Review KIA All New Picanto GT Line AT 2019: Menggoda Dengan Fitur Berlimpah

24/12/2019

Share this post:

Kia Picanto 2019

Editor rate:

Lihat promo

KIA All New Picanto GT Line AT 2019 merupakan varian tertinggi dari Picanto. Dengan fitur yang berlimpah, ia berusaha menggoda penikmat mobil kelas city car

Review KIA All New Picanto GT Line AT 2019: Menggoda Dengan Fitur Berlimpah
Review KIA All New Picanto GT Line AT 2019: Menggoda Dengan Fitur Berlimpah
0 Gambar

Pengantar Kia Picanto 2019

Mari kita simak spesifikasi Kia Picanto 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Tampilan eksterior menggugah

Handling baik

Fitur lengkap

Pelek sudah 15 inch

Kekurangan

Harga jual mahal

Konsumsi BBM biasa saja

Akselerasi lemah

Pelek masih 17 inch

Gambar menunjukkan emblem dari mobil Kia Picanto

KIA Picanto 2019 merupakan amunisi pertama dari PT Kreta Indo Artha untuk bertarung di pasar Tanah Air

Review KIA All New Picanto GT Line AT 2019 Yes! Akhirnya KIA back in business di Indonesia. Kali ini KIA tampak serius menyiapkan amunisi produknya untuk bertarung di kerasnya pasar mobil Tanah Air. Kali ini KIA memboyong KIA Picanto 2019 untuk meramaikan pasar mobil city car di Indonesia. PT Kreta Indo Artha memasukkan line up tertinggi dari KIA Picanto 2019 yakni KIA All New Picanto GT Line AT 2019.

Gambar menunjukkan tampak depan KIA All New Picanto GT Line AT 2019

Tampilannya kini lebih agresif dan akan menggoda calon konsumen berusia muda

Memang, jika ditilik dari harga jual yang ditawarkan, mobil KIA Picanto 2019 ini jauh meninggalkan pesaing-pesaing utamanya asal Jepang dan Korea lainnya. Namun, meski demikian harga yang tinggi tersebut seakan ditutupi oleh berlimpahnya fitur yang tersedia di mobil rakitan Negeri Ginseng ini. So, bagaimana impresi kami mengenai mobil KIA Picanto 2019 ini? Simak terus ulasan kami sampai tuntas.

Eksterior Kia Picanto 2019

Review KIA All New Picanto GT Line AT 2019: Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan KIA All New Picanto GT Line AT 2019

Tampilan depan mobil KIA Picanto 2019 kian agresif dengan permainan warna dan bumper depan yang sporty

Lihatlah, betapa cantik tampilan depan Picanto terbaru ini. Bahasa desain tiger nose khas mobil-mobil KIA seakan disempurnakan lagi oleh sang desainer utama KIA yakni Peter Schreyer. Pria asal Jerman ini menjadikan KIA Picanto 2019 ini tak hanya cantik namun juga mendapatkan sentuhan macho dengan mendesain grille depan berlabur aksen merah, dan air dam di bagian bawah bermotif sarang tawon. Khusus pada varian GT Line ini, bumper juga diberi sentuhan warna merah.

Gambar menunjukkan headlamp KIA All New Picanto GT Line AT 2019

Headlamp sudah LED demikian juga dengan foglampnya

Tidak sampai disitu, lampu depan juga jadi perhatian KIA dengan dilengkapi projector headlamp dan projector foglamp berteknologi LED (Light Emitting Diode). LED memiliki keunggulan respon nyala yang lebih cepat, hemat daya serta memiliki pancaran cahaya yang lebih terang. Kesan cantik juga terpancar dari ring rumah foglamp berkelir silver.

Review KIA All New Picanto GT Line AT 2019: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping KIA All New Picanto GT Line AT 2019

Tampilan samping mobil terlihat proporsional

Tampilan samping mobil Picanto 2019 ini seakan ingin tampil beda dengan menggunakan velg berdiameter 15 inci berbalut warna two tone. Memang rival lainnya asal Jepang juga menggunakan besar velg yang sama, namun di KIA All New Picanto GT Line AT 2019 ini terlihat lebih proporsional. Tak sampai disitu saja, khusus untuk tipe GT Line, bagian samping ini juga telah diberikan aksen warna merah pada side skirt serta window beltline dengan chrome coating.

Review KIA All New Picanto GT Line AT 2019: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang KIA All New Picanto GT Line 2019

Tampak buritan ingin terlihat cantik

Bagian buritan mobil KIA All New Picanto GT Line AT 2019 juga tak kalah menggugah bila dibandingkan dengan tampilan depannya. Tapi, berbeda dengan front facia, untuk bumper belakang didesain lebih kalem dengan penggunaan reflektor serta lampu mundur kombinasi pada masing-masing sisinya. Nyala lampu belakang KIA Picanto 2019 ini juga tampil cantik di malam hari.

Gambar menunjukkan emblem GT Line di KIA All New Picanto GT Line AT 2019

Emblem GT Line menegaskan ia adalah tipe termahal dari Picanto

Terakhir, juga tersedia emblem GT Line pada tampilan belakang KIA Picanto 2019 ini. Emblem itu menandakan bahwa ia adalah varian tertinggi dengan fitur terlengkap yang disajikan oleh city car asal Korea Selatan ini. O ya, satu lagi hal menarik yang ada di mobil ini, adalah penggunaan tombol pembuka bagasi yang sudah elektrik. Ini akan semakin memudahkan Anda membuka bagasi mobil ini.

>>> Mungkin Anda ingin membaca:


Interior Kia Picanto 2019

Review KIA All New Picanto GT Line AT 2019: Layout Dasbor

Gambar menunjukkan layout dasbor KIA All New Picanto GT Line AT 2019

Dasbornya unik dan juga berfitur lengkap

Aura modern langsung terpancar saat Anda membuka pintu mobil ini. Lekuk dashboard di mobil KIA Picanto 2019 ini begitu unik, dengan kombinasi tarikan garis tegas dengan kisi AC yang unik pada bagian samping kanan dan kiri. Memang, Anda tak akan menemukan material empuk di mobil ini, tapi rival lainnya yang sekelas juga tidak ada yang menggunakan material seperti itu. Secara umum Anda tidak akan kecewa dengan desain dan tata letak interiornya.

Review KIA All New Picanto GT Line AT 2019: Kursi

Gambar menunjukkan kursi depan KIA All New Picanto GT Line 2019

Kursi depan nyaman untuk diduduki

Duduk di kursi depan mobil ini baik sebagai pengemudi maupun penumpang depan cukup menyenangkan. Sebagai city car, kursinya cukup empuk dan dapat menyangga badan dengan baik. Apalagi ia sudah dibalut dengan material kulit berkualitas yang membuat Anda semakin bertambah nyaman. Seperti yang dapat Anda lihat di foto, joknya punya kombinasi dua warna yang berbeda dan senada dengan armrest di pintu depan.

Gambar menunjukkan legroom kursi belakang KIA All New Picanto GT Line AT 2019

Sayangnya ruang penumpang belakangnya sempit

Sayangnya, kesenangan itu tidak menular ke penumpang belakang pada mobil KIA Picanto 2019 ini. Meski joknya sama-sama menggunakan material kulit, namun ruang kaki dan kepala terasa sempit. Karena wheelbase mobil KIA All New Picanto GT Line AT 2019 ini hanya lebih pendek 5 mm dari rivalnya asal Jepang yang merajai kelas ini yakni Honda Brio RS. Untunglah headrest tetap tersedia untuk tiga penumpang di belakang.

Review KIA All New Picanto GT Line AT 2019: Setir

Gambar menunjukkan setir KIA All New Picanto GT Line AT 2019

Setir dibungkus kulit dan nyaman digenggam

Kami harus mengacungi jempol pada setir mobil ini. Terutama karena desainnya yang menarik, juga peletakkan tombolnya yang ergonomis sehingga mudah digapai oleh jari. Meski pengaturan setirnya hanya tilt saja tanpa fungsi telescopic, namun menggenggam setir ini terasa asyik karena sudah dilapis kulit. Diameternya juga terasa pas di tangan, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Detail pada setir ini juga istimewa dengan adanya jahitan sungguhan berwarna merah yang membuatnya spesial.

Review KIA All New Picanto GT Line AT 2019: Sunroof

Gambar menunjukkan sunroof KIA All New Picanto GT Line AT 2019

Kesan lapang makin diperkuat dengan penggunaan sunroof di mobil ini

Sebenarnya fitur ini tidak terlalu terpakai di Indonesia, sebab negara kita mempunyai iklim tropis. Dimana, suhu akan jadi sangat panas pada musim panas, serta di musim penghujan biasanya akan turun hujan lebat. Namun, bagi Anda yang suka gaya dan punya anak kecil pasti akan senang dengan adanya fitur ini. Sebab, sunroof di KIA Picanto 2019 ini dapat dibuka dan membuat aura kabin terasa lapang.

Gambar menunjukkan sunroof KIA All New Picanto GT Line AT 2019 sedang dibuka

Berjalan di daerah pegunungan makin asyik jika sunroof dibuka

>>> Baca juga:

Fitur Kia Picanto 2019

Review KIA All New Picanto GT Line AT 2019: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan anak kunci KIA All New Picanto GT Line AT 2019

Kunci model lipat dan belum mengusung smart entry

Meski dimensinya kecil, namun jangan Anda ragukan fitur keselamatannya. Karena ia sudah dilengkapi dengan dua buah airbag yang siap mengembang ketika terjadi tabrakan frontal di bagian depan. Keempat rem juga sudah berjenis cakram dengan tambahan ABS. Selain itu, rangka mobil city car asal Korea Selatan ini juga sudah mengadopsi Advance High Strength Steel and Press Hot Sampling, yang akan lebih memproteksi Anda ketika terjadi kecelakaan.

Review KIA All New Picanto GT Line AT 2019: Audio Support Apple Car Play & Android Auto

Gambar menunjukkan head unit support Apple Car Play & Android Auto KIA All New Picanto GT Line AT 2019

Head unit sudah support konektivitas kekinian macam Apple Car Play dan Android Auto

Ini dia yang jadi salah satu keunggulan KIA Picanto 2019 selain sunroof dibandingkan dengan rival lainnya asal Jepang. Mobil ini adalah satu-satunya di kelasnya dengan head unit yang sudah punya kemampuan untuk support Apple Car Play & Android Auto. Jadi Anda tinggal menghubungkan saja kabel ke slot yang ada, maka head unit bermodel floating 7 inci ini siap memutar fungsi-fungsi dari smartphone Anda. Canggih bukan?

Review KIA All New Picanto GT Line AT 2019: Pengaturan AC Lengkap

Gambar menunjukkan penganturan AC di KIA All New Picanto GT Line AT 2019

Tak hanya pendingin, namun KIA Picanto 2019 ini juga dilengkapi dengan heater

Meski sepele, namun pengaturan AC yang lengkap di mobil KIA All New Picanto GT Line AT 2019 ini juga patut diapresiasi. Sebab, tidak semua lawan-lawannya di kelas ini yang memiliki pengaturan AC selengkap mobil ini. Kendati belum pakai sistem digital, namun arah semburan AC lengkap, mulai dari ke badan, kaki, hingga keduanya. Bahkan, heater juga tersedia di mobil ini. Heater akan menghangatkan kabin mobil ketika cuaca sedang dingin.

Review KIA All New Picanto GT Line AT 2019: Aluminium Pedal

Gambar menunjukkan aluminium Pedal KIA All New Picanto GT Line AT 2019

Mobil serasa spesial berkat penggunaan aluminium pedal ini yang ramah di kaki

Rasa sporty dari KIA All New Picanto GT Line AT 2019 ini juga tercermin dari penggunaan aluminium pedal mobil ini. Selain membuat grip alas kaki jadi lebih baik dan berdampak pada kontrol kendaraan yang lebih natural. Anda juga seolah sedang mengemudikan mobil yang spesial dengan pedal set ini. Apalagi pemasangannya juga rapi dan menyatu dengan pedal karet asli mobil.

Review KIA All New Picanto GT Line AT 2019: Multi Information Display

Gambar menunjukkan multi Information Display KIA All New Picanto GT Line AT 2019

MID cukup lengkap untuk ukuran city car

Pada layer multi information display di KIA Picanto 2019 ini cukup banyak data yang ditampilkan, mulai dari konsumsi BBM real time, konsumsi BBM rata-rata, kecepatan rata-rata, jumlah jarak tempuh trip A & B, serta sisa jarak yang dapat ditempuh berdasarkan kalkulasi dari jumlah BBM di tangki. Yang kami suka adalah latar MID dan spidometer ini yang benar-benar hitam seakan menyiratkan aura premium pada mobil ini.

>>> Review KIA Picanto 2017, Spesifikasi dan Harga Lengkap

Operasi Kia Picanto 2019

Jantung mekanis dari KIA All New Picanto GT Line AT 2019 ini menggunakan mesin berkode Kappa terbaru dengan kapasitas silinder 1.25L bukan yang 1.2L murni. Mesin ini punya pengatur katup variabel Dual CVVT dengan 4 katup pada masing-masing silindernya. Mesin ini menyemburkan tenaga 84 ps pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 121,6 Nm pada 6.000 rpm.

Gambar menunjukkan mesin 1.2 Kappa KIA All New Picanto GT Line AT 2019

Mesin menggunakan seri Kappa terbaru yang lebih besar 50 cc dari Kappa sebelumnya

Meskipun mesin ini punya karakter overstroke, namun itu tidak cukup membantu akselerasinya saat di putaran rendah. Anda harus sabar menekan pedal gas untuk melajukan mobil ini. Hal ini lantaran transmisi otomatis 4 percepatannya masih konvensional dan belum menganut CVT. Meski menimbulkan efek sporty karena tetap terasa perpindahan gigi, namun transmisi ini belum seperti rival lainnya yang mampu menahan rpm agar terkail di torsi maksimum.

Gambar menunjukkan tuas transmisi KIA All New Picanto GT Line AT 2019

Transmisi 4 percepatannya cukup halus perpindahan giginya

Saat kami menguji sendiri KIA Picanto 2019 ini di dalam kota dengan kecepatan rata-rata berkisar 22 km/jam, mobil ini mampu mencatat konsumsi bahan bakar 15 km/liter. Kami menduga, angka konsumsi BBM dalam kota yang kurang impresif ini didapat akibat torsi maksimum mesin yang berada di putaran tinggi. Sehingga, KIA Picanto 2019 ini seakan butuh usaha ekstra untuk melaju.

Gambar menunjukkan tampilan buritan KIA All New Picanto 2019

Meski cukup irit, namun tenaga mesinnya terasa kurang sigap

Beruntunglah, lemahnya akselerasi dan konsumsi BBM itu dibayar lunas oleh pengendalian yang baik. Bobot setir terasa pas, baik saat ngebut di tol maupun jalan santai di rute dalam kota. Selain karena velg 15 inci yang membuat handlingnya memukau, ia juga terbantu dengan sistem power steering MDPS khas KIA yang mampu mendeteksi kecepatan mobil dan menyesuaikan rasio bobot setir sesuai kebutuhan.

>>> Bisa Gantikan Spion, Kia dan Hyundai Patenkan Pilar A Transparan

Spesifikasi Kia Picanto 2019

Berikut ini adalah spesifikasi KIA All New Picanto GT Line AT 2019

Mesin KIA All New Picanto GT Line AT 2019
Seri Mesin Kappa 1.25L Dual CVVT MPI, DOHC
Jumlah Silinder 4 Silinder
Jumlah Katup 16 Katup (2 inlet & 2 outlet per silinder)
Pasokan Bahan Bakar Multi Point Injection
Tenaga Maksimum 82,5 Hp (84 PS) @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum 121,6 Nm @ 6.000 rpm
Kapasitas Silinder 1,248 cc
Bore X Stroke 71,0 mm X 78,8 mm
Tipe Transmisi Otomatis 4 Percepatan, Penggerak Roda Depan
Rangka KIA All New Picanto GT Line AT 2019
Panjang X Lebar X Tinggi 3.595 mm X 1.595 mm X 1.495 mm
Wheelbase 2.400 mm
Radius Putar 4,7 Meter
Jumlah Pintu 5 Pintu
Kapasitas Penumpang 5 Penumpang
Kapasitas Tangki 35 Liter
Suspensi/Kaki-Kaki KIA All New Picanto GT Line AT 2019
Suspensi Depan & Belakang MacPherson Strut & Coupled Torsion Beam Axle
Sistem Kemudi Rack And Pinion, Motor Driven Power Steering
Rem Depan & Belakang Disc & Drum
Pengereman ABS
Teknologi Safety Sasis Advance High Strength Steel and Press Hot Stampling
Struktur Sasis Monokok
Jenis Ban Hankook Kynergy, 185/55 R15

Daftar Harga Kia Picanto 2019

Berikut daftar harga KIA Picanto 2019 terbaru yang dirilis dari Agen Pemegang Merk KIA di Indonesia yang kini dikendalikan PT Kreta Indo Artha dan berada di bawah naungan Indomobil Group. Berikut Cintamobil.com memberikan daftar harga KIA Picanto terbaru:

TIPE MOBIL

HARGA KIA PICANTO BARU (OTR)

All New Picanto EX M/T

Rp205.500.000

All New Picanto EX A/T Rp220.500.000
All New Picanto GT M/T Rp217.500.000
All New Picanto GT A/T Rp232.500.000

Kesimpulan Kia Picanto 2019

Gambar menunjukkan sebuah mobil KIA All New Picanto GT Line AT 2019

Jadi ini mobil layak beli enggak sih?

Jika Anda menginginkan sebuah city car dengan fitur berlimpah, sunroof, sistem infotainment canggih, desain yang cantik dan tampil berbeda di jalan, KIA Picanto 2019 ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Tapi jika di antara keinginan Anda tersebut, Anda masih memikirkan angka-angka harga yang harus dikeluarkan, maka kami yakin mobil ini bukan pilihan yang tepat. Dengan selisih hingga Rp 41 juta, Anda sudah bisa mendapatkan rival terkuat di kelasnya yaitu Honda Brio RS. Apalagi jika bicara soal layanan purna jual, KIA masih harus menyelesaikan pekerjaan rumahnya.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

AUTO 9 MOBIL

DI Yogyakarta

Dwi Jaya Mobil

DI Yogyakarta

Review lain

Review Honda Jazz 2020: Ganti Generasi, Semakin Ramah Lingkungan

29/10/2019

Editor rate:

Honda Jazz terus mengembangkan teknologi mesin mobil yang efisien dan ramah lingkungan, tanpa mengurangi kepraktisan dan keasyikan berkendara khas Honda. Apakah bergantinya generasi hatchback legendaris ini akan mempertahankan rumus tersebut?

Lihat juga

Review Toyota Yaris 2020: Yaris Kembali Groovy

26/10/2019

Editor rate:

Akhirnya Toyota Yaris terbaru keluar juga versi terbarunya. Bentuknya kini keren dan funky membuatnya seolah kembali ‘groovy’. Meski saat ini belum dijual, akankah mobil Toyota Yaris 2020 yang akan jadi model global ini juga akan masuk Indonesia?

Lihat juga

Review Nissan Note E-Power 2019: Senjata Pamungkas Nissan Untuk Era Mobil Hybrid & Elektrik Di Indonesia

20/09/2019

Editor rate:

Dengan teknologi hybrid yang canggih, membuat Nissan Note e-Power diramalkan akan menjadi baru di segment mobil hybrid kompak di Indonesia. Simak alasannya lewat review berikut ini

Lihat juga

Review Hyundai Grand i10 NIOS 2019: Kasta Tertinggi City Car Hyundai

30/08/2019

Editor rate:

Hyundai Motor Company sangat serius menggarap pasar mobil mereka di India. Buktinya mereka setidaknya memiliki 3 line up di kelas city car. Setelah puas membedah Hyundai Santro, kini kami akan mengulas secara lengkap dan tuntas Hyundai Grand i10 NIOS 2019 yang merupakan kasta tertinggi dari City Car Hyundai.

Lihat juga

Review Nissan Leaf 2019: Siap Jawab Tantangan Mobil Listrik Indonesia Tahun Depan

02/08/2019

Editor rate:

Nissan memastikan diri akan ikut bagian dalam pergerakan mobil elektrik di Indonesia di 2020 mendatang membawa Nissan Leaf. Seperti apa sosok mobil ini, dan mungkinkah ia dipergunakan dengan kondisi jalanan Indonesia?

Lihat juga