Review KIA Sonet Premiere 2020: Membuka Kelas Baru

11/11/2020

Share this post:

Kia Sonet 2020

Editor rate:

Rp 289.000.000

Jual beli mobil Kia bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di Indonesia Lihat promo

Kehadiran KIA Sonet Premiere di Tanah Air sontak membuka peta persaingan baru di Indonesia, ia adalah SUV kompak B-Segment yang lebih dulu hadir di sini

Review KIA Sonet Premiere 2020: Membuka Kelas Baru
Review KIA Sonet Premiere 2020: Membuka Kelas Baru
0 Gambar

Active MT

Rp 204.5 juta

Harga OTR

5 Kursi, 1497 cc, 113 hp, Bensin

Lihat promo

Smart iVT

Rp 251.5 juta

Harga OTR

5 Kursi, 1497 cc, 113 hp, Bensin

Lihat promo

Dynamic iVT

Rp 265 juta

Harga OTR

5 Kursi, 1497 cc, 113 hp, Bensin

Lihat promo

Smart MT

Rp 238.5 juta

Harga OTR

5 Kursi, 1497 cc, 113 hp, Bensin

Lihat promo

Standard MT

Rp 193 juta

Harga OTR

5 Kursi, 1497 cc, 113 hp, Bensin

Lihat promo

Premiere iVT

Rp 289 juta

Harga OTR

5 Kursi, 1497 cc, 113 hp, Bensin

Lihat promo

Pengantar Kia Sonet 2020

Mari kita simak spesifikasi Kia Sonet 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Fitur lengkap

Pakai mesin pengembangan terbaru

Sound System BOSE

Kekurangan

Setir belum mengadopsi telescopic

Kabin belakang tidak terlalu luas

Headrest proper hanya tersedia untuk 5 penumpang

 

Foto emblem SONET di KIA Sonet Premiere 2020

Kehadiran KIA Sonet bisa dibilang mencuri start

PT Kreta Indo Artha terus fokus dalam melengkapi line up produk mereka, setelah di awal tahun bikin heboh dengan kehadiran KIA Seltos, kini agen pemegang merek KIA di Indonesia ini memperkenalkan KIA Sonet. KIA Sonet sendiri bisa dibilang sebagai 'adik' dari KIA Seltos, mengingat dimensinya yang lebih ringkas meskipun sama-sama masuk ke dalam segment SUV kompak. Bisa dibilang KIA Indonesia mencuri start dan membuka kelas baru. Lalu seberapa menarik mobil ini? Mari simak review KIA Sonet Premiere 2020 ini hingga tuntas.

Mobil Baru Populer

Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 236.5 - Rp 273.5 Juta
Rp 509.9 - Rp 709.5 Juta
Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 143.05 - Rp 173.5 Juta
Rp 255.2 - Rp 276.6 Juta
Rp 148.99 - Rp 167.49 Juta
Rp 289 - Rp 299 Juta

Eksterior Kia Sonet 2020

Review KIA Sonet Premiere 2020: Tampilan Depan

Foto tampilan depan KIA Sonet Premiere 2020

Tampilan eksterior depan bak Harimau kecil siap menerkam

Tampilan depan KIA Sonet ini tampil atraktif dengan grille depan yang mencirikan ciri khas dari desain mobil KIA modern yakni Tiger Nose. Lekukan tersebut dikombinasikan dengan bentuk headlamp yang pipih dan dilengkapi DRL (Daytime Running Light) menimbulkan kesan keren. Bentuk bumper depan juga tak kalah sangar, aksen warna abu-abu di bawah air dam bikin kesan dinamis. Sayangnya headlamp belum mengusung LED (Light Emitting Diode) namun sudah pakai model projector.

Foto headlamp KIA Sonet Premiere 2020

Lampu depan sudah full LED baik high beam maupun low beam

Review KIA Sonet Premiere 2020: Tampilan Samping

Foto tampilan samping KIA Sonet Pemiere 2020

Overhang depan dan belakang mobil ini pendek

Berlanjut ke bagian eksterior samping, sepintas secara dimensi tak ubahnya seperti KIA Sonet yang sudah meluncur lebih dahulu di India. Nuansa sporty terlihat dari sepatbor depan dan belakang yang tebal. Tapi jika diperhatikan secara detail, panjang total Sonet tipe Premiere ini sebenarnya lebih panjang 125 mm dari KIA Sonet versi India. Hal tersebut disebabkan karena bumper depan dan belakang sedikit lebih panjang. Demikian juga ketinggian mobil ini yang lebih tinggi 5 mm dari versi negeri Bollywood tersebut. 

Foto ban dan velg KIA Sonet Premiere 2020

Velg 16 inci membuatnya kian menarik

Review KIA Sonet Premiere 2020: Tampilan Belakang

Foto tampilan belakang KIA Sonte Premiere 2020

Aksen bumper belakang terlihat dinamis dan menarik dilihat

Bagian buritan dari KIA Sonet Premiere 2020 ini tampak cantik dan menarik untuk dilihat. Sebab ia dilengkapi dengan aksen seperti 'kuku harimau' di stoplampnya yang membuat tampilannya kian menawan dan tampak serasi dengan model stoplamp memanjang dari masing-masing sisinya. Kamera parkir beserta dua buah sensor parkir sudah tersedia di SUV yang dijual di bawah Rp 300 juta ini. Sayangnya, meski tampilannya modern, namun lampu sein masih pakai bohlam biasa untuk di buritan.

Foto stoplamp KIA Sonet Premiere 2020

Lampu sein masih halogen namun itu bukan masalah

>>> Bocoran Harga KIA Sonet Muncul di Situs Samsat


Interior Kia Sonet 2020

Review KIA Sonet Premiere 2020: Layout Dashboard

Foto layout dashboard KIA Sonet Premiere 2020

Layout dashboard apik dan tombol fiturnya mudah dijangkau

Masuk ke bagian interior, Anda akan disambut dengan layout dashboardnya yang modern. semua tombol dan fitur terfokus ke tengah dasbor dan mudah dijangkau oleh tangan pengemudi maupun penumpang depan. Pemilihan material juga diperhatikan oleh PT Kreta Indo Artha, karena di KIA Sonet ini menggunakan bahan berkualitas tinggi yang sama sekali tidak terlihat maupun terasa murah meskipun harga mobil ini sebenarnya terjangkau. Sayangnya pengaturan setir hanya tilt saja belum tersedia telescopic.

Review KIA Sonet Premiere 2020: Kursi

Foto kursi depan KIA Sonet Premiere 2020

Jok depan sudah ventilated seat

Anda akan senang ketika duduk di kursi penumpang depan ataupun kursi pengemudi. Sebab, di balik jok berbahan kulit semi sintetis ini adalah sebuah ventilated seat yang bisa mendinginkan maupun memanaskan bagian punggung Anda. Disamping itu, posisi duduk di KIA Sonet Premiere 2020 ini juga cukup ergonomis karena mampu diatur maju-mundur, sudut sandaran dapat disesuaikan dan ketinggian kursi pengemudinya dapat diatur. 

Foto kursi belakang KIA Sonet Premiere 2020

Kursi belakang tidak selega di depan

Sayangnya kesenangan tersebut hanya milik penumpang depan dan pengemudi saja, untuk duduk di kursi belakang pengemudi Anda harus 'pasrah' karena tidak selega di depan. Apalagi headrest yang proper hanya tersedia empat buah saja, untuk penumpang belakang yang duduk di tengah tidak kebagian headrest. Demikian juga dengan seatbelt ELR yang hanya tersedia untuk empat penumpang saja di mobil ini.

Review KIA Sonet Premiere 2020: Bagasi

Foto bagasi KIA Sonet Premiere 2020

Kita lihat, apakah nantinya lawan-lawan mobil ini punya bagasi seluas Sonet

Meski dimensi KIA Sonet ini kompak, namun untuk kapasitas bagasi ia tetap mampu diandalkan. Buka pintu bagasi belakang secara manual dan Anda akan takjub dengan bagasinya, setidaknya dua buah koper medium plus tas lain masih bisa masuk dengan mudah di bagasi mobil ini. Apalagi ia juga dilengkapi dengan separator yang membuat Anda memiliki privasi terhadap barang bawaan yang Anda bawa.

>>> KIA Sonet Sudah Cicipi Jalanan Indonesia

Fitur Kia Sonet 2020

Review KIA Sonet Premiere 2020: In-Car Entertaiment System

Foto In Car Entertaiment System by BOSE KIA Sonet Premiere 2020

Sound system BOSE kualitasnya tidak main-main

Inilah salah satu kelebihan utama KIA Sonet Premiere 2020 ini. Sebab KIA Indonesia menyematkan sound system bermerek premium ke dalam SUV kompak ini. Secara total ada 2 tweeter, 4 speaker, dan 1 subwoofer bermerek BOSE di KIA Sonet ini. Kualitas suara yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi, suara vokal, bass dalam frekuensi berapapun terasa nikmat didengar. Headunit touchscreen 8,8 incinya juga sudah support wireless Apple CarPlay dan Android Auto.

Review KIA Sonet Premiere 2020: Wireless Charging

Foto Wireless Charging KIA Sonet Premiere 2020

Letakkan smartphone Anda di sini, ia akan mengisi daya baterai Anda secara otomatis

PT Kreta Indo Artha paham betul jika konektivitas menjadi hal utama di era modern saat ini. Selain menyematkan sunroof untuk membuat interior lega dan bernuansa mahal, KIA Sonet Premiere 2020 ini juga dilengkapi dengan wireless charger. Jadi jika smartphone Anda sudah dilengkapi dengan fitur wireless charging, Anda tinggal letakkan saja di konsol wireless charging yang tersedia di mobil ini, sembari mobil berjalan baterai smartphone Anda bisa terisi ulang.

Review KIA Sonet Premiere 2020: Ringkasan Fitur Keselamatan

Foto kaki-kaki belakang KIA Sonet Premiere 2020

Fitur keselamatan baik aktif maupun pasifnya juga cukup lengkap

KIA Sonet Premiere 2020 ini dilengkapi dengan keyless entry yang juga berfungsi sebagai remote engine start, jadi mesin mobil dan AC bisa dihidupkan hanya dengan menekan tombol pada kunci pintar tersebut. Lebih lanjut, proteksi penumpang juga terlindungi berkat 6 buah airbags, serta rangka yang kokoh berkat penerapan teknologi Advance High Strength Steel and Press Hot Stampling. Fitur keselamatan aktif lain juga ada, seperti rem ABS (Anti-lock Braking System), ESC (Electronic Stability Control), dan HAC (Hill Assist Control).

Operasi Kia Sonet 2020

KIA Sonet Premiere 2020 ini mendapatkan mesin yang benar-benar baru. Mesin bensin berkode Smartstream Gamma II ini adalah yang pertama di Asia Tenggara. Mesin ini dilengkapi dengan teknologi katup variabel dual CVVT serta double injector. Kelebihan dari penerapan dual injector adalah lebih efisien, karena proses pengabutan jadi semakin sempurna dan bisa diatur sesuai kebutuhan.

Foto mesin Smartstream Gamma II KIA Sonet Premiere 2020

Mesin dual injector buatan KIA canggih

Misalnya untuk menyelakan mesin akan lebih mudah dengan double injector, juga untuk kebutuhan idle sampai berjalan santai, mesin cukup pakai single injector. Tapi kalo sudah putaran mesin menengah atau hendak berakselerasi spontan, baru dual injector bekerja optimal. Tetapi yang utama mekanisme double injector ini lebih ke proses pengabutan bahan bakar yang lebih baik dari single injector. 

Foto dual injektor di mesin KIA Sonet Premiere 2020

Mesin dual injector lebih efisien

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 115 PS atau sekitar 113,5 HP pada putaran mesin 6.300 rpm, serta torsi 144 NM di putaran 4.500 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi CVT with Intelligent Variable Transmission Technology. Teknologi CVT yang diusung Sonet ini diklaim memiliki rasio chain pulley lebih besar dari kompetitor, sehingga akselerasinya lebih spontan di putaran rendah dan efisien pada putaran tinggi.

Foto tuas transmisi KIA Sonet Premiere 2020

Teknologi transmisi CVT bernama intelligent VT diklaim pintar

Transmisi ini juga pintar, ketika Anda menginjak pedal gas lebih dari 40% saat posisi tuas transmisi D (Drive), akan terasa perpindahan gigi layaknya transmisi otomatis konvensional, sehingga berkendara di kecepatan tinggi terasa lebih menyenangkan. Mobil ini juga dilengkapi dengan 6 driving mode yakni ECO, SPORT, NORMAL, SAND, MUD, dan SNOW.

Spesifikasi Kia Sonet 2020

Berikut ini adalah spesifikasi KIA Sonet Premiere 2020.

Mesin KIA Sonet Premiere 2020

Seri mesin

 Smartstream, Gamma II, DOHC, Dual CVVT

Pasokan Bahan Bakar

 Electronic Fuel Injection with Dual Fuel Injector

Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

Tenaga Maksimum

 113,5 HP (115 PS) @ 6.300 rpm

Torsi Maksimum

 144 NM @ 4.500 rpm

Kapasitas Silinder

 1,497 cc

Bore X Stroke

 75.6 mm X 83.4 mm

Tipe Transmisi

 CVT with Intelligent Variable Transmission Technology (FWD)

Rangka KIA Sonet Premiere 2020

Panjang X Lebar X Tinggi

 4.120 mm X 1.790 mm X 1.615 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.500 mm

Radius Putar

 5,3 Meter

Kapasitas Tangki

 45 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki KIA Sonet Premiere 2020

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut

 Belakang: Coupled Torsion Beam Axle

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion, Motor Driven Power Steering (MDPS)

Rem Depan & Belakang

 Disc Brake & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD

Teknologi Safety Sasis

 Advance High Strength Steel and Press Hot Stampling

Struktur Sasis

 Monokok, SUV B-Segment

Pelek

 Alloy, 16 inch

Jenis Ban

 Radial, 215/60 R16 

Daftar Harga Kia Sonet 2020

Foto ilustrasi harga KIA Sonet Premiere 2020

Harganya menarik

KIA Sonet tipe Premiere bertransmisi CVT seperti mobil tes kami ini dibanderol dengan harga Rp 289 juta on the road Jakarta. Jelas ia merupakan pilihan menarik, karena harganya bersaing dengan LSUV (Low Sport Utility Vehicle) andalan Jepang seperti Toyota Rush, Honda BR-V, Mitsubishi Xpander Cross, dan lainnya. Bahkan dengan harganya yang di bawah Rp 300 juta ini ia juga layak menantang compact hatchback semisal Toyota Yaris bahkan Honda Jazz.

Kesimpulan Kia Sonet 2020

Foto kesimpulan review KIA Sonet Premiere 2020

KIA Indonesia berhasil membuka pasar baru sekaligus mencuri start

Produk KIA Sonet ini merupakan bukti PT Kreta Indo Artha sebagai agen pemegang merek KIA di Tanah Air berhasil membuka pasar baru sekaligus mencuri start. Maklum saja, rival-rival mobil ini paling cepat baru datang tahun 2021 yaitu Daihatsu Rocky, dan Toyota Raize. Dengan harganya yang di bawah Rp 300 juta membuatnya layak untuk dimiliki, sebab fitur-fiturnya banyak dan kualitas buatan mobil ini cukup baik. Hanya saja layanan aftersales jadi PR KIA di Indonesia, sebab dealernya belum sebanyak mobil-mobil Jepang.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak review mobil yang berguna lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

AUTO 9 MOBIL

DI Yogyakarta

Dwi Jaya Mobil

DI Yogyakarta

back to top