Review Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019

06/12/2018
editor rate: 3,6 user rate: 4,5
Nama Jeep Wrangler saat ini masih diidentikan sebagai sang ‘koboi’ tangguh yang bisa diajak ke mana saja, mau menembus menembus medan ekstrem atau sekedar berkelana di jalanan perkotaan. Memasuki generasi keempat, Jeep Wrangler berkode JL siap menggoda pasar Indonesia lewat Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019

PENGANTAR Jeep Wrangler 2019

Review Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019Di antara keluarga Jeep, nama Jeep Wrangler bisa dibilang posisinya kuat di benak para offroader sejati. Selama lebih dari 3 dekade image-nya sebagai kuda besi asal Amerika Serikat sudah cukup kuat dikarenakan tangguh saat digunakan melibas hutan, maupun tetap bisa digunakan nyaman saat berkendara di jalanan umum.

Kalau mau menarik sisi historis Jeep Wrangler, maka bisa ditarik mundur mulai dari Jeep CJ alias Civilian Jeep. Ya, perjalanan mobil tangguh ini dimulai di tahun 1945 dengan Willys-Overland CJ-2A, yang dilanjutkan oleh beberapa line-up keluarga CJ dengan CJ-7 menjadi penutup dari keluarga Civitian Jeep, sebelum akhirnya digantikan Jeep Wrangler.

Gambar banyak orang yang sedang memfoto dengan mobil Jeep Wrangler Rubicon 4-Door

Peresmian Jeep Wrangler Rubicon 4-Door bersama jajaran management PT Hascar Internasional Motor

Nah kalau bicara soal Jeep Wrangler, saat ini sudah ada 4 generasi Wrangler yang sudah beraksi di medan off-road sejak tahun 1986. Generasi keempat Jeep Wrangler sendiri baru saja diluncurkan pada Desember awal 2018 di Indonesia, lewat PT Hascar Internasional Motor selaku General Distributor baru untuk brand Jeep dan grup Fiat Chrysler Automobiles di Indonesia.

Untuk pasar Indonesia, Jeep Wrangler yang kini mengusung kode bodi JL tersedia dalam tipe Sport, Sahara, dan Rubicon. Dan kami secara khusus akan membahas lebih mendalam review Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019.

EKSTERIOR Jeep Wrangler 2019

Eksterior Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019 sudah langsung tersirat kesan tangguh, layaknya seorang ‘koboi’ Amerika Serikat yang sedang berkelana di alam bebas. Bentuknya pun mengalami evolusi dari Jeep Wrangler generasi ketiga berkode bodi JK. Tapi kalau bicara soal versi 4-pintu dari Jeep Wrangler, ya Jeep Wrangler Rubicon 4-door 2019 ini merupakan suksesor dari Jeep Wrangler Rubicon 4-Door generasi ketiga yang berkode bodi JK.

Review Jeep Wrangler Rubicon 4-door 2019: Eksterior Depan

Gambar mobil Jeep Wrangler Rubicon 4-Door berwarna merah dilihat dari sisi depan

Wajah gagah Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019

Wajah depan Jeep Wrangler Rubicon 4-door 2019 sekilas terinspirasi oleh sang leluhur, Jeep CJ, yang tercermin lewat grille 7 slot dengan lekukan pada bonnet yang terkesan aerodinamis. Di sisi lain pencahayaan mobil ini sudah menggunakkan Premium LED headlamps dengan daytime running lights berbentuk melingkar, serta lampu sein LED diposisikan di area fender depan.

Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019 juga memiliki windshield yang bisa dilipat ke bawah, berkat desain empat baut baru di bagian atas rangka kaca depan, Selain itu bar header baru sekarang terhubung dengan pilar-A dan tetap di tempatnya bahkan ketika kaca depan dilipat ke bawah.

Review Jeep Wrangler Rubicon 4-door 2019: Eksterior Samping

Gambar mobil Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019 dilihat dari sisi samping

Tampak samping Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019 dengan atap hardtop

Memiliki pintu bermaterial aluminium yang bisa dilepas-pasang secara mudah, memungkinkan Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019 semakin asyik digunakan di medan alam bebas yang ekstrem sekalipun. Bentuk atap sendiri selain tersedia dalam versi hardtop 3-pieces, juga tersedia dalam versi Sunrider soft top premium.

Para desainer Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019 sudah memahami bahwa mobil ini bakal sering keluar-masuk hutan dan menaklukan medan ekstrem, sehingga pada area sektor bodi fender dibuat menggunakan aluminium ringan namun berkekuatan tinggi seperti pada area lain di bodi mobil. Di dalam ruang fender terdapat velg aluminium polished finish dengan mid-gloss black pockets berukuran 17 inci berlapis ban BF Goodrich 33 inci berkode M/T alias Mud Terrain.

Review Jeep Wrangler Rubicon 4-door 2019: Eksterior Belakang

Gambar mobil Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019 berwarna merah dilihat dari sisi belakang

Desain buritan belakang Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019

Pada area eksterior belakang Jeep Wrangler Rubicon 4-door 2019 terdapat penyegaran dari segi taillight LED yang dirancang dengan bentuk persegi tradisional, terinspirasi model lawas Jeep. Untuk bagian pintu belakang pun terdapat penyimpanan ban serep yang populer di kalangan pengguna mobil indonesia sebagai penyimpanan ban serep ‘konde’.

>>> Cek informasi menarik lainnya di sini:

INTERIOR Jeep Wrangler 2019

Memadukan unsur tangguh, fungsional, serta intuitif, area interior Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019 banyak mengambil elemen desain Jeep CJ klasik, khususnya pada area centre stack. Pada panel di dashboard menggunakan material aluminum redical anodized berpadukan aksen leather.

Ruang kabin mobil Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019

Tampilan kabin Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019

Unsur intuitif bagi pengemudi Jeep Wrangler Rubicon 4-door 2019 dimaksimalkan lewat display LED TFT berdimensi 7 inci di instrument cluster yang bisa mengatur dalam kombinasi lebih dari 100 cara, baik itu media, tekanan ban, atau speedometer digital. Untuk mengoperasikan display cerdas ini bisa melalui tombol di setir yang dibalut material leather dengan aksen jahitan yang mendetail. Oh ya, untuk pertama kalinya di keluarga Jeep Wrangler, kini proses menyalakan dan mematikan mesin bisa melalui tombol Stop Start Engine.

Gambar bagian dashboard mobil Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019

Dashboard Jeep Wrangler Rubicon 4-Door menggunakan infotainment UConnect

Semua kontrol mobil bisa dikatakan terfokus di konsol tengah, baik itu, Dual-zone Automatic Temperature, slot 12 volt, USB Ports/Media Hub, hingga tombol untuk memaksimalkan kemampuan off-road seperti tombol Tru-Lok Locker electronic locking differentials. Untuk hiburan selama perjalanan semuanya diatur melalui sistem infotainment UConnect 4C dengan layar sentuh 8.4 inci dengan kemampuan Apple CarPlay, Android Auto, dan sistem navigasi mutakhir. Untuk output suara menggunakan Alpine Premium Sound System dengan total 9 speaker dan 1 all-weather Subwoofer.

>>> Baca juga:

FITUR Jeep Wrangler 2019

Review Jeep Wrangler Rubicon 4-door 2019: Fitur Off-Road

Namanya Jeep sudah tidak perlu diragukan lagi untuk urusan berkendara di medan off-road. Mau itu sekedar bermain di medan berlumpur, naik turun medan bebatuan, sampai menyebrangi genangan air sudah menjadi playground mobil SUV asal Amerika ini.

4x4 system pada mobil Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019

Sistem penggerak Rock-Trac 4x4 system digunakan di Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019

Nah untuk mengoptimalisasi hal tersebut, dari segi teknis mobil ini pun sudah dirancang sangat tangguh dan sangat optimal untuk melewati medan off-road superior tersebut. Secara teknis, Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019 menggunakan sistem penggerak Rock-Trac 4x4 system dengan differential depan-belakang Dana 44 generasi terbaru, yang memiliki NV241 off-road transfer case dengan rasio ‘4-low’ 4.0:1 serta didukung fitur Tru-Lok Electric Locker pada gardan depan dan belakang. Jeep Wrangler Rubicon 4-door 2019 juga mengalami peningkatan travel suspensi lebih baik, dengan crawl ratio 77,2:1. Selain itu terdapat pula Trac-lok limited-slip rear differential yang bisa digunakan saat berkendara di atas medan dengan traksi mini, seperti melewati jalanan berkerikil, salju, es, dan pasir.

Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019 berwarna merah sedang off road

Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019 sudah memenuhi standar Trail Rated

Di sisi lain, mobil yang sudah memenuhi standar Trail Rated ini juga sangat fleksibel untuk bermanuver di medan off-road karena Approach angle yang mencapai 44 derajat, Brakeover angle 22,6 derajat dan Departure angle 37 derajat. Menariknya dengan ground clearance mencapai 28 cm, mobil ini bisa digunakan off-road dan melibas genangan air sedalam 70 cm. Dalam kondisi off-road lebih ekstrem dan untuk bisa meminimalisir efek guncangan pada bodi mobil bisa menggunakan fitur electronic sway bar disconnect.

Untuk melindungi area bawah mobil seperti fuel tank, transfer case, dan automatic transmission oil pan, Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019 menggunakan skid plate yang tebal. Suspensi pun sudah menggunakan Performance Suspension dengan High pressure monotube shocks & tunable valves.

Review Jeep Wrangler Rubicon 4-door 2019: Fitur Keselamatan

Fitur  Airbag pada mobil Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019

Sistem keselamatan mutakhir Jeep Wrangler Rubicon 4-Door

Agar keselamatan berkendara semakin terjamin, Jeep banyak menyematkan teknologi keselamatan mutakhir nan canggih. Sebut saja fitur seperti ABS, EBD, Park View Rear Camera, Electronic Roll Mitigation (ERM), Electronic Stability Control (ESC), Hill Start Assist, dan masih banyak lagi. Di dalam mobil selain terdapat fitur seat belt di semua jok dan airbag 4 buah, Jeep juga menggunakan pelindung berupa roll bar kabin yang di-las ke lantai dan dibalut aksen sewarna body.

>>> Mencari Jeep Bekas? Tips Membeli Jeep Wrangler JK Bekas Terlengkap

OPERASI Jeep Wrangler 2019

Agak sedikit mengejutkan saat melihat fakta bahwa mobil tangguh seperti Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019 menggunakan mesin berukuran mungil, yakni mesin 2.0 liter 4-silinder turbocharger dengan eTorque mild hybrid technology dan transmisi otomatis 8 percepatan. Meski bermesin kecil, namun secara performa cukup positif karena bertenaga 270 dk dan torsi puncak 400 Nm.

Gambar bagian Mesin mobil Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019

Jantung pacu Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019

Sistem eTorque sendiri menggabungkan beberapa fungsi penting, seperti auto stop/start, electric power assist, extended fuel shut-off, transmission shift management, intelligent battery charging, dan regenerative braking. Kombinasi fitur ini mengakibatkan efisiensi mesin membaik, serta performa dan kenyamanan berkendara saat kondisi start/stop menjadi lebih baik.

Di sisi lain mesin Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019 sudah menggunakan low-inertia twin-scroll turbocharger dengan wastegate digerakkan secara elektronik. Selain itu turbo juga dipasang tepat di cylinder head untuk meningkatkan durabilitas. Sirkuit pendinginan khusus pun diberikan demi menurunkan temperatur air intake,  throttle body dan turbocharger. Mesin ini juga menggunakan Double Over Head Camshafts (DOHC), dual independent camshaft timing dan Cooled Exhaust Gas Recirculation (C-EGR) system. Kombinasi semua teknologi mesin ini memungkinkan efisiensi mesin yang optimal, sekaligus performa mesin yang lebih impresif.

>>> Memahami Cara Kerja Common Rail di Mesin Diesel

spesifikasi Jeep Wrangler 2019

Berikut ini Cintamobil.com sampaikan informasi spesifikasi Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019 dalam tabel berikut ini.

Spesifikasi Mesin Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019

Tipe Mesin

2.0-Liter Turbo inline-4

Isi Silinder

1.995 cc

Tenaga Maksimum

270 dk @ 5250 rpm

Torsi Maksimum

400 Nm @ 3000 rpm

Transmisi

8-percepatan  Automatic

Spesifikasi Bodi Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019

P x L x T

4.785 x 1.875 x 1868.4 mm

Wheelbase

3.008 mm

Track (Depan&Belakang)

1.598 mm

Ground Clearance

28 cm

Approach Angle

43,9 derajat

Breakover Angle

22,6 derajat

Departure Angle

37 derajat

Berat Kosong

2.034 kg

Spesifikasi Kaki-kaki Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019

Rem Depan / Belakang

Disc/ Disc

Velg / Ban

17" Aluminium Polished Wheels with Mid-Gloss Black pockets/ 33” BF Goodrich Off-road Tires M/T (Mud Terrain)

Suspensi

Performance Suspension System w/ high pressure Monotube Shocks & Tunable Valve

Transfer Case

4:1 Rock-Trac HD Full Time 4x4 System

Front Axle

Dana 44 w/ Differential Type Tru-Lok Electronic locking & ratio 4.10

Rear Axle

Dana 44 w/ Differential Type Trac-Lok anti-spin & ratio 4.10

Anti-roll/Stabilizer Bar

High Pressure Gas charged Monotube shock absorber w/ MTV Technology & hydraulic rebound stop

Shock Type

High Pressure Gas charged Monotube shock absorber w/ MTV Technology Stabilizer Bar & Electronic Sway-bar Disconnect System.

kelebihan & kekurangan Jeep Wrangler 2019

Kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangan Jeep Wrangler Rubicon 2019 menurut Cintamobil.com

Kelebihan

Kekurangan

Tubuhnya maskulin dan tangguh diajak off-road kemanapun

Agak kurang fleksibel jika digunakan di dalam kota karena badannya yang tergolong bongsor

Mesin baru dengan torsi lebih kuat dan kapabel untuk digunakan di medan off-road

Sensasi mesin V6 khas Jeep Wrangler lawas absen untuk pasar Indonesia saat ini.

Mobil yang pas untuk meningkatkan gengsi sekaligus memuaskan hasrat bertualang bagi para penikmat adrenalin sejati

Harganya tergolong mahal, masih ada Jeep Wrangler Sport yang lebih value for money

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak kelebihan dan kekurangan mobil Jeep lainnya

daftar harga Jeep Wrangler 2019

Untuk Anda yang sangat penasaran berapa harga Jeep Wrangler Rubicon 4-door 2019 yang dijual resmi di Indonesia? Berikut ini adalah informasi harga yang dikeluarkan PT Hascar Internasional Motor selaku General Distributor Jeep.

Varian

Harga (off the road, wilayah Jakarta)

The All New Jeep Wrangler Rubicon 4-door

Rp 1,599 miliar

>>> Simaklah harga dan promo mobil lainnya di sini

Video Jeep Wrangler 2019

KESIMPULAN Jeep Wrangler 2019

Dalam perjalanan dari generasi ke generasi Jeep selalu membawa perubahan dan inovasi yang menyesuaikan dengan tuntutan penikmat Jeep pada masa tersebut. Lewat Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019, Jeep menawarkan perpadukan memikat antara kemampuan off-road lebih baik, performa mesin impresif dan efisien, serta tampilan yang lebih maskulin untuk sebuah mobil SUV asal Amerika Serikat.

Semua varian dan warna dari Family Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019

Keluarga Jeep Wrangler Rubicon saat ini

Bagi para Jeep enthusiast, kehadiran generasi keempat Jeep Wrangler berkode JL jelas menjadi pengobat rindu paling mujarab. Sang ‘koboi’ berlencana Ohio ini sudah bisa dipastikan akan menjadi penghuni terbaru di garasi rumah, atau menjadi partner yang paling sering digunakan saat berkelana menembus hutan belantara maupun melewati medan off-road ekstrem demi mencapai tujuan yang diinginkan.

Namun bagaimana jika Anda adalah pengguna mobil yang sebelumnya tidak pernah menggunakan Jeep? Hmm, bisa jadi pilihan Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019 bukan salah satu opsi yang memikat, mengingat harganya yang dalam kondisi off-the-road berada di angka Rp1,599 miliar. Pasalnya masih banyak beberapa SUV produksi pabrikan mobil Eropa dengan harga yang setara, namun menawarkan kenyamanan lebih baik atau teknologi lebih mutakhir.

Jika hati Anda tidak bisa berpaling dari Jeep Wrangler, namun dana terbatas, tersedia opsi versi ‘paket hemat’ yakni Jeep Wrangler Sport atau Jeep Wrangler Sahara yang lebih value for money. Tapi jika value for money bukanlah parameter penting, lebih baik lupakan saja dua versi tersebut, dan langsung saja membeli Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019 ini sekarang juga.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

  • Review Jeep Wrangler JK 2007

    Jeep Wrangler JK adalah salah satu produk legendaris yang diperkenalkan sejak tahun 2006 lalu. Bahkan bisa dibilang, JK ...

    SUV User rate: 4,5 Editor rate: 4,1
  • Review Jeep Wrangler JL 4 Door 2019

    Bagi pecinta off road sejati, Jeep menjadi salah satu kendaraan paling berkesan dan tidak bisa hilang karena ketangguhannya ...

    SUV User rate: 4,5 Editor rate: 4,5
  • Review Jeep Gladiator 2020

    Mobil Off-Road paling tangguh, Jeep Gladiator, akhirnya dirilis di acara LA Auto Show 2018. Jujur, kehadirannya sangat kami ...

    Truck User rate: 4,0 Editor rate: 4,7

Cari review mobil