Review KIA Pregio 2008: Muat 8 Orang, Incaran Bisnis Travel

17/03/2019
editor rate: 3,6 user rate: 4,0
KIA selaku perusahaan otomotif asal Korea Selatan sempat meluncurkan sebuah mobil Van dengan kapabilitas tampung 8 orang. Bisa dibilang, mobil satu ini masih menjadi incaran bagi para pegiat bisnis Travel. Apakah Anda ingin mobil ini? Simak review KIA Pregio 2008 berikut ini.

PENGANTAR Kia Pregio 2008

Review KIA Pregio 2008 - Untuk pertama kalinya, mobil satu ini diluncurkan di ajang GAIKINDO Auto Expo 2001. Kehadirannya memang cukup cerdik mengingat bisnis Travel sedang menjamur di zamannya. Hal paling menarik dari mobil ini adalah penggunaan bodi Monocoque serta Limited Slip Differential (LSD). Tak heran, mobil ini dikenal akan ketangguhannya di medan licin.

KIA Pregio 2008 memiliki tampilan yang cukup modis sebagai mobil Van

KIA Pregio memang menyediakan segala hal yang dibutuhkan untuk sebuah mobil Travel

Namun sayang, kehadiran model pertamanya dihentikan pada tahun 2006, digantikan dengan Travello. Anehnya, pada tahun 2008, KIA lagi-lagi meluncurkan Pregio namun sudah tak lagi dirakit di Tanah Air melainkan diimpor langsung dari Malaysia. Nah, di kesempatan kali ini Cintamobil.com hendak memberikan review KIA Pregio 2008.

EKSTERIOR Kia Pregio 2008

Ketimbang adiknya yakni KIA Travello, desain eksterior KIA Pregio 2008 terlihat lebih mungil. Hal ini memang wajar, mengingat Pregio hanya menampung 8 orang saja sedangkan Travello mampu mengangkut hingga 12 orang.

Review KIA Pregio 2008: Eksterior Depan

Hal paling disukai dari wajah depannya adalah sisi kaca. Mengapa begitu? Kami menilai, kaca depannya terlihat sangat besar sehingga memudahkan pengendara dalam mendapatkan pandangan yang lebih luas ke arah depan. Adapun dua lampu utama dikemas cukup besar dengan Grille minimalis pada sisi tengahnya. Sekilas melihat, mobil ini sukses menggambarkan bahwa mobil Van juga bisa modern.

Eksterior depan KIA Pregio 2008 dilengkapi dengan Grille berukuran minimalis

Wajah depannya dikemas apik dengan dua lampu berukuran besar

Review KIA Pregio 2008: Eksterior Samping

Hal ikonik yang dimiliki Pregio adalah pintu sampingnya menggunakan model geser. Tentu hal ini memberi dua kelebihan bagi penumpang. Yang pertama adalah esensi praktis ketika memasuki kabin dan kedua adalah menunjang kesan Premium. Hal ini juga sekaligus menjadi pembeda dengan KIA Travello yang masih menggunakan model pintu konvensional.

Review KIA Pregio 2008: Eksterior Belakang

Meski mobil ini terlihat sangat tinggi namun pintu belakangnya bisa dibuka penuh ke arah atas. Hitung-hitung pintu belakang yang terangkat bisa menjadi atap penahan panas khususnya bagi Anda yang menjadikan Pregio sebagai bisnis kuliner layaknya berjualan nasi pecel atau nasi kuning.

Eksterior belakang KIA Pregio 2008 dikemas dengan pintu berukuran besar

Pintu belakangna bisa dibuka secara keseluruhan ke arah atas, memberi fungsi menarik tersendiri

>>> Lihat juga:

INTERIOR Kia Pregio 2008

Masalah ruang interior KIA Pregio 2008, tak perlu mempertanyakan bagaimana luasnya kabin ini. Meski nantinya mobil ini dipenuhi 8 orang namun ruang kaki terasa sangat lega. Inilah yang menjadikannya sangat cocok untuk kendaraan Travel.

Review KIA Pregio 2008: Dashboard

Tampilan dashboard-nya dikemas sangat sederhana dan minim fitur. Ya, hal ini sepertinya memang disengaja supaya menekan biaya produksi dari Pregio. Fitur hiburan sendiri hanya menghadirkan dua hal meliputi fitur penyejuk AC Double Blower serta panel audio standar.

Dashboard KIA Pregio 2008 didesain dengan tampilan biasa saja

Dashboard-nya dikemas dengan fitur-fitur standar

Review KIA Pregio 2008: Setir

Hal serupa juga ditemui pada lini setir, tampilannya sangat biasa saja dengan menggunakan model tiga palang. Untungnya, Anda masih mendapati panel informasi di balik kemudi setirnya. Informasi seperti sisa bahan bakar hingga tingkat kecepatan bisa Anda temui dari panel tersebut.

Review KIA Pregio 2008: Kursi

Lini kursi menjadi salah satu kelebihan pada KIA Pregio. Benar saja, daya tampungnya bisa mencapai 8 hingga 9 orang. Apalagi, setiap kursinya bisa diluruskan hingga hampir rata lantai sehingga penumpang dapat tiduran dengan santai selama perjalanan. Unsur inilah yang kerap kali dipertimbangkan bagi pemilik usaha Travel untuk memilih KIA Pregio.

Kursi KIA Pregio 2008 mampu dilipat sehingga penumpang dapat tiduran selama perjalanan

Kursinya dapat menampung hingga 9 orang sekaligus

>>> Informasi Tak Kalah Menarik:

FITUR Kia Pregio 2008

Ada beberapa fitur KIA Pregio 2008 yang terbilang menarik. Salah satunya adalah kemudi setir yang sudah didukung Power Steering. Ya maklum saja, mengingat di medio tahun 2008 fitur Power Steering masih hanya dihadirkan di beberapa mobil saja. Dengan adanya fitur tersebut, Pregio yang berbodi besar setidaknya dapat melakukan manuver dengan mudah.

Di sisi lain, mobil satu ini juga dibekali fitur AC Double Blower yang dapat memberi kesejukan hingga ke deret bangku belakang. Meski kesejukan tidak bisa merata sepenuhnya, namun fitur ini sudah terbilang istimewa untuk menunjang kenyamanan penumpang.

Fitur keselamatan KIA Pregio 2008 tidak begitu lengkap dibanding kompetitornya

Tersedia juga berbagai fitur standar yang dikemas dengan model tombol sentuh

Hal lain yang ingin kami ulas adalah panel audio-nya. Memang tidak semewah mobil-mobil masa kini, mengingat panel audio hanya mampu memutar CD hingga radio. Teknologi Bluetooth hingga USB tidak ada pada Pregio. Namun hal menariknya adalah kursinya yang bisa dibuat dalam mode tidur.

Fitur KIA Pregio 2008 terbilang istimewa dengan mode kursi tiduran yang semakin menyamankan penumpang

Fitur menarik dari kursi KIA Pregio 2008

>>> Jangan lupa untuk membandingkan dengan mobil Van menarik lainnya

OPERASI Kia Pregio 2008

Sisi yang paling kami sukai adalah operasi mesin KIA Pregio 2008. Dalam hal ini, KIA menyadari bahwa mobil ini memang diperuntukkan sebagai mobil Travel. Tak heran, mobil Van ini dibekali mesin diesel berkapasitas 2.665 cc. Lintasan perkotaan hingga area perbukitan bisa dilalui dengan mudah. Travel yang memang bergelut dalam dunia wisata baik pantai hingga pegunungan, menjadikan Pregio sebagai rekomendasi terbaik dari kami.

Mesin KIA Pregio 2008 mampu memberikan daya hingga 80 PS

Mesinnya menggunakan tenaga diesel dengan kapasitas 2.665 cc

Tambahan saja, mesinnya mampu menyuguhkan daya hingga 80 PS setara 4.000 Rpm dengan torsi puncak sebesar 2.400 Rpm. Nantinya, tenaga dari mesin akan disalurkan ke roda menggunakan transmisi 5 percepatan manual.

>>> Simak juga segala mobil besutan KIA yang siap untuk Anda jadikan pilihan

spesifikasi Kia Pregio 2008

Untuk lengkapnya, Anda bisa melihat tabel spesifikasi KIA Pregio 2008 di bawah ini.

SPESIFIKASI KIA PREGIO 2008

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.900 mm x 1.810 mm x 1.970 mm

Wheelbase

2.580 mm

Jarak Pijak Depan

1.550 mm

Jarak Pijak Belakang

1.540 mm

Ground Clearance

180 mm

MESIN

Tipe Mesin

Diesel J2

Kapasitas Silinder

2.665 cc

Daya Maksimum

80 PS / 4.000 Rpm

Torsi Maksimum

16,8 Kg.m / 2.400 Rpm

HANDLING

Suspensi Depan

Double Wishbone dengan Stabilizer

Suspensi Belakang

5-Link Coil Spring dengan Stabilizer

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Dual Servo Drum dengan Automatic Adjustment

Ukuran Ban

Radial 205/75 R14 Steel Wheel dengan Full Wheel Cap

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Diesel

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

85 Liter

kelebihan & kekurangan Kia Pregio 2008

Tak menutup kemungkinan, mobil satu ini juga memiliki beberapa kekurangan. Dari pengalaman Cintamobil.com, terdapat kelebihan dan kekurangan KIA Pregio 2008 yang harus Anda pertimbangkan.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Daya angkut besar mulai 8 hingga 9 orang

Sparepart cukup sulit dicari dibanding kompetitornya

Semua kursi bisa diatur hingga hampir rata lantai sehingga penumpang dapat tiduran dengan nyaman

Fitur hiburan dan keselamatan biasa-biasa saja

Performa mesin diesel dipadu transmisi manual, membuatnya sangat tangguh sebagai mobil Travel di berbagai tempat wisata

Biaya perawatan memakan sedikit biaya

daftar harga Kia Pregio 2008

Mobil satu ini tak lagi dijual dalam kondisi baru melainkan hanya bisa didapat dalam kondisi bekas. Jika ditilik dari segi harga, tentu mobil bekas menjadi salah satu hal menggiurkan. Berikut daftar harga KIA Pregio 2008.

TIPE MOBIL

HARGA KIA PREGIO BEKAS

KIA Pregio M/T

IDR. 40 jutaan hingga IDR. 110 jutaan

 

*Catatan:

  • Harga bekas di atas bervariasi sesuai kondisi mobil, tahun, jarak tempuh dan pertimbangan lainnya dari penjual

>>> Klik di sini untuk melihat harga lengkap dari KIA Pregio yang dijual di Indonesia

Video Kia Pregio 2008

KESIMPULAN Kia Pregio 2008

KIA Pregio adalah sosok mobil Van yang dirancang khusus sebagai mobil Travel. Daya angkut hingga 9 orang dipadu fitur selonjoran, menjadi salah satu keistimewaan bagi mobil ini. Belum lagi, performa mesin diesel-nya cukup mumpuni untuk mengarungi medan tanjakan, perkotaan serta irit bahan bakar. Namun apa boleh dikata, KIA tidak setenar pabrikan otomotif Jepang lainnya di Indonesia. Sehingga, kesusahan mencari Sparepart adalah salah satu kendala bagi mereka yang memiliki mobil ini.

>>> Ikuti terus ulasan menarik dan lengkap dari mobil yang dijual di Indonesia hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil