Review Kia Sedona 2016 Indonesia

12/02/2018
editor rate: 4,0 user rate: 4,0
Segmen pasar premium MPV rupanya masih merupakan segmen pasar yang cukup menarik untuk digarapoleh perusahaan otomotif. Tidak terkecuali dengan produsen mobil asal Korea, KIA, yang juga ikut dalam segmen pasar ini dengan produk KIA Sedona. Sebelum dikenal dengan nama KIA Sedona, mobil ini dulu dijual dengan nama KIA Carnival yang cukup menjadi favorit karena ukurannya yang cukup besar dan luas untuk sebuah premium MPV. Pada tahun 2016, KIA Sedona hadir dengan tampilan baru yang lebih dinamis.

PENGANTAR Kia Sedona 2016

Review Kia Sedona 2016 Indonesia - Tampil dengan bentuk yang lebih elegan dan berkelas, KIA Sedona 2016 Indonesia hadir setelah mobil MPV KIA Carnival lama menghilang di pasaran Indonesia. Dalam peluncurannya di tahun 2016 lalu, KIA Sedona memberikan dua pilihan variannya di Indonesia yaitu Grand Sedona dan Grand Sedona Ultimate. Sebagai sebuah premium MPV, harga KIA Sedona bisa dibilang cukup terjangkau dibandingkan dengan pesaingnya yang bisa mencapai angka hingga satu miliar rupiah. Tetapi apakah KIA Sedona hanya unggul dalam masalah harga saja? Berikut ini adalah ulasan dari Kia Sedona 2016 Indonesia yang bisa menampung penumpang hingga 8 penumpang ini. Simak sama cintamobil.com ya sobat-sobat!

 

EKSTERIOR Kia Sedona 2016

  • Desain Elegan

Bila Anda melihat mobil ini dari segi eksterior maka bisa dibilang tampilan dari KIA Sedona 2016 Indonesia cukup elegan dan mewah, sesuai dengan segmen pasar yang diincarnya. Dari bagian depan hingga belakang, mobil ini sangat berkelas dan tidak menunjukkan bahwa harganya berada dikisaran 500 jutaan.

  • Desain bagian depan

Gambar mobil Kia Sedona 2016 berwarna biru tua dilihat dari sisi depan

Bagian depan dengan grille

Di bagian depan, mobil ini tetap pada pakem KIA untuk menggunakan grille ala tiger nose yang cukup besar. Dengan headlamp yang cukup dinamis dan tegas, memberikan kesan tangguh dan segar dibandingkan dengan versi KIA Carnivalnya.

  • Desain bagian samping

Gambar mobil Kia Sedona 2016 berwarna biru tua dilihat dari sisi samping

Bagian samping cukup boxy

Dari bagian samping, mobil ini memang terlihat cukup boxy dan tidak terlalu aerodinamis. Tetapi, hal tersebut tidak menjadi masalah karena mobil ini memang didesain untuk kenyamanan bukan kecepatan. Lekukan body mobil dari KIA Sedona ini sendiri memberikan kesan tangguh sekaligus elegan ala mobil-mobil dari Eropa.

  • Desain Bagian belakang

Gambar mobil Kia Sedona 2016 berwarna biru tua dilihat dari sisi belakang

Sisi belakang terlihat elegan dan sporty

Bagian belakang mobil ini cukup berusaha menegaskan sisi elegan dan juga sporty yang dimiliki oleh Sedona dengan adanya rear guard bumper. Seolah-olah ingin menujukkan bahwa mobil ini bisa Anda gunakan kemana saja dengan mudah.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Kia Sedona 2016

  • Ruang Kabin Mewah dan Nyaman

Masuk ke bagian kabin dari mobil ini, Anda akan menemukan sisi mewah yang berusaha ditawarkan oleh Sedona. Material soft touch dan juga kulit sangat melimpah di bagian dalam mobil ini. Sehingga dijamin Anda akan merasa cukup nyaman dengan berlama-lama di dalam mobil ini. Selain itu, tempat penyimpanan dan juga power outlet di obil ini sangat banyak sehingga Anda tidak akan kesulitan menyimpan berbagai macam benda kecil di dalam mobil ini.

  • Desain bagian dashboard

Gambar bagian dashboard mobil Kia Sedona 2016

Dashboard Sedona terlihat mewah dengan warna two tone

Dashboard mobil ini didesain cukup mewah dengan warna two tone dan menggunakan bahan soft touch. Berbagai aksen chrome yang ada di panel dashboard membuat mobil ini semakin terlihat mewah.

  • Desain bagian setir

Gambar bagian setir mobil Kia Sedona 2016

Setir sudah ada tombol audio steering switch

Bagian setir mobil ini memang tidak terlalu istimewa, tetapi sudah dilengkapi dengan tombol audio steering switch. Untuk pengaturan kenyamanan sudah dilengkapi dengan sistem tilt dan juga telescopic.

  • Desain kursi

Gambar bagian kursi mobil Kia Sedona 2016

Kursi Kia Sedona 2016 Indonesia

Kursi di dalam mobil ini cukup melimpah ruah bahkan mobil ini memiliki kursi hingga empat baris! Tetapi, bila Anda berencana untuk menggunakan seluruh baris kursi di mobil ini perlu pengaturan yang sangat baik karena ruang di dalam kabin tetap saja terbatas. Untuk material yang digunakan menggunakan bahan soft touch yang nyaman.

  • Ruang bagasi

Gambar ruang bagasi mobil Kia Sedona 2016

Bagasi Kia Sedona 2016 tidak terlalu luas

Ruang bagasi sebenarnya tidak terlalu luas, tetapi Anda bisa melipat kursi baris ketiga untuk mendapatkan tambahan ruang. 

>>> Baca juga:

FITUR Kia Sedona 2016

Dari sisi fitur KIA Sedona 2016 memiliki fitur keselamatan dan hiburan sebagai berikut:

Fitur keselamatan 

Fitur keselamatan dari KIA Sedona 2016 Indonesia sangat lengkap untuk sebuah premium MPV. Mulai dari airbag, side impact beam, front impact beam, seatbelt dengan tiga titik, sistem pengereman dengan ABS dan EBD. Sehingga Anda sama sekali mengenai bagian keselamatan untuk mobil ini. Sedangkan untuk bagian keamanan, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fitur alarm dan juga immobiliser.

Fitur hiburan

Untuk fitur hiburan, mobil ini sudah dilengkapi dengan head unit double din touch screen yang bisa memmainkan hiburan dari berbagai sumber. Sayangnya, head unit ini belum dilengkapi dengan sistem navigasi.

OPERASI Kia Sedona 2016

Mobil ini menggunakan mesin Lamda II V6 yang memiliki tenaga hingga 270 ps dengan torsi maksimum 317 Nm. Sedangkan untuk bagian suspensi McPherson Strut di bagian depan dan Multilink di bagian belakang. Dengan mesin ini, Sedona bisa dibilang cukup berani menggunakan mesin V6 mengikuti pesaingnya, Toyota Alphard. Tetapi dalam masalah tenaga memang harus dipertanyakan lagi kemampuannya  apakah sama dengan Alphard atau tidak. 

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang spesifikasi mobil-mobil lainnya, silahkan klik sini

spesifikasi Kia Sedona 2016

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari  Kia Sedona 2016 Indonesia.

Spesifikasi KIA Sedona 2016

Mesin

Kapasitas mesin

3342 cc

Tenaga

266 hp

Torsi

318 Nm

Jenis Bahan Bakar

Bensin

Jumlah Silinder

6

Katup per Silinder

4

Sistem Suplai Bahan Bakar

MPFI

Rasio Kompresi

11.5:1

Dimensi & Kapasitas

Kapasitas Tempat Duduk

8 Kursi

Kapasitas Tangki Bahan Bakar (liter)

78 L

Panjang

5115 mm

Lebar

1985 mm

Ground Clearance

170 mm

Tinggi

1755 mm

Jarak Sumbu Roda

3060 mm

Jarak pijak roda depan

1740 mm

Jarak pijak roda belakang

1747 mm

Jumlah Pintu

5

Kaki-Kaki

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-Link

Ukuran Velg Alloy

18 Inch

Ukuran Ban

235/60 R18

Jenis Ban

Radial

Ukuran Velg

R18

kelebihan & kekurangan Kia Sedona 2016

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan KIA Sedona 2016.

Kelebihan

Kekurangan

Harga Terjangkau

Kemampuan mesin masih diragukan

Bentuk lebih aerodinamis

Kestabilan mobil masih terasa kurang

daftar harga Kia Sedona 2016

Berikut ini adalah daftar harga KIA Sedona 2016 untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Varian

Harga

Kia Sedona AT

Rp. 487,5 Juta*

Kia Sedona ULTIMATE

Rp. 555,5 Juta*

 

Harga OTR Wilayah Jakarta & dapat berubah sewaktu-waktu serta tergantung dari model yang dijual

Video Kia Sedona 2016

KESIMPULAN Kia Sedona 2016

Secara keseluruhan, KIA Sedona 2016 Indonesia bisa menjadi sebuah alternatif bagi Anda yang berniat untuk membeli sebuah premium MPV bagi keluarga Anda. Dengan harga yang cukup terjangkau dnegan berbagai fitur yang dimilikiknya, mobil ini bisa menjadi sebuah pilihan tepat. Sayangnya mobil ini memang tidak terlalu populer di Indonesia sehingga Anda perlu sedikit melakukan test drive mengenani kenyamanan saat berkendara dengan kendaraan ini.

 

Ryan Sugandy
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil