Review Kia Sorento 2017: SUV Premium yang Semakin Garang dan Tangguh

25/09/2017

Share this post:

Kia Sorento 2017

Editor rate:

Rp 480-Rp 525 Jutaan

Lihat promo

Geliat mobil berjenis SUV di industri otomotif memang cukup signifikan. Saat ini, banyak merek-merek kenamaan yang coba menawarkan SUV terbaiknya kepada konsumen. Seakan tak mau ketinggalan dengan kompetitor, produsen mobil asal Korea Selatan, Kia, coba menghadirkan mobil premium dengan desain garang dalam wujud Kia Sorento 2017. Bagaimana tampilan mobil itu? Marilah membaca tulisan review Kia Sorento 2017 lengkap di bawah ini.

Review Kia Sorento 2017: SUV Premium yang Semakin Garang dan Tangguh
0 Gambar

Pengantar Kia Sorento 2017

Mari kita simak spesifikasi Kia Sorento 2017 di bawah ini.

mobil Kia Sorento berwarna coklat di samping model berpakaian hitam yang cantik

Mobil Kia Sorento 2017: SUV premium untuk kalangan menegah ke atas

Sejatinya, Kia Sorento bukanlah nama baru di percaturan industri otomotif. Mobil satu ini memulai debutnya pada tahun 2003 silam. Ketangguhan mesin serta desain yang cukup elegan membuat si tangguh ini mendapatkan tempat tersendiri di hari para pecinta otomotif. Bahkan, setelah debutnya, Kia pun merilis berbagai seri dari mobil ini di tahun-tahun selanjutnya. Menyongsong 2017, Kia kembali meluncurkan Sorento dengan berbagai sentuhan untuk menambah kesan modern dari SUV jagoannya ini. Secara kasat mata, Sorento nampak lebih elegan dari seri sebelumnya. Dari sisi dapur pacu, Sorento juga dilengkapi dengan mesin mutahir. Tak lupa pula, beragam fitur kekinian juga disematkan pada sisi interiornya. Lantas, bagaimana spesifikasi lebih lanjut dari Kia Sorento 2017 ini? Berikut ulasannya.

Eksterior Kia Sorento 2017

Mobil Kia Sorento 2017 berwarna silver sedang di jalan test drive di jalan raya Indonesia

Gambar mobil Kia Sorento: bagian depan

Banyak pihak menyebut Kia Sorento merupakan SUV premium untuk kalangan menengah ke atas. Benarkah demikian?  Jawaban tersebut mungkin bisa digambarkan melalui ulasan sisi eksteriornya terlebih dahulu. Dari bagian depan, Sorento memiliki grill berdesain Tiger Nose yang garang namun elegan. Aksen chrome yang tersemat di garis grill juga semakin menambahkan kesan mahal dari mobil ini.  bergeser sedikit ke samping, keberadaan lampu utama yang menyatu dengan grill juga menambah kesan agresif dari SUV satu ini. Meskipun terlihat agresif, head lamp Sorento masih tetap menawan untuk dilihat. Kesan gagah juga kembali diguratkan berkat keberadaan dua fog lamp yang didesain ala belah ketupat di sudut kiri dan kanan bumper. Keberadaan fog lamp ini berfungsi untuk memberikan penerangan maksimal saat mobil dipacu malam hari atau dalam cuaca yang kurang bersahabat.

tampilan bagian belakang mobil Kia Sorento 2017 berwarna hitam

Bagian belakang Kia Sorento 2017 kelihatan sporty 

Bergeser ke sisi samping, Sorento memiliki lekuk tipis pada bagian bawah pintu. Meskipun lekuk tersebut terkesan minimalis, namun keberadaannya dinilai penting untuk menjaga sisi elegan dari mobil ini. Kemewahan juga terpancar dari penyematan aksen chrome pada list jendela dan handle pintu dari SUV jagoan Kia ini. Selain itu, empat velg dengan aksen light chrome yang tersemat di keempat roda Sorento juga mempertebal kegagahan mobil ini. Sisi belakang juga seakan tak mau ketinggalan untuk unjuk gigi dengan menghadirkan sisi sporty dengan hadirnya fascia berukuran besar serta rear spoiler dengan lampu belakang berdesain futuristik. Selain itu, stop lamp berukuran medium juga mempercantik tampilan belakang dari Crossover SUV ini. Secara garis besar, sisi eksterior Kia Sorento 2017 coba menghadirkan sisi elegan di bagian depan dan samping namun tetap menyisipkan kesan sporty pada bagian belakang. Sporty dan mewah dalam satu wujud? Itulah Sorenta.  

>>> Mau membeli mobil Kia Sorento baru, klik sini untuk melihat daftar mobil Kia Sorento terbaru dijual dengan harga murah 


Interior Kia Sorento 2017

ruang kabin mobil Kia Sorento 2017dengan bangku kursi  berwarna hitam

Ruang kabin mobil Kia Sorento 2017

Gagah dan sporty di sisi luar tak membuat Sorento berpuas diri. Kia, selaku pabrikan, kembali menawarkan kenyamanan dan kemewahan di sisi kabin. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya jok kulit yang didesain dengan Nappa lengkap dengan penghangat untuk memberikan sensasi yang berbeda kepada pengemudi maupun penumpang selama perjalanan. Soal kualitas jok, tak perlu diragukan lagi. Sorento menyuguhkan kualitas kulit premium untuk setiap jok yang tersemat. Tak hanya itu, sisi entertainment juga menjadi perhatian khusus Kia terhadap jagoannya ini. Terbukti kehadiran head unit berukuran 8 inci dengan beragam fitur di dalamnya serta 12-speaker infinity stereo hadir untuk memberikan kenyamanan dalam perjalanan semua awak kabin.

gambar bagian dashboard mobil Kia Sorento 2017

Bagian dashboard 

Bergerak ke bagian dashboard kemudi, Kia menyematkan memiliki Sporty Meter Cluster yang dilengkapi MID (Multi Information Display) berdesain futuristik untuk memberikan informasi terkini kepada pengemudi tentang kondisi mobil seperti jarak perjalanan, kecepatan rata-rata, jarak tempuh dengan bahan bakar yang ada, konsumsi bahan bakar rata-rata serta kondisi cuaca di medan yang tengah dilalui hingga melakukan panggilan dengan hands-free serta dapat mengaktifkan navigasi menggunakan Google Maps. Hal-hal tersebut sangat berguna untuk menambah kualitas dalam berkendara. tak lupa pula, Air Conditioner pun disematkan untuk memberikan kesejukan hakiki kepada seluruh penumpang selama perjalanan.

gambar bagian sunroof mobil Kia Sorento 2017 dengan ukuran besar

Sun Roof berukuran besar 

Sementara di sisi tengah, Kia Sorento juga menyisipkan Sun Roof yang memiliki ukuran cukup besar untuk memberikan opsi pemandangan organik kepada penumpang di bagian tengah.  Selain itu, mobil ini juga memiliki berbagai spot untuk menyimpan barang berukuran sedang maupun kecil. Tak hanya itu, bagian belakang Sorento juga cukup luas untuk menyematkan barang berukuran besar. Bahkan untuk memaksimalkan space, jok pada baris kedua dan ketiga bisa dilipat sesuai selera untuk mendapatkan ruang ekstra demi menyimpan barang bawaan.  

>>> Klik sini untuk membaca lebih banyak tentang mobil Kia

Fitur Kia Sorento 2017

Gambar fitur ECO MODE pada mobil Kia Sorento 2017

Fitur ECO MODE

Dari sisi fitur yang dihadirkan, bisa dibilang Sorento menawarkan apa yang dimiliki SUV modern di pasaran. Hal ini bisa dilihat dengan adanya berbagai fitur yang berfungsi untuk menunjang keamanan, kenyamanan serta keselamatan dalam berkendara. Di sistem kemudi misalnya, fitur seperti ECO Mode coba ditawarkan. Fitur ini berfungsi untuk mengontrol penggunaan bahan bakar agar lebih irit selama perjalanan. Selain itu, ada pula Motor Driven Power Steering (MDPS) yang siap memberikan kenyamanan kepada pengemudi dalam memacu kendaraannya di berbagai medan.

fitur Around View Monitor di bagian head unit mobil Kia Sorento 2017

Fitur Around View Monitor 

Keberadaan fitur Around View Monitor (AVM) pada head unit juga siap memberikan informasi ebrupa tampilan visual melalui berbagai angel untuk memudahkan pengemudi dalam memarkirkan kendaraan. Pasalnya, sensor ultrasonik yang dihasilkan AVM tersebut terbukti ampuh memproteksi kendaraan dari kemungkinan benturan yang terjadi saat pemarkiran kendaraan. Fitur ini juga diklaim siap menjadi solusi bagi pengemudi yang kerap kesulitan dalam memarkirkan mobil.

Fitur Speed Limited Function (SLIF) dilengkapi untuk Kia Sorento 2017

Fitur Speed Limited Function memproteksi penumpang dan pengemudi dari kecelakaan 

Untuk memproteksi penumpang maupun pengemudi dari bahaya kecelakaan yang bisa terjadi sewaktu-waktu, Kia Sorento 2017 menyematkan berbagai fitur seperti Speed Limited Function (SLIF) yang bisa memberikan petunjuk agar mobil melaju dengan batas kecepatan sesuai dengan marka jalan yang ada dalam sistem navigasi. Selain itu Advanced Smart Cruise Control (ASCC) juga hadir untuk memberikan keamanan melalui sensor radar yang siap mendeteksi berbagai objek yang ada di depan mobil. Lane Departure Warning System juga siap memberikan peringatan kepada mobil agar berhenti di jarak aman.

gambar menunjukkan fitur keselamatan mobil Kia Sorento 2017 yaitu fitur airbags

Fitur keselamatan 

Sebagai pelengkap, hadir pula kombinasi pengereman ABS, EBD dan BA untuk memberikan pengereman yang efektif dan maksimal serta meminimalisir terjadinya selip apabila terjadi pengereman dadalan. Terakhir, Sorento juga dilengkapi dengan dual SRS Airbag di bagian depan untuk meminimalisir resiko cidera di kepala pada penumpang bagian depan apabila mobil mengalami benturan hebat maupun pengereman dadakan yang bisa terjadi kapan saja. 

Operasi Kia Sorento 2017

Gambar mesin mobil Kia Sorento 2017 dengan teknologi terbaru dan sangat modern

Theta II 2.4 MPI Engine

Pada bagian awal sempat disinggung bahwa Kia Sorento memiliki sistem operasi yang cukup besar dan mumpuni untuk mobil bersegmen SUV. Bahkan untuk memberikan opsi, Kia Sorento hadir dengan tiga varian mesin sekaligus yakni Petrol, CRDi dan CRDi 4 WD. Untuk seri pertama yakni Theta II 2.4 MPI berbahan bakar bensin, bermesin 4 silinder 2.4 liter DOHC Dual CVVT diklaim mampu memberikan tenaga maksimal hingga 241 Nm pada putaran mesin 3.750 RPM. Sementara mesin kedua R 2.2 yang berbahan dasar disel 4 Liter DOHC mampu dipacu hingga 197 Ps pada putaran mesin 3.800 RPM dengan torsi maksimal mencapai 44.5 Kgm pada putaran mesin  2.500 RPM. Mesin terakhir yang juga berbahan dasar disel 2.4 L DOHC DUAL CVVT dengan penggerak 4 WD diklaim mampu memberikan tenaga secara optimal berkat perputaran keempat rodanya tersebut. Untuk emnyalurkan tenaga, Sorento didukung dengan transmisi otomatis 6 percepatan. Ketiga mesin Sorento diklaim mampu menjelajah berbagai medan mulai dari jalanan perkotaan hingga medan off road yang kaya akan rintangan. Sisi positifnya, Sorento dikenal cukup irit karena “hanya” menghabiskan 11.36 km/liter untuk medan perkotaan dan 17.24 km/liter untuk jalan bebas hambatan. Cukup memuaskan bukan? 

>>> Klik sini untuk tahu harga Kia Sorento tahun 2013

Kesimpulan Kia Sorento 2017

Mobil Kia Sorento 2017 berwarna silver di jalan

Kia Sorento 2017: SUV Premium yang Semakin Garang dan Tangguh

Overall, Kia Sorento 2017 merupakan mobil yang didesain cukup elegan dari sisi luar maupun dalam. Mobil ini juga diklaim siap memberikan kenyamaan maksimal kepada para penumpangnya dengan lapangnya ruang kabin serta berbagai fitur modern yang tersemat di sisi interior. Dari sistem operasi, SUV satu ini juga cukup tangguh untuk melintasi berbagai medan mulai dari jalanan perkotaan yang sibuk, jalan bebas hambatan hingga medan off road yang sukar. Selain itu, mobil yang ditujukan kepada mereka yang memiliki mobilitas cukup tinggi ini juga sangat irit bahan bakar berkat adanya fitur ECO Mode.

Dari segi harga Kia Sorento 2017 memang menyasar pangsa pasar menengah ke atas. Siapapun yang memiliki budget Rp 480-Rp 525 Jutaan bisa memilih dan membawa pulang mobil dengan bahan bakar bensin dan disel ini. Cukup mahal? Sudah tentu. Namun jika melihat berbagai fitur dan spesifikasinya. Sorento jelas layak mendapatkan harga setinggi itu. 

>>> Klik sini untuk membaca tulisan review mobil lainnya

Fajar
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

AUTO 9 MOBIL

DI Yogyakarta

Dwi Jaya Mobil

DI Yogyakarta

back to top