Review Lexus LM 350 2020: Bukan Sekadar Alphard Berlogo 'L'

07/07/2020

Share this post:

Lexus LM 350 2020

Editor rate:

Rp. 3.035.000.000

Jual beli mobil Lexus bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di seluruh Indonesia Lihat promo

Jika Anda beranggapan Toyota Alphard masih terasa kurang mewah, maka kemungkinan mobil ini lebih pas untuk Anda, mari simak review Lexus LM 350 2020 ini...

Review Lexus LM 350 2020: Bukan Sekadar Alphard Berlogo 'L'
Review Lexus LM 350 2020: Bukan Sekadar Alphard Berlogo 'L'
0 Gambar

Pengantar Lexus LM 350 2020

Mari kita simak spesifikasi Lexus LM 350 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Privasi kabin belakang tak tertandingi

Fitur lebih lengkap dari kompetitor

AdaptiPedic™ seat pertama di dunia

Kekurangan

Harga tinggi

Jaringan servis Lexus terbatas

Belum ada varian hybrid

Foto emblem LM 350 di Lexus LM 350 2020

Lexus LM 350 jadi alternatif upper class jika Alphard terasa kurang mewah

Review Lexus LM 350 2020 - Kisah sukses Toyota Alphard menjadi MPV mewah di kawasan Asia memang tak terbantahkan. Toyota Alphard pun menjelma menjadi sebuah lambang kesuksesan seseorang. Seakan, jika belum punya Alphard di garasi rumahnya, bisa dianggap belum sukses. Sehingga Toyota Alphard seakan menjadi solusi bagi konsumen di segmen upper class maupun para eksekutif dan yang ingin memiliki mobil mewah plus lapang sehingga bisa membawa keluarga.

Foto logo Lexus pada Lexus LM 350 2020

Mobil ini bukan sekadar Alphard diberi logo "L"

Namun selayaknya manusia biasa yang tak pernah merasa puas, ada saja pemilik Toyota Alphard yang merasa bahwa mobil mereka belum mencapai titik kemewahan yang sempurna. Lexus mendengar hal tersebut, plus banyaknya permintaan serta masukkan dari para loyalis Toyota, maka pada gelaran Auto Shanghai 2019 pertama kalinya Lexus International melakukan world premiere terhadap Lexus LM. Saat itu yang dipajang adalah Lexus Luxury MPV (LM) dengan tipe 300h (Hybrid).

Foto tampilan depan Lexus LM 350 2020

Seberapa menarik Lexus LM ini?

Butuh waktu satu tahun lebih bagi Lexus Indonesia untuk bisa memboyong Lexus LM ke Indonesia. Bukan untuk melobi perusahaan asal Jepang itu, namun memang Lexus sendiri kebanjiran order LM khususnya di Asia. Menariknya, unit yang dimasukkan ke Tanah Air adalah Lexus LM full spec, dengan tipe 350 yang berarti mengusung mesin V6 3.500 cc dan tersedia dalam dua tipe, yaitu 7-seaters dan 4-seater executive. So, kini saatnya menyimak review Lexus LM 350 2020 yang bukan sekadar Alphard berlogo 'L'

Eksterior Lexus LM 350 2020

Review Tampilan Depan Lexus LM 350 2020

Foto tampilan depan Lexus LM 350 2020

Guratan di grille khas Lexus ini terinspirasi dari pohon palem asli Indonesia

Tampilan eksterior depan Lexus LM 350 ini masih bernafas desain Lexus kekinian yang bernama provocative elegant design, dengan menyematkan signature spindle grille berukuran besar pada bagian depan. Grille depan yang terinspirasi dari pohon palem asal Tanah Air tersebut diberikan sentuhan finishing dark chrome dan warna abu-abu yang menyiratkan kesan elegan.

Foto headlamp Lexus LM 350 2020

L-shape LED DRL dan sequential turning signal mempercantik tampilannya

Tak sampai disitu saja, bentuk bumper juga diberikan L-shape khas Lexus, yang semakin membuat MPV ini bercitra premium nan eksklusif. Lantas lampu utama telah mengusung 3 buah LED (Light Emitting Diode) High and Low Beam. Tampilannya juga kian dipercantik dengan penerapan LED DRL (Daytime Running Light) yang membentuk huruf L saat menyala dan tentunya seperti khasnya Lexus kekinian, ia juga pakai lampu sein sequential.

Review Tampilan Samping Lexus LM 350 2020

Foto tampilan samping Lexus LM 350 2020

Panel berlapis chrome berbentuk L-shape membuat tampilan mobil kian berkelas

Lanjut ke tampilan sampingnya, secara umum perawakannya mirip dengan Toyota Alphard. Hanya saja tetap ada beberapa detail yang membedakan antara Lexus LM 350 dengan Toyota Alphard termahal sekalipun, antara lain adalah padu padan ornamen yang membentuk huruf ‘L’ bernama L-shape berkelir krom yang hadir di masing-masing sisi membuat kesan eksklusif sekaligus mahal kian mencuat. Kedua pintu geser juga dapat dibuka secara elektris layaknya jagoan MPV Toyota itu.

Foto L-shape Chrome Ornament di Lexus LM 350 2020

Beberapa welding point rangka diramu khusus agar lebig meredam getaran dan suara

Meskipun secara umum bodi luarnya sangat mirip dengan Toyota Alphard, namun namun Lexus LM ini sebenarnya adalah mobil yang dibuat dengan cara berbeda. Seluruh bagian rangka welding point-nya (titik pengelasan rangka) diramu dengan cara khusus agar mampu lebih meredam getaran dan juga suara, tetapi tidak mengurangi kelincahannya dalam bermanuver. Alhasil saat di jalan ia lebih tenang dan minim vibrasi masuk ke kabin.

Review Tampilan Belakang Lexus LM 350 2020

Foto tampilan belakang Lexus LM 350 2020

LED Rear Combination Lamp menyala cantik

Pada tampilan eksterior belakang Lexus LM 350 2020 ini juga terlihat jauh lebih mewah dari saudaranya sesama buatan Jepang itu. Paling kentara adalah penggunaan stoplamp LED Rear Combination Lamp dikombinasi dengan Sequential Turning Lamp yang menyala cantik dari bagian dalam ke luar. Jika Anda bertanya mengapa mobil seharga Rp 3 miliar lebih tidak ada wiper belakang maka Anda salah, karena penyeka kaca tersebut diletakkan di balik spoiler belakang yang membuat kesan bagian belakang lebih clean.

Foto stoplamp Lexus LM 350 2020

Ciri khas L-shape masih kental di bagian buritan Lexus LM ini

Terdapat juga empat buah sensor parkir dan sebuah kamera untuk memantau kondisi di belakang mobil ini. Maklum saja, Lexus LM 350 2020 ini memiliki dimensi lebih dari 5 meter, sehingga membutuhkan perangkat tambahan yang dapat membantu driver agar lebih aman melakukan manuver dengan mobil ini. O ya, karena Lexus LM 350 ini merupakan varian 4-seater yang punya partisi belakang, maka mobil ini juga dilengkapi dengan kamera tambahan yang berfungsi untuk mempermudah driver melihat bagian belakang kendaraan.

>>> Lexus Safety System+ Akan Ditanamkan pada Seluruh Mobil Lexus Tahun Depan


Interior Lexus LM 350 2020

Review Layout Dashboard & Kursi Depan Lexus LM 350 2020

Foto layout dashboard Lexus LM 350 2020

Material kelas satu disematkan pada sekujur dashboard Lexus LM ini

Kita mulai ulasan pada kabin bagian depan terlebih dahulu, meskipun kemungkinan kecil pemilik mobil ini duduk di sini dan menyetir sendiri Lexus LM 350 ini, namun ternyata kursi pengemudi maupun kursi penumpang depan Lexus LM ini nyaman untuk diduduki. Kursinya sendiri mampu menyangga badan dengan baik dan mampu diatur secara elektris 8 arah melalui dua buah tuas. Sayangnya, sudut reclining kursi depan ini terbatas karena terhalang partisi besar di belakang dua buah kursi ini.

Foto kursi Depan Lexus LM 350 2020

Kursinya nyaman diduduki meski reclening agak terbatas oleh partisi

Lanjut ke layout dashboardnya, material kelas satu digunakan dan tidak terasa sama sekali material murahan maupun plastik keras di kabin depan ini. Oya, di bagian interior ini juga, LM didesain dengan menghadirkan ornamen Gin-Sui-Boku (Tinta Perak) yang menghiasi interior mobil ini sehingga memberikan daya tarik tersendiri. Karena dikerjakan oleh tangan membuat tiap guratan Gin-Sui-Boku tiap mobil berbeda. Gin-Sui-Boku merupakan sebuah ornamen yang baru dikembangkan dari inspirasi seni lukisan tinta.

Review Setir Lexus LM 350 2020

Foto setir Lexus LM 350 2020

Setirnya mantab digenggam

Lingkar kemudi dari Lexus LM 350 2020 ini nyaman digenggam, bukan hanya karena ia sudah dibungkus kulit serta dapat diatur tilt and telescopic demi mencapai posisi mengemudi ideal, tetapi setir ini diameternya pas. Artinya tidak terlalu kurus maupun terlalu gemuk. Apalagi desain setir ini juga keren. Pada spoke bagian kiri terdapat deretan tombol untuk mengatur audio dan bluetooth telephone, sementara untuk palang kanan ada barisan tombol yang dapat dipakai untuk mengatur layar MID (Multi Information Display).

Review Kabin Belakang Lexus LM 350 2020

Foto partisi kabin belakang Lexus LM 350 2020

 Private Double Acoustic Frosted Glass Partition membuat kabin belakang adalah 'milik Anda'

Berbicara soal bisnis maupun hal privasi lainnya dapat Anda lakukan dengan aman di kabin belakang mobil ini tanpa terdengar oleh pengemudi maupun ajudan di kabin depan. Sebab, LM dilengkapi dengan Private Double Acoustic Frosted Glass Partition yang membuat suara di kabin belakang tidak dapat bocor ke depan. Bahkan, jika Anda teriak-teriak di kabin belakang ini, pengemudi dan ajudan di kabin depan tidak akan mendengar suara apapun.

Foto kursi AdaptiPedic™ Lexus LM 350 2020

Kursi belakang berteknologi AdaptiPedic™ dapat mengikuti kontur tubuh Anda

Hal lain yang istimewa terdapat di seats atau jok. Untuk melampaui standar industri yang ada, maka terobosan yang dibuat di Lexus LM adalah dengan mengubah kebiasaan dari rancangan seat. Yang biasanya seat ini dibuat oleh seat designer, khusus Lexus LM ini, yang merancang adalah Luxury Bed Mattress maker yang biasanya membuat Spring Bed kelas super mahal. Maka dari itu teknologi AdaptiPedic™ disematkan pada LM ini dan tak akan Anda temui di Alphard.

Review Bagasi Lexus LM 350 2020

Foto bagasi Lexus LM 350 2020

Bagasi LM ekstra luas

Karena hanya berformat empat tempat duduk alias 4-seater, maka tak heran kapasitas bagasi Lexus LM 350 2020 ini begitu luar biasa. Memang, Lexus Indonesia maupun Lexus International tidak memberikan kapasitas pasti mengenai luasan bagasi belakang Lexus LM ini, namun sebagai gambaran tester Cintamobil.com yang bertubuh bongsor muat dengan leluasa masuk ke dalam bagasi Lexus LM ini.

Foto kunci Lexus LM 350 2020

Bagasi juga dapat dibuka dari remote

Tidak hanya sampai disitu saja, pintu bagasi Lexus LM 350 2020 ini dapat dibuka dengan tiga cara. Pertama cara manual, Anda tinggal tarik saja tuas elektrik di bawah lampu plat nomor, maka pintu bisa diangkat ke atas untuk dibuka. Kedua dengan cara menekan remote di kunci, pintu dapat terbuka secara elektris, ketiga adalah dengan menekan sebuah tombol di dashboard tepatnya di sebelah kanan pengemudi.

>>> 12 Hal Pada Lexus LM Ini Tidak Akan Anda Temui Di Toyota Alphard

Fitur Lexus LM 350 2020

Review Double Sunroof Lexus LM 350 2020

Foto double sunroof Lexus LM 350 2020

Sunroof menambah kesan lega

Lexus LM 350 juga dilengkapi dengan double sunroof guna menambah kesan mewah dan lega pada kabin. Namun, sunroof yang dioperasikan secara elektrik serta dapat digeser dan diangkat ke atas (tilt) hanya tersedia di kursi belakang saja, sementara untuk bagian depan hanya bisa tilt saja. Anda yang punya anak kecil atau petinggi partai politik pasti bisa menggunakan kaca ini untuk kebutuhan kampanye.

Review Lexus LM 350 2020: In-Car Entertaiment System

Foto 26-Inch LED Screen Lexus LM 350 2020

Hebatnya audio Mark Levinson ini disetting oleh tuner audio asal Indonesia

Bisa dibilang Anda tidak perlu lagi upgrade audio system pada LM ini. Sebab ia telah dilengkapi dengan tata suara keluaran Mark Levinson Premium Surround Sound Audio System dengan 19 speaker sebagai teman hiburan selama perjalanan. Cintamobil.com sudah coba sendiri kualitas audio di mobil ini dan terdengar sangat mengagumkan, apalagi salah satu Lexus Takumi yang mensetting audio pada mobil-mobil Lexus ini dikomandoi oleh Natan Budiono yang asli orang Indonesia.

Foto subwoofer Mark-Levinson Lexus LM 350 2020

Audio Mark Levinson ini begitu baik kualitas suaranya

Lexus LM tipe 4-seater dirancang untuk para profesional dan pengusaha, tak heran ia tersedia dua tempat duduk eksekutif yang unik, sehingga dua penumpang di belakang ini akan dapat menikmati layar monitor 26 inci yang sekaligus menjadi sekat pemisah privacy yang kedap dengan ruang pengemudi, khusus untuk para konglomerat yang merasa lebih nyaman dalam ruangannya sendiri. Tak heran, pengacara kondang sekaliber Hotman Paris Hutapea membeli satu buah mobil Lexus LM 350 4-seaters 2020 ini

Review Lexus LM 350 2020: Kulkas

Foto Kulkas 14 Liter pada Lexus LM 350 2020

Kulkas 14 liter ini adalah perangkat OEM Lexus

Kulkas eksternal yang merupakan aksesoris kendaraan memang dapat dibeli dan dipasang di mobil, namun jika Anda adalah salah satu pembeli LM, maka Anda tidak perlu memikirkan hal tersebut. Sebab, LM sudah dilengkapi dengan kulkas mini dengan ukuran 14 liter, jadi Anda tinggal letakkan saja minuman favorit Anda di kulkas tersebut dan nikmati selama perjalanan dengan mobil ini.

Review Lexus LM 350 2020: Touch Screen Control Panel

Foto touch screen control panel Lexus LM 350 2020

Beberapa fitur di mobil dapat diatur dari sini

Lexus Indonesia menyebutkan bila LM ini memang dibuat sebagai layaknya pesawat first class, maka tak heran ini dilengkapi berbagai fitur canggih dan mewah layaknya sebuah jet pribadi. Sistem audio, AC, sudut kerebahan jok dapat dikontrol dengan menggunakan Touch Control Panel yang terdapat diantara dua kursi belakang. Jelas ini memberikan aura kemewahan tersendiri.

>>> Meski Bodinya Mirip, Toyota Alphard dan Lexus LM Tak Saling Senggol

Operasi Lexus LM 350 2020

Foto mesin 2GR-FKS Lexus LM 350 2020

Meski bukan mesin jenis anyar, namun ia tetap mengusung teknologi tinggi

Mesin Lexus LM 350 ini menggunakan unit V6 3.500 cc dengan kode 2GR-FKS. Mesin naturally aspirated ini punya output tenaga hingga 297 hp pada putaran mesin 6.600 rpm, serta torsi 361 Nm di rotasi mesin 4.700 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis Direct Shift 8-percepatan. Meski tanpa turbo, namun mesin ini juga berteknologi maju, sebab ia mengusungsistem Direct Injection 4-stroke (D-4S) yang punya dua buah injektor terpisah.

Foto double wishbone with swing valve shock absorber technology Lexus LM 350 2020

Teknologi suspensi canggih mengadopsi dari Lexus ES

Juga yang istimewa adalah Suspensi Lexus LM ini, karena dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi suspensi terbaru, yakni Swing Valve Shock Absorbers, teknologi baru dengan ultra-low velocity valve merupakan yang pertama di dunia. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan berkendara baik bagi pengemudi maupun penumpang. Jadi suspensi ini menggunakan dua katup hidrolik untuk memastikan kekuatan redaman yang tepat diberikan ketika gerakan sekecil apapun dialami di roda dan suspensi mobil. 

Foto 18 Inch Alloy Resonator Wheel Lexus LM 350 2020

Tak hanya indah dilihat tapi ia menyerap suara berlebih agar enggak masuk ke kabin

Terakhir yang mendukung operasi Lexus LM adalah velgnya. Velg pada Lexus LM ini didesain khusus agar cantik dipandang namun tetap mampu meredam suara secara secara maksimal. Spoke dibuat aerodinamis agar mampu membuang turbulensi udara di balik pelek, sedangkan bibir pelek bagian dalam diberi tambahan peredam khusus (resonator) agar suara gesekan ban dengan permukaan jalan dapat teredam sempurna dan tidak masuk ke dalam kabin. 

Spesifikasi Lexus LM 350 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Lexus LM 350 2020.

Mesin Lexus LM 350 2020

 Seri mesin

 2GR-FKS, V6, VVT-i, DOHC

 Pasokan Bahan Bakar

 Direct Injection 

 Jumlah Katup

 24 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

 Tenaga Maksimum

 297 Hp @ 6.600 rpm

 Torsi Maksimum

 361 Nm @ 4.700 rpm

 Kapasitas Silinder

 3,456 cc

 Bore X Stroke

 94,0 mm X 83,0 mm

 Tipe Transmisi

 Otomatis 8-percepatan Direct Shift, Penggerak Roda Depan (FWD)

  Rangka Lexus LM 350 2020

  Panjang X Lebar X Tinggi

 5.040 mm X 1.850 mm X 1.895 mm

 Jarak Sumbu Roda

 3,000 mm
 Ground Clearance

 160 mm

 Curb Weight

 2.180 - 2.185 Kilogram

  Suspensi/Kaki-Kaki Lexus LM 350 2020

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut with Swing Valve Shock Absorber Technology

 Belakang: Double Wishbone with Swing Valve Shock Absorber Technology

Sistem Kemudi

 Rack and Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc Brake & Disc

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA, Lexus Safety Sense+

Teknologi Safety Sasis

 Body by Lexus

Struktur Sasis

 Monokok, MPV C-Segment

Pelek

 Resonator Alloy, 18 inch

Jenis Ban

 Toyo Tranpath R30, 235/50 R18

Daftar Harga Lexus LM 350 2020

Foto tampilan depan Lexus LM 350 2020

Lexus LM 350 tersedia dalam 2 tipe

Lexus LM 2020 ini ditawarkan dalam satu varian yakni LM 350 dan tersedia dalam dua tipe, yakni 7-seaters dan 4-seaters. Untuk Lexus LM 350 tipe 7-eaters dapat Anda bawa pulang setelah mengeluarkan uang Rp 2.390.000.000. Sedangkan jika Anda menginginkan eksklusivitas ala VIP (Very Important Person), silahkan tambah Rp 645.000.000 lagi untuk memboyong Lexus LM 350 4-seaters yang dibanderol Rp 3.035.000.000 on the road.

Kesimpulan Lexus LM 350 2020

Foto kursi belakang Lexus LM 350 4-seaters 2020

Pengusaha sukses pasti cocok duduk di sini

Jika Anda adalah seorang VIP, opinion leader, atau pengusaha sukses yang ingin mobil eksklusif maka Lexus LM 350 2020 adalah mobil yang pas untuk Anda. Karena mobil ini bukanlah sekadar Alphard dengan logo ‘L’ yang lebih eksklusif. Kenyamanan kabinnya akan membuai Anda. Apalagi Lexus Indonesia juga menyediakan Lexus Concierge Service dengan pelayanan kelas wahid dan merupakan experience tersendiri menikmati layanan tersebut.

Arfian Alamsyah
Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Review lain

Review Lexus IS 2021: Sport Sedan Jepang Penantang Eropa

TBA

24/06/2020

Editor rate:

Sport sedan asal Jepang ini digadang-gadang mampu meruntuhkan dominasi sedan sport asal Eropa, benarkah? Cari tahu dalam Review Lexus IS 2021 berikut ini

Lihat juga

Review Lexus UX 250h 2018

31/07/2018

Editor rate:

Lexus UX 250h 2018 memulai debutnya pada New York Auto Show bulan Maret 2018 lalu. Pabrikan asal negeri sakura ini seolah menjawab tantangan rivalnya asal Jerman dan Swedia untuk bertarung di kelas kompak crossover yang menyasar pasangan muda mapan, atau eksekutif muda. lalu apakah varian tertinggi dari Lexus UX Series ini layak dimiliki oleh pangsa pasar yang di sasar Lexus tersebut?

Lihat juga

Review Lexus RC 350 F-Sport 2019

01/01/2019

Editor rate:

Bagi Anda yang bosan dengan kupe buatan Jerman dan ingin mencoba hal baru, maka mobil ini merupakan jawabannya. Dia cantik, atletis, dan lincah. Ini pendapat kami mengenai Review Lexus RC 350 F-Sport 2019 hanya di Cintamobil.com.

Lihat juga

Review Lexus ES 300h 2018

02/09/2018

Editor rate:

Nama Lexus ES di jajaran mobil mid-size luxury sedan memang belum sekuat mobil keluaran brand Eropa. Namun untuk urusan adu kemewahan, Lexus ES bisa dibilang tidak tanggung-tanggung. Buktinya adalah Lexus ES 300h 2018, yang mengalami peningkatan signifikan di generasi ketujuh dan sudah hadir di Indonesia.

Lihat juga

Review Lexus ES 250 Ultra Luxury 2019: Menantang Sedan Mewah Jerman Lewat Sentuhan Takumi

02/08/2019

Editor rate:

Lexus terus membuktikan bahwa sentuhan kemewahan dari Takumi bisa menjadi jaminan kemewahan untuk segmen kendaraan premium. Salah satu contoh ialah model mid-size luxury sedan Lexus ES yang kini hadir dengan versi terbaru dan siap menantang dominasi brand mobil Jerman di segmen ini.

Lihat juga