Review Land Rover Defender 2019: Teknologi Baru Rasa Lama

11/09/2019
editor rate: 4,4 user rate: 4,5
Salah satu kendaraan bersejarah besutan Land Rover adalah Defender. Sayangnya, model ini sudah dihentikan pada tanggal 29 Januari 2016. Kabar paling menggembirakan adalah model bersejarah ini akan diciptakan kembali dalam bodi yang lebih modern. Bagaimana informasi selengkapnya? Mari kita simak review Land Rover Defender 2019.

PENGANTAR Land Rover Defender 2019

Review Land Rover Defender 2019 -  Di akhir tahun lalu, Land Rover America menginformasikan kabar menggembirakan. Land Rover Defender akan dihidupkan kembali dalam bentuk generasi baru. Rencananya, model ini akan mulai dipasarkan ke negara Amerika serta Britania Raya mulai tahun 2020. Dan pengunjung di Frankfurt Motor Show 2019 berkesempatan menemui langsung iterasi terbaru mobil ikonik ini.

mobil jadul Land Rover 110 berwarna hitam

Land Rover 110 yang menjadi bagian dari sejarah Defender

Awalnya bernama Land Rover Ninety dan Land Rover One Ten, Defender merupakan kendaraan off-road berpenggerak empat roda milik Inggris yang dikembangkan pada 1980-an dari seri Land Rover asli yang diluncurkan di Amsterdam Motor Show pada April 1948. Setelah berjalan selama 67 tahun, produksi terakhirnya dilakukan pada 29 Januari 2016 ketika Land Rover dengan plat nomot H166 HUE diproduksi. 

Dua juta kendaraan telah dibuat sejak 1948, ketika Seri 1 diluncurkan menjadi penantang sekaligus penyalur semangat Jeep buatan Amerika. Daya tahannya yang luar biasa menegaskan bahwa lebih dari 75% Land Rover masih beroperasi hingga saat ini. Ketangguhannya membuat mobil ini selalu menjadi bagian penting bagi kendaraan pendukung Angkatan Darat, Laut, dan Udara Inggris.

mobil baru Land Rover Defender 2019 di tengah hutan

Bentuk baru Land Rover Defender 2019

Baru-baru ini, bentuk prototipenya mulai dijajal di Amerika Utara. All New Defender sedang diuji coba untuk mengarungi area-area ekstrim. Suhu di kisaran -40 hingga +120 Fahrenheit, medan Off-Road serta On-Road, menjadi eksperimen yang harus dilalui oleh Defender. Memang tak dipungkiri, performanya di berbagai medan menjadi kelebihan spesial dari Land Rover Defender.

Dan akhirnya pada Frankfurt Motor Show 2019, Jaguar akhirnya menunjukkan bagaimana tampilan nyata dari versi baru yang akan dipasarkan tahun depan. Kali ini, Cintamobil.com akan memaparkan segala hal yang kami ketahui tentangnya dalam review Land Rover Defender 2019.

EKSTERIOR Land Rover Defender 2019

Setelah sekian lama menunggu, tampilan baru dari Defender akhirnya dipertontonkan di Frankfurt. Eksterior Land Rover Defender 2019 masih menjadi bagian penting dari sejarah Land Rover yang tidak begitu banyak berubah. Meskipun bodi luarnya menegaskan desain yang lebih simpel dan kekinian dibandingkan iterasi sebelumnya.

Review Land Rover Defender 2019: Eksterior Depan

Defender sebelumnya adalah ikon desain karena bentuknya yang simpel dan utilitarian. Tampilan dasarnya sederhana: bentuk dua kotak dengan kesan halus yang membuat garis pundak membentang di seluruh tubuh. Ujung depan menampilkan gril tegak dengan sepasang lampu bundar dan lebih kecil. Letak lampu terpisah di kedua sudut.

Eksterior depan Land Rover Defender 2019 dilengkapi dengan lampu utama berbentuk bundar

Wajah depannya sukses menyampaikan nuansa maskulin ala SUV

Bisa diamati bersama bahwa lampu depannya menggunakan bentuk tegas dipadu lampu indikator Bulb di sisi sampingnya. Hal ini terlihat cukup serasi dengan bonnet depannya yang panjang namun kekar. Desain eksterior depan Land Rover Defender 2019 sukses memberi kesan kokoh dan maskulin sebagai mobil Sport Utility Vehicle (SUV) andalan Land Rover.

Review Land Rover Defender 2019: Eksterior Samping

Profil samping mengesankan kemiripan yang lebih besar dengan versi orisinilnya. Namun untuk menarik kaum muda, desainer Jaguar memberikan tampilan yang lebih lembut dan lebih modern. Engsel pintu yang terbuka sudah menghilang, sedangkan pilar C dibuat jauh lebih tebal.

Eksterior samping Land Rover Defender 2019 berwarna emas

Bodi sampingnya terlihat menawan lewat desain Boxy, mencirikan ketangguhannya

Dari eksterior samping Land Rover Defender 2019 pada pillar C dan D misalnya, bentuknya terlihat mengotak. Mungkin sekilas terlihat kaku, namun memang inilah unsur maskulin yang ingin ditampilkan. Sesuai tema historisnya yakni kendaraan SUV yang siap melahap berbagai medan berat.

Review Land Rover Defender 2019: Eksterior Belakang

Jelas terlihat bagaimana Jaguar ingin membuat tampilan belakang seminimalis mungkin. Model baru mendapatkan tampilan yang lebih konvensional. Lampu persegi besar ada di setiap sisi belakang dengan desain ban yang menggantung masih dipertahankan saat model baru ini dipasarkan tahun depan.

eksterior belakang Land Rover Defender 2019 berwarna emas

Paling ikonik adalah hadirnya ban cadangan di bagian belakang

Di sisi lain, kami juga menemukan adanya hal menarik khususnya pada handle pintu belakang. Ya, Handle satu ini diposisikan di bagian kiri pintu yang nantinya akan memberi akses langsung ke bagian bagasi dari mobil ini. Sentuhan terakhir adalah Shark Roof Antenna serta kaca belakang berukuran minimalis, menguatkan kesan modern dari eksterior belakang Land Rover Defender 2019.

>>> Ketahui juga:

INTERIOR Land Rover Defender 2019

Beredar banyak kabar tentang interior Land Rover Defender 2019 khususnya di media sosial, Twitter. Tapi akhirnya, desain interior Land Rover Defender 2019 diperkenalkan bagi konsumen yang penasaran dengan perubahan yang diberikan. Praktis, hanya ada sedikit kesamaan dari tampilan sebelumnya. Apa saja perubahannya?

Review Land Rover Defender 2019: Dasbor

Masalah kabin, Defender baru memiliki sedikit kesamaan dengan aslinya. Kesamaan terbesar adalah penempatan ventilasi HVAC di bagian atas pada konsol tengah. Sedangan Model 2020 menampilkan layar infotainment 10 inci yang menggunakan perangkat lunak Pivi Pro baru milik Land Rover. Sistem ini mendukung koneksi dua smartphone sekaligus. 

dasbor Land Rover Defender 2019 berwarna hitam

Desain dasbor Land Rover Defender 2019 yang mengusung tema futuristik

Review Land Rover Defender 2019: Kemudi

Perubahan jelas terlihat dari banyaknya tombol pengaturan yang diberikan pada kemudi Land Rover Defender 2019. Sangat kontras jika dibandingkan dengan desain polos pada iterasi sebelumnya. Selain itu, ada pula kluster instrumen digital 12,3 inci serta head-up display yang mengukuhkan desain futuristik yang digunakan pada mobil tangguh ini.

setir Land Rover Defender 2019 berwarna hitam

Desain kemudi Land Rover Defender 2019 yang mengalami beberapa perubahan

Review Land Rover Defender 2019: Kursi

kursi Land Rover Defender 2019 berwarna beige

Kursi baru untuk Land Rover Defender 2019

Ubahan di dalam tak hanya pada teknologi yang diberikan. Untuk tempat duduk, Anda akan mendapatkan banyak peningkatan. Model 110 - model pertama yang masuk pasar - akan tersedia dalam konfigurasi lima kursi atau lima plus dua kursi. Sementara Defender 90 dapat menampung hingga enam orang. Sandaran kursi Land Rover Defender 2019 pada baris depan dapat dilipat dan berfungsi sebagai cupholder atau digunakan sebagai menambah ruang akomodasi penumpang lain. 

>>> Informasi menarik lainnya:

FITUR Land Rover Defender 2019

Cintamobil.com belum mendapatkan kabar lebih lanjut tentang fitur Land Rover Defender 2019. Namun pihak Land Rover menuturkan bahwa Defender akan dipersenjatai dengan teknologi dan fitur hiburan paling mutakhir. Jika mengaca pada model-model Land Rover lainnya, fungsi navigasi sudah tentu ada. Apalagi Defender adalah kendaraan SUV yang notabene lebih mumpuni jika dilengkapi navigasi.

fitur Land Rover Defender 2019 berupa layar sentuh 10 inci

Sudah pasti model tangguh ini mampu melahap medan terjal sekalipun tanpa hambatan

Teknologi canggih yang diberikan tidak hanya sebagai pelengkap. Pembaruan perangkat lunar over-the-air standar dan kedatangan sistem infotaiment berbasis Pivi Pro yang baru membuat Defender senyaman mungkin bagi penghuninya. Sifat Pivi Pro yang selalu aktif segera setelah mesin menyala siap digunakan melalui layar sentuh 10 inci.

Tidak hanya itu, fitur Land Rover Defender 2019 disebut memiliki sistem infotainment yang lebih cepat dan lebih mudah digunakan. Land Rover sendiri mengklaim jumlah langkah yang dibutuhkan untuk menggunakan sebuah aplikasi sudah berkurang sekitar 50%. Dan dengan sistem yang lebih baik, kenyamanan selama berkendara dipastikan akan bertambah mengingat pengendaliannya masih sama seperti sebelumnya.

Review Land Rover Defender 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Hal menarik lainnya seperti Blind Spot Monitoring hingga Lane Keep Assist, diprediksi akan dihadirkan juga pada Defender. Tak heran, model yang sedang kita bicarakan ini adalah mobil yang sempat tenar di zamannya. Bukan saja digunakan oleh para petani di negara Barat, sektor militer hingga artis ternama juga menggunakannya sebagai kendaraan sehari-hari.

>>> Review Range Rover Vogue 2019: SUV Ningrat Yang Semakin Canggih

OPERASI Land Rover Defender 2019

Mengingat model ini akan mulai dipasarkan secara global di tahun 2020, diprediksi mesinnya akan menggunakan spesifikasi yang serba futuristik. Dari kabar resminya pun, Defender akan menerapkan baterai 48 Volt. Bisa diterka lebih lanjut bahwa mesinnya bisa saja menerapkan konfigurasi Mild-Hybrid (MHD), Plug-in Hybrid (PHEV) atau bahkan Pure-Electric (EV). Bukan saja memberi performa lebih bertenaga tapi juga irit bahan bakar.

Land Rover Defender 2019 di oasis di malam hari

Land Rover menjanjikan akan meningkatkan performa mesin dari Defender

Untuk pemasaran, Defender akan mendapatkan dua versi, yaitu defender 90 dan 110. Perbedaannya tidak hanya pada komposisi kursi, tetapi juga mesin. Sistem operasi Land Rover Defender 2019 level terendah akan mengandalkan mesin 2.0 liter turbocharged 4 segaris bertenaga 296 daya kuda dan torsi maksimal 400 Nm. Dengan 8 kecepatan otomatis ZF dan 0-100 dalam 7.7 detik, kecepatan tertingginya berada dalam kisaran 191 km/jam.

Sedangkan untuk versi mild hybrid yang diberikan pada Defender SE, HSE, X, dan First Edition - serta Defender 90 First Edition 2019 - akan ditanamkan mesin 3.0 liter turbocharged 6 segaris dengan electric boost. Menghasilkan 395 daya kuda pada torsi 550 Nm, mampu mengantarkan 0-100 dalam 5.8 detika dan kecepatan tertinggi 207 km/jam.

>>> Ketahui juga model Land Rover terbaru lainnya dengan klik tautan ini

spesifikasi Land Rover Defender 2019

Ada banyak perubahan yang terlihat dari luar dan dalam mobil ini dibandingkan generasi sebelumnya. Dan kali ini, beberapa perubahan spesifikasi Land Rover Defender 2019 adalah sebagai berikut,

Dimensi Land Rover Defender 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.323 mm x 2.587 mm x 1.999 mm

Jarak Poros Roda

1.927 mm

Ground Clearance

218 mm

Mesin Land Rover Defender 2019

Tipe Mesin

2.0 liter turbo empat segaris

Tenaga Maksimal

296 dk

Torsi Maksimal

400 Nm

Percepatan (0-100 km/jam)

7.7 detik

Kecepatan Tertinggi

191 km/jam

Transmisi

ZF 8 Percepatan Otomatis

Kaki-Kaki Land Rover Defender 2019

Pelek

18 inci hingga 22 inci

Suspensi

Air suspension

kelebihan & kekurangan Land Rover Defender 2019

Masih banyak yang bisa dikulik dari mobil ini. Tapi untuk saat ini, beberapa kelebihan dan kekurangan Land Rover Defender 2019 bisa dirangkum sebagai berikut,

Kelebihan

Kekurangan

Penyegaran eksterior dan interior yang minimalis namun dengan rasa berkendara tetap sama

Desainnya yang baru mungkin tidak akan menyenangkan semua orang, terlebih penggemar tua

Tambahan teknologi terbaru

Ada banyak add-on yang bisa Anda dapatkan. Tentu saja membuat harganya menjadi lebih mahal

Akomodasi yang lebih banyak dengan ruang yang lebih lapang

 

daftar harga Land Rover Defender 2019

Melihat esensi historis menarik tersebut, pihak Land Rover akhirnya ingin menghidupkan kembali sosok Defender di tahun 2019 ini. Rencananya, pemasaran secara global akan dimulai pada tahun 2020 mendatang. Land Rover Defender 110 akan dijual musim semi tahun depan dan disusul denga Defender 90. Harga Land Rover Defender 2019 akan dimulai dari $50.925 (sekitar Rp715 jutaan) untuk varian terbawah. Namun jika Anda menginginkan teknologi mld hybrid, Anda harus bersedia untuk membayar mulai dari $63.275 (Rp890 jutaan) untuk SE sebagai varian terendah. Harga untuk Defender 90 kemungkinan akan diumumkan mendekati peluncurannya pada tahun 2020 mendatang.

Video Land Rover Defender 2019

Setelah sekian lama memendam tampilan terbaru dari mobil ini, Land Rover sendiri mengunggah beberapa video Land Rover Defender 2019 yang bisa Anda lihat di akun YouTube resmi Land Rover. Dalam perkenalannya, Land Rover membawa mobil ini ke alam liar dan membuktikan ketangguhannya.

KESIMPULAN Land Rover Defender 2019

Tak dipungkiri memang, mobil SUV satu ini sudah melekat kuat sebagai kendaraan yang mampu melahap berbagai medan. Dari petani, militer hingga artis pun sudah banyak mencicipi ketangguhannya. Namun kali ini, ketangguhan Defender akhirnya memperkenalkan tampilan baru yang tentu saja lebih segar dengan desain futuristik dan minimalis. Tak lupa, ada banyak tambahan dan peningkatan pada teknologi iterasi terbaru Land Rover Defender 2019.

mobil baru Land Rover Defender 2019 di tengah padang gurun di malam hari

Land Rover Defender 2019 yang bisa Anda bawa berpetualang ke mana saja

Tapi bagi mereka yang mungkin menyukai kesan gagah yang ditampilkan oleh generasi sebelumnya, sepertinya harus mengakui bahwa Land Rover kali ini dibuat untuk menggaet generasi baru. Meskipu kesan tangguh tak bisa dihilangkan dari mobil ini. Land Rover Defender 2019 masih menjadi salah satu mobil yang tangguh untuk dibawa ke mana saja.

>>> Ingin mengetahui mobil terbaru yang dijual di Indonesia? Ikuti terus situs Cintamobil.com

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil