Review Jaguar X-Type 2002, Masih Sebagai Barometer Strata Ekonomi Si Empunya

14/07/2018

Share this post:

Jaguar X Type 2002

Editor rate:

Lihat promo

Jaguar, pabrikan mobil yang selalu membuat hati setiap orang berdebar ketika mendengar atau menyebutnya. Gaya khas dengan logo hewan Jaguar melompat sangat di sudut moncong mobil begitu berkesan. Jaguar menghadirkan X-Type di tahun 2000an untuk menyasar para eksekutif muda yang menginginkan mobil agresif namun tetap dalam balutan elegan khas pabrikan asal Britania Raya.

Review Jaguar X-Type 2002, Masih Sebagai Barometer Strata Ekonomi Si Empunya
Review Jaguar X-Type 2002, Masih Sebagai Barometer Strata Ekonomi Si Empunya
0 Gambar

Pengantar Jaguar X Type 2002

Mari kita simak spesifikasi Jaguar X Type 2002 di bawah ini.

Kelebihan

Brand mewah khas mobil Inggris

Desain eksterior tidak lekang oleh waktu

Mesin bertenaga

Safety terbaik

Kabin sangat nyaman

Kekurangan

Biaya perawatan mahal

Pencarian onderdil tidak terlalu mudah

Bensin minimal RON 95

Secara global, Jaguar X-Type pertama kali diperkenalkan pada oktober tahun 2001. X-Type adalah mobil kompak eksklusif pertama Jaguar sejak kehadiran Mark 1 di tahun 1995 silam. X-Type ditahun ini merupakan karya terakhir dari pimpinan Jaguar Land Rover yaitu Geoff Lawson dan Wayne Burgess. Pada tahun 2002 X-Type hadir dengan varian all-wheel drive dengan mesin 2.500 cc atau 3.000 cc V6. Di tahun yang sama, Jaguar juga menambah varian 2.100 cc V6 dengan front-wheel drive sebagai varian entry level. Dari ketiga mesin tersebut dipadu dengan dua pilihan transmisi, ada varian 5-speed dan manual 5-speed. Hanya ada dua varian mesin yang ditawarkan ketika masuk di tanah air, yaitu mesin 2.500 cc V6 dan 3.000 cc V6 yang menjadi ujung tombak kekuatan Jaguar X-Type di Indonesia. Kali ini kami akan review Jaguar X-Type 2002, simak ulasan Cintamobil.com berikut.

Eksterior Jaguar X Type 2002

  • Review Jaguar X-Type 2002: Eksterior depan

Bumper Panjang Khas Sedan Dari Jaguar X-Type 2002

Tampak Depan Jaguar X-Type 2002

Jaguar X-Type menjadi trend setter para pembuat mobil sedan lainnya di Eropa bahkan dunia. Tampilan Jaguar X-Type bagian luar begitu mengisyaratkan kemewahan, dengan buliran krom pada sisi depan, yang dimulai dari grill depan list panjang dari sisi samping mobil hingga ke sisi tengah bumper. Grill penutup radiator sedikit berbeda, warna yang diberikan adalah warna hitam, penampilannya pun seperti bibir yang sedang tersenyum. Penggunaan fog lamp kecil di sudut bawah kanan kiri pun menjadi daya tarik tersendiri bagi yang melihatnya. Empat lampu utama X Type sangat keren pada jaman itu, desain lampu tersebut juga sama seperti desain VW Polo 2002.

  • Review Jaguar X-Type 2002: Eksterior samping

List Krom Di Sisi Samping Jaguar X-Type 2002 berwarna silver

Bagian samping Jaguar X-Type 2002

Sempurna, mungkin satu kata tersebut sudah mewakili semua kata yang ada di kepala Anda masing-masing ketika melihat bagian samping X-Type ini. Sedan mulus ini nampaknya tidak akan tergerus waktu, bagaimana tidak, hingga saat review ini kami buat, desain Jaguar ini masih enak dilihat dari luar, terutama dari samping. Side moulding berada di tengah pintu, seolah menyambungkan antara list chrome dari depan hingga ke belakang mobil. Desain pelek juga sangat menarik serta ukuran 16 inci ini sangat proporsional dengan tubuh eksklusif X-Type.

  • Review Jaguar X-Type 2002: Eksterior belakang

List Krom Di SIsi Belakang Jaguar X-Type 2002 berwarna abu-abu

Kemewahan Berlanjut Hingga Kebagian Belakang

List krom berlanjut hingga ke bagian belakang mobil, selain itu lampu belakang begitu unik dilihat. Tidak ada lambang Jaguar sedang melompat di belakangnnya, melainkan di ganti dengan tulisan Jaguar yang berada di belakang mobil yang masih berlapis warna krom mewah. Kaca belakang begitu luas, memberikan sudut pandang yang baik bagi pengemudi untuk melihat kondisi belakang, di bawah diberikan dua knalpot berlapis krom keren.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Jaguar X Type 2002

  • Review Jaguar X-Type 2002: Kabin dan Kursi

Gambar Kursi Baris Kedua Jaguar X-Type 2002

Kabin Dan Kursi Jaguar X-Type

Ingin merasakan kemewahan sekaligus kenyamanan seperti dirumah sendiri? Jika ya, tidak ada salahnya anda memasukan Jaguar X-Type ini ke dalam listing mobil yang akan Anda beli. Suasana kabin begitu nyaman, kemewahan diperoleh dari warna interior yang terang, tetapi Anda harus berhati-hati karena rawan terkena noda jika material kursi atau kabin berwarna cerah seperti ini. Posisi duduk dari depan hingga baris kedua sudah tidak perlu ditanyakan, kenyamanan akan didapatkan.

  • Review Jaguar X-Type 2002: Dasbor

Gambar bagian Dasbor Jaguar X-Type 2002 Dibalut Aksen Kayu

Dasbor Jaguar X-Type 2002

Pada sisi ini cukup menarik, kenapa? Karena dasbor Jaguar X-Type diberikan beberapa panel kayu yang cantik di sepanjang ujung kisi AC kiri hingga ke kanannya. Penggabungan warna kabin dengan panel-panel kayu ini sangat serasi. Panel kayu memberikan kesan elegan dan eksklusif yang sulit kita temui dalam kabin mobil, panel kayu ini berlanjut hingga ke konsol tengah antara kursi pengemudi dan penumpang depan.

  • Review Jaguar X-Type 2002: Setir

Seperti terkesan jadul jika kita melihat kemudi empat palang seperti yang digunakan Jaguar X-Type ini, tetapi jika di rasa-rasa, kemudi seperti ini tidaklah jadul, melainkan punya kekuatan dan tidak mudah di temukan pada mobil-mobil baru sekarang. Meskipun tidak ada button pengaturan audio seperti mobil-mobil jaman sekarang, tetapi genggaman lingkar kemudi terasa mantap, apalagi panel kayu juga ada di sisi atas dan bawah setir X-Type.

  • Review Jaguar X-Tpe 2002: Bagasi

Jaguar X-Type 2002 Memiliki Bagasi Lumayan Luas

Bagasi Jaguar X-Type Terbilang Luas

Tidak seperti bagasi sedan pada umumnya, kapasitas bagasi Jaguar X-Type lumayan besar, ada point minusnya adalah bagasinya lebar tapi tidak cukup tinggi, ukuran bagasi dalam X Type sebesar 452L. Lebarnya bagasi membuat sedan mewah ini mampu menampung cukup banyak barang sekaligus, jadi tidak perlu khawatir dengan apa yang akan Anda bawa.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Jaguar X Type 2002

Jika kita membahas mobil mewah seperti Jaguar, Audi, Mercedes-Benz dan lainnya pasti memiliki kualitas safety yang sangat memadai. Jaguar X-Type 2002 ini juga memiliki beberapa safety yang juara, seperti Anti-lock Breaking System (ABS), Dual SRS Airbag, Side Impact Beam, Seatbelt Pretentioner, dan yang lebih istimewa adalah hasil pengujian uji tabrak NCAP memperoleh rating bintang empat (4) sangat mengagumkan sehingga dapat mengurangi cidera jika tabrakan terjadi.

>>> Klik sini untuk cek harga mobil Jaguar semua model

Operasi Jaguar X Type 2002

Gambar Mesin V6 pada mobil Jaguar X-Type 2002

Mesin X-Type

Intip kekuatan utama dari Jaguar, mobil-mobil keluaran Inggris biasanya tidak main-main dalam memberikan kualitas terutama dalam sisi ini. Bagaimana kita tidak akan tercengang, varian mesin 2.5L V-6 Engine ini dapat memberikan tenaga hingga 194 Hp pada  6.000 rpm, tidak lupa torsi tanpa ampun 180 Nm pada 3.000 rpm. Tenaga sebesar ini membuat sedan dikelasnya sedikit canggung, apalagi Jaguar X-Type juga punya varian mesin lebih besar lagi, yaitu 3.0L, mesin terbesarnya ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 231 Hp pada 6.800 rpm, dan juga torsi yang tidak kalah juara 209 Nm pada 3.000 rpm.

>>> Simaklah review mobil Jaguar lainnya dengan klik sini

Spesifikasi Jaguar X Type 2002

Berikut ini adalah spesifikasi Jaguar X-Type 2002.

Mesin

Tipe mesin

2.5L V-6 Engine

Tenaga maksimum

194 Hp @6800 rpm

Torsi maksimum

180 Nm @3000 rpm

Penggeral

Traction All Wheel Drive

Transmisi

5-speed

Dimensi

Panjang

4672 mm

Lebar

1789 mm

Tinggi

1392 mm

Jarak sumbu roda

2710 mm

Headroom depan

947 mm

Warna eksterior

Adriatic Blue, Anthracite, British Racing Green, Carnival Red, Emerald, Onyx White, Phoenix Red, Platinum, Titanium, Topaz.

Warna interior

Arthracite Interior, Grey Interior, Sand Interior.

Ban

Ukuran ban

205/55

Ukuran pelek

R16

Safety

ABS

Ada

EBD

Ada

SRS Airbag

Ada

Seatbelt Pretentioner

Ada

Rear Seatbelt

Ada (Tiga Titik)

Rating NCAP

Empat (4) Bintang

Daftar Harga Jaguar X Type 2002

Pada tabel dibawah kami berikan detail harga Jaguar X-Type bekas pada tahun 2018, daftar harga ini termasuk dalam listing Cintamobil.com:

Tipe

Harga

Jaguar X-Type 2002 MT

Rp 110.000.000

Jaguar X-Type 20002 AT

Rp 115.0000.000

Kesimpulan Jaguar X Type 2002

Sedan menjadi salah satu simbol kekayaan pada awal tahun 2000an, Jaguar mampu membuat suatu mobil dengan mewah dan memiliki taring besar dalam hal tenaga. Dua hal ini yang membuat Jaguar punya tempat tersendiri dari awal kemunculan X-Type hingga sekarang. Jika berniat membeli mobil ini Cintamobil.com menyediakan listing mobil bekas Jaguar X-Type tahun 2002. Keluasan kabin, fitur keselamatan, kekuatan tenaga serta desain yang mewah membuat mobil ini masih layak dipertimbangkan.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs cintamobil.com

 

Metodius
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

back to top