Review KIA Telluride 2020: SUV Besar Dengan Kemampuan Menerjang 'Gunung'

26/06/2019
editor rate: 4,6 user rate: 4,5
Amerika baru-baru ini kedatangan model Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru yakni KIA Telluride. Kenyamanan kabin yang luar biasa lega, menghibur dan juga punya performa Off-Road, menjadi sajian utama dari mobil SUV kelas menengah ini. Terpintas dalam benak, apakah cocok untuk dimiliki jika nantinya model ini tiba di Indonesia? Simak pantauan kami dalam review KIA Telluride 2020.

PENGANTAR Kia Telluride 2020

Review KIA Telluride 2020 - Satu-satunya mobil paling lega besutan KIA ini, melakukan debut pertamanya pada bulan Maret 2019 di Colorado, Amerika Serikat. Kapasitas kabinnya diklaim mampu menampung hingga 8 orang sekaligus, cocok untuk kebutuhan keluarga. Dalam hal ini, KIA berhadapan langsung dengan kompetitornya seperti Hyundai Palisade, Honda Pilot dan Ford Edge.

KIA Telluride 2020 hadir sebagai SUV mewah dengan performa Off-Road mumpuni

Telluride hadir menjadi Line-Up SUV KIA terbaru

Menurut tim Cintamobil.com, mobil dengan performa Off-Road lebih cocok untuk perkara hobi atau ditargetkan untuk konsumen di medan berat. Jika medannya seperti Dubai yang sebagian tempatnya dipenuhi padang pasir, KIA Telluride dinilai sangat cocok. Namun, jika areanya hanya sebatas perkotaan saja tanpa butuh performa Off-Road, KIA Sedona lebih mumpuni untuk alasan tersebut.
Ya, meski begitu, KIA Telluride berdiri dalam satu posisi tertentu, sebuah SUV lega dan memiliki performa Off-Road. Secara garis besar, Telluride mengejar target konsumen dengan dua kebutuhan tersebut. Tapi, satu yang pasti, mobil satu ini merupakan mobil KIA paling lega dengan daya tampung 8 orang. Apakah hanya itu saja kelebihannya? Mari kita simak bersama dalam review KIA Telluride 2020.

EKSTERIOR Kia Telluride 2020

Besar, tegas dan juga lega, adalah gambaran jelas ketika mengamati sisi eksterior KIA Telluride 2020. Sekilas melihat, sosoknya cukup mirip dengan mobil besutan Volvo ataupun Range Rover. Namun itu bukanlah menjadi masalah besar, asalkan tampilannya masih atraktif.

Review KIA Telluride 2020: Eksterior Depan

Wajahnya tampak gagah dengan desain Tiger-Nose Grille berukuran besar. Adapun di kedua ujung Grille-nya tersemat apik lampu Projector Beam Headlights dan LED Positioning Light yang siap memberi fungsi pencahayaan mumpuni.

Eksterior Depan KIA Telluride 2020 hadir dengan lampu LED dan Projector Beam Headlights

Tiger-Nose Grille menjadi pembeda menarik dengan model SUV sekelasnya

Meski bentuknya cukup besar dan mengotak, tapi kami rasa masyarakat masih dapat memakluminya. Terpancar tegas tema Off-Road yang hendak disampaikan dari wajah depannya. Dalam hal desain, KIA cukup sukses menggambarkan karakteristik unik dari Telluride.

Review KIA Telluride 2020: Eksterior Samping

Di sisi urusan desain, KIA Telluride menghadirkan sebuah Roof Rails yang berkolaborasi apik dengan aksen krom pada pelipis kaca sampingnya. Menarik, sungguh menarik, memberi kesan mewah namun juga kokoh ala SUV. 

Eksterior Samping KIA Telluride 2020 dihias menarik dengan ban berukuran 18 inci

Dimensi bodinya yang panjang, terlihat semakin tegas dengan Roof Rail

Performanya yang mampu melakukan Off-Road, ditunjang kuat oleh ban berukuran 18 inci. Ukurannya tergolong cukup proporsional dan juga mampu meminimalisir benturan ketika melaju di medan berat. Kenyamanan ekstra menurut kami.

Review KIA Telluride 2020: Eksterior Belakang

Hal yang paling kami sukai adalah ketika melihat bodi belakangnya. Mengapa begitu? Ya, alasannya terletak pada desain lampu Taillights, yang dikemas mirip Stick Hockey. Jujur saja, jenis lampu Telluride sangatlah unik, menjadi pembeda dengan model SUV sekelasnya.

Eksterior Belakang KIA Telluride 2020 menghadirkan lampu unik berdesain Stick Hockey

Lampunya tergolong unik, sisi karismatik dari Telluride

Menariknya lagi, terdapat sebuah Topping cantik pada sisi bemper belakangnya yakni sebuah plat Silver. Selain memperkuat aroma maskulinnya, fitur tersebut juga mampu meminimalisir kerusakan ketika melaju di area berbatu dan medan berat lainnya.

>>> Baca juga:

INTERIOR Kia Telluride 2020

Salah satu kelebihan paling utama terletak pada keluasan kabinnya. Interior KIA Telluride 2020 tergolong paling luas di antara produk KIA lainnya. Ya, kapasitas tampung hingga 8 orang itu sudah sangat spesial. Belum lagi, kekedapan kabin dan ruang kaki, semua benar-benar nyaman.

Review KIA Telluride 2020: Dashboard

Nuansa klasik dan elegan, dipakai menjadi tema kabin Telluride. Tiga warna paling dominan yakni Silver, coklat dan juga hitam, mewarnai kabinnya. Tentu menurut kami, sajian ini sudah sangat nyaman dan sedap dipandang. Komposisinya sangat pas antara elegan, klasik dan juga modern.

Dashboard KIA Telluride 2020 hadir dengan tema klasik Wooden Panel sehingga terlihat mewah dan klasik

Dashboard Telluride menjadi salah satu kabin mobil terbaik menurut kami

Pada dashboard-nya juga sudah tertancap fitur Touchscreen Display berukuran 8 inci yang siap menawarkan banyak hiburan. Ya, hiburan Multimedia hingga navigasi, sudah didukung dari panel tersebut. Memudahkan sekaligus memberi kenyamanan ekstra bagi pengendara.

Review KIA Telluride 2020: Setir

Masih sama seperti mobil mewah lainnya, KIA Telluride menerapkan setir yang memiliki tombol pengaturan audio serta fitur menjawab telepon cepat. Tak ada perbedaan signifikan, hanya saja desainnya menerapkan model empat palang.

Setir KIA Telluride 2020 menerapkan model empat palang dan sudah dilengkapi tombol multifungsi

Kemudi setirnya tampil nyaman serta sudah dibekali berbagai tombol

Di balik kemudi setirnya juga terdapat sebuah panel Multi Information Display (MID). Dari sana, banyak informasi penting yang disampaikan seperti tingkat kecepatan, Tripmeter, konsumsi bahan bakar rata-rata dan hal menarik lainnya. Namun sayang, layar tersebut tidak sepenuhnya digital karena masih menerapkan analog meter pada info tingkat kecepatan.

Review KIA Telluride 2020: Kursi

Memang jika diamati dari informasi resminya, Telluride mampu menampung hingga 8 orang. Namun perlu diketahui, yang benar menurut versi kami adalah 7+1. Ya, 7 orang dewasa dan 1 anak, mengingat dimensi pada kursi belakang lebih cocok untuk proporsi tersebut.

Kursi KIA Telluride 2020 mampu menampung hingga 8 orang sekaligus

Tampilan bangku deret ketiganya

Soal kenyamanan, kursi KIA Telluride tergolong bintang 5. Pasalnya, model Captain Seat sudah diterapkan pada bangku deret pertama dan kedua. Adapun di setiap kursinya didukung fitur Headrest, sehingga lebih nyaman menjadi tempat bersandar.

>>> Informasi menarik lainnya:

FITUR Kia Telluride 2020

Semua variannya, menerapkan fitur keselamatan yang serupa canggihnya. Terpantau jelas bahwa fitur KIA Telluride 2020 benar-benar mengedepankan aspek keselamatan. Dalam hal ini, fitur-fitur yang dihadirkan seperti Automatic Emergency Braking + Pedestrian Detection, Adaptive Cruise Control + Stop & Go, Lane Keep Assist, Blind Spot Detection hingga Safe Exit Assistance.

Fitur KIA Telluride 2020 hadir seragam di semua varian, khususnya aspek keselamatan

Setiap fitur yang dihadirkan KIA Telluride, mengandalkan sensor khusus yang disematkan di berbagai sisi bodinya

Kemajuan KIA dalam mengedepankan aspek keselamatan adalah hal spesial. Mengapa begitu? Ya, jika diamati pada perusahaan otomotif lainnya, fitur yang disebutkan umumnya dijual secara terpisah. Konsumen harus menambah biaya khusus untuk menerapkan setiap fitur tersebut. Dalam hal ini, KIA benar-benar unggul di antara kompetitornya.

>>> Bandingkan juga dengan mobil SUV yang tak kalah menarik lainnya

OPERASI Kia Telluride 2020

Untuk urusan jantung pacunya, operasi mesin KIA Telluride 2020 mengandalkan kapasitas 3.8 liter Lambda 24 Valve DOHC V6. Sekelas mobil SUV, tenaga yang dihasilkan oleh mesinnya sudah tergolong mumpuni. Dari catatan resmi KIA, daya mesinnya mampu mencapai 291 HP setara 6.000 Rpm dengan buaian torsi puncak 262 Lb.ft pada putaran 5.200 Rpm.

Operasi Mesin KIA Telluride 2020 mampu menghasilkan daya hingga 291 HP

Hanya tersedia satu pilihan mesin saja bagi KIA Telluride yakni 3.8 Liter V6

Memang, mesin satu ini bukanlah mesin terbaik KIA, tapi menurut kami sudah sangat mengimbangi para kompetitornya. Sebut saja, Chevrolet Traverse yang memiliki tenaga ekstra hingga 310 HP dan Honda Pilot di angka 280 HP. KIA Telluride tampaknya masih bisa bersaing ketat dengan para kompetitornya.

Satu hal yang disayangkan terletak pada konsumsi bahan bakarnya yang tidak begitu baik adanya. Tercatat bahwa KIA Telluride hanya mencapai konsumsi rata-rata di angka 23 Mpg. Berbeda dengan Chevy Traverse yang mencapai 21 Mpg dan Honda Pilot 22 Mpg.

>>> Simak juga mobil-mobil besutan KIA yang dijual di Indonesia berikut ini

spesifikasi Kia Telluride 2020

Untuk hal mendetail tentang spesifikasi KIA Telluride 2020 bisa Anda lihat di sini.

SPESIFIKASI KIA TELLURIDE 2020

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

196,9 inci x 78,3 inci x 6,89 inci

Ground Clearance

8 inci

MESIN

Tipe Mesin

3.8 Liter Lambda 24 Valve DOHC V6 CVVT

Kapasitas Silinder

3.778 cc

Daya Maksimum

291 HP / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

262 Lb.ft / 5.200 Rpm

Sistem Transmisi

8 Tingkat Percepatan Otomatis Electronically Controlled

HANDLING

Suspensi Depan

Independent MacPherson Strut dengan Stabilizer Bar

Suspensi Belakang

Independent Multi-Link

Rem Depan

Ventilated Brake Disc

Rem Belakang

Solid Brake Disc

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Gasoline Direct Injection (GDI)

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

18,8 Galon

kelebihan & kekurangan Kia Telluride 2020

Lantas, apa saja kekurangan dari mobil gagah ini? Berikut tim Cintamobil.com memberikan opini terkait kelebihan dan kekurangan KIA Telluride 2020.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain eksterior atraktif, maskulin dan tetap modern

Performa mesin kurang oke soal konsumsi bahan bakar

Kapasitas tampung kursi besar, 7+1

Fitur hiburan minus pada bangku belakang

Kabinnya dikemas sangat lega baik dari sisi ruang kaki dan ruang kepala

Belum ada kabar resmi akan kehadirannya di Indonesia

Fitur keselamatan sangat lengkap di semua variannya

-

daftar harga Kia Telluride 2020

Di Amerika Serikat, KIA Telluride menghadirkan empat varian yakni tipe LX, S, EX dan SX. Perbedaan hanya berdasarkan fitur hiburan seperti adanya Sunroof, lampu kabut, audio Harman/Kardon dan sebagainya. Berikut daftar harga KIA Telluride 2020.

TIPE MOBIL

HARGA KIA TELLURIDE (DOLLAR AMERIKA SERIKAT)

HASIL KONVERSI DARI DOLLAR KE RUPIAH

KIA Telluride LX

$ 31.690

Rp. 452 jutaan

KIA Telluride S

$ 33.990

Rp. 485 jutaan

KIA Telluride EX

$ 37.090

Rp. 529 jutaan

KIA Telluride SX

$ 41.490

Rp. 592 jutaan

*Catatan:
●    Harga di atas bersifat sebagai referensi saja
●    Harga yang tertera juga berdasarkan hasil konversi dari Dollar ke Rupiah
●    Jika hadir di Indonesia harganya diprediksi naik, tergantung pajak, biaya impor dan kebijakan KIA Indonesia nantinya

>>> Penasaran untuk tahu harga mobil KIA yang dijual di Indonesia? Simak di sini daftar lengkapnya

Video Kia Telluride 2020

KESIMPULAN Kia Telluride 2020

Mobil paling besar yang dimiliki KIA adalah Telluride. Ya, kabin yang lapang, penuh hiburan plus performa Off-Road, menjadi sajian utama dari KIA Telluride. Namun prediksi kami, mobil satu ini bukanlah selera semua orang mengingat kelebihannya sebagai mobil keluarga dan hobi Off-Road. Lebih cocok untuk digunakan di area yang memiliki jalanan kurang baik seperti Dubai dan Colorado. Untuk perkotaan? Sangat nyaman, namun kurang bagus dalam hal konsumsi bahan bakar. Bagaimana, apakah Anda tertarik dengannya?

>>> Jangan lupa untuk selalu menyimak review mobil dari Cintamobil.com yang dikemas lugas, lengkap dan kritis

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil