Review Hyundai Venue 2019: SUV Terkecil Hyundai untuk Mobilitas Perkotaan

19/04/2019
editor rate: 4,4 user rate: 4,0
Pada New York International Auto Show 2019, keluarga terkecil dari SUV Hyundai akhirnya diperkenalkan pada dunia. Dengan desain mungil, Hyundai Venue 2019 terlihat menarik dengan sistem keselamatan standar dan teknologi terbaru milik Hyundai untuk kenyamanan berkendara.

PENGANTAR Hyundai Venue 2019

Review Hyundai Venue 2019 - Melengkapi lini SUV Hyundai, Venue 2019 diperkenalkan. Berbeda dengan nama yang diberikan pada SUV Hyundai lainnya, yang sebagian besar merupakan nama kota atau tempat, entri baru SUV ini merujuk pada “tempat” yang ingin dilihat penggemarnya. Hyundai Venue melambangkan gaya trendi, unik, dan sempurna untuk SUV terkecil Hyundai.

sketsa awal Hyundai Venue 2019 berwarna hitam

Sketsa awal Hyundai Venue 2019

“Venue yang serba baru mungkin berukuran kecil, tetapi ini besar dalam hal kepraktisan dan kepribadian,” kata Mike O'Brien, wakil presiden Perencanaan Produk, Perusahaan dan Digital, Hyundai Motor America. "Karakternya yang berani dan unik membedakannya dari SUV lain di pasaran, menawarkan kendaraan entry-level yang unik bagi konsumen yang mencari desain cerdas dengan banyak fitur standar keselamatan, teknologi, dan konektivitas."

Hyundai Venue akan menjadi SUV Hyundai paling terjangkau, dan bergabung dengan saudara kandungnya yang lebih besar seperti Hyundai Kona Electric, Tucson, Santa Fe dan Palisade 8 penumpang. Menyampaikan desain yang kompak, namun menyenangkan dan fungsional, Venue tak mau kalah dalam hal ruang yang ditawarkan.

mobil baru Hyundai Venue 2019 berwarna biru

Hyundai Venue 2019 yang diperkenalkan pada New York Motor Show 2019

Dalam pernyataannya, Venue menawarkan kemampuan beradaptasi dengan gaya hidup perkotaan dan mengakomodasi keselamatan serta fleksibilitas berkendara. Venue juga sudah diperkenalkan di India hampir bersamaan dengan debutnya di New York. Dengan kemungkinan mobil ini dibawa ke Tanah Air, mari kita simak review Hyundai Venue 2019 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

EKSTERIOR Hyundai Venue 2019

Ketika pertama kali melihat mobil ini, kita bisa langsung melihat desain modern yang berani dan pilihan warna ekstrovert dua nada opsional untuk atap, cermin, dan trim pada eksterior Hyundai Venue 2019. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, dimensi mobil ini lebih kecil dibandingkan SUV kompak Hyundai Kona.

Review Hyundai Venue 2019: Eksterior Depan

eksterior depan Hyundai Venue 2019 berwarna hitam

Eksterior depan Hyundai Venue 2019

Bentuk empat sudut terlihat di mana-mana, mulai dari lampu depan hingga gril, hingga lampu belakang. Gril cascading yang menjadi wajah khas Hyundai yang juga ditemukan pada Kona dan NEXO menghiasi eksterior depan Hyundai Venue 2019. Termasuk lampu LED komposit dan lampu depan berbentuk kubus semakin membuat tampilan unik namun menawan untuk Venue.

Review Hyundai Venue 2019: Eksterior Samping

Profil sisi kendaraan menampilkan lengkungan roda yang solid, penuh dengan garis karakter yang kuat. Dilengkapi dengan roof rail pada bagian atap serta pelek 15 inci yang sporty dan penutup spion dengan dual tone melengkapi tampilan menawan pada eksterior samping Hyundai Venue 2019.

eksterior samping Hyundai Venue 2019 berwarna hitam

Eksterior samping Hyundai Venue 2019

Hyundai menjadikan Venue sebagai SUV terkecil mereka. Untuk referensi, Venue lebih pendek 13 cm untuk panjang, dan 2 cm untuk lebar dibandingkan Kona. Selain itu, jarak sumbu roda juga dibuat 8 cm lebih pendek. Meskipun begitu, mobil kecil ini lebih tinggi 1.5 cm dibandingkan saudaranya.

Review Hyundai Venue 2019: Eksterior Belakang

eksterior belakang Hyundai Venue 2019 berwarna hitam

Eksterior belakang Hyundai Venue 2019

Garis karakter yang unik berlanjut melalui lampu ekor. Desain kotak pada dua lampu belakang kembali terlihat dengan skid plate yang relatif tinggi, memudahkan Anda untuk membawa mobil ini ke medan yang tidak terlalu bersahabat. Eksterior belakang Hyundai Venue 2019 tidak terlalu berbeda dengan tampilan depan, dengan pahatan-pahatan tajam pada pintu belakang. Meskipun bisa terlihat bagaimana pengaturan pintu belakang yang kecil tidak terlalu membantu, khususnya bagi penumpang yang membawa barang yang cukup besar.

INTERIOR Hyundai Venue 2019

Perbedaan ukuran luar membuat interior menjadi 76.5 liter lebih sedikit dibandingkan interior Hyundai Kona. Dan Sama seperti eksterior yang mengotak, komponen interior Hyundai Venue 2019 memiliki banyak desain beraksen kotak. Pembeli memesan warna eksterior Denim, naka kabin tersedia dalam kombinasi kain denim dan interior kulit imitasi.

Review Hyundai Venue 2019: Dasbor

dasbor Hyundai Venue 2019 berwarna hitam

Dasbor Hyundai Venue 2019

Kesan mungil namun padat bisa terlihat ketika Anda masuk ke dalam mobil ini. Dasbor Hyundai Venue 2019 dengan dual tone dilengkapi sistem infotainment 8 inci serta kontrol tengah beraksen krom. Tombol AC mengadopsi desain baru dari Hyundai, dilengkapi dengan sistem start/stop yang berada tepat pada sisi kanan kemudi. Penumpang depan juga mendapatkan beberapa ruang penyimpanan pada dasbor.

Review Hyundai Venue 2019: Kemudi

kemudi Hyundai Venue 2019 berwarna hitam

Kemudi Hyundai Venue 2019

Setir tiga palang khas Hyundai masih menjadi Hyundai untuk pengemudi Venue. Selain memiliki fitur penghangat, kemudi Hyundai Venue 2019 juga dibalut pelapis kulit untuk kenyamanan Anda mengemudi. Terlihat beberapa tombol, seperti volume audio serta handsfree, ditanamkan pada kemudi untuk memudahkan Anda mengaktifkan beberapa fitur dalam mobil ini.

Review Hyundai Venue 2019: Kursi

kursi Hyundai Venue 2019 berwarna hitam

Kursi Hyundai Venue 2019

Tentu saja, dimensi yang cukup kecil membuat penumpang di baris belakang harus mengorbankan sedikit kenyamanan ketika berada di dalam mobil ini. Kursi Hyundai Venue 2019, meskipun sudah mendapatkan fitur penghangat kursi, namun hanya mendapatkan sedikit ruang kaki untuk penumpang belakang. Tetapi tenang saja, penumpang belakang sudah mendapatkan ventilasi AC serta pengisian daya nirkabel, cukup memudahkan ketika Anda ingin mengisi daya smartphone di dalam mobil.

Review Hyundai Venue 2019: Bagasi

bagasi Hyundai Venue 2019 berwarna hitam

Bagasi Hyundai Venue 2019

Baris kedua dengan pembagian 60:40 yang bisa dilipat rata untuk ruang penyimpanan maksimum. Anda mendapatkan 530 liter ruang muat dengan kondisi kursi belakang naik, hampir sama dengan Kona yang lebih besar. Tetapi perbedaan bisa langsung terlihat ketika kursi belakang ditidurkan. Bagasi Hyundai Venue 2019 bisa menampung 900 liter, dibandingkan 1.297 liter yang terdapat pada Hyundai Kona.

>>> Berita terbaru seputar Hyundai ada di sini:

FITUR Hyundai Venue 2019

Layar infotainment delapan inci Venue bisa diintegrasikan dengan Apple CarPlay dan Android Auto yang populer. Anda juga bisa mengisi daya smartphone Anda dengan salah satu dari dua port USB yang ada pada dasbor mobil. Hyundai juga menjelaskan salah satu fitur Hyundai Venue 2019 terbaru adalah pembaruan peta gratis untuk navigasi selama tiga tahun pertama. Walaupun belum dijelaskan apakah fitur ini akan digunakan untuk Venue di semua negara.

Hyundai juga memberikan tautan antara Venue dan sistem teknologi rumah seperti Google Home atau Amazon Echo untuk memungkinkan kendali jarak jauh pada iklim yang tidak menguntungkan, seperti hawa menyengat di musim panas atau badai salju di musim dingin. Bagi penduduk empat musim, Anda bisa mengaktifkan defroster belakang dan cermin samping untuk menanggulangi salju pada kendaraan Anda.

layar sistem infotainment Hyundai Venue 2019 berwarna hitam

Berbagai fitur pada sistem infotainment Hyundai Venue 2019

Konsumen akan mendapatkan berbagai fitur kenyamanan yang tersedia seperti Dual USB, layar kluster instrument 3.5 TFT untuk mengilustrasikan informasi yang berguna, kamera spion serta spion yang bisa dipanaskan, telepon handsfree Bluetooth, serta sistem audio layar warna 8 inci untuk kenyamanan Anda selama berkendara.

Review Hyundai Venue 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Berbicara tentang fokus pengemudi ketika sedang berkendara, Hyundai merupakan salah satu diantara pabrikan yang menggunakan sistem untuk mengetahui fokus pengemudi. Fokus pengendara, titik buta, posisi jalur, lalu lintas di belakang, dan risiko tabrakan di depan semuanya diawasi oleh teknologi keselamatan otomatis milik Venue. Hyundai menyebutkan bahwa sistem canggih ini akan memberikan pengalaman santai selama perjalanan berkendara di perkotaan.

>>> Teknologi Hyundai Terbaru Menjawab Kebutuhan Pengemudi dengan Keterbatasan Pendengaran

OPERASI Hyundai Venue 2019

Menjadi yang terkecil, tentu saja banyak yang berharap efisiensi tinggi untuk mobil ini. Menggunakan mesin empat silinder “Gamma” 1.6 liter yang bisa dipasangkan dengan transmisi continuously variable transmission (CVT) khas Hyundai, Intelligent Variable Transmission (IVT) atau manual enam kecepatan untuk pengemudi. Hyundai belum menawarkan spesifikasi untuk powertrain Venue, namun dari beberapa lama menyebutkan bahwa ekonomi bahan bakar gabungan 13 kilometer/liter.

mesin Hyundai Venue 2019 berwarna putih

Mesin Hyundai Venue 2019

Yang pasti, Venue mengandalkan Integrated Thermal Management System (ITMS) untuk sistem operasi Hyundai Venue 2019 untuk mendistribusikan cairan pendingin mesin ke radiator. Sistem IVT eksklusif dari Hyundai menawarkan strategi kontrol gigi melalui rasio gigi selektif yang berkesinambungan. Kemampuan mencocokan rasio gigi dengan kondisi pengoperasian mesin membuat transisi kecepatan semakin lancar serta meningkatkan efisiensi bahan bakar.

spesifikasi Hyundai Venue 2019

Baru saja diperkenalkan, Hyundai belum mengungkapkan spesifikasi detail mobil ini. Tetapi berdasarkan rilisan yang dikeluarkan oleh Hyundai, berikut spesifikasi Hyundai Venue 2019.

Dimensi Hyundai Venue 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.036 mm x 1.770 mm x 1.564 mm

Jarak Poros Roda

2.520 mm

Luas Bagasi

530 liter

Mesin Hyundai Venue 2019

Tipe Mesin

1.6 liter “Gamma” empat silinder

Tenaga Tertinggi

121 dk (perkiraan)

Transmisi

CVT dan 6 Percepatan Manual

Ekonomi Bahan Bakar

13 kilometer/jam

Kaki-Kaki Hyundai Venue 2019

Pelek

15 inci (opsional 17 inci)

kelebihan & kekurangan Hyundai Venue 2019

Berdasarkan spesifikasi dan detail yang baru saja diungkapkan oleh Hyundai, berikut kelebihan dan kekurangan Hyundai Venue 2019.

Kelebihan

Kekurangan

Entry terkecil dan kompak dari keluarga Hyundai untuk mobilitas perkotaan

Desain yang kompak memaksa Hyundai mengorbankan ruang pada kursi belakang

Sistem infotainment dan keselamatan standar yang canggih

Belum ada kejelasan kapan mobil ini akan dibawa ke pasar lain, seperti Indonesia

Harga yang lebih terjangkau dibandingkan lini SUV Hyundai lainnya

 

>>> Klik sini untuk lanjut membaca kelebihan dan kekurangan mobil Hyundai lainnya

daftar harga Hyundai Venue 2019

Hyundai belum menjelaskan berapa harga Hyundai Venue 2019. Namun dalam keterangan resmi perusahaan, untuk pasar Amerika, Hyundai menjanjikan garansi terbatas lima tahun atau 100.000 kilometer, Roadside Assistance, ditambah garansi 10 tahun dan 100.000 kilometer untuk mesin. Sedangkan belum ada kejelasan kapan mobil ini akan dibawa ke belahan dunia lain, termasuk Indonesia.

>>> Teknologi Masa Depan Hyundai Mobis: Bioskop di Dalam Mobil

Video Hyundai Venue 2019

Hyundai langsung mengeluarkan Venue pada dua belahan dunia, yaitu New York dan India. Menegaskan pengalaman berkendara penuh kenyamanan untuk perkotaan, Hyundai sudah merilis video Hyundai Venue 2019 oleh akun resmi Hyundai USA.

KESIMPULAN Hyundai Venue 2019

Hyundai Venue 2019 dikemas dengan sejumlah teknologi keselamatan dan kenyamanan premium untuk penumpang, cocok bagi Anda yang mencari kombinasi gaya dan fleksibilitas yang sempurna. Sebagai salah satu SUV Hyundai yang paling terjangkau – setidaknya di Amerika – modelnya yang kecil membuatnya pas untuk mobilitas gaya hidup perkotaan dengan lingkungan yang selalu bergerak cepat.

Hyundai Venue 2019 di depan matahari terbenam

Tampilan dual-tone milik Hyundai Venue 2019

Hyundai Venue 2019 akan diproduksi di Ulsan, Korea dan dipajang pada diler Hyundai di Amerika pada kuartal keempat tahun ini. Waktu produksi memang belum dipaparkan dengan detail oleh Hyundai. Meskipun Hyundai sudah meluncurkan mobil ini di India, ada kemungkinan besar bahwa Hyundai akan membawa mobil ini ke Tanah Air, mengingat besarnya pasar SUV di Indonesia. Kapan? Kita tunggu saja.

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil