Review KIA Big Up 2020: Pikap yang Memanjakan Pengemudi

07/05/2020

Share this post:

Kia Big Up 2020

Editor rate:

Rp. 193.200.000

Jual mobil Kia Lihat promo

Pada ajang GIICOMVEC (Gaikindo Indonesia Commercial Vehicle) 2020 lalu, PT Kreta Indo Artha 'comeback' di kelas komersial dengan mobil KIA Big Up 2020

Review KIA Big Up 2020: Pikap yang Memanjakan Pengemudi
Review KIA Big Up 2020: Pikap yang Memanjakan Pengemudi
0 Gambar

Pengantar Kia Big Up 2020

Mari kita simak spesifikasi Kia Big Up 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Kursi dilengkapi headrest

Audio terbaik di kelasnya

Panel instrumen lengkap

Kekurangan

Mesin diesel konvensional

Tidak ada kompressor AC

Jaringan servis KIA tidak sebanyak rival

Foto KIA Big Up 2020 di ajang GIICOMVEC 2020

Sanggupkah KIA Big Up meredam hegemoni Isuzu Traga dan Mitsubishi L300?

Review KIA Big Up 2020 - KIA sebenarnya sudah cukup lama bermain di segmen mobil niaga kelas ini. Mobil komersial mereka ini menjadi penantang Mitsubishi L300, Isuzu Traga dan Hyundai H-100. Namun, pergantian manajemen KIA di Tanah Air membuat PT Kreta Indo Artha harus kembali menggaungkan mobil niaga andalan mereka yakni KIA Big Up 2020. Lantas, apakah langkah ‘comeback’ KIA di Indonesia bisa sukses dengan produk mereka yang fiturnya bisa dibilang cukup memanjakan pengemudi ini? Simak ulasan ini sampai habis.

Eksterior Kia Big Up 2020

Review KIA Big Up 2020: Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan KIA Big Up 2020

Bentuk dominan membulat

Tampilan eksterior depan dari KIA Big Up 2020 ini ternyata ada sedikit ubahan bila dibandingkan dengan Big Up yang dipasarkan di Indonesia sebelum era PT Kreta Indo Artha, yakni adanya ornamen grill berwarna hitam di bagian depannya. Berbeda dengan Big Up yang dipasarkan sebelumnya yang hanya menampilkan logo oval dengan tulisan ‘KIA’ saja. Bumper depan tetap dicat tidak sewarna body agar jika terjadi insiden, reparasi yang dilakukan tidak memakan waktu lama.

Gambar menunjukkan headlamp dan grill KIA Big Up 2020

Dibanding versi sebelum facelift Big Up kini hadir dengan lubang grill di depan ini

Review KIA Big Up 2020: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan rangka kanan KIA Big Up 2020

Tangki bahan bakar berkapasitas 60 liter terletak di sisi kanan

Lanjut ke bagian samping KIA Big Up 2020 ini, tidak ada perbedaan sama sekali dengan Big Up yang dipasarkan sebelumnya. Pada bagian kanan terdapat tangki bahan bakar dan di bagian kiri terdapat kotak sekering serta aki berdaya 100 Ampere. Yang istimewa dari KIA Big UP 2020 ini adalah kaca spionnya yang terbagi menjadi 2 bilah, pada bagian atas berfungsi untuk memantau kendaraan di belakang, di bagian bawah fungsinya untuk membantu pengemudi kala parkir.

Review KIA Big Up 2020: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang KIA Big Up 2020

Konstruksi bak kokoh sayang mekanisme pengunci tak sebaik rival

Pada bagian buritan KIA Big Up 2020 ini, salah satu yang menjadi kelebihan rival dari Mitsubishi L300 alias Elsapek ini adalah lampu belakangnya yang sudah multi reflektor dengan mika bening. Mika transparan Ini memberikan keuntungan tersendiri yakni lebih terang dalam memancarkan cahaya, sehingga visibilitas pengemudi di belakang lebih baik dan mengurangi resiko ditabrak dari belakang. Selain itu, meski bak belakang Big Up terasa kokoh, sayang mekanisme penguncinya tidak sebaik rival lainnya.

>>> Baca juga:


Interior Kia Big Up 2020

Review KIA Big Up 2020: Layout Dashboard

Gambar menunjukkan dasbor KIA Big Up 2020

Hebatnya, layout dashboard driver oriented

Masuk ke dalam kabin, Anda langsung disambut dengan dashboard KIA Big Up 2020 yang driver oriented. Hal tersebut karena dashboard mobil niaga ringan ini menghadap ke pengemudi, utamanya untuk head unit dan pengaturan blower AC. Lekuk-lekuk membulat membuatnya terlihat dinamis. Amat disayangkan, karena hanya tersedia satu buah laci penyimpanan tertutup dan satu tempat penyimpanan terbuka pada dasbornya, sementara rival lainnya sudah lebih banyak tempat penyimpanan tertutup maupun terbuka nya.

Review KIA Big Up 2020: Kursi & Kompartemen

Gambar menunjukkan kompartemen kabin KIA Big Up 2020

Penempatan cup holder layaknya mobil non niaga

Inilah bagian pada KIA Big Up 2020 yang kami bilang ini sangat memanjakan pengemudi maupun keneknya. Bisa dibilang di kelasnya, hanya KIA Big Up 2020 yang menyediakan headrest yang bisa diatur ketinggiannya plus adanya sandaran tangan yang dilengkapi dua buah cup holder. Kursinya juga cukup empuk saat diduduki, meski harus diakui pada mobil pick up manapun pengaturannya tidak leluasa seperti halnya mobil penumpang.

Review KIA Big Up 2020: Setir

Gambar menunjukkan setir KIA Big Up 2020

Bentuk setir Big Up jadi yang paling oke dibanding para rivalnya

Setir pada KIA Big Up 2020 ini terasa lebih baik bila dibandingkan dengan rival terdekatnya yakni Isuzu Traga dan Mitsubishi L300. Sebab bentuknya tidak monoton dan diambil langsung dari Big Up full spec dengan ban belakang ganda yang dari sananya sudah terdapat tombol pengatur audio di setir. Selain desainnya yang manis, setir ini juga tebal sehingga lebih mantap ketika digenggam oleh tangan.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Kia Big Up 2020

Review KIA Big Up 2020: In-Car Entertaiment System

Gambar menunjukkan head unit touchscreen KIA Big Up 2020

Head unit Big Up jadi yang terbaik di kelasnya

Salah satu kelebihan utama KIA Big Up 2020 ada pada sistem audionya. Di kelasnya, hanya mobil niaga racikan Negeri Ginseng ini saja yang sudah menggunakan head unit dengan pengoprasian touchscreen. Meski harus diakui, head unit aftermarket ini terasa agak murahan dan ada lag saat digunakan. Begitupun kualitas reproduksi suara dari speaker ganda yang alakadarnya. Namun setidaknya dengan in-car entertainment system seperti ini membuat Big Up satu-satunya di kelas nya yang punya head unit layar sentuh.

Review KIA Big Up 2020: Panel Instrumen

Gambar menunjukkan panel instrumen KIA Big Up 2020

Panel instrumen kombinasi analog dan digital

Panel instrumen pada KIA Big Up 2020 ini juga terlihat cantik dan lengkap. Layout panel instrumennya merupakan kombinasi antara analog dan digital. Seperti yang terlihat di gambar, untuk speedometer, tachometer, indikator suhu hingga fuel meter ditunjukkan via jarum analog. Sementara untuk trip meter A dan B serta odometer ditunjukkan via panel digital. Makin istimewa, saat di malam hari panel instrumen ini warnanya menyala keren.

Review KIA Big Up 2020: Blower AC

Gambar menujukkan blower AC KIA Big Up 2020

Blower sudah ada jadi tinggal pasang AC saja

Jika Anda menganggap KIA Big Up 2020 ini dilengkapi dengan pendingin udara kabin, maka Anda salah. Sebab mobil niaga andalan KIA ini baru dilengkapi dengan blower (kipas) AC-nya saja tanpa evaporator dan kompresor untuk memproses udara dingin. Jadi, jika Anda berniat untuk menambah AC, Anda tinggal memasang kompresor dan evaporator saja, plus instalasi selang-selangnya. Karena blower di Big Up sudah dilengkapi pengatur arah semburan dan empat tingkat percepatan kipas.

Review KIA Big Up 2020: Konstruksi Sasis

Gambar menunjukkan konstruksi sasis KIA Big Up 2020

Sasis setebal 6,50 mm menjamin kekuatan big up menggendong beban

Sasis menjadi hal yang penting dalam sebuah mobil niaga. Tak terkecuali dengan KIA Big Up 2020 yang sudah menggunakan konstruksi sasis double kanal yang membentuk huruf ‘C’. Ketebalan pelat besi kanal C ini adalah 3,25 mm, jadi totalnya setelah dua buah pelat besi ini disambungkan dengan las menjadi 6,50 mm. Kekuatannya dalam menopang beban yang berat menjadi lebih meyakinkan dengan adanya konstruksi sasis seperti ini.

>>> Review Suzuki New Carry Luxury 2020: Enggak Perlu Pusing Modifikasi Lagi

Operasi Kia Big Up 2020

Gambar menunjukkan mesin KIA Big Up 2020

Mesin berkode J2 berteknologi sederhana

Mesin yang digunakan oleh KIA Big Up 2020 ini sama dengan pendahulunya yakni berkode J2 dengan konfigurasi 4 silinder segaris berkapasitas 2.700 cc. Mesin ini memiliki output tenaga 80 ps atau sekitar 78,5 hp pada putaran 4.000 rpm, serta torsi 165 Nm yang dicapai pada putaran mesin  2.400 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke dua roda belakang melalui transmisi manual 5-percepatan.

Gambar menunjukkan transmisi 5 percepatan KIA Big Up 2020

Tenaga dan torsi disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan

Tenaga dan torsi KIA Big Up 2020 ini tergolong kecil untuk sebuah mesin diesel berkapasitas 2.700 cc. Meski figur tersebut bukan menjadi yang terkecil bila dibandingkan dengan para rivalnya asal Jepang. Hal itu lantaran mesin ini belum dilengkapi dengan pemampat udara paksa alias turbocharger dan katupnya hanya 8 buah karena masih menganut Single Over Head Camshaft (SOHC).

Gambar menunjukkan pedal-pedal KIA Big Up 2020

Asyiknya di Big Up ini sudah terdapat foot rest

Uniknya, seperti mobil dengan mesin diesel konvensional, KIA Big Up 2020 ini juga dilengkapi dengan tuas choke yang berfungsi untuk menambah debit bahan bakar ke bospom saat mobil hendak dinyalakan ketika cuaca dingin. Sehingga mesin akan lebih mudah berputar stasioner karena campuran bahan bakar yang lebih ‘kaya’ saat udara sedang dingin.

>>> Review Tesla Cybertruck 2020: Truk Revolusioner Tesla Bergaya Cyberpunk!

Spesifikasi Kia Big Up 2020

Berikut ini adalah spesifikasi KIA Big Up 2020.

Mesin KIA Big Up 2020
 Seri mesin

 J2 Diesel Engine, Diesel, SOHC

 Pasokan Bahan Bakar

 Indirect Fuel Injection

 Jumlah Katup

 8 Katup (1 Katup Inlet dan 1 Katup Outlet Per Silinder)

 Tenaga Maksimum

 78,5 Hp (80 Ps) @ 4.000 rpm

 Torsi Maksimum

 165 Nm @ 2.400 rpm

 Kapasitas Silinder

 2,556 cc

 Bore X Stroke

 94,5 mm X 95,0 mm

 Tipe Transmisi

 Manual 5 Percepatan, Penggerak Roda Belakang

  Rangka KIA Big Up 2020
 Panjang X Lebar X Tinggi

 4.820 mm X 1.740 mm X 2.070 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2.415 mm

 Dimensi Bak (P x L x T)

 2.900 mm X 1.740 mm X 400 mm
 Berat Kotor (GVW)

 2.950 Kilogram

 Jumlah Tempat Duduk

 3 Tempat Duduk

 Kapasitas Tangki

 60 Liter

  Suspensi/Kaki-Kaki KIA Big Up 2020
 Suspensi Depan & Belakang

 Torsion Bar + Stabilizer & Multi Leaf Spring

 Sistem Kemudi

 Hydraulic Power Steering

 Rem Depan & Belakang

 Disc & Drum + LSPV

 Teknologi Sistem Pengereman

 Load Sensing Proportional Valve (LSPV)

 Teknologi Safety Sasis

 By KIA

 Struktur Sasis

 Ladder Frame, Commercial Segment

 Pelek

 Steel, 14 Inch

 Jenis Ban

 Bias, 195R14

Daftar Harga Kia Big Up 2020

Gambar menunjukkan tampilan belakang KIA Big Up 2020

Big Up ditawarkan mulai Rp 193 jutaan

KIA Big Up 2020 ini mulai dijual dengan harga Rp 193 jutaan. Tersedia berbagai macam opsi seperti jenis bak atau boks atau bahkan karoseri untuk KIA Big Up 2020 ini. Untuk lebih lengkap dan jelasnya Anda bisa hubungi dealer representatif KIA terdekat dengan lokasi Anda.

>>> Klik sini untuk lanjut simak review mobil Kia lainnya

Kesimpulan Kia Big Up 2020

Ilustrasi kesimpulan review KIA Big Up 2020

Sebaiknya beli rival lain dari mobil niaga ini, karena...

Jika Anda mencari kendaraan komersial untuk usaha Anda memang bisa melirik mobil ini, apalagi fitur-fitur yang diusung cukup memanjakan pengemudi, terlebih jika sesekali Anda mengemudikan mobil niaga ringan ini. Untuk penggunaan komersial yang dekat dengan jaringan purna jual KIA, mobil ini jelas bisa diandalkan. Namun jika tidak ada jaringan purna jual KIA yang dekat dengan lokasi domisili Anda, pilihan Isuzu Traga atau Mitsubishi L300 bisa menjadi pertimbangan lain karena telah menghadirkan jaringan layanan purna jual yang lebih luas.

>>> Simaklah review mobil lainnya dengan klik sini

Arfian Alamsyah
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

AUTO 9 MOBIL

DIY Yogyakarta

Dwi Jaya Mobil

DIY Yogyakarta

Garasi Mobil

DIY Yogyakarta

Review lain

Review Isuzu D-Max V-Cross 2020: Mesin Lebih Bertenaga dan Banyak Teknologi Baru

21/10/2019

Editor rate:

Isuzu D-Max V-Cross 2020 telah dirilis di Thailand. Disuntik peningkatan tenaga bagi mesin 3.0 liter yang diusungnya, plus kemampuan off-road yang semakin baik.

Lihat juga

Review Chevrolet Silverado 2020: Intip Yuk, Si ‘Monster’ Gagah Asal Amerika

09/10/2019

Editor rate:

Tepat pada tanggal 22 Mei 2019 lalu, Chevrolet meluncurkan sebuah mobil gagah di Amerika yang dinamai Silverado. Ketimbang versi sebelumnya, Chevrolet Silverado kini benar-benar dirancang sangat tangguh, dipenuhi teknologi Trailering dan mampu melahap berbagai medan. Yuk, kita intip si gagah asal Amerika dalam review Chevrolet Silverado 2020.

Lihat juga

Review New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019

03/07/2019

Editor rate:

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga, setelah resmi meluncur di Thailand bulan November tahun 2018 lalu, kini New Mitsubishi Triton 2019 diperkenalkan ke Indonesia. Meski belum dijual secara resmi, namun kami dari tim Cintamobil.com berkesempatan untuk mengulasnya lebih dalam, inilah ulasan kami terhadap varian termewah dari New Mitsubihi Triton 2019 yakni tipe Ultimate.

Lihat juga

Review Toyota Hilux Black Rally Edition 2019

23/01/2019

Editor rate:

Setelah beberapa waktu lalu kami mengulas mengenai Toyota Hilux Invincible 50 2018, kini saatnya kami mengulas Toyota Hilux Black Rally Edition 2019. Edisi spesial apa lagi ini?

Lihat juga

Review Mitsubishi Colt T120SS 2016

22/10/2018

Editor rate:

Di kelas kendaraan komersial Pick-Up, Mitsubishi memiliki produk legendaris yakni T120SS. Model kepercayaan masyarakat Indonesia ini sudah berkiprah sejak tahun 1970 silam. Menemani dalam berbagai lini bisnis hingga kini. Mengapa model ini masih terus mendapat posisi spesial di hati masyarakat Tanah Air? Mari lihat jawabannya dalam review Mitsubishi Colt T120SS 2016.

Lihat juga