Assist (LKA), Lane Departure Warning System, Forward Collision Warning Plus, Rear Cross Path Function, Highway Assist System, Tyre Pressure Monitoring System, dan Traffic Sign Recognition. Sedangkan untuk sistem keselamatan pasif, tersedia sistem airbag 7 titik yang sudah menjadi standar di Maserati Ghibli 2019.

Review Maserati Ghibli 2019: Fitur Hiburan

Gambar menunjukkan sistem audio Maserati Touch Control Plus pada mobil Maserati Ghibli 2019

 Maserati Ghibli 2019 sudah menggunakan Maserati Touch Control Plus

Sistem hiburan Maserati Touch Control Plus (MTC+) menawarkan interaksi yang lebih menarik dari segi hiburan maupun kontrol mobil. Lewat layar display high-resolution 8.4 inci, Anda bisa mengatur navigasi perjalan di menu NAV, menikmati ragam fitur hiburan di RADIO & MEDIA, mengatur suhu kabin di menu CLIMATE, mengatur kontrol fitur mobil di CONTROLS, dan mengatur koneksi dan fitur telepon di PHONE. Selain itu, MTC+ juga memiliki tombol virtual berbentuk logo Trisula, dimana tombol ini menampilkan semua fitur yang ada di sistem ini. Menariknya, saat ponsel iPhone atau Android Anda koneksikan ke MTC+, maka secara otomatis fitur Apple CarPlay (iPhone) dan Android Auto (Android) akan aktif. Dan sebagai standar, fitur MTC+ terhubung dengan sistem speaker Harman Kardon Premium Sound System dengan total 10 speaker dan 1 subwoofer serta 900-watt amplifier.

>>> Review Toyota Avalon TRD 2020: Bukan Sembarang TRD, Yang Ini Sungguh Super

OPERASI Maserati Ghibli 2019

Gambar menunjukkan bagian mesin 3.0 liter V6 twin turbo pada mobil Maserati Ghibli 2019

 Mesin Maserati Ghibli 2019 berkekuatan 350 HP & 500 Nm

Maserati Ghibli 2019 menggunakan mesin 3.0 liter V6 Twin-Turbocharger Direct Injection GDI yang bertenaga 350 HP @ 5,000 rpm dan torsi tinggi 500 Nm @ 1,750 rpm - 4,500 rpm. Semua tenaga disalurkan ke roda belakang melalui sistem transmisi otomatis 8-percepatan buatan ZF dan sistem Mechanical Limited Slip Differential (LSD). Berdasarkan klaim, 0-100 km/jam bisa dilakukan dalam waktu 5.5 detik dan top speed di angka 267 km.jam.

Di atas kertas, angka ini mungkin melebihi beberapa rivalnya yang bermain di ranah mid-size luxury sedan yang ada di Indonesia. Namun apakah hanya performa saja yang membuat Maserati Ghibli 2019 terasa menarik? Cintamobil.com secara eksklusif mencari jawaban tersebut dengan menjadi media pertama di Indonesia yang mencoba langsung Test Drive Maserati Ghibli 2019 terbaru di jalanan Indonesia

Saat berada di balik kemudi Maserati Ghibli 2019, jelas bahwa mobil ini berada dalam sebuah "liga" yang berbeda kuat dengan rival-rival di segmennya, yang cenderung adu fitur dan adu kenyamanan. Maserati Ghibli, sembari membawa elemen karakter berkendara khas Grand Tourer, terasa lebih mengutamakan sisi emosional dari pengemudi yang dipacu oleh 3 hal, yakni performa, handling, serta suara.

Dalam kondisi standar, Maserati Ghibli seperti memiliki karakter yang cenderung rileks dan nyaman, sekalipun harus diakui sedikit di bawah rival-rivalnya yang lahir dari brand mobil Jerman. Apalagi jika mengemudikan mobil ini dengan mode berkendara I.C.E, secara secara khusus membuat mobil seolah lebih "kalem". Performa bisa terasa tinggi saat dibutuhkan, tapi cenderung lebih pas untuk cruising di tengah kota tanpa ada beban.

Sensasi yang berbeda baru bisa terasa saat mode Sport diaktifkan, serta Skyhook Suspension System di-set ke mode sport. Kepercayaan diri meningkat tajam saat berkendara di kecepatan tinggi, karena mesin seolah lebih 'hidup' dan transmisi menjadi lebih responsif terhadap komando, baik dari injakan pedal throttle atau perpindahan gigi lewat paddle shift. Kemudi Maserati Ghibli 2019 terasa lebih komunikatif dan lebih sigap saat pengemudi, terutama ingin mengeksekusi tikungan dalam kecepatan tinggi.

Suara mesin Maserati Ghibli 2019 cukup bisa terdengar masuk ke dalam ruang kabin, sekalipun secara kekedapan kabin tergolong senyap, yang mana cukup penting untuk meningkatkan keasyikan berkendara di setiap perjalanan. Singkat kata, jika ingin merasakan karakter berkendara agresif layaknya mobil sportscar Italia sesungguhnya, menggunakan Maserati Ghibli 2019 pun sudah cukup untuk mendapatkan hal tersebut.

>>> Review BMW 530i M Sport 2019: Sentuhan Karakter Sporty Kuatkan Citra BMW 5 Series

spesifikasi Maserati Ghibli 2019

Informasi spesifikasi Maserati Ghibli 2019 bisa disimak dalam tabel berikut ini

Dimensi/ Ukuran Maserati Ghibli 2019

P x L x T

4,971 mm x 2,128 mm x 1,461 mm

Jarak poros roda

2,998 mm

Berat

1,810 kg

Mesin Maserati Ghibli 2019

Jenis

3.0 liter Petrol 60° V6, twin-turbo - direct injection GDI

Isi silinder

2,979 cc

Daya maksimum

350 dk @ 5,500 rpm

Torsi maksimum

500 Nm @ 4,500 rpm

Transmisi

8-percepatan Otomatis

Kaki-Kaki Maserati Ghibli 2019

Suspensi depan

Double-wishbone, anti-roll bar, Skyhook Damper

Suspensi belakang

Multi-Link, anti-roll bar, Skyhook Damper

Rem depan

360 x 32 mm ventilated & drilled discs, Brembo 6-piston fixed calipers

Rem belakang

345 x 28 mm ventilated & drilled discs, Brembo 4-piston fixed calipers

Pelek

20” machine-polished Urano alloy wheels

kelebihan & kekurangan Maserati Ghibli 2019

Berikut opini kelebihan dan kekurangan sedan sport ini menurut pandangan tim Cintamobil.com.

Kelebihan

Kekurangan

Mid-size luxury sedan berkarakter paling sporty dan paling fun-to-drive di kelasnya

Transmisi belum dual clutch transmission

Desain trim GranSport meningkatkan aura memikat pada mobil ini Trim GranLusso lebih mewah karena dikerjakan oleh rumah mode Ermenegildo Zegna

Status Maserati sebagai brand premium yang lebih tinggi dibandingkan rival-rival di kelasnya

 

daftar harga Maserati Ghibli 2019

PT Auto Trisula Indonesia menerapkan harga Maserati Ghibli 2019 secara price by orders. Hal ini dilakukan karena setiap konsumen bisa melakukan kustomisasi kepada mobil Maserati miliknya, sehingga opsi-opsi atau versi trim yang digunakan turut membuat harga mobil menjadi lebih berbeda dan ekslusif hanya untuk pesanan Anda.

Jika Anda berminat mencari mobil bekas Maserati Ghibli, Anda sudah bisa menemukannya di daftar mobil dijual Cintamobil.com. Secara rata-rata, harga mobil bekas Maserati Ghibli berkisar di angka Rp1.4-Rp2 Miliar tergantung tahun produksi dan kondisi mobil tersebut. 

>>> Klik sini untuk cek harga dan promo mobil Maserati lainnya

Video Maserati Ghibli 2019

Simak video test drive Maserati Ghibli 2019 dari CIntamobil TV: 

KESIMPULAN Maserati Ghibli 2019

Foto Maserati Ghibli 2019 bersama hunian Kazumi The Zora @ BSD City

Beauty of Balance menggambarkan karakter Maserati Ghibli 2019 yang sejalan dengan hunian The Zora @ BSD City

Beauty of Balance menjadi kata yang tepat untuk menggambarkan Maserati Ghibli 2019, yang mana kata ini sejalan dengan tema hunian The Zora @ BSD City. Makna Beauty of Balance tercermin dari keseimbangan antara penampilan berkelas serta performa agresif pada Maserati Ghibli 2019. Sentuhan desain yang terasa lebih dikerjakan oleh tangan manusia ketimbang diserahkan kepada 'komputer', membuat tampilan Maserati Ghibli 2019 lebih menarik bagi mata awam sekalipun. Pun performa Maserati Ghibli 2019 menawarkan karakter yang sanggup berlari agresif saat dibutuhkan, atau bisa santai jika hanya ingin berkendara cruising di tengah kota.

Meski demikian, ada satu pendekatan yang membuat Maserati Ghibli 2019 terasa lebih spesial. Maserati Ghibli 2019 mampu menghadirkan cerita di setiap perjalanan, ketimbang sekedar berpindah dari titik A ke titik B. Hal ini tidak bisa ditemukan pada rival-rival mid-size luxury sedan, yang notabene kebanyakan produksi Jerman. 

Maserati Ghibli secara khusus mengajak Anda sebagai "Il Registra" dalam sebuah Cinematographia perjalanan yang sedang dan akan Anda jalani. Anda bisa membawa Maserati Ghibli dengan berkendara secara santai dan nyaman sembari membelah hiruk pikuk kawasan urban dengan gedung pencakar langit menjulang tinggi. Namun saat dibutuhkan, Maserati Ghibli 2019 bisa berubah menjadi sang kompatriot yang siap membawa Anda dalam rangkaian perjalanan penuh adrenalin dengan aliran emosional yang tinggi. Alhasil, kami meyakini bahwa para engineer Maserati telah sukses menjalankan proses metamorfosa sempurna dari Maserati Ghibli yang lahir sebagai grand tourer dan kini bertransformasi menjadi sosok mid-size luxury sedan yang berkelas tinggi. 

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil