Review Jaguar i-PACE 2019

25/12/2018
editor rate: 4,0 user rate: 4,0
Inisiasi Jaguar untuk mulai fokus di teknologi Electric Vehicle semakin terbukti lewat Jaguar I-PACE. Lini model terbaru Jaguar ini menjadi model mobil massal Jaguar pertama bermesin elektrik dan diposisikan sebagai bagian keluarga SUV Jaguar PACE, menemani Jaguar F-PACE dan Jaguar E-PACE.

PENGANTAR Jaguar I-Pace 2019

Review Jaguar i-PACE 2019Nama Jaguar kini menjadi salah satu brand di kancah otomotif Eropa yang mulai serius bermain di segmen EV alias Electric Vehicle. Bahkan hal ini dibuktikan dari keikutsertaan Jaguar di ajang balap Formula E per musim balap 2016 - 2017, dan membuka gelaran balap pendukung di Formula E bertajuk Jaguar I-PACE eTROPHY, yang menggunakan mobil balap berbasis SUV Jaguar I-PACE.

Mobil balap Jaguar I-Pace berwarna hijau dilihat dari sisi depan yang sedang berjalan di jalan Indonesia

Mobil balap Jaguar I-PACE yang digunakan pada balap Jaguar I-PACE eTROPHY

Kali ini kami tidak akan membahas mobil balap yang digunakan pada ajang balap tersebut. Justru kami akan membahas Jaguar I-PACE sebagai kendaraan massal pertama di klan Jaguar yang bermesin elektrik. Mengedepankan performa impresif, plus tanpa adanya emisi gas buang, mobil ini menjadi jawaban Jaguar akan kendaraan masa depan yang ‘hijau’. Untuk itulah Cintamobil.com akan membahas lebih dalam dan mendetail seputar mobil ini di review Jaguar I-PACE 2019.

EKSTERIOR Jaguar I-Pace 2019

Penampilan Jaguar I-PACE 2019 mengedepankan kesan sleek dengan siluet khas coupe. Di sisi lain eksterior Jaguar I-PACE 2019 juga fokus menghasilkan tingkat aerodinamika terbaik dengan koefisien drag 0.29Cd. Untuk mengenal lebih dekat mobil ini kami akan ungkap dari eksterior depan, samping, hingga belakang.

Review Jaguar I-PACE 2019 : Eksterior Depan

Tampak Depan Jaguar I-PACE 2019 berwarna hitam yang sedang parkir di dekat pantai

Eksterior Depan Jaguar I-PACE 2019

Eksterior depan Jaguar I-PACE 2019 memiliki bentuk bonnet yang cukup pendek dan  landai. Fascia depan dirancang cukup tegas dengan Adaptive Matrix LED Headlight berdesain pipih, serta bentuk grille depan yang mampu mengalirkan udara ke area bonnet scoop untuk meningkatkan aerodinamika mobil.

Review Jaguar I-PACE 2019 : Eksterior Samping

Tampak Samping Jaguar I-PACE 2019 berwarna abu-abu yang sedang parkir di depan kelompok rumah

Eksterior samping Jaguar I-PACE 2019

Sisi eksterior samping Jaguar I-PACE 2019 dibuat dengan lekuk garis bahu mobil yang mengalir bak lekuk sebuah coupe dengan atap melandai. Pada area atap terdapat opsi panoramic roof yang sudah diberi proteksi radiasi sinar UV karena menggunakan tinted & infrared absorbing glass. Untuk menjaga aerodinamika mobil, tuas pintu Jaguar I-PACE 2019 dirancang tersembunyi sejajar bentuk body, dan akan muncul apabila saat diperlukan untuk akses ke dalam kabin. Jaguar tak lupa menyajikan pilihan velg berdesain menarik dengan profil ring dari 18 inci sampai 20 inci.

Review Jaguar I-PACE 2019 : Eksterior Belakang

Tampak belakang Jaguar I-Pace 2019 berwarna abu-abu yang sedang parkir di tempat yang ada banyak pasir

Eksterior belakang Jaguar I-PACE 2019

Memiliki konfigurasi buritan bergaya liftback dengan desain kaca belakang melandai, Jaguar I-PACE 2019 terkesan semakin dinamis. Dipadukan dengan rear spoiler dan rear diffuser, mobil listrik dari Jaguar ini pun tetap terasa aerodinamis dan bercita rasa sporty. Tak lupa untuk mempermanis buritan belakang, Jaguar pun merancang taillight dengan teknologi Adaptive Matrix LED yang dipadukan teknologi Animated Directional Indicators

>>> Cek informasi menarik seputar Jaguar berikut ini:

INTERIOR Jaguar I-Pace 2019

Senada dengan area eksterior, interior Jaguar I-PACE 2019 juga menyajikan konsep kabin yang kental akan nuansa futuristik. Meski demikian, sentuhan detil hand-made dengan material premium dan desain ruang kabin luas, menjadikan SUV ini cocok digunakan sebagai mobil keluarga

Review Jaguar I-PACE 2019 : Dashboard & Setir

Tampak Dashboard & Setir Jaguar I-PACE 2019

Desain setir dan dashboard futuristik Jaguar I-PACE 2019

Dashboard Jaguar I-PACE 2019 didominasi dua layar sentuh digital Touch Pro Duo dengan layar sekunder untuk mengatur teknis mobil dan layar utama untuk mengatur infotainment. Sentuhan pengerjaan hand made khas Jaguar juga terasa lewat detil aksen jahitan ganda di panel atas dashboard. Instrument cluster 12.3” high-definition Interactive Driver Display yang digunakan Jaguar I-PACE 2019 juga bisa dikontrol melalui tombol yang ada di setir. Setir yang digunakan Jaguar I-PACE 2019 juga bisa difungsikan untuk mengontrol fitur berkendara dan voice command.

Review Jaguar I-PACE 2019 : Jok

Tampak Jok Jaguar I-PACE 2019

Desain jok Performance Seats Jaguar I-PACE 2019

Lima penumpang dewasa bisa duduk nyaman di dalam Jaguar I-PACE 2019. Untuk konsep jok depan terdapat dua versi, yakni Sport Seats dan Performance Seats (opsional), yang sama-sama dibalut material leather Windsor. Masing-masing jok sudah dibekali fitur heating and cooling control.

Review Jaguar I-PACE 2019 : Bagasi

Tampak Bagasi Jaguar I-PACE 2019

Tampak bagasi Jaguar I-PACE 2019

Bagasi Jaguar I-Pace 2019 kapasitas 656 liter dalam kondisi standar. Jika jok baris belakang dilipat rata lantai, kapasitas bagasinya kemudian membesar hingga 1,453 liter. Menariknya untuk bagian depan masih ada ruang bagasi yang ukurannya cukup kompak, sekitar 27 liter.

>>> Jangan sampai dilewatkan informasi menarik berikut ini:

FITUR Jaguar I-Pace 2019

Review Jaguar I-PACE 2019 : Fitur Keselamatan

Beragam fitur keselamatan hadir di Jaguar I-PACE 2019, yang terbagi dalam tiga ‘pack’ yakni Park Pack, Drive Pack, Driver Assist Pack. Dalam kondisi standar Jaguar I-PACE 2019 juga sudah dilengkapi Rear Camera, Lane Keep Assist, Driver Condition Monitor, Emergency Braking, Cruise Control and Speed Monitor, Adaptive Speed Limiter and Traffic Sign Recognition, serta Adaptive Cruise Control with Steering Assist.

Airbag Jaguar I-PACE 2019

Posisi airbag di mobil Jaguar I-PACE 2019

Di sisi lain, Jaguar juga memastikan Jaguar I-PACE 2019 tetap aman apabila terjadi insiden. Pasalnya tersedia fitur keselamatan pasif seperti 6 airbag, sistem isofix di jok belakang, serta Safety Cell sebagai pelindung baterai mobil yang menggunakan kombinasi aluminium dan baja.

Review Jaguar I-PACE 2019 : Fitur Berkendara

Pengaturan mode berkendara Jaguar I-PACE 2019

Kustomisasi mode berkendara Jaguar I-Pace 2019

Fitur berkendara Jaguar I-PACE 2019 tergolong cukup lengkap untuk mendukung keasyikan berkendara mobil SUV ini. Mulai dari penggunaan suspensi dengan Active Air Suspension (opsional), Adaptive Dynamics dengan mode berkendara Dynamic Mode dan bisa di kustomisasi lewat Configurable Dynamics, Adaptive Surface Response (AdSR), All Surface Progress Control, dan Low Traction Launch. Untuk meregenerasi energi yang dihasilkan mobil, Jaguar menyematkan Enhanced Brake Regeneration system dan Heavy Traffic Braking yang bisa meregenerasi energi yang terbuang saat mobil melakukan deselerasi atau bergerak dalam kondisi stop-and-go.

Review Jaguar I-PACE 2019 : Teknologi Cerdas

Tampak Inffotainment Jaguar I-PACE 2019

Interface Touch Pro Duo dengan layar utama 10 inci touchscreen

Mengingat mobil listrik seringkali identik dengan teknologi cerdas, sudah pasti Jaguar I-PACE 2019 memiliki beragam teknologi cerdas yang sangat mudah digunakan. Mulai dari Touch Pro Duo dengan dua layar, 10 inci touchscreen untuk infotainment dan 5 inci touchscreen dengan dua multi-function dynamic dials untuk mengatur sistem mobil. Pada sistem hiburan selain bisa memutar file hiburan yang bersifat online lewat layanan TuneIn & Deezer, hingga bisa terkoneksi dengan smartphone lewat sistem Android Auto dan Apple CarPlay. Dan sistem audio canggih buatan Meridian pun siap memanjakan telinga dengan total 15 speaker di dalam mobil.

Jaguar juga turut memberikan interaksi lebih intuitif kepada pengguna Jaguar I-PACE 2019 dengan menggunakan apps Jaguar InControl App. Selain itu sistem voice command buatan Amazon, Alexa, juga bisa digunakan untuk membantuk pengemudi kala berkonsentrasi berkendara namun butuh informasi detil seputar kondisi jalan maupun kondisi mobil langsung dari smartphone. Jaguar juga masih memiliki I-PACE Smart Settings yang secara otomatis menentukan pengaturan climate control, preset jok, kondisi rute perjalanan, hingga radio yang didengar sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal ini pun semakin sempurna berkat kemampuan adanya sistem 4G wifi hotspot untuk 8 device.

>>> Toleransi Polda Untuk STNK Yang Habis Masa Berlaku

OPERASI Jaguar I-Pace 2019

Tampak Mesin Elektrik Jaguar I-PACE 2019

Konstruksi penempatan baterai dan dua motor elektrik Jaguar I-PACE 2019

Jaguar I-PACE 2019 memiliki figur performa cukup impresif untuk sebuah mobil listrik, karena bisa menghasilkan figur performa 400 PS (394 dk) and 696 Nm. Kemampuan ini disebabkan penggunaan permanent magnet synchronous electric motors yang diterapkan di as roda depan dan belakang. Mobil ini didukung 90kWh battery yang ditempatkan di lantai mobil demi memberikan efek centre of gravity yang rendah, serta sudah menganut sistem gerak roda all wheel drive.

Berdasarkan data resmi dari Jaguar, mobil ini bisa digunakan untuk berjelajah hingga 470 km. 0-100 km/jam dicapai dalam waktu 4.8 detik dan top speed 200 km/jam. Karena mobil ini menggunakan sumber daya listrik, pengisian baterai Jaguar I-PACE 2019 bisa menggunakan konektor arus listrik AC atau DC. Bedanya adalah untuk pengisian daya menggunakan arus listrik DC 100kW dari posisi baterai habis hingga 80% hanya membutuhkan waktu 40 menit, sedangkan jika menggunakan wallbox dengan arus listrik AC 7kW bisa membutuhkan waktu hampir 13 jam untuk bisa full charge 100%.

>>> Mobil Listrik Jadi Tren, Jaguar Pengin Hadirkan I-Pace Ke Tanah Air

spesifikasi Jaguar I-Pace 2019

Yuk intip spesifikasi lengkap Jaguar I-PACE 2019 yang tersedia di Cintamobil.com melalui tabel berikut ini.

Dimensi/ Ukuran Jaguar I-PACE 2019

P x L x T

4,682 x 2,139 x 1,565 mm

Jarak poros roda

2.990 mm

Berat Kosong

2,208 kg

Mesin Jaguar I-PACE 2019

Jenis

Two permanent magnet electric motors; synchronous Single-speed epicyclic transmission; concentric with motor

Daya maksimum

400 PS (394 dk)

Torsi maksimum

696Nm

Baterai

90kWh Li-ion; liquid-cooled; pouch cells; 432 cells / 36 modules

Waktu Pengisian Baterai

  • 0-100% on AC 7kW = 12.9 jam

  • 0-80% on AC 7kW = 10 jam

  • 0-80% on DC 100kW = 40 menit

Kecepatan & Jarak

  • 0-100 km/jam: 4.8 detik

  • Top Speed : 200 km/jam

  • Kemampuan Jelajah: hingga 470 km

Kaki-Kaki Jaguar I-PACE 2019

Rem (depan/belakang)

Ventilated Disc/Ventilated Disc

Suspensi (depan / belakang)

Double wishbone; air or coil spring / Integral Link ; air or coil spring

Velg

20 inci 5 spoke 'Style 5068' alloy wheels with Diamond Turned finish (HSE)

kelebihan & kekurangan Jaguar I-Pace 2019

Apa kelebihan dan kekurangan Jaguar I-PACE 2019 menurut Cintamobil.com? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Kelebihan

Kekurangan

Mobil listrik dengan performa impresif

Untuk perjalanan jarak jauh hanya bisa sejauh 470 km

Teknologi canggih disematkan untuk menambah kemudahan dan keasyikan berkendara

Diragukan bisa dipasarkan di Indonesia dalam waktu dekat

Tampilannya futuristik dan tetap seksi seperti Jaguar lainnya

 

daftar harga Jaguar I-Pace 2019

Berapa ya harga Jaguar I-PACE 2019? Berikut Cintamobil.com informasikan harga mobil baru Jaguar ini menurut versi Inggris dengan mata uang poundsterling.

Tipe

Harga (Inggris)

Harga (Rupiah)

Jaguar I-PACE S

£64,495

Rp1,189 Miliar

Jaguar I-PACE SE

£69,995

Rp1,289 Miliar

Jaguar I-PACE HSE

£74,995

Rp1,382 Miliar

>>> Klik sini untuk update harga dan promo mobil lain di Cintamobil.com

Video Jaguar I-Pace 2019

KESIMPULAN Jaguar I-Pace 2019

Nama Jaguar boleh jadi ‘new kids on the block’ di kancah dunia mobil listrik, dimana pengalaman memproduksi mobil listrik dengan volume massal baru dilakukan Jaguar dengan I-PACE 2019. Meski demikian, pengalaman Jaguar memproduksi mobil berkarakter fun to drive, dipadukan teknologi canggih, serta sentuhan pengerjaan mobil yang detil, membuat Jaguar I-PACE 2019 bisa menjadi salah satu produk futuristik Jaguar yang sudah bisa dimiliki publik dunia saat ini juga.

>>> Dapatkan informasi terlengkap dan terupdate dari mobil-mobil lainnya di sini

Hafizh
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil