Review Isuzu Panther LS 2000: Resep Sederhana Membuat Harga Bekasnya Bertahan

02/09/2019
editor rate: 3,0 user rate: 4,0
Mobil keluaran PT Pantja Motor (dulu PT IAMI bernama Pantja Motor) ini sempat membuat ketar-ketir Toyota Kijang saat masa peredarannya pertama kali di tahun 2000-an. Ia hadir dengan desan bodi membulat yang dinamis, sama dengan rivalnya asal Sunter tersebut. Hebatnya, di pasar mobil bekas, mobil Isuzu Panther tipe LS kelahiran tahun 2000 ini sangat bertahan. Inilah ulasan kami mengenai Isuzu Panther LS 2000, sebuah resep sederhana yang membuat harganya bertahan.

PENGANTAR Isuzu Panther 2000

Gambar menunjukkan sebuah mobil Isuzu Panther generasi 1 dan 2 berwarna merah

Isuzu Panther generasi pertama dan kedua bentuknya hampir mirip dan sangat diminati pada masanya

Review Isuzu Panther LS 2000 - Dahulu sebelum era Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia apalagi Mitsubishi Xpander. Tepatnya pada tahun '90an bisa dibilang hanya dua mobil yang bersaing sengit memperebutkan kue di pasar mobil keluarga kelas bawah hingga menengah. Yakni Isuzu Panther dan Toyota Kijang. Isuzu Panther maupun Toyota Kijang memiliki pesonanya masing-masing, Panther dengan mesin diesel yang irit BBM namun berisik, dan Kijang bermodalkan mesin bandel dan kehalusan mesin.

Gambar menunjukkan sebuah Mobil Isuzu Panther LS 2000 berwarna biru

Hingga kini, Isuzu Panther generasi ketiga ini masih menjadi barang buruan dan makin sulit mendapat yang full original

Persaingan keduanya semakin meruncing dengan kelahiran Isuzu Panther generasi ketiga. Saat itu di tahun 2000 dimana Kijang hadir dengan pasokan bahan bakar injeksi, Isuzu Panther pun hadir dengan 3 tipe, yakni LM sebagai yang terendah, LV sebagai tipe menengah, dan LS didaulat sebagai tipe tertinggi. Meskipun berselang dua tahun kemudian PT Pantja Motor selaku agen tunggal pemegang merek Isuzu saat itu meluncurkan Panther Touring sebagai tipe tertinggi, namun Isuzu Panther tipe LS masih menjadi primadona hingga kini di pasar mobil bekas. So, apa rahasianya? Inilah review Isuzu Panther tipe LS tahun 2000.

EKSTERIOR Isuzu Panther 2000

Review Isuzu Panther LS 2000 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Isuzu Panther LS 2000 berwarna biru

Bumper terbuat dari besi membuat daya tahannya luar biasa saat harus terbentur

Melihat tampilan depan dari mobil Isuzu Panther tipe LS kelahiran tahun 2000 ini memang terlihat sederhana saja. Ya, maklum kini sudah banyak mobil baru bermunculan dan tampilannya agresif. Jangan impikan kahadiran lampu LED atau projector, karena reflektor model kristal diamond cut dirasa sudah cukup saat itu. Oh ya, foglamp hanya tersedia mulai tipe LS, sementara tipe lain dibawahnya tidak mendapat fitur lampu kabut ini.

Review Isuzu Panther LS 2000 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Isuzu Panther LS 2000 berwarna biru

Foto Panther LS yang kami gunakan ini peleknya sudah tidak standar Panther LS 2000

Lanjut ke bagian samping mobil Isuzu Panther LS 2000 ini, bentuknya kokoh dan kami menilai lebih baik dari Kijang kapsul tipe LGX lansiran tahun yang sama. Secara umum semuanya dibuat fungsional saja, handel pintu masih model tarik yang konvensional, spion yang dapat diatur secara elektrik, hingga pelek alloy palang 5 yang membuat tampilan samping mobil ini lebih menarik.

Review Isuzu Panther LS 2000 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Isuzu Panther LS 2000 berwarna biru

Salah satu kelemahan Isuzu Panther generasi ini adalah bukaan pintu belakangnya yang masih menyamping

Pada tampilan eksterior belakang mobil Isuzu Panther LS 2000 ini Anda akan menemui satu kelemahan yang krusial dikelasnya. Sejak tahun 1997 Toyota Kijang kapsul lahir dan sudah menggunakan model bukaan pintu bagasi keatas, berbeda dengan Isuzu Panther yang masih mempertahankan bukaan pintu ke samping kanan. Kesan kuno langsung terpancar ke jagoan yang punya tagline rajanya diesel ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Isuzu Panther 2000

Review Isuzu Panther LS 2000 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor dari mobil Isuzu Panther LS 2000

Layout dasbor biasa saja, namun di masanya dulu tampilan seperti ini sudah mengagumkan

Dibandingkan dengan Toyota Kijang LGX 2000 yang juga jadi musuh bebuyutannya di masa lalu bahkan pada pasar mobil bekas kini, layout dasbor Isuzu Panther LS 2000 ini lebih konvensional dan mengkotak. Salah satu kelemahan utama sektor interior Isuzu Panther ini adalah penghubung dalam di kisi AC-nya yang mudah patah sehingga sulit digerakkan.

Review Isuzu Panther LS 2000 : Setir

Gambar menunjukkan desain bagian Setir dari mobil Isuzu Panther LS 2000

Untuk Isuzu Panther tipe LS lansiran tahun 2000 ini masih menggunakan setir model dua spoke

Janganlah Anda berharap ada fitur airbag atau pengaturan yang aneh-aneh macam telescopic steering atau sekadar tilt steering, semuanya tidak ada. Karena mobil produksi antara tahun 2000an masih jarang yang pakai fitur tersebut, kecuali di mobil mewah. Bentuk setir seperti ini jelas kuno, namun demikian setir terasa pas diameternya dan  juga ketebalannya, sehingga cukup nyaman ketika digenggam.

Review Isuzu Panther LS 2000 : Konvigurasi Jok

Gambar menunjukkan desain bagian Kursi baris kedua mobil Isuzu Panther LS 2000

Kenyamanan hanya milik pengemudi, penumpang depan dan penumpang baris kedua 

Ada setidaknya 9 orang penumpang dapat duduk di dalam kabin Isuzu Panther LS 2000 ini, yes benar Anda tidak salah membaca, sembilan orang dewasa dapat muat di kabin mobil jualannya PT Pantja Motor (dulu PT Isuzu Astra Motor Indonesia bernama PT Pantja Motor) ini. Hal itu lantaran, jok baris kedua masih menganut model commando alias berhadapan yang masing-masing sisinya dapat dimuati 2 orang dewasa.

Gambar menunjukkan kursi baris ketiga dan bagasi Isuzu Panther LS 2000

Jok baris ketiga di buritan masih menganut model commando alias berhadapan

>>> Baca juga:

FITUR Isuzu Panther 2000

Review Isuzu Panther LS 2000 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Sama sekali tidak terdapat fitur keselamatan kekinian macam dual SRS airbag, rem dengan sistem ABS apalagi EBD. Semuanya tidak ada di mobil produksi 2000-an kelas bawah seperti Isuzu Panther ini. Namun jangan khawatir, sebab rem sudah pakai booster dan untuk di bagian depan sudah mengadopsi cakram solid dan belakang pakai tipe teromol.

Review Isuzu Panther LS 2000 : In Car Entertaiment System

Begitu juga dengan sistem hiburan yang ada di mobil Isuzu Panther LS 2000 ini, tak akan Anda temui monitor apalagi layar sentuh. Hanya terdapat head unit berjenis single din biasa saja dengan kemampuan memutar kaset pita, dan radio FM serta AM. Untuk kualitas suara ya alakadarnya saja, sebab hanya terdapat dua speaker dan dua buah tweeter saja kesemuanya terletak di kabin depan.

>>> Isuzu Panther Siap Ganti Mesin Baru Di 2018

OPERASI Isuzu Panther 2000

Gambar menunjukkan Mesin 4JA1-L dari mobil Isuzu Panther LS 2000

Mesin 4JA1-L ini memang sudah dilengkapi dengan turbo, namun sebaiknya Anda tidak berharap lebih akan performanya

Bila Anda sudah pernah merasakan impresi mengemudi dari Isuzu Panther LS 2000 bermesin 4JA1-L turbo, pasti Anda akan merasakan bila mesin Isuzu Panther turbo tersebut pelan alias kurang tenaga, bahkan dibeberapa kasus lebih kencang Panther yang masih mesinnya C223. Artinya, tak ada lonjakan atau hentakan tenaga signifikan dari penerapan sistem induksi udara paksa di mesinnya. Lantas, kenapa Isuzu Panther turbo terasa kurang bertenaga? 

Tim teknik Cintamobil berusaha menilik lebih dalam. Mesin 4JA1-L yang digendong oleh Isuzu Panther LS 2000 ini desainnya entah kenapa di buat dari pabriknya low pressure boost sekali. Mungkin, jika Anda mencoba ke bengkel dan mengecek dengan alat khusus, Anda akan menemukan tekanan boost dari turbocharger system di mesin ini tekanan boost-nya hanya sekitar 0,3-0,5 bar saja. 

Sebenarnya mesin 4JA1-L di Isuzu Panther LS 2000 memang tidak ada versi turbo dari lahirnya. Lantas untuk apa turbo tersebut dipasang ke mesin jika tak berhasil menambah tenaga secara siginfikan serta performanya sangat biasa? Kami menemui fakta menarik, jika ditarik sejarah, Isuzu Panther Turbo muncul ketika ramai-ramai berita akan standar batas emisi EURO yang wajib ditaati oleh pabrikan mobil di Indonesia.

Para insinyur Isuzu berusaha mengejar emisi gas buang dengan penerapan turbo di mesin 4JA1-L andalan Isuzu Panther tersebut. Mudahnya begini, mesin diesel itu punya ciri khas, yaitu asapnya hitam  cenderung pekat, nah mesin diesel yang mengeluarkan asap hitam pekat tersebut bila diberikan tambahan udara, maka asap akan berkurang. So, yang dilakukan oleh para insinyur Isuzu adalah menurunkan Exhaust Gas Recirculation dengan menambahkan udara kedalam mesin.

>>> Masih Banyak Loyalis, Isuzu Bakal Hadirkan New Panther

spesifikasi Isuzu Panther 2000

Berikut ini adalah prediksi spesifikasi Isuzu Panther LS 2000.

Mesin Isuzu Panther LS 2000
Seri mesin   4JA1-L OHV 2500cc low pressure turbo
 Pasokan Bahan Bakar  Direct Injection
Tenaga Maksimum  76,5 Hp (78 Ps) @ 3.900 rpm
Torsi Maksimum  181,4 Nm (18,5 Kgm) @ 1.800 rpm
Kapasitas Silinder  2,499 cc
Bore X Stroke  93,0 mm X 92,0 mm
Tipe Transmisi  Manual 5 Percepatan dan Otomatis 4 Percepatan, Penggerak Roda Belakang
Rangka Isuzu Panther LS 2000
Panjang X Lebar X Tinggi  4.535 mm X 1.770 mm X 1.920 mm
Jarak Sumbu Roda  2.685 mm
Jumlah Pintu  5 Pintu
Kapasitas Penumpang  9 Penumpang
Kapasitas Tangki  55 Liter
Suspensi/Kaki-Kaki Isuzu Panther LS 2000
Suspensi Depan & Belakang  Dual Wishbone & Leaf Spring
Sistem Kemudi  Hydraulic Power Assited
Rem Depan & Belakang  Disc & Drum
Teknologi Sistem Pengereman  N/A
Teknologi Safety Sasis  N/A
Struktur Sasis  Ladder Frame (Body On Frame)
Pelek  Alloy, 14 inch
Jenis Ban  Radial, 195/70 R14

kelebihan & kekurangan Isuzu Panther 2000

Setelah membahas semua tentang Isuzu Panther tipe LS yang merupakan musuh bebuyutan dari Isuzu Panther tipe LS ini, so inilah beberapa kelebihan dan kekurangan Isuzu Panther LS 2000

Kelebihan Kekurangan
 Irit BBM  Mesin Diesel Berisik 
 Durabilitas Luar Biasa  Akselerasi Lemah
 Torsi Mesin Lebih Besar Dari Rivalnya  Harga Masih Tinggi
 Tampilan Abadi  Vibrasi Mesin Diesel Masuk Ke Kabin

daftar harga Isuzu Panther 2000

Gambar menunjukkan daftar mobil Isuzu Panther LS 2000 dijual di situs Cintamobil.com

Ada sekitar 1.058 mobil Isuzu Panther LS 2000 yang dijual di listing Cintamobil.com

Kami sarankan Anda untuk tarik nafas dulu sebelum mengetahui harga jual dari mobil Isuzu Panther LS 2000 ini. Karena ia memiliki harga jual dalam keadaan bekas yang bertahan. Untuk tahun kondisi berantakan saja dan bodi lecet sana-sini bahkan berkarat masih ada yang menjual Rp 78 juta. Apalagi kondisinya mulus nan istimewa, bisa diatas Rp 90 juta harga jualnya. Untuk mobil yang lahir 19 tahun silam, jelas harga mobil bekas Isuzu Panther LS 2000 masih sangat bertahan. Kesederhanaannya yang membuat ia begitu diminati.

>>> Mari cek harga dan promo mobil Isuzu Panther lainnya di sini

Video Isuzu Panther 2000

KESIMPULAN Isuzu Panther 2000

Gambar menunjukkan sebuah mobil Isuzu Panther LS 2000 berwarna biru dilihat dari sisi depan

Apakah ia sudah layak menjadi mobil keluarga Anda?

Bila Anda mencari sebuah mobil yang tangguh, konsumsi BBM irit, dan serbaguna, maka tak salah lagi Isuzu Panther LS 2000 adalah jawabanya. Namun, Anda harus jeli terhadap mobil ini serta sabar mencari unitnya yang full original.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil