Review Isuzu Mu-X I-Series 2019: Jadi Big SUV Jepang Termurah, Namun Fitur Tak Murahan

29/09/2019
editor rate: 3,9 user rate: 4,5
PT. Isuzu Astra Motor Indonesia kembali meramaikan segmen big SUV dengan merombak tipe model mereka menjadi lebih sederhana. Salah satu model yang ditawarkan ialah Isuzu Mu-X i-Series, yang menjadi tipe entry level Isuzu Mu-X sekaligus menjadi mobil SUV Ladder Frame Jepang termurah di Indonesia saat ini. Apakah dengan harganya yang murah membuat fitur yang ditawarkan menjadi ikut "murahan"?

PENGANTAR Isuzu MU-X 2019

Review Isuzu Mu-X I-Series 2019 - Tak terasa sudah 5 tahun Isuzu Mu-X sudah hadir ke Indonesia. Debut sejak tahun 2014, Isuzu Mu-X menjadi salah satu opsi di luar Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport, jika Anda ingin mobil big SUV dengan konfigurasi 7-penumpang.

Meski demikian, mobil ini sempat mengalami serangkaian ubahan untuk semakin menggoda konsumen di Indonesia. Salah satunya di tahun 2019, tepatnya di GIIAS 2019, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menghadirkan varian baru dengan I-Series, sekaligus menghadirkan S-Series dan Z-Series yang menggantikan MU-X Royale dan MU-X Premiere. 

Gambar banyak orang yang sedang memfofo saat Peluncuran Isuzu MU-X facelift GIIAS 2019

Isuzu MU-X I-Series dikenalkan di GIIAS 2019

Khusus untuk I-Series, ia diposisikan sebagai varian baru yang bisa dikatakan paling standar untuk versi "keluarga". Di bawah tipe ini sebenarnya Isuzu Mu-X sendiri masih menjual versi paling rendah, yang menggunakan format 4x4 dan kebanyakan digunakan untuk kendaraan operasional di bidang agribisnis dan tambang maupun pekerjaan-pekerjaan yang melewati medan jalanan sulit.

Dengan harga yang bisa dikatakan sangat "menarik" karena setara MPV medium, apakah mobil ini bisa menggoda keluarga Indonesia agar beralih dari menggunakan mobil MPV ke SUV dari Isuzu ini? Ikuti terus pengenalan komperhensif kami terkait Isuzu Mu-X dalam review Isuzu Mu-X I-Series 2019 di bawah ini.

EKSTERIOR Isuzu MU-X 2019

Review Isuzu Mu-X I-Series 2019: Eksterior Depan

Gambar sebuah mobil Isuzu MU-X I-Series 2019 berwarna merah dilihat  dari sisi depan

Penampilan eksterior depan Isuzu Mu-X I-Series 2019

Eksterior depan Isuzu Mu-X I-Series 2019 menampilkan pendekatan baru dari Isuzu Mu-X yang lebih sporty. Hadir berbalut warna eksterior baru Red Spinnel, pada bagian fascia depan ada perubahan dalam corak warna bumper depan yang diberi kelir solid black yang menggantikan aksen warna abu-abu untuk bagian bumper depan. Isuzu juga merevisi sedikit area grille depan yang dirancang dengan detil chrome dan aksen black, serta garis dari grille dibuat menyatu dengan garis di bagian headlight. Oh iya, headlight Isuzu Mu-X I-Series 2019 belum mengalami pergantian, tetap dengan Bi-Beam LED Projector dan LED Daytime Running Light serta fog lamp.

Review Isuzu Mu-X I-Series 2019: Eksterior Samping

Gambar sebuah mobil Isuzu MU-X I-Series 2019 berwarna merah dilihat dari sisi Samping

Penampilan eksterior samping Isuzu Mu-X I-Series 2019

Dari sisi samping, Isuzu Mu-X I-Series 2019 tampil dengan revisi pada sektor pelek, dimana ia kini hadir dengan desain pelek alloy yang baru dengan aksen two-tone berukuran 18 inci dengan profil ban 255/60 R18. Mobil ini memiliki dimensi 4.825mm x 1.860mm x 1.825mm (panjang x lebar x tinggi) dengan ground clearance 230 mm, yang artinya bodinya tergolong besar dan jangkung. Alhasil untuk memudahkan penumpang masuk ke dalam kabin, disediakan foot step berkelir warna hitam. Sedangkan di bagian bodi lain, tidak ada pergantian signifikan karena masih menggunakan kaca spion besar dengan frame berlapis chrome dan aksen lampu spion samping, serta handle pintu yang masih menggunakan aksen chrome. 

Review Isuzu Mu-X I-Series 2019: Eksterior Belakang

Gambar sebuah mobil Isuzu MU-X I-Series 2019 berwarna merah dilihat dari sisi belakang

Penampilan eksterior belakang Isuzu Mu-X I-Series 2019

Selaras dengan desain di area depan, untuk area eksterior belakang Isuzu Mu-X I-Series 2019 hadir dengan bumper belakang yang sama berkelir solid black dengan tambahan lampu mundur model halogen. Pada bagian belakang juga tidak ada perubahan dari Isuzu Mu-X sebelumnya, tetap menggunakan rear integrated spoiler dengan high mount stop lamp LED dan LED side marker lamp, tetap juga menghadirkan rear wiper, dan taillight belakang memiliki desain yang sama seperti Isuzu Mu-X sebelumnya.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Isuzu MU-X 2019

Review Isuzu Mu-X I-Series 2019: Dashboard & Setir

Gambar menunjukkan desain interior mobil Isuzu MU-X I-Series 2019

Penampilan area dashboard dan setir dari Isuzu Mu-X I-Series 2019

Tidak ada ubahan signifikan diberikan oleh Isuzu pada Isuzu Mu-X I Series 2019. Ia tetap menampilkan konsep dashboard seperti Isuzu Mu-X versi 2017-an. Pada sisi pengemudi terdapat pengaturan setir yang bisa diatur tingkat ketinggian, serta memiliki tombol untuk audio dan cruise control. Instrument cluster dibuat digital untuk sisi MID, serta untuk speedometer dan takometer masih bersifat analog. Pengaturan mode Hill Descend Control juga ditempatkan di sisi kanan pengemudi. 

Agak ke sisi tengah, area dashboard diisi layar head unit 8 inci terintegrasi, serta sistem AC digital yang diatur menggunakan tombol dan kenop rotary yang menghiasi area kontrol AC berbentuk bulat ini. Dan di central console pun, Anda akan menemukan dua cup holder beserta tempat khusus untuk koin, dan armrest dengan console box cukup besar. Di sisi penumpang tersedia dua penyimpanan glove box tertutup, dimana bagian atas dari glove box ini menggunakan aksen leather dengan detil jahitan, sama seperti di bagian frame atas instrument cluster. Dan fitur baru yang diberikan Isuzu Mu-X I-Series 2019 kali ini ialah ambient light, yang ada di sisi panel pintu.

Review Isuzu Mu-X I-Series 2019: Jok

Gambar menunjukkan desian jok depan mobil Isuzu MU-X I-Series 2019

Penampilan area jok depan dari Isuzu Mu-X I-Series 2019

Sekalipun menjadi model SUV Isuzu Mu-X termurah untuk versi 4x2, tapi soal kemewahan Isuzu Mu-X I-Series sudah masuk ke level yang cukup wah. Semua jok dibalut aksen leather dengan format jahitan yang menarik. Dari sisi pengemudi pengaturan jok seluruhnya bersifat elektrik, sedangkan untuk penumpang depan masih bersifat manual.

Gambar menunjukkan desian jok belakang mobil Isuzu MU-X I-Series 2019

Penampilan area jok baris kedua dan ketiga dari Isuzu Mu-X I-Series 2019

Untuk jok baris kedua dan ketiga tak kalah mewah. Menggunakan format 3+2, mobil ini bisa memberikan ruang legroom yang nyaman untuk masing-masing baris jok, sekalipun secara posisi tidak bisa dibuat maju mundur untuk jok baris kedua. Kendati demikinan, akses ke jok belakang tetap nyaman dan mudah karena menggunakan one-touch tumble. 

Review Isuzu Mu-X I-Series 2019: Bagasi

Gambar menunjukkan desain bagian bagasi dari Isuzu MU-X I-Series 2019

Penampilan bagasi Isuzu Mu-X I-Series 2019

Akses menuju ruang bagasi Isuzu Mu-X I-Series 2019 bisa dibilang terasa agak kurang "modern". Sebab untuk buka tutup masih manual tanpa ada tombol untuk buka tutup bagasi secara elektrik, yang mana fitur ini ada di tipe tinggi Isuzu Mu-X. Dalam kondisi semua jok digunakan, kapasitas bagasi Isuzu Mu-X I-Series 2019 hanya memiliki kapasitas sebesar 235 liter.

Gambar menunjukkan keluasan mobil Isuzu MU-X I-Series 2019

Penampilan bagasi Isuzu Mu-X I-Series 2019 saat semua jok terlipat

Tapi bukan berarti kapasitas bagasi mobil ini tidak bisa diperluas. Cukup melipat baik jok baris kedua dan ketiga, ruang bagasi bisa meluas sampai 2.227 liter. Tapi perlu dicatat ada beda tinggi antara lantai bagasi dan posisi jok terlipat terdapat beda tinggi, sehingga untuk mengangkat dan memasukkan barang ke bagasi cukup perlu usaha.

>>> Baca juga:

FITUR Isuzu MU-X 2019

Review Isuzu Mu-X I-Series 2019: Fitur Hiburan

Gambar menunjukkan fitur audio pada mobil Isuzu MU-X I-Series 2019

Penampilan sistem audio Isuzu Mu-X I-Series 2019

Mengadopsi sistem audio 8 inci terintegrasi di area dashboard, pada Isuzu Mu-X I-Series 2019 sudah memiliki koneksi USB, Aux, Bluetooth, dan memiliki fitur tambahan Radio dan DVD. Menariknya, Isuzu Mu-X I-Series 2019 memiliki fitur speaker di 8 titik yang bahkan ada di bagian atap. Hal ini memungkinkan kualitas audio di area jok depan serta jok baris kedua dan ketiga menjadi sama berkualitas.

Review Isuzu Mu-X I-Series 2019: Fitur Berkendara & Keselamatan

Gambar menunjukkan beberapa fitur Isuzu MU-X I-Series 2019 tombol HDC

Penampilan tombol fitur berkendara TCS (kiri) dan HDC (kanan) di Isuzu Mu-X I-Series 2019

Sistem berkendara pada Isuzu Mu-X I-Series 2019 cukup lengkap untuk mobil SUV di kelasnya. Mulai dari ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution), BA (Brake Assist), ESC (Electronic Stability Control), dan TCS (Traction Control System). Selain itu hadir pula fitur standar HSA (Hill Start Assist) yang berfungsi mencegah mundur saat mulai jalan di tanjakan, serta fitur HDC (Hill Descent Control) bertugas membantu pengereman dan menjaga kecepatan mobil aman saat di turunan curam). Di sisi lain mobil ini dilengkapi Dual SRS Airbag, seatbelt pretensioner, dan jok belakang yang sudah support ISOFIX.

>>> Komparasi Legendaris: Isuzu Panther LS 2000 vs Toyota Kijang LGX EFI 2000

OPERASI Isuzu MU-X 2019

Mesin Isuzu Mu-X masih dengan mesin 2.5  liter 4JK1-TC Hi-Power In-Line 4-Cylinder, DOHC, 16-Valve dengan electronic common-rail direct fuel injection & VGS Turbo Intercooler, serta didukung transmisi otomatis 5-percepatan dan tenaga disalurkan ke roda belakang. Mesin ini bisa dikatakan unik jika dibandingkan SUV jepang lainnya, dimana mesin ini dirancang tetap bisa mengkonsumsi bahan bakar diesel serendah Bio Solar, karena penggunaan Nozzle DLC (Diamond Like Carbon) dan didukung fuel filter ganda. 

Gambar menunjukkan desain bagian mesin Isuzu MU-X I-Series 2019

Penampilan mesin Isuzu Mu-X I-Series 2019

Tentu dengan kemampuan mesin yang dirancang bandel dan sanggup mengkonsumsi bahan bakar tersebut ialah dari segi performa yang cenderung biasa-biasa saja. Total tenaga yang bisa dihasilkan mesin ini adalah 136 PS @ 3400 rpm dan torsi flat 320 Nm @ 1800-2800 rpm. Berdasarkan informasi konsumsi saat kami cek melalui MID konsumsi bahan bakar bisa berkisar di rentang 11 km/liter (dalam kota) dan 14 km/liter (tol). Memang jika diurut dari 0-100 km/jam rasanya bukan yang tercepat di kelasnya, karena membutuhkan waktu sekitar 13 detik-an untuk bisa mencapai kecepatan tersebut. Tapi hal ini dikompensasi dengan mudahnya mobil ini bergerak mudah dalam kondisi stop-and-go, tanpa perlu banyak usaha mobil bisa lebih cepat bergerak.

Dukungan fitur berkendara pada mobil ini bisa dikatakan cukup membantu kemudahan berkendara, salah satunya adalah Cruise Control yang sudah ada untuk tipe awal dari keluarga Isuzu Mu-X ini. Cukup membantu saat berada di tol yang lenggang, tinggal aktifkan dan mobil akan menjaga kecepatan di tingkat yang kita inginkan. Tentu kaki bisa beristirahat sejenak saat fitur ini digunakan, dan cukup "standby" jika dibutuhkan untuk mengerem karena belum bersifat adaptive dan bisa mengatur kecepatan sesuai mobil di depan.

Mobil SUV ini dibekali Kombinasi Coil Spring, Stabilizer depan belakang, Gas shock absorber di keempat roda dan 5-link rear suspension. Secara karakter mobil ini bukan untuk Anda yang gemar fun to drive, tapi untuk sekedar pencari kenyamanan berkendara masih tergolong cukup. Dan kami merasakan karakter suspensi ini masih terasa body roll, terutama saat berkendara sendiri. Tapi saat melewati jalanan berlubang atau tidak rata, justru suspensi ini bisa berbicara banyak dan bisa menjaga kenyamanan secara baik.

>>> ‘Si Raja Diesel’, Beragamnya Isuzu Panther Grand Touring Bersama Modifikasinya

spesifikasi Isuzu MU-X 2019

Informasi spesifikasi Isuzu Mu-X I-Series 2019 bisa disimak dalam tabel di bawah ini. 

Spesifikasi Isuzu Mu-X I-Series 2019​​​

Mesin

Tipe Mesin

 
4JK1-TC Hi-Power In-Line 4-Cylinder, DOHC, 16-Valve featuring electronic common-rail direct fuel injection with VGS Turbo Intercooler

Kapasitas

2.499 cc

Tenaga Puncak

136 PS @ 3400 Rpm

Torsi Puncak

320 Nm @1800-2800 Rpm

Transmisi

5 Speed AT Triptonic

Penggerak

4x2

Dimensi

PxLxT

4.825mm x 1.860mm x 1.825mm

Jarak Sumbu Roda

2.845mm

Radius Putar

5,8m

Ground Clearence

230mm

Berat

2.035 kg

Kapasitas Penumpang

7

Kapasitas Tangki Bensin

65

Suspensi & Kaki-Kaki

Suspensi Depan

Independent Coil Spring Suspension with Gas Shock Absorbers and Stabilizer Bar

Suspensi Belakang

5-link Coil Suspension, Gas Shock Absorbers, Stabilizer Bar

Rem Depan

Ventilated disk 16 inch

Rem Belakang

Ventilated disk 16 inch

Pelek

18 inch alloy

Ban

255/60 R18

kelebihan & kekurangan Isuzu MU-X 2019

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Isuzu MU-X I-Series 2019.

Kelebihan

Kekurangan

Warna baru dan detil eksterior bertema sporty yang membuat tipe I-Series lebih gagah

Eksterior masih membawa bentuk yang sama sejak tahun 2017

Performa mesin tangguh + masih mampu mengkonsumsi Bio Solar

Performa mesin cenderung biasa-biasa saja

Kenyamanan cukup mumpuni untuk dibawa jelajah jarak jauh dengan penumpang penuh

Bukan SUV Fun to Drive

Harga setara MPV Mid-Size 

 

daftar harga Isuzu MU-X 2019

Untuk tipe Isuzu Mu-X I-Series 2019 yang kami ujicoba kali ini memiliki harga yang cukup terjangkau, karena harga on-the-road DKI Jakarta untuk tipe ini adalah Rp449 Juta saja. Dan informasi harga Isuzu Mu-X I-Series 2019 bisa disimak di tabel berikut ini.

Tipe mobil 

Daftar harga Isuzu MU-X 2019

Harga Isuzu MU-X A/T I Series (4x2)

Rp 449.000.000 

Harga Isuzu MU-X A/T Premiere (4x2)

Rp 499.500.000

Harga Isuzu MU-X M/T (4x4)

Rp 485.000.000

>>> Simaklah harga dan promo mobil Isuzu lainnya di sini

Video Isuzu MU-X 2019

KESIMPULAN Isuzu MU-X 2019

Gambar Isuzu MU-X I-Series 2019 dengan background pegunungan

Isuzu Mu-X I-Series 2019 merupakan model big SUV termurah di kelasnya

Harga Rp449 Jutaan bisa dikatakan menjadikan Isuzu Mu-X I-Series menjadi model termurah untuk big SUV di kelasnya, yang sama-sama dari brand Jepang dan sama-sama menggunakan ladder frame dan berkonfigurasi 7 penumpang. Sekalipun menjadi model paling murah, fiturnya sudah cukup menggoda untuk konsumen di rentang harga tersebut, plus masih bisa mengkonsumsi Bio Solar yang mana lebih terjamin ketersediaan di pelosok-pelosok daerah, sehingga untuk urusan berkendara jarak jauh dan sampai ke pelosok daerah tidak perlu khawatir. 

Meski demikian, mobil ini tentu tidaklah sepenuhnya sempurna. Masih banyak yang masih bisa ditingkatkan secara signifikan, baik dari segi fitur, penggunaan mesin Diesel Blue Power yang lebih ramah lingkungan dan sudah diadaptasi pada Isuzu Mu-X Thailand, serta paling penting adalah penampilan. Dengan rentang usia 5 tahun sejak debut perdana di Indonesia, sudah waktunya mengalami rombakan desain total dari segi tampilan, setidaknya naik generasi baru. Sehingga jika harus bersanding melawan big SUV terkini di kelasnya, bisa membuat Isuzu Mu-X tidak terlihat "lawas" lagi.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil