Review Lexus UX 300e 2020: The Most Perfect Urban EV

26/11/2020

Share this post:

Lexus UX 2020

Editor rate:

TBA

Jual beli mobil Lexus bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di Indonesia Lihat promo

PT Toyota Astra Motor melalui divisi Lexus Indonesia akan serius di pasar mobil bertenaga listrik, buktinya mereka akan segera memboyong Lexus UX 300e 2020

Review Lexus UX 300e 2020: The Most Perfect Urban EV
Review Lexus UX 300e 2020: The Most Perfect Urban EV
0 Gambar

Pengantar Lexus UX 2020

Mari kita simak spesifikasi Lexus UX 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Sudah mengusung basis Toyota New Global Architecture (TNGA)

Fitur berlimpah

Ekslusifitas

Kekurangan

Akomodasi kabin belakang kurang luas

Kapasitas bagasi terbatas

Diler dan jaringan servis Lexus masih terbatas

Gambar logo Lexus pada Lexus UX 300e 2020

Logo kebesaran Lexus

Kehadiran Lexus UX sempat membuat heboh pasar mobil premium tahun 2018 lalu. Kini Lexus UX 300e 2020 akan menjadi produk awal mobil listrik yang dijual oleh PT Toyota Astra Motor melalui divisi mobil mewah mereka yakni Lexus Indonesia. Seakan tak mau kalah dengan para rivalnya, Lexus UX listrik ini juga menawarkan berbagai kelebihan yang tak dimiliki oleh para kompetitornya.  

Foto emblem ELECTRIC pada Lexus UX 300e 2020

Akankah ia jadi mobil listrik tercanggih di Indonesia?

Tentu ada beberapa alasan Toyota Indonesia untuk mendistribusikan Lexus UX ini untuk jadi produk full elektrik mereka. Pertama adalah daya beli mobil listrik masih didominasi oleh kaum menengah ke atas, kedua daya listrik minimum yang dibutuhkan untuk memiliki mobil listrik adalah 2.200 watt. Juga harga yang tergolong mahal membuat mobil listrik punya pasar tersendiri. Lantas, seperti apa Lexus UX listrik ini? Mari simak review Lexus UX 300e 2020 ini lebih lanjut.

Eksterior Lexus UX 2020

Review Lexus UX 300e 2020: Tampilan Depan

Pada bagian eksterior depan Lexus UX 300e 2020 ini langsung terlihat spindle grille khas mobil-mobil Lexus modern. Tak seperti trim F SPORT yang mengadopsi model sarang lebah dan menyatu dengan air dam di bagian depan, tetapi ia pakai model grille yang lebih kalem. Dan seperti khasnya Lexus kekinian, bentuk bumper depan juga terdapat siluet L-shape yang terintegrasi dengan dudukan foglamp LED (Light Emitting Diode)-nya.

Gambar tampilan depan Lexus UX 300e 2020

Grille juga dirancang aerodinamis

Bentuk bumper depan seperti ini juga tidak dibuat asal-asalan oleh para insinyur Lexus di Jepang sana, karena dirancang agar turut membantu aerodinamika mobil secara keseluruhan. Pun begitu dengan posisi headlamp yang pakai bohlam jenis LED-nya yang juga dirancang agar posisinya rendah dan efisien saat membelah angin. Semua itu dilakukan agar Lexus UX 300e 2020 ini makin efisien membelah angin dan diharapkan menambah jarak tempuhnya.

Review Lexus UX 300e 2020: Tampilan Samping

Lanjut ke tampilan eksterior samping Lexus UX 300e 2020, sebagai sebuah crossover ia disematkan body cladding berwarna hitam yang dapat menunjukkan kesan kokoh pada SUV dengan rancang bangun NGA (New Global Architecture) ini. Sebagai informasi, dengan rancang bangun NGA, struktur mobil jadi lebih rigid namun tetap ringan. Pun begitu dengan desain rumah spion Lexus UX ini yang juga dirancang agar mudah membelah serta mengalirkan angin.

Gambar tampilan samping Lexus UX 300e 2020

Emblem ELECTRIC seakan jadi identitas yang menunjukkan ia adalah mobil listrik

Velg yang digunakan oleh Lexus UX 300e 2020 berdesain multi spoke ukuran 17 inci ini juga spesial, karena tak hanya punya tampilan yang ciamik. Tetapi juga punya fungsi yang tersembunyi, yakni mengalirkan turbulensi udara yang ada di balik velg agar bisa keluar. Spoke dirancang aerodinamis dan punya kisi-kisi untuk memperlancar udara keluar dari velg, sehingga diharapkan dapat menambah jarak tempuh Lexus UX listrik ini.

Review Lexus UX 300e 2020: Tampilan Belakang

Desain buritan mobil ini mampu mempertahankan kecantikan desainnya. Anda akan melihat satu tarikan garis dari signature lamp yang memanjang pada bagian belakang Lexus UX 300e 2020 ini, saat malam hari, lampu yang seluruhnya sudah mengadopsi bohlam LED tersebut menyala dengan cantiknya. O ya, desain spoiler belakang, serta shark fin antenna membuat tampilan mobil ini semakin terlihat dinamis.

Gambar tampilan belakang Lexus UX 300e 2020

Tampilan belakang sepintas tak ada bedanya dengan varian bensin

Tapi tak hanya menawan dilihat, ternyata tampilan slim and sleek ini juga punya alasan khusus yaitu memperbaiki aerodinamika. Maklum saja, mobil elektrik harus dirancang se-efisien mungkin hambatan udaranya agar membantu menambah jarak tempuhnya. Contohnya, stoplamp mobil ini dirancang juga untuk menjadi 'spoiler' belakang yang berfungsi mengarahkan angin dari depan.

>>> Modifikasi Lexus UX Bergaya Adventure, Ganti Kaki-kaki Jadi Lebih Kekar


Interior Lexus UX 2020

Review Lexus UX 300e 2020: Layout Dashboard

Gambar layout dashboard Lexus UX 300e 2020

Layout dashboard memukau

Masuk ke interior Lexus UX 300e 2020 ini, Anda akan langsung disambut dengan layout dashboard yang modern serta driver oriented. Bisa dibilang selain warna interior hampir tak ada beda dengan UX bermesin bensin. Sebagian besar panel dan tombol pengatur fitur di mobil ini menghadap ke sisi pengemudi. Hal tersebut mencerminkan bahasa desain human-centered cockpit yang membuat Anda tak akan kesulitan saat hendak meraih tombol guna mengatur fitur tertentu.

Review Lexus UX 300e 2020: Setir

Gambar setir Lexus UX 300e 2020

Setir mantap digenggam

Lingkar kemudi dari Lexus UX 300e 2020 ini sama dengan UX bermesin bensin, sehingga kami cukup yakin setir akan nyaman digenggam oleh tangan. Diameternya pas serta sudah dibalut kulit, tetapi setir ini juga dapat diatur secara tilt and telescopic, sehingga dapat memudahkan berbagai postur pengemudi untuk mendapat posisi yang pas. Terlebih, setir ini telah dibekali dengan berbagai tombol untuk mengatur audio, multi information display dan cruise control.

Review Lexus UX 300e 2020: Bagasi

Gambar bagasi Lexus UX 300e 2020

Bagasi cukup luas

Meskipun mobil listrik, tetapi kapasitas bagasi dari Lexus UX 300e 2020 ini selayaknya mobil konvensional pada umumnya. Trunk space cukup luas, seperti yang bisa Anda lihat di foto satu buah koper besar dan satu buah koper medium dapat masuk dengan mudah. Bagasinya termasuk luas, mengingat secara dimensi mobil ini tidak besar. Jika keluasan bagasi masih kurang, kursi penumpang belakang juga bisa dilipat dengan format 40:60.

>>> Gambaran Terbaru Lexus UX 2019 yang lebih Dinamis dan Ramah Lingkungan

Fitur Lexus UX 2020

Review Lexus UX 300e 2020: In-Car Entertaiment System

Gambar Mark Levinson Audio System Lexus UX 300e 2020

Yang membanggakan audio ini ditune oleh putra Indonesia

Lexus UX 300e 2020 ini mengusung Mark Levinson Premium Sorround System yang memiliki 13 speaker dan terdapat teknologi tuning akustik Quantum Logic Surround (QLS). Teknologi QLS ini dapat memberikan reproduksi suara alami, dan seolah penyanyi berada tepat di depan panggung. Selain itu reproduksi suara juga terkompresi Clari-Fi™ yang memungkinkan sistem melengkapi bass dan treble yang hilang saat file musik terkompres. Tidak hanya itu saja Clari-Fi™ juga menghilangkan distorsi yang dihasilkan selama proses file musik terkompresi.

Review Lexus UX 300e 2020: Ringkasan Fitur Keselamatan

Lexus UX bertenaga listrik ini dilengkapi dengan segudang fitur keselamatan aktif dan pasif bernama Lexus Safety System + (LSS+). Juga terdapat banyak sensor canggih yang memantau mobil untuk menjalankan fitur keselamatan kekinian di jajaran LSS+, yang meliputi Radar Cruise Control (RCC) yang berfungsi memantau kendaraan di depan, Lane Tracing Assist (LTA) yang bekerja sama dengan RCC memantau kendaraan di samping, juga ada Automatic high Beam (AHB) yang fungsinya mengontrol lampu depan agar tak menyilaukan pengendara lain.

Gambar mengemudi mobil listrik Lexus UX 300e 2020

Bertabur fitur safety canggih Lexus Safety System+

Ada pula sistem Road Sign Assist (RSA) yang mengandalkan kamera samping kendaraan untuk memantau objek di arah berlawanan kendaraan dan memberikan peringatan bahkan mengintervensi pedal rem ketika objeknya berpotensi tertabrak. Yang paling oke adalah fitur keselamatan Secondary Collision Brake yang berguna untuk mengontrol pedal rem dan lampu rem belakang setelah ECU membaca Airbag telah mengembang dan terjadi kecelakaan. Fitur ini fungsinya untuk mencegah efek benturan kedua yang lebih parah (tabrakan beruntun). Terakhir ada fitur TMN yang dapat memberi tahu mobil sudah menyala.

Review Lexus UX 300e 2020: Panel Instrumen

Gambar panel instrumen Lexus UX 300e 2020

MID lengkap

Lexus UX 300e 2020 ini dilengkapi dengan Multi information Display (MID) yang lengkap di panel instrumen clusternya. Sama menariknya seperti varian bermesin bensin, namun panel instrumen ini tak bisa bergeser seperti varian bermesin konvensional. Terdapat beberapa fungsi penting yang dapat ditampilkan di sini, antara lain outside temperature, jam, speedometer, driving mode, shifter position, odometer, tripmeter, battery gauge, regenerative braking indicator.

>>> Lexus Safety System+ Akan Ditanamkan pada Seluruh Mobil Lexus Tahun Depan

Operasi Lexus UX 2020

Gambar dinamo dan baterai Lexus UX 300e 2020

Baterai diletakkan di bawah lantai demi canter of gravity ideal

Lexus UX 300e 2020 ini mengusung baterai berkapasitas 54,4 kWh berjenis Lithium-ion battery dengan pendingin udara memanfaatkan AC mobil. Baterai ini dapat dicharge dengan arus listrik searah (DC) ataupun arus listrik bolak balik (AC). Baterai dapat dicharge dari kosong ke 100% dalam 80 menit dengan daya charger 54 kilowatt (kW) dan 14 jam dengan daya charger 200 Volt / 16 Ampere. Jika listrik Anda lebih tinggi dayanya, bisa lebih cepat lagi.

Gambar dinamo 4KM AC Synchronous Motor

Dinamo racikan Lexus dan Panasonic canggih

Yang istimewa adalah jenis dinamo yang diusungnya. Lexus UX 300e 2020 ini menggunakan dinamo 4KM AC Synchronous Motor. Dinamo ini dirancang begitu presisi, jadi pada intinya motor listriknya bergerak hanya jika ada signal dari ECU. Apabila signal dari ECU diputus atau stop, putaran dinamo langsung stop. Berbeda dengan Tesla misalnya yang pakai asynchronous motor, bila signal ECU stop, motor masih bisa berputar dengan putaran sisa (seperti gaya inersia).

Gambar Lexus Performance Damper Suspension di Lexus UX 300e 2020

Steering brace tingkatkan pengendalian

Guna menambah unsur fun to drive, mobil ini tak hanya memanfaatkan rancang bangun TNGA saja, tetapi juga mengatur canter of gravity yang rendah agar pengendalian semakin baik. Bagian kemudinya juga diberikan bahan penguat (Steering Brace) yang ditambahkan pada bagian struktur suspensi depan. Kedua steering brace ini dipasang pada suspensi depan guna memastikan kekokohan, serta meningkatkan kekakuan strukturnya. Handling mobil pun menjadi semakin baik.

Spesifikasi Lexus UX 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Lexus UX 300e 2020 :

Penggerak Lexus UX 300e 2020

 Jenis Dinamo Elektrik

 4KM AC Synchronous Motor

 Konfigurasi

 Front mounted driving front wheels

 Jenis Baterai

 Lithium-ion battery

 Voltase Baterai

 355,2 V

 Kapasitas Maksimum Baterai

 54,4 kWh

 Peak Power

 203 PS (150 kW) atau sekitar 201,5 HP

 Peak Torque

 300 NM (30,5 Kgm)

 Charging Time (0-100%)

 Normal Charger: 14 Jam dengan daya charger 200 Volt / 16 Ampere

 Quick Charger: 80 Menit dengan daya charger 54 kilowatt (kW)

 Tipe Transmisi

 Otomatis Single Gear dengan Reduction Gear, Penggerak Roda Depan

Rangka Lexus UX 300e 2020

 Panjang X Lebar X Tinggi

 4,495 mm X 1.840 mm X 1,540 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2,640 mm

 Radius Putar Minimum

 5,2 Meter

 Jarak Terendah Ke Tanah

 140 mm

 Jumlah Tempat Duduk

 5 Tempat Duduk

Suspensi/Kaki-Kaki Lexus UX 300e 2020

 Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut

 Belakang: Double Wishbone, with Stabilizer

 Sistem Kemudi

 Rack And Pinion, Electronic Power Steering

 Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc Brake & Disc Brake

 Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA, HSA, Lexus Safety Sense+

 Teknologi Safety Sasis

 Toyota New Global Architecture (TNGA)

 Struktur Sasis

 Monokok, SUV C-Segment

 Pelek

 Alloy, 17 inch

 Jenis Ban

 Radial, 215/55 R17

Daftar Harga Lexus UX 2020

Gambar ilustrasi harga Lexus UX 300e 2020

Masuk Indonesia diprediksi harganya akan melambung tinggi

Lexus UX 300e 2020 di Jepang dijual dengan kisaran harga Rp 600 hingga Rp 700 juta. Dan ada dua trim di sana, sayangnya ketika masuk Indonesia harganya berpotensi tembus di angka Rp 1 Milliar sebab pajak mobil CBU (Completely Built Up) tinggi, demikian hingga artikel ini dibuat juga juklak (petunjuk pelaksanaan) LECV (Low Emission Carbon Vehicle) masih belum ketok palu di Tanah Air.

Kesimpulan Lexus UX 2020

Gambar Lexus UX 300e 2020

Lexus UX 300e 2020 layak menyandang gelar The Most Perfect Urban EV

Jelas saja Lexus UX listrik ini layak menyandang gelar the most perfect urban EV. Tampilannya paling modis di antrara mobil listrik yang beredar di Tanah Air, kabin praktis, serta didukung dengan dinamo canggih, sistem manajemen baterai yang terintegrasi, hingga durabilitas gen Lexus menjadi daya tarik crossover ini. Bisa dibilang hanya faktor harga saja yang menghalangi calon pembeli mobil ini untuk beredar lebih luas.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjtut simak review mobil yang manarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Lexus RX300 F SPORT 2020: Volume Maker Penjualan Lexus Indonesia

Rp. 1.475.000.000

10/07/2020

Editor rate:

Lexus RX menjadi backbone penjualan Lexus di Indonesia, lantas sebenarnya seperti apa istimewanya mobil ini? Mari simak Review Lexus RX300 F SPORT 2020...

Lihat juga

Review Lexus LM 350 2020: Bukan Sekadar Alphard Berlogo 'L'

Rp. 3.035.000.000

07/07/2020

Editor rate:

Jika Anda beranggapan Toyota Alphard masih terasa kurang mewah, maka kemungkinan mobil ini lebih pas untuk Anda, mari simak review Lexus LM 350 2020 ini...

Lihat juga

Review Lexus UX 200 F SPORT AT 2020: Pilihan Kaum Hawa Sosialita

Rp. 925.000.000

10/08/2020

Editor rate:

Meski bentuk Lexus UX terkesan kekar berotot, namun sebenarnya mobil Lexus UX 200 F SPORT AT 2020 ini ditujukkan untuk kaum hawa yang senang bersosialita....

Lihat juga

Review Lexus LC 500 Convertible 2020: Sarana Pamer Rambut Orang Kaya

Rp. 3.985.000.000

05/09/2020

Editor rate:

Lexus Indonesia diam-diam secara resmi menjual Lexus LC 500 Convertible 2020 yang harganya nyaris tembus Rp 4 milliar. Lantas seberapa istimewa Lexus LC ini?

Lihat juga

Review Lexus RC 350 F-Sport 2019

01/01/2019

Editor rate:

Bagi Anda yang bosan dengan kupe buatan Jerman dan ingin mencoba hal baru, maka mobil ini merupakan jawabannya. Dia cantik, atletis, dan lincah. Ini pendapat kami mengenai Review Lexus RC 350 F-Sport 2019 hanya di Cintamobil.com.

Lihat juga
back to top