Review KIA Picanto 2017, Spesifikasi dan Harga Lengkap

28/09/2017
editor rate: 4,3 user rate: 4,5
Kia Picanto adalah sebuah produk dari negara Ginseng yang pertama kali masuk ke pasar otomotif Indonesia pada tahun 2007. Dengan tampilan manis dan harga kompetitif, Kia Picanto sudah berhasil meluluhkan hati konsumen. Kali ini Kia Picanto kembali ke pasar otomotif Indonesia. Ada apa yang baru dari generasi ini dengan generasi dulu? Silahkan membaca tulisan review Kia Picanto 2017 di bawah ini.

PENGANTAR Kia Picanto 2017

Mobil Kia Picanto 2017 berwarna merah dalam pameran memperkenalkan mobil baru di Jakarta Indonesia

City car Kia Picanto 2017

KIA Picanto merupakan sebuah mobli yang diproduksi oleh KIA untuk segmen pasar city car. Pertama kalidiluncurkan pada tahun 2005, sekarang KIA sudah mencapai generai keiganya dengan berbagai fitur dan kelengkapan yang sangat mumpuni untuk digunakan sehari-hari.

Mobil ini sendiri bisa dibilang merupakan mobil buatan KIA yang diminati oleh banyak kalangan di Indonesia untuk pilihan City Car. Selain bentuknya yang mungil dan cocok digunakan dalam keadaan macet di perkotaan, mobil ini juga memiliki fitur yang cukup baik untuk dipilih sebagai kendaraan harian.  Apa saja fitur yang ditawarkan oleh KIA Picanto ini? Berikut adalah pembahasan review Kia Picanto 2017.

EKSTERIOR Kia Picanto 2017

Mobil Kia Picanto 2017 berwarna hijau sedang parkir di depan warung makan

Tampilan luar Kia Picanto 2017

Karena di pasarkan untuk segmen city car , bentuk KIA Picanto ini memang didesain dengan sangat compat, mungil dan sederhana. Di bagian depan kita bisa melihat nose grill bertipe tiger nose yang menjadi pakemnya KIA dengan bumper yang cukup lebar.

Bentuk dimensi dari KIA Picanto ini memang sangat sesuai untuk sebuah model city car yang tidak memakan banyak tempat dan dapat bergerak lincah dalam kondisi macet. Penampilan terbaru dari KIA Picanto ini sendiri memang bisa dibilang tidak seperti tampilan sebelumnya yang lebih sporty dan aerodinamis dengan lekukan body yang halus.

Body mobil ini sekarang nampak lebih tangguh dan futuristik dengan sudut yang tegas. Walaupun begitu, desain sporty dari mobil ini sendiri tidak benar-benar hilang. Lekukan tegas di bagian samping seolah-olah ingin menunjukkan ketangguhan dari KIA Picanto melaju di jalanan.

Di bagian lampu terdapat headlamp yang cukup stylish dengan fog lamp di bagian bumper bawah. Untuk body bagian belakangnya dibentuk dengan lebih boxy dengan rear wiper di bagian belakangnya. Di bagian belakang dilengkapi dengan stylish tailamp dan juga dengan reflector di bagian bumper belakang.

mobil Kia Picanto 2017 berwarna orange dilihat dari bagian samping sedang parkir di dekat gedung yang besar

Bagian samping Kia Picanto 2017

Dari segi eksterior KIA Picanto 2017 ini sudah cukup memenuhi kriteria sebuah city car yang elegan, stylish dan juga soprty. Sehingga cocok untuk digunakan dalam berbagai situasi di jalanan perkotaan.

Untuk pilihan warnanya sendiri, mobil ini memiliki tujuh pilihan warna yang bisa kita pilih. Ada warna Alice Blue, Clear White, Green, Milky Beige, Signal Red, Silky Silver dan Bright silver. Tentunya dengan pilihan warna yang banyak tersebut, Anda bisa memilih kira-kira mana yang sesuai dengan selera Anda. 

>>> Berapa harga Kia Picanto 2017 ketika masuk pasar Indonesia? Klik sini untuk dapat harganya

INTERIOR Kia Picanto 2017

gambar bagian dalam mobil Kia Picanto 2017 dengan kursi berwarna hitam

Desain interior Kia Picanto 

Di bagian interior KIA Picanto 2017 menawarkan sebuah desain yang sangat sederhana dengan fitur yang sangat compact. Jika berharap akan menemukan sebuah fitur dari interior yang mewah dengan tingkat kenyamanan yang sangat tinggi, maka kita tidak akan mendapatkannya dalam mobil ini.

Tetapi yang patut kita acungi jempol adalah kualitas bahan baku dari fabric yang digunakan serta kualitas pengerjaan yang cukup rapih, sehingga mampu mengimbangi kekurangan tersebut.

Untuk ruang cabin sendiri memang mobil ini tidak bisa dibilang sangat luas dan memberikan keleluasaan bagi penumpang di bagian belakang. Mobil ini sendiri didesain untuk kapasitas lima orang penumpang.

Tetapi, mengingat mobil ini memang sebuah city car, sebaiknya tidak melakukan perjalanan panjang dengan kapasitas penumpang penuh karena bisa menimbulkan rasa tidak nayaman untuk penumpang di bagian belakang. Bila membutuhkan ruang yang lebih luas untuk mebawa barang, bagian kursi belakang bisa dilipat untuk membuka ruang yang lebih lega.

gambar bagian dashboard mobil Kia Picanto 2017 dengan headunit dan beberapa fitur hiburan

Bagian dashboard 

Di bagian dashboard terdapat speedometer dan tacometer yang memiliki desain yang lebih modern dibandingkan dengan versi sebelumnya. Untuk bagian head unit sudah support dengan USB, CD dan juga AUX, tetapi belum support dengan layar digital dan pengoperasian masih manual.

Di bagian steeringnya sendiri menggunakan gaya seperti tiger nose yang memberikan kenyamanan handling yang cukup baik. Walaupun belum memiliki sistem tilt dan juga telescopic.

Untuk bagian pintu sudah dilengkapi dengan cup holder dan juga side pocket untuk bagian penumpang depan serta pengaturan dengan menggunakan power window. Tetapi sayangnya, di bagian penumpang belakang tidak ada side pocket dan juga power window. Serta semua bahan yang digunakan untuk body bagian dalam menggunakan plastik sehingga terlihat agak ringkih dan tidak kuat.

>>> Baca juga: Spesifikasi Kia Morning 2017: City Car Sporty Dengan Harga Yang Cukup Kompetitif

FITUR Kia Picanto 2017

gambar lingkar kemudi mobil Kia Picanto 2017 ditutupi dengan kulit berwarna hitam

Fitur Kia Picanto 2017

Untuk fitur dari KIA Picanto 2017 ini sendiri memang tidak bisa dibilang memilki fitur yang sangat mewah. Tetapi sudah cukup memenuhi fitur standar dari sebuah city car dari segi keamanan dan juga kenyamanan.

Dari segi keamanan, mobil ini sudah dibekali dengan safety air bag untuk bagian penumpang dan juga pengemudi. Selain itu setiap penumpang juga dilengkapi dengan seat belt yang sudah didesain dengan sangat rapih di setiap sisinya.

Di bagian suspensi depan menggunakan McPherson Strut dengan Stabilizer & Dual Tube Gas Shock Absorber. Sedangkan di bagian belakang menggunakan Torsion Beam dengan  Gas Shock Absorber. Sistem pengereman menggunakan rem cakram dengan menggunakan sistem pengereman ECS untuk pengereman yang lebih presisi.

Selain itu mobil ini sudah memililki berbagai sensor canggih yang cukup membantu pengemudi untuk berkendara lebih aman seperti sensor parkir dan juga crash sensor. Bagian depan dan samping juga sudah dilengkapi dengan pelindung benturan untuk mengurangi efek benturan jika terjadi kecelakaan.

Sistem keamanan child lock juga sudah terpasang untuk memberikan keamanan bagi pengendara yang membawa anak kecil agar tidak bisa membuka pintu bagian belakang saat mobil melaju.

Secara keseluruhan mobil ini memiliki fitur-fitur standar yang sudah dimiliki oleh city car lainnya. Tetapi fitur tersebut hanya tersedia untuk jenis mobil KIA Picanto dengan harga tertentu.

OPERASI Kia Picanto 2017

gambar mesin mobil Kia Picanto 2017 yaitu mesin Kappa 1.2 MPI Engine

Operasi Kia Picanto 2017

Di bagian daya pacu, mobil ini menggunakan mesin Kappa 1.2 MPI Engine : Dual CVVT DOHC berkapasitas 2 liter. Kapasitas silindernya sendiri sebesar 1.200 CC dengan tenaga maksimal 87 Ps, torsi maksimal mencapai 12.3 Kgm pada putaran mesin 4.000 RPM.

Dengan menggunakan spesifikasi mesin tersebut, tentunya KIA Picanto ini cukup mumpuni untuk melaju lebut dan nyaman di jalanan perkotaan. Kecepatan sendiri mobil ini bisa dibilang sangat mumpuni dan mampu berakselerasi dengan cukup cepat. Untuk mencapai kecepatan 0-100 km per jam hanya membutuhkan waktu 11 detik saja!

Untuk konsumsi BBM dari mobil ini bisa dibilang cukup irit. Dengan klaim perbandingan 1: 19, tentunya konsumsi BBM dari mobil ini bisa dibilang sangat efisien karena sudah dilengkapi dengan sistem eco friendly yang saat ini sudah dimiliki oleh seluruh mobil pabrikan KIA.

KIA Picanto sendiri memiliki dua pilihan transmisi yaitu manual dan juga matic. Untuk manual memiliki 5 percepatan sedang pilihan matic memiliki 4 percepatan dengan perbedaan harga sekitar 10 jutaan untuk kedua varian tersebut.

KESIMPULAN Kia Picanto 2017

Mobil Kia Picanto 2017 berwarna biru dilihat dari belakang sedang di jalan testdrive mobil

Kia Picanto 2017: Mobil City Car yang cukup mumpuni di kelasnya 

Secara keseluruhan, KIA Picanto merupakan salah satu mobli city car yang cukup mumpuni di kelasnya. Dengan berbagai macam fitur standar yang dimilikinya, mobil ini bisa mejadi pilihan Anda dalam berkendara di jalan raya perkotaan yang macet. Harga KIA Picanto 2017  ini sendiri sangat terjangkau dan berada di harga 150 jutaan untuk harga termurah. Walaupun mobil ini memiliki harga yang terjangkau, tetapi mobil ini sendiri tidak masuk ke dalam kategori mobil LCGC karena pembuatannya sendiri langsung dilakukan di Korea. Dari segi tenaga sebuah city car, mobil ini tidak terlalu mengecewakan dan dapat memberikan kepuasan sendiri bagi penggunanya. Sayangnya, mobil ini memiliki harga jual kembali yang sangat rendah sehingga bila Anda memilih mobil ini, pastikan Anda akan menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. 

>>> Klik sini untuk lanjut membaca tulisan review mobil lainnya

 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil