Review Lexus RC F Track Edition 2020

15/02/2019

Share this post:

Lexus RC 2020

Editor rate:

Lihat promo

Jika dirasa Lexus RC F kurang ‘hard-core’, maka inilah jawaban Lexus untuk para trackday enthusiast. Inilah review Lexus RC F Track Edition 2020 yang Cintamobil.com siapkan untuk Anda.

Review Lexus RC F Track Edition 2020
Review Lexus RC F Track Edition 2020
0 Gambar

Pengantar Lexus RC 2020

Mari kita simak spesifikasi Lexus RC 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Lexus RC F yang lebih siap untuk diajak track day

Penampilan lebih agresif berkat sentuhan detil carbon fibre di banyak area eksterior

Kemewahan kabin dan penggunaan material premium tetap dilakukan oleh Lexus

Kekurangan

Performa mesin sama persis dengan RC F ‘normal’ model year 2020

Hanya fokus mengurangi bobot mobil secara keseluruhan

Review Lexus RC F Track Edition 2020Bagi beberapa penikmat sports car, sensasi berkendara agresif layaknya berada di atas trek balap seringkali lebih menggugah ketimbang mobil sports car dalam kondisi standar. Hal ini terbukti dari mayoritas brand mobil premium selalu memiliki versi ‘hard-core’ dari model normal mereka sendiri.

Salah satu contoh adalah Lexus RC F, sebuah sports car yang sudah hadir sejak tahun 2014. Mobil ini basisnya adalah luxury coupe Lexus RC yang lebih duluan debut di Tokyo Motor Show 2013. Lexus RC F sejatinya hadir menantang BMW M4 dan Mercedes-AMG C 63 Coupe dan Audi RS5 ini menawarkan karakter berkendara agresif yang dibentuk oleh mesin besar dengan format naturally aspirated, di saat ketiga rival dari Jerman tersebut sudah beralih menggunakan sistem forced induction.

Gambar 4 orang berfoto sama mobil Lexus RC F Track Edition 2020

Penampilan perdana Lexus RC F Track Edition 2019 di Detroit 

Meski demikian, di pasar otomotif saat ini sejatinya masih ada versi hard-core yang diciptakan pabrikan mobil Jerman untuk sports car mereka. Lexus tentu saja tidak mau ketinggalan menghadirkan versi lebih powerful dari Lexus RC F, yang kemudian mereka namakan Lexus RC F Track Edition 2020. Dan berikut adalah review Lexus RC F Track Edition 2020 dari Cintamobil.com untuk Anda.

Eksterior Lexus RC 2020

Review Lexus RC F Track Edition 2020 : Eksterior Depan

Gambar mobil Lexus RC F Track Edition 2020 berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan

Tampilan eksterior depan Lexus RC F Track Edition 2020

Wajah depan Lexus RC F Track Edition 2020 menjadi lebih agresif berkat penggunaan carbon fibre yang ringan untuk area engine hood. Material yang sama juga digunakan untuk area front splitter di bumper depan yang dipadukan detil canard di sisi front splitter. Hal ini diperlukan agar downforce di area front end mobil ini lebih baik, sehingga berimbas pula pada sisi handling.

Di sisi lain, citra wajah Lexus dengan spindle grille yang dominan tetap hadir di Lexus RC F Track Edition 2020. Sedangkan untuk headlight kini menggunakan bahasa desain baru, dengan tiga LED dibuat sejajar dan daytime running light bergaya bumerang terintegrasi di area dalam headlight.

Review Lexus RC F Track Edition 2020 : Eksterior Samping

Gambar mobil Lexus RC F Track Edition 2020 berwarna abu-abu dilihat dari sisi samping

Tampilan eksterior samping Lexus RC F Track Edition 2020

Lexus melakukan ‘diet’ sekaligus peningkatan tampilan eksterior samping Lexus RC F Track Edition 2020 dengan dua cara. Cara pertama adalah menggunakan atap full panel carbon fibre yang ringan, serta penggunaan velg BBS 19 inci dengan ban khusus Michelin Pilot Sport 4S. Di sisi lain, detil berupa air inlet pada fender depan tetap dipertahankan pada Lexus RC F Track Edition 2020.

Review Lexus RC F Track Edition 2020 : Eksterior Belakang

Gambar mobil Lexus RC F Track Edition 2020 berwarna abu-abu dilihat dari sisi belakang

Tampilan eksterior belakang Lexus RC F Track Edition 2020

Eksterior belakang Lexus RC F Track Edition 2020 memiliki ubahan yang lebih kentara dibandingkan versi RC F ‘standar’. Pertama bisa dilihat ialah penggunaan fixed rear wing dari carbon fibre yang lebih ringan agar menghasilkan downforce lebih baik. Untuk sistem exhaust menggunakan muffler titanium, serta di tengah aera muffler terdapat rear diffuser yang memiliki bentuk agresif dan dominan.


Interior Lexus RC 2020

Review Lexus RC F Track Edition 2020 : Dashboard & Setir

Tidak ada ubahan signifikan ditemukan pada area kabin Lexus RC F Track Edition 2020. Lexus tetap konsisten memberikan sentuhan kokpit yang premium dan driver oriented.

Desain Dashboard & Setir Lexus RC F Track Edition 2020 dengan warna tema itulah merah

Desain dashboard Lexus RC F Track Edition 2020 yang dibalut leather dengan detil hitam-merah

Untuk central cluster dibuat dengan lekukan pada dua bagian, dimana bagian atas untuk pengaturan climate control dan slot CD, sedangkan di area bawah terdapat pengaturan teknis dari tuas transmisi, mode berkendara, hingga touchpad untuk mengatur sistem infotainment Lexus Enform. Semua detil tersebut dibalut dalam format leather hitam-merah dan red carbon trim.

Di sisi lain, pengemudi bisa mendapatkan informasi seputar kondisi mobil dalam instrument cluster yang memadukan efek analog dan digital. Kontrol informasi yang disajikan pada instrument cluster dan audio mobil bisa diatur lewat setir yang sudah dibekali leather dengan detil jahitan dan paddle shift di belakangnya.

Review Lexus RC F Track Edition 2020 : Jok

Gambar bagian jok mobil Lexus RC F Track Edition 2020 dengan jok berwarna merah

Jok depan Lexus RC F Track Edition 2020

Jok Lexus RC F Track Edition 2020 memiliki format sport seat untuk pengemudi dan penumpang depan, serta jok belakang yang dirasa lebih cocok untuk anak kecil. Menariknya, Toyota menggunakan detil material Alcantara berkelir warna merah untuk membuat kabin Lexus RC F Track Edition 2020.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

Fitur Lexus RC 2020

Review Lexus RC F Track Edition 2020 : Fitur & Teknis Berkendara

Lexus RC F Track Edition 2020 banyak mengalami ubahan teknis untuk handling. Mulai dari penggunaan bushing arm lebih kaku untuk suspensi belakang dan penggunaan bracket suspensi khusus dari aluminium. Kemudian di sektor kemudi juga mengalami perubahan pada dudukan steering rack. Engine mounting juga dirancang ulang agar lebih rigid.

Gambar menunjukkan Sistem rem Brembo pada Lexus RC F Track Edition 2020

Brembo Carbon Ceramic Brake digunakan pada Lexus RC F Track Edition 2020

Upgrade komponen pada Lexus RC F Track Edition 2020 tidak berhenti sampai di sini. Komponen rem juga ikut berubah dengan menggunakan Brembo carbon ceramic brake rotors yang lebih optimal untuk deselerasi saat di kecepatan tinggi dalam waktu yang lama. Penggunaan komponen ini beserta velg BBS berhasil mereduksi bobot total mobil sebanyak 25 kilogram.

Gambar menunjukkan fitur Mode Berkendara Lexus RC F Track Edition 2020

Tombol Drive Mode dan Launch Control tersedia di sisi tuas transmisi

Di samping itu, mobil yang di-develop ulang oleh tim balap Lexus di Super GT dan IMSA Series ini juga untuk pertama kalinya menggunakan fitur Electronic Launch Control. Fitur ini memungkinkan sistem secara otomatis menyesuaikan kontrol traksi dan throttle untuk akselerasi maksimum dari posisi diam. Lexus juga tetap mempertahankan fitur seperti Drive Mode Select untuk pengaturan mode berkendara.

Review Lexus RC F Track Edition 2020 : Fitur Hiburan

Gambar fitur Lexus Enform di Lexus RC F Track Edition 2020

Interface Lexus Enform

Lexus tetap mempertahankan fitur hiburan seperti Lexus Enform yang terkoneksi dengan navigasi dan pemutar audio dan video mutakhir, yang tersaji di layar 10 inci. Untuk output suara tetap setia dengan Mark Levinson® Premium Surround Sound Audio System yang memiliki total 17 speaker berkekuatan 835 watt.

Menariknya Lexus menyediakan pengaturan Lexus Enform melalui trackpad sentuh yang cukup mudah digunakan, sekalipun tidak semudah kenop putar yang biasa digunakan oleh brand-brand mobil yang sudah menggunakan sistem infotainment terintegrasi.

Review Lexus RC F Track Edition 2020 : Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan fitur Airbag Lexus RC F Track Edition 2020

Total 8 airbag tersedia di dalam kabin Lexus RC F Track Edition 2020

Soal fitur keselamatan, Lexus mengedepankan fitur Lexus Safety System+ yang mengedepankan fitur pre-safety aktif, Vehicle Dynamics Integrated Management (VDIM), backup camera dengan gridline untuk tampilan visual arah belakang saat parkir, serta Airbag yang berjumlah 8 buah.

>>> Sedan Mewah Terjangkau Dibawah Rp 1 Miliar, Tips Lengkap Beli Lexus GS 350 Bekas

Operasi Lexus RC 2020

Gambar menunjukkan bagian Mesin Lexus RC F Track Edition 2020

Jantung pacu Lexus RC F Track Edition 2020

Lexus RC F Track Edition 2020 ditenagai oleh mesin 5.0 liter V8 naturally aspirated yang kini bisa menghasilkan tenaga maksimal 472 dk dan torsi 535 Nm, sama seperti Lexus RC F ‘standar’ edisi produksi 2020. Semua tenaga disalurkan ke roda belakang lewat transmisi 8 percepatan otomatis.

Ada beberapa ubahan teknis yang dilakukan oleh Lexus pada mobil ini, sehingga performa mesin menjadi lebih baik. Di mulai dari revisi intake routing dan trigger point untuk intake diturunkan dari 3.600 rpm ke 2.800 rpm, serta final gear ratio yang lebih tinggi dari 2.93:1 ke 3.13:1. Masih ada lagi ubahan di intake manifold, serta kompresor ac yang kini lebih kompak.

Semua ubahan di atas (plus launch control), sanggup membuat Lexus RC F Track Edition 2020 bisa melesat kencang dari titik diam hingga kecepatan 100 km/jam dalam waktu 3.9 detik. Sayang belum ada informasi resmi dari pihak Lexus mengenai top speed dari sports car ini. Sekedar perbandingan, top speed yang dihasilkan Lexus RC F model year 2020 berada di angka 270 km/jam.

>>> Review Lexus LC 500 2017: Lexus Paling Seksi Dan Menggoda

Spesifikasi Lexus RC 2020

Berikut adalah spesifikasi Lexus RC F Track Edition 2020 yang bisa dibaca di Cintamobil.com

Mesin Lexus RC F Track Edition 2020

Tipe Mesin

V8 Naturally Aspirated

Kapasitas

5.000 cc

Transmisi

8 percepatan otomatis

Tenaga Maksimum

472 dk

Torsi Maksimum

535 Nm

Dimensi Lexus RC F Track Edition 2020

P x L x T

4.705 mm x 1.845 mm x 1.390 mm

Berat kosong

1,715 kg

Wheelbase

2,370 mm

Kaki-Kaki Lexus RC F Track Edition 2020

Velg

BBS 19 inch lightweight forged alloy

>>> Butuh informasi tentang kelebihan dan kekeurangan mobil Lexus lainnya, klik sini saja

Daftar Harga Lexus RC 2020

Belum ada informasi resmi mengenai harga Lexus RC F Track Edition 2020. Namun untuk model mobil yang hanya di produksi di bawah angka 100 unit per tahun dan hanya tersedia 2 warna (Ultra White & Matte Nebula Gray) akan dibanderol di atas harga resmi Lexus RC F 2020 di harga US$ 65.745 (sekitar Rp926 jutaan).

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut update harga dan promo mobil Lexus lainnya

Kesimpulan Lexus RC 2020

Untuk bisa membuat Lexus RC F Track Edition 2020 lebih proper untuk diajak berlari di atas trek balap, Lexus banyak melakukan diet ketat pada mobil ini sehingga bisa lebih ringan 178 kg. Berbekal sektor aero yang lebih baik dalam hal downforce, handling yang turut diperbaiki, dan mesin yang bertenaga lebih baik, tidak menutup kemungkinan mobil ini menjadi sangat fun to drive dan lebih lincah diajak menari di atas tikungan trek balap ataupun jalanan dengan tikungan yang menantang.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Aplikasikan Teknologi Digital Outer Mirrors, Lexus Jepang Mulai Tinggalkan Spion Manual Bulan Depan

14/09/2018

Mobil baru

Merek premium Toyota di Jepang, Lexus memastikan bakal meninggalkan penggunaan spion manual untuk produk-produk terbarunya. Sebagai pengganti, Lexus mengaplikasikan Teknologi Digital Outer Mirrors yang diklaim memiliki visibilitas lebih tinggi dan lebih luas di berbagai kondisi.

Lihat juga

Ulang Tahun Kesepuluh Lexus F, Lexus Eropa Luncurkan LFA Art Car

28/07/2018

Mobil baru

3 menit

Menandai ulang tahunnya yang kesepuluh Lexus F Performance, Lexus Eropa luncurkan seri LFA Art Car dan bakal menjalani debut di balapan Total 24 Hours of Spa, di Circuit de Spa-Francorchamps, Belgia (29/7/2018).

Lihat juga

Profil BMW M5 F90 2018: Sedan Sport Masterpiece Bavaria

01/06/2018

Editor rate:

Belum lama ini, BMW M5 menghadirkan generasi keenamnya yang dibekali mesin tangguh dan berkelas. Segala pembaruan fitur di setiap sudutnya, memperlihatkan keseriusan pabrikan otomotif asal Jerman untuk memberikan performa terbaik bagi sedan sport jagoannya ini. Seperti apa performanya dan fitur terbarunya? Mari kita simak review BMW M5 F90 2018.

Lihat juga

Review Mercedes-AMG C 63 DTM 2018

Rp 865.000.000

14/02/2019

Editor rate:

Inilah mobil sang petahana! Yup, mobil Mercedes-AMG C 63 DTM 2018 ini merupakan mobil yang menjadi juara umum DTM di musim balap 2018. Sayangnya tahun 2019 ini Mercedes-Benz menarik diri dari keikutsertaannya di balap DTM. Seberapa hebatkah mobil ini? Ini pendapat kami mengenai mobil Mercedes-AMG C 63 DTM 2018.

Lihat juga

Review BMW M4 2017: Peningkatan Fitur Standar dan Diet Ketat

2.000.000.000

04/01/2019

Editor rate:

Tanggapan BMW terhadap pengembangan Mercedes-AMG 63 yang baru, meskipun tidak diakui BMW, adalah memperbarui coupé BMW M4 2017 dan sedan M3. Menambahkan lebih banyak peralatan dan bobot yang dipangkas habis menjadikan mobil ini lebih cepat dibandingkan generasi pertamanya.

Lihat juga