Review KIA HabaNiro Concept 2019: Mobil Masa Depan Serba Bisa

01/05/2019
editor rate: 4,7 user rate: 4,0
Dalam rangka menyambut dunia otomotif di masa depan, tampak jelas bahwa berbagai industri otomotif mulai menyiapkan mobil-mobil masa depan. Salah satunya adalah KIA yang baru-baru ini memamerkan kecanggihan dari HabaNiro di ajang New York International Auto Show 2019. Selain memiliki desain serba futuristik, nyatanya mobil ini juga menghadirkan beragam teknologi inovatif. Apa saja? Mari kita simak review KIA HabaNiro Concept 2019.

PENGANTAR Kia HabaNiro 2020

Review KIA HabaNiro Concept 2019 - KIA Motors America (KMA) memperlihatkan posisinya akan menghadapi mobil masa depan dengan hadirkan HabaNiro. Mobil konsep satu ini dikemas dalam jantung pacu serba elektrik alias Full Electric Vehicle. Selama pengoperasiannya, mobil ini tak lagi menggunakan bahan bakar konvensional baik listrik atau diesel, namun bergantung pada energi listrik.

“Kita ingin mobil konsep ini tampil nyaman ketika menjelajah perkotaan, area pantai hingga medan Off-Road di area pedesaan”, kata Tom Kearns selaku Vice President of Design KIA. Rencananya, memang KIA HabaNiro akan mampu menaklukkan medan berat lewat penerapan All-Wheel Drive (AWD).

KIA HabaNiro Concept 2019 New York berhasil memecahkan suasana dan dihampiri oleh banyak pengunjung

Inilah sosok KIA HabaNiro Concept yang diperkenalkan di ajang New York International Auto Show 2019

Bagi tim Cintamobil.com yang sering kali mengamati mobil masa depan, konsep seperti ini masih terbilang baru. Pasalnya, banyak perusahaan otomotif masih bergelut tentang mobil listrik perkotaan saja, hanya sedikit yang merambah medan Off-Road. KIA HabaNiro nyatanya menjawab hal tersebut. Untuk informasi lebih lengkapnya, mari kita kupas bersama dalam review KIA HabaNiro Concept 2019.

EKSTERIOR Kia HabaNiro 2020

Nuansa futuristik pada eksterior KIA HabaNiro Concept 2019, benar-benar terlihat maskulin namun juga futuristik di sisi yang lain. Nuansa masa depan benar-benar terasa kental, mulai dari pengunaan warna putih di beberapa sisi hingga lekuk desain ‘tak umum’.

Review KIA HabaNiro Concept 2019: Eksterior Depan

Wajah depannya menerapkan mimik mirip ikan hiu, tajam namun juga cembung di satu sisi. Racikan tersebut juga lengkap dengan bemper depan yang menyerupai gigi ikan hiu di kedua ujungnya. Hal ini nyatanya sukses menyampaikan karakter HabaNiro yang tegas sekaligus kokoh.

Eksterior Depan KIA HabaNiro Concept 2019 dikemas dengan maskulin serta futuristik

Bisa diamati bersama bahwa wajah depannya memiliki mimik mirip ikan hiu

Di sisi lain, penggunaan lampu LED Daytime Running Lights (DRL) yang bisa berpendar secara berkala, memberi pesan bahwa mobil ini sedang bernafas, seakan bukan benda mati tapi hidup. Hal inilah yang nyatanya kami sukai dari KIA, sesuatu yang baru dalam dunia desain eksterior mobil.

Review KIA HabaNiro Concept 2019: Eksterior Samping

Karakter petualang juga bisa diamati dari bodi sampingnya, Ground Clearance tinggi serta penggunaan ban berukuran 20 inci, sukses menyampaikan karakternya yang unik. Menariknya lagi, bukaan di setiap pintunya menggunakan model ‘Butterfly Doors’ yang terbuka ke arah atas. Seakan menyampaikan kepada para konsumennya, “Inilah model kendaraan yang akan Anda nikmati di masa depan.’

Pintu KIA HabaNiro Concept 2019 menerapkan model Butterfly yang dibuka ke arah atas

Inilah yang dimaksud dengan model Butterfly Door, terbuka ke arah atas dengan dua sisi pintu berseberangan

Review KIA HabaNiro Concept 2019: Eksterior Belakang

Bodi belakangnya sendiri terlihat menggembung, memperkuat karakter maskulin dari keseluruhan bodinya. Lekuk desain tersebut juga sejalan dengan bemper belakangnya yang cenderung meninggi. Hal spesial lainnya juga terletak pada sisi lampu yang dikemas mengikuti alur C-Pillar, dibalut warna Red Lava.

Eksterior Belakang KIA HabaNiro Concept 2019 menggunakan lampu berdesain unik

Sektor buritan dikemas dengan aroma yang maskulin

>>> Baca juga:

INTERIOR Kia HabaNiro 2020

Nah, khusus pada ruang interior KIA HabaNiro Concept 2019, pengendara akan disuguhkan ruangan futuristik serba merah, Red Lava. Belum lagi, bukaan pintu bergaya ‘Butterfly Doors’ memberi kesan istimewa bagi mereka yang memasuki mobil ini.

Review KIA HabaNiro Concept 2019: Dashboard dan Setir

Tak ditemui tombol-tombol rumit di dalamnya, semua hal dikemas sangat ringkas. Bahkan panel Head Unit nyaris tidak ditemukan. Lantas dimana letaknya? Tepat pada kaca depannya yang nantinya dioperasikan menggunakan Touchpad.

Mungkin ada sebagian dari Anda yang berkerut dahi sambil bergumam, “Apakah tampilan Multimedia di kaca depan tidak mengganggu pandangan dan berpotensi kecelakaan?” Tenang sobat, mobil ini diklaim oleh KIA menggunakan setir dan laju otomatis tanpa perlu kemudi dari sang pengendara. Semua proses laju kendaraan diatur secara otonom.

Dashboard KIA HabaNiro Concept 2019 menggunakan warna merah dan putih, serta menggunakan teknologi canggih

Inilah tampilan dashboard dari KIA HabaNiro

Review KIA HabaNiro Concept 2019: Kursi

Kursinya sendiri dirancang seakan-akan terbang, sebagai bumbu dari nuansa futuristik yang diusung KIA. Balutan kursinya juga terlihat nyaman serta sudah dibekali Head Rest sebagai penyanggah kepala setiap penumpang. Menariknya lagi, kontur kursi juga dirancang untuk sesuai dengan postur tubuh pemiliknya.\

Kursi KIA HabaNiro Concept 2019 dibalut dengan warna merah dan dikemas cukup unik

Kursi pun tak luput dari nuansa futuristik, seakan mengawang dalam kabin

>>> Informasi menarik lainnya:

FITUR Kia HabaNiro 2020

Lantas teknologi apa yang akan dihadirkan pada mobil ini? Di segmen fitur KIA HabaNiro Concept 2019 ini, Cintamobil.com akan menjelaskannya secara lengkap.

Dalam beberapa tahun belakangan ini, fitur Illumination Lamp pada kendaraan nyatanya banyak memberi pengaruh signifikan pada Mood seseorang. Sama halnya dengan KIA HabaNiro yang juga menerapkan teknologi Lightning Color Effect (LEC) yang bisa dioperasikan sesuai selera dari pengendara.

Paling menarik adalah teknologi Real-time Emotion Adaptive Driving (R.E.A.D) yang bisa mendeteksi tingkat emosi dan stress dari pengendara. Nantinya teknologi tersebut akan mengatur atmosfer kabin menjadi senyaman mungkin sehingga tingkat emosi dari pengendara bisa menurun secara drastis dan berpotensi mengurangi kecelakaan.

Tersedia juga teknologi bernama Eye Tracking System (ETS) dengan 180 derajat Rearview Video Display. Teknologi akan aktif apabila pengendara mengarahkan pandangan pada sisi teratas kaca depan yang kemudian tampilan belakang dari mobil bisa diamati dalam mode video. Cukup canggih, ya sobat?

Simak cuplikan video dari akun Youtube @DPCcars mengenai KIA HabaNiro

>>> Simak juga mobil-mobil besutan KIA yang tak kalah menarik lainnya di sini

OPERASI Kia HabaNiro 2020

KIA Global mengklaim bahwa operasi mesin KIA HabaNiro Concept 2019 akan menerapkan fungsi elektrik sepenuhnya. Apalagi mobil ini bisa bergerak secara otonom tanpa membutuhkan kendali dari pengendara. Mudahnya, pengendara dapat duduk santai dan memainkan Multimedia, membiarkan sistem melajukan kendaraan secara otonom.

Operasi mesin KIA HabaNiro Concept 2019 dikabarkan akan menggunakan Full Electric

Untuk satu baterai penuh, KIA HabaNiro memiliki daya jelajah cukup jauh

KIA juga mengklaim bahwa HabaNiro memiliki mode otonom tingkat lima yang bisa berkolaborasi dengan mesin elektriknya. Dari catatan resminya, mobil ini bisa menjelajah hingga 300 Miles atau sekitar 483 Km, untuk satu daya baterai penuh. Tak perlu bensin maupun diesel, hanya membutuhkan daya dari metode Charging Electric.

KESIMPULAN Kia HabaNiro 2020

Mungkin ada sebagian orang yang meragukan mobil konsep dan percaya mobil-mobil seperti ini tidak akan diciptakan. Jika mengaca pada KIA Stinger maupun Telluride yang baru-baru ini dirilis, keduanya juga berangkat dari mobil-mobil konsep semacam ini, merealisasikan mimpi setiap orang. Sama halnya dengan KIA HabaNiro Concept 2019 yang mana kita sebaiknya melihat bahwa inilah kemajuan teknologi yang bisa dicapai manusia sejauh ini. Setidaknya, kita semua bisa melihat bahwa inilah mobil masa depan. KIA menyebutnya Everything Car alias mobil serba bisa. Lantas, apa pendapat Anda ketika melihat mobil ini?

>>> Simak juga review mobil terbaru lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil