Review Lexus IS 2021: Sport Sedan Jepang Penantang Eropa

24/06/2020

Share this post:

Lexus IS 2021

Editor rate:

TBA

Harga mobil Lexus IS Lihat promo

Sport sedan asal Jepang ini digadang-gadang mampu meruntuhkan dominasi sedan sport asal Eropa, benarkah? Cari tahu dalam Review Lexus IS 2021 berikut ini

Review Lexus IS 2021: Sport Sedan Jepang Penantang Eropa
Review Lexus IS 2021: Sport Sedan Jepang Penantang Eropa
0 Gambar

Pengantar Lexus IS 2021

Mari kita simak spesifikasi Lexus IS 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Penyempurnaan di banyak sektor termasuk mesin dan kaki-kaki

Sudah mengusung New Global Architecture

Tampilan lebih agresif dari model sebelumnya

Kekurangan

Varian hybrid dan F belum keluar

Tenaga belum sebesar rivalnya asal Jerman

Belum tentu masuk Indonesia

Gambar menunjukkan Lexus IS generasi pertama

Lexus IS generasi 1 pertama kali nongol di game Gran Turismo 2

Review Lexus IS 2021 - Pada awalnya, target Lexus dalam membuat mobil hanya satu, yakni menjadi pabrikan mobil paling disegani dan bernilai di dunia dengan menyodorkan produk-produk terbaik. Target tersebut direalisasikan secara nyata di tiap produknya, misalkan Lexus LS yang jadi sedan full sized mewah dan sukses di dunia, belum lagi Lexus LFA yang sempat menghebohkan dunia persilatan sports car. Kini Lexus baru saja meluncurkan generasi keempat dari Lexus IS 2021 yang merupakan sport sedan Jepang penantang sedan-sedan Eropa.

Gambar menunjukkan Lexus IS generasi kedua

Lexus IS Generasi kedua muncul tahun 2007

Sedikit sejarah mengenai kehadiran Lexus IS di dunia, IS merupakan akronim dari Intelligent Sedan atau bisa juga disebut Intelligent Sport. Pada awalnya sedan sport ini hadir sejak tahun 1998, dengan nama Toyota Altezza. Altezza diambil dari bahasa Italia yang berarti lebih tinggi (highness). Mobil ini semakin terkenal di seluruh dunia karena muncul dalam game Gran Turismo 2, di game kenamaan tersebut Lexus IS hadir dengan nama Toyota Altezza RS200 lansiran 1998 dengan tenaga mesin 207 hp.

Gambar menunjukkan Lexus IS F

Lexus IS F adalah versi gahar dari Lexus IS

Lexus IS semakin digemari oleh konsumen, karena mengusung konsep compact executive car dengan desain bodi sedan nan memukau plus ditunjang performa memadai. Apalagi Lexus IS juga punya ciri khas khusus, yakni sedan dengan handling presisi dan penyaluran tenaga mesin yang linear. Ciri tersebut membuat Lexus IS secara percaya diri menantang pesaingnya dari Jerman sekalipun. Generasi kedua Lexus IS hadir tahun 2006 dan dimasukkan ke Indonesia dua tahun kemudian oleh PT Toyota Astra Motor.

Gambar menunjukkan Lexus IS generasi ketiga

Lexus IS generasi ke-3 sempat dipasarkan dengan jumlah terbatas

Varian yang masuk Indonesia adalah IS 300 bermesin V6 3.000 cc. Memang populasinya tidak terlalu banyak di jalan, karena saat itu harganya berdekatan dengan BMW seri-3 maupun Mercedes-Benz C Class yang pamornya lebih hype di Indonesia. O ya, di Lexus IS generasi kedua ini juga hadir varian kencangnya yakni Lexus IS F yang dibekali mesin naturally aspirated V8 5.000 cc bertenaga 416 hp dan torsi 503 Nm. Lexus IS generasi ketiga yang lahir tahun 2013 juga sempat dipasarkan di Indonesia dalam jumlah terbatas.

Gambar menunjukkan Lexus IS generasi keempat

Lexus IS generasi keempat lahir tahun 2020 dan akan dipasarkan 2021

Memasuki tahun 2020, Lexus akhirnya memperkenalkan IS generasi terbaru. Lexus IS kini hadir dengan segudang pembaruan, mulai dari desain bodi yang total mengalami ubahan, hingga kaki-kaki dan mesin yang juga turut disempurnakan. Lexus mengklaim mobil ini sudah lulus uji di Toyota Technical Center Shimoyama yang terletak di Japan’s Aichi Prefecture. Itu adalah sirkuit berjarak  3,3 mil berjuluk ‘mini’ Nürburgring Nordschleife, karena punya karakteristik serupa sirkuit legendaris Jerman tersebut. Lantas, bagaimana impresi Cintamobil.com terhadap mobil ini? Ikuti review Lexus IS 2021 ini sampai tuntas.

Eksterior Lexus IS 2021

Review Lexus IS 2021: Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Lexus IS 2021

Tampilan agresifnya membuat seolah terlihat melaju kencang meski saat diam

Eksterior depan Lexus IS 2021 ini bukan hanya hadir sebagai provocative design, dengan spindle grille khas Lexus yang khas di bagian depan. Tapi, desainer bodi Lexus IS 2021 ini secara pintar dapat membuat mobil ini seolah sedang berlari kencang padahal ia sedang diam. Hal tersebut disebabkan karena desain menyerupai siluet yang atletis pada bumper depan dan headlamp. Kedua desain ini mampu bersinergi dengan baik dan membuat tampilan yang dramatis.

Gambar menunjukkan headlamp Lexus IS 2021

Posisi headlamp dibuat rendah agar membantu aerodinamika mobil

Kap mesin yang berotot seakan menjelaskan bahwa performa sedan sport asal Jepang ini tidak main-main. Seluruh bagian yang ada pada foto di atas diperhitungkan hingga mili terkecil, bahkan headlamp yang dilengkapi dengan tiga buah beam LED (Light Emitting Diode) itu saja dirancang menggunakan material yang ringan dan posisinya dibuat rendah agar membantu mobil memperoleh center of gravity yang rendah dan berdampak positif ke handling kendaraan.

Review Lexus IS 2021: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Lexus IS 2021

Lexus IS tipe F SPORT pakai pelek 19 inci lansiran BBS

Lanjut ke tampilan eksterior samping Lexus IS 2021 ini. Lexus IS 2021 yang ada di foto ini merupakan tipe F-Sport, maka tak heran ia dilengkapi dengan pelek forged alloy BBS berdiameter 19-inci. Bodinya sendiri tampil slim and sleek namun tetap agresif, dengan adanya tarikan garis yang menyambung dari depan hingga belakang mobil. Tarikan garis ini seolah membuat mobil memiliki ‘bahu’ dan punya karakter maskulin yang kental meskipun ia hadir dalam bentuk sedan.

Gambar menunjukkan pilar C Lexus IS 2021

Desain pilar C yang khas dipertahankan

Ciri khas Lexus IS sejak generasi kedua juga hadir Lexus IS 2021 ini, yakni desain pilar C yang yang dibuat mengkurva senada dengan tarikan garis di pintu belakang yang membuat efek 3 dimensi saat dilihat frontal dari arah samping. Rekayasa teknis juga dilakukan Lexus terhadap IS, dengan menggunakan basis baru serupa TNGA (Toyota New Global Architecture), hanya saja Lexus tidak menyebutkan secara gamblang bahwa rangka yang dikembangkan TNGA, maklum saja Lexus ingin menjauhkan kesan Toyota dari setiap produk mereka.

Review Lexus IS 2021:Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Lexus IS 2021

Knalpot ganda menyiratkan performa gahar dari sedan sport Jepang ini

Pada bagian buritan Lexus IS 2021 ini juga tidak kalah sensasional dari tampilan depan dan juga sampingnya, sebab Lexus IS kini menggunakan desain stoplamp yang memanjang dari masing-masing sisinya. Desain stoplamp memanjang seperti ini pertama kali muncul pada Lexus UX yang melakukan debutnya di Indonesia tahun 2018 lalu. Hal ini membuat kesan elegan dan juga sporty semakin mencuat. Dua buah knalpot di belakang seakan menyiratkan sedan Lexus IS model 2021 ini punya performa yang patut Anda perhitungkan.

Gambar menunjukkan stoplamp Lexus IS 2021

Attention to detail Lexus luar biasa baik

Yang paling unik adalah ketika lampu belakang ini menyala. Sebagai mobil premium eksekutif, jelas seluruh bohlamnya sudah mengadopsi LED dengan sentuhan lampu sein yang mampu menyala sekuensial dari arah dalam ke luar. Di Lexus IS 2021 ini, pada masing-masing ujungnya membentuk huruf ‘L’ yang mencitrakan dirinya sebagai sebuah sedan bikinan Lexus yang mewah, memang ini suatu sentuhan ringan, tapi attention to detail seperti ini patut diapresiasi.

>>> Lahir Untuk Menakuti Sedan Jerman, Simak Sejarah Singkat Lexus IS


Interior Lexus IS 2021

Review Lexus IS 2021: Layout Dashboard

Tampilan layout dashboard Lexus IS 2021

Dasbor bertabur material empuk

Masuk ke bagian interior Lexus IS. Kemewahan dan performa juga terpancar dari bagian interior Lexus IS 2021 ini. Terutama layout dashboardnya yang dilengkapi kelir two tone warna merah dan hitam pada trim F-Sport ini. Seperti khasnya Lexus, pengerjaan interior ini juga detail dengan sentuhan Takumi. Takumi adalah tenaga ahli di Lexus yang ditugaskan untuk memberi sentuhan detail yang dapat terasa hingga panca indera.

Review Lexus IS 2021: Kursi

Gambar kursi depan Lexus IS 2021

Jok pakai bahan NuLuxe®

Duduk di kursinya Anda akan merasa nyaman, sebab seluruh varian Lexus IS sudah dilengkapi dengan bahan NuLuxe® di kursi depan dan belakang. Hal ini seakan menghadirkan identitas mid-size luxury sedan yang tak hanya membawa identitas kemewahan berkelas tinggi, tapi juga memiliki sentuhan human touch pada setiap aspek pengerjaan di mobil, khususnya dalam hal kemewahan.

Review Lexus IS 2021: Setir

Gambar setir Lexus IS 2021

Setir mantap digenggam

Setir Lexus IS ini terasa modern dan kami yakin setirnya mantap untuk digenggam seperti Lexus lainnya dengan trim F-Sport. Bukan hanya diameter dan ketebalan setirnya yang pas, tetapi lingkar kemudi ini juga dibalut dengan kulit berkualitas wahid. Setir yang dapat diatur secara elektris untuk tilt and telescopic ini juga dilengkapi dengan berbagai tombol pengaturan, seperti di spoke kanan untuk mengatur MID dan kiri untuk pengaturan audio.

Review Lexus IS 2021: Pernik Lain Di Interior

Gambar F-Sport pedal set Lexus IS 2021

Pedal set F-SPORT membuat aura kabin makin sporty

Seperti halnya sebuah Lexus, banyak sentuhan mewah dan terasa spesial pada kabin IS model year 2021 ini. Seperti contoh penggunaan F-SPORT accelerator pedal, brake pedal and footrest yang bukan hanya membuat aura sport sedan ini makin sporty dan mewah, tapi pernik interior itu juga membuat Anda nyaman dan meminimalisir alas kaki Anda kehilangan grip saat berakselerasi maupun bermanuver ekstrim.

Gambar trim dan switch power window Lexus IS 2021

Hasil kerja tangan dingin Lexus Takumi begitu terasa

Lantas, Lexus IS 2021 ini juga dilengkapi dengan sentuhan tangan dingin Takumi pada setiap detail interiornya. Contoh trim pintu pada foto di atas tersebut. Kelir Rioja Red dijahit sempurna dengan tangan membuat motif khusus yang merefleksikan seolah mobil ini memiliki keistimewaan tersendiri dari sisi pengerjaannya. Lalu, tekstur kursi juga dibuat dengan rapi dan membawa filosofi human touch pada setiap aspek pengerjaan di mobil.

Gambar tekstur jok Lexus IS 2021

Kursi dengan warna Rioja Red dijahit sempurna dengan tangan

Fitur Lexus IS 2021

Review Lexus IS 2021: In-Car Entertaiment System

Gambar in-car entertaiment system Lexus IS 2021

Head unit sudah kompatibel dengan Apple CarPlay®, Android Auto™ dan Amazon Alexa

Lexus IS 2021 tipe F-Sport ini dilengkapi dengan head unit layar sentuh 10.3 inci dengan tatanan suara racikan Mark Levinson Premium Surround Sound Audio System. Audio ini berbekal 17 speaker plus 835 watts power amplifier. Secara total daya audionya mencapai 1.800 watt. Semakin mudah karena layar multimedia tersebut penempatannya dibuat lebih dekat 3 inci ke pengemudi dengan tujuan agar mudah diraih oleh driver. Plus ia sudah kompatibel dengan Apple CarPlay®, Android Auto™ dan Amazon Alexa.

Review Lexus IS 2021: F-Sport Dynamic Handling Package

Gambar menunjukkan F-Sport Dynamic Handling Package

Konstruksi kaki-kaki anyar menambah rigiditas hingga 18%

Lexus IS 2021 ini khusus untuk tipe F-Sport dilengkapi dengan Dynamic Handling Package (DHP). DHP mencakup penggunaan Adaptive Variable Suspension yang dipercaya dapat mengoptimalkan peredaman dari jalan. Apalagi Lexus IS 2021 ini sudah mendapat penyempurnaan tingkat lanjut pada sektor kaki-kakinya, antara lain per depan 20% lebih ringan dari model sebelumnya, juga swing arm depan kini menggunakan material forged aluminium yang menyumbang kekakuan hingga 18% dan stabilizer bar lebih ramping memangkas bobot hingga 17%.

Review Lexus IS 2021: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan spion Lexus IS 2021

Lexus Safety System+ menambah keamanan kendaraan

Lexus IS 2021 ini dilengkapi dengan segudang fitur keselamatan aktif dan pasif bernama Lexus Safety System+ (LSS+). Misalnya ada fitur Regenerative Braking (khusus varian Hybrid) sudah jadi standar di mobil ini. Juga terdapat banyak sensor canggih yang memantau mobil untuk menjalankan fitur keselamatan kekinian di jajaran LSS+, yang meliputi Radar Cruise Control (RCC) yang berfungsi memantau kendaraan di depan, Lane Tracing Assist (LTA) yang bekerja sama dengan RCC memantau kendaraan di samping, juga ada Automatic high Beam (AHB) yang fungsinya mengontrol lampu depan agar tak menyilaukan pengendara lain.

Gambar menunjukkan ban dan pelek Lexus IS 2021

Sistem rem akan mengintervensi jika diprediksi terjadi tabrakan

Ada pula sistem Road Sign Assist (RSA) yang mengandalkan kamera samping kendaraan untuk memantau objek di arah berlawanan kendaraan dan memberikan peringatan bahkan mengintervensi pedal rem ketika objeknya berpotensi tertabrak. Yang paling oke adalah fitur keselamatan Secondary Collision Brake yang berguna untuk mengontrol pedal rem dan lampu rem belakang setelah ECU membaca Airbag telah mengembang dan terjadi kecelakaan. Fitur ini fungsinya untuk mencegah efek benturan kedua yang lebih parah (tabrakan beruntun).

>>> Lexus Safety System+ Akan Ditanamkan pada Seluruh Mobil Lexus Tahun Depan

Operasi Lexus IS 2021

Gambar menunjukkan pilihan mesin Lexus IS 2021

Lexus IS 2021 akan dapat tiga pilihan mesin apabila versi hybrid jadi meluncur

Lexus IS 2021 sementara ini dilengkapi dengan dua pilihan mesin (bahkan tiga jika varian hybrid jadi diluncurkan) sesuai dengan varian dan tipe yang akan Anda pilih. Misalnya Lexus IS 300 akan mendapat mesin 4-silinder 2.000 cc turbo berkode 8AR-FTS. Sementara jika Anda memilih Lexus IS 350 maka IS akan disusupi mesin V6 3.500 cc naturally aspirated dengan kode 2GR-FKS. Untuk figur tenaga dan torsi selengkapnya dapat Anda lihat di tabel spesifikasi.

Gambar menunjukkan Lexus IS 2021

Sistem AWD Lexus IS sudah cukup pintar membaca permukaan jalan

Perbedaan ada pada transmisinya, untuk Lexus IS yang menyalurkan tenaganya hanya ke roda belakang (RWD) akan dikawal dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Sementara untuk Lexus IS yang menggunakan All Wheel Drive (AWD) tenaganya tersalur dari mesin melalui transmisi 6-percepatan. Sistem AWD racikan Lexus ini juga canggih, karena mampu terbagi 30% di depan dan 70% pada bagian belakang plus mendeteksi permukaan jalan dan menyalurkannya sesuai kebutuhan.

Gambar menunjukkan ilustrasi VVT-iW Lexus IS 2021

VVT-iW punya durasi bukaan katup yang lebih lama dari VVT-i biasa

Kedua mesin ini juga menggunakan katup variabel VVT-iW (Wide). VVT-iW sebenarnya merupakan sistem VVT-i biasa yang operasinya masih menggunakan hidrolik (bukan elektrik seperti VVT-iE), hanya saja sudut bukaan katupnya lebih besar (dan lama) dibandingkan VVT-i biasa. Kelebihannya kombinasi antara timing katup In dan Ex bisa lebih banyak, untuk menciptakan karakter power yang tinggi, emisi rendah, dan sebagainya. Membuat Lexus IS memiliki performa yang memadai.

>>> Efisien & Bertenaga, Mari Bedah Teknologi Mesin Lexus IS 2021

Spesifikasi Lexus IS 2021

Berikut ini adalah spesifikasi Lexus IS 2021.

Mesin Lexus IS 2021

 Seri mesin

 IS 300 : 8AR-FTS, Inline 4, Turbo, VVT-iW, DOHC

 IS 300 AWD: 2GR-FKS, V6, VVTi-iW, DOHC

 IS 350 & IS 350 AWD : 2GR-FKS, V6, VVT-iW, DOHC

 Pasokan Bahan Bakar

 Direct Injection 

 Jumlah Katup

 8AR-FTS: 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

 2GR-FKS: 24 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

 Tenaga Maksimum

 8AR-FTS: 241 Hp @ 5.600 rpm

 2GR-FKS: 260 Hp @ 6.300 rpm

 2GR-FKS AWD: 311 Hp @ 6.400 rpm

 Torsi Maksimum

 8AR-FTS: 350 Nm (280 lb-ft) @ 1.650 - 4.400 rpm

 2GR-FKS: 320 Nm (236 lb-ft) @ 2.000 - 4.800 rpm

 2GR-FKS AWD: 380 Nm (280 lb-ft) @ 4.800 rpm

 Kapasitas Silinder

 8AR-FTS: 1,998 cc

 2GR-FKS: 3,456 cc

 Bore X Stroke

 8AR-FTS: 86.0 mm X 86.0 mm

 2GR-FKS: 94,0 mm X 83,0 mm

 Tipe Transmisi

 RWD: Otomatis 8-percepatan Sport Direct Shift

 AWD: Otomatis 6-percepatan

  Rangka Lexus IS 2021

  Panjang X Lebar X Tinggi

 4.705 mm X 1.840 mm X 1.435 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2,800 mm

  Suspensi/Kaki-Kaki Lexus IS

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: Independent double-wishbone with coil springs, gas-pressurized shock absorbers and stabilizer bar

 Belakang: Independent multilink with coil springs, gas-pressurized shock absorbers and stabilizer bar

Sistem Kemudi

 Rack and Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc Brake & Disc

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA, Lexus Safety Sense

Teknologi Safety Sasis

 New Global Architecture Body by Lexus

Struktur Sasis

 Monokok, Sedan C-Segment

 Pelek

 Alloy, 19 inch (F-Sport)

Jenis Ban

 Performance Tire by Bridgestone, 265/35 R19 (F-Sport)

Daftar Harga Lexus IS 2021

Gambar menunjukkan Lexus IS 2021 tipe F Sport dan RWD base model

Lexus IS dapat dibeli kuartal pertama tahun 2021

Hingga artikel ini diturunkan, Lexus belum mengumumkan secara resmi harga Lexus IS 2021 ini. Namun, menurut informasi sport sedan eksekutif ini sudah akan tersedia di diler-diler Amerika pada akhir tahun 2020, sementara first delivery diperkirakan akan dilakukan pada kuartal pertama tahun 2021. Bagaimana dengan Indonesia? Lexus Indonesia belum memberikan keterangan ketika tim Cintamobil.com konfirmasi. Sepertinya Lexus Tanah Air ingin lebih fokus ke SUV dan sedan mewahnya seperti ES dan LS.

Kesimpulan Lexus IS 2021

Gambar menunjukkan kesimpulan review Lexus IS 2021

Semoga Lexus IS 2021 ini masuk Indonesia secara resmi

Lexus IS 2021 hadir sebagai alternatif pecinta sedan sport di dunia. Sayangnya, Lexus IS kurang sukses di Tanah Air karena harga jualnya sangat dekat (bahkan lebih mahal) dibandingkan dengan rivalnya asal Jerman tersebut. Apalagi pamor merek Jerman itu lebih baik dari Lexus. Tapi, jika Lexus Indonesia berani memasukkannya ke Tanah Air akan membuat persaingan sedan kompak mewah semakin seru.

>>> Klik sini untuk lanjut simak review mobil lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Dwi Jaya Mobil

DIY Yogyakarta

POWER AUTO

Banten

MOCIL DIPO

DKI Jakarta

Review lain

Review Lexus UX 250h 2018

31/07/2018

Editor rate:

Lexus UX 250h 2018 memulai debutnya pada New York Auto Show bulan Maret 2018 lalu. Pabrikan asal negeri sakura ini seolah menjawab tantangan rivalnya asal Jerman dan Swedia untuk bertarung di kelas kompak crossover yang menyasar pasangan muda mapan, atau eksekutif muda. lalu apakah varian tertinggi dari Lexus UX Series ini layak dimiliki oleh pangsa pasar yang di sasar Lexus tersebut?

Lihat juga

Review Lexus RC 350 F-Sport 2019

01/01/2019

Editor rate:

Bagi Anda yang bosan dengan kupe buatan Jerman dan ingin mencoba hal baru, maka mobil ini merupakan jawabannya. Dia cantik, atletis, dan lincah. Ini pendapat kami mengenai Review Lexus RC 350 F-Sport 2019 hanya di Cintamobil.com.

Lihat juga

Review Lexus LFA 2011: Salah Satu Tonggak Sejarah Supercar Dunia

03/03/2019

Editor rate:

Lexus LFA 2011 menandai momen penting dalam sejarah Lexus dan pengembangan supercar di dunia. Sebuah desain bersih, Lexus LFA diciptakan oleh teknisi Lexus yang berdedikasi dan mendorong batas-batas bahan teknologi dan teknis di setiap tahap untuk menghasilkan mobil yang tidak pernah diciptakan Lexus sebelumnya.

Lihat juga

Efisien & Bertenaga, Mari Bedah Teknologi Mesin Lexus IS 2021

16/06/2020

Mobil baru

3 menit

Lexus baru saja melansir sedan eksekutif terbarunya, Lexus IS hadir dengan sejumlah pembaharuan, mari kita bedah teknologi mesin Lexus IS 2021 secara mendetail

Lihat juga

Lexus IS 2021 Tampil Makin Tampan Dan Tajam, Kini Usung TNGA

16/06/2020

Mobil baru

3 menit

Lexus IS 2021 kini tampil semakin tampan, mewah, dan juga tajam, kabar gembirannya kini sedan medium Lexus ini mengusung basis Toyota New Global Architecture

Lihat juga